Penjelasan Mengenai Game Maker Studio dan Alasan Menggunakannya

  • Whatsapp
Game Maker studio

Game Maker Studio merupakan software pembuat game yang sangat mudah digunakan. Cukup dengan menggeser mouse untuk drag dan drop, game kamu sudah siap untuk dipublikasikan. Jadi dengan menggunakan aplikasi tersebut, kamu bisa membuat game tanpa harus menguasai skill programming.

Indonesia merupakan salah satu pasar besar game karena tingginya tingkat penggunaan game di negara ini. Tidak heran jika banyak developher game Indonesia yang bermunculan. Mereka melihat adanya peluang bisnis yang besar di bidang ini, sehingga mereka pun meraih peluang tersebut.

Bacaan Lainnya

Jika kamu ingin mengikuti jejak mereka, kamu bisa mulai belajar membuat game menggunakan software Game Maker Studio. Mungkin untuk pertama kali kamu masih kaku menggunakannya, tapi seiring dengan waktu, tentu kamu akan semakin menguasai penggunaan software tersebut.

Mengapa Harus Menggunakan Game Maker Studio?

Game Maker studio

Pertanyaan di atas penting untuk dijawab. Sebagai jawabannya, telah disinggung di atas sebelumnya kalau software tersebut sangat mudah digunakan, karena cukup drag dan drop saja ketika menggunakannya.

Meskipun kamu tidak memiliki skill programming, kamu tetap bisa membuat game sederhana dengan bantuan software di atas. Tentu saja kalau game-game canggih dengan spesifikasi tinggi, software di atas tidak mampu melakukannya. Kecuali kamu memiliki skill programming, maka kamu bisa menggunakan scripting yang bernama Game Maker Language (GML). Scripting tersebut disediakan oleh Game Maker Studio khusus untuk pembuatan game yang jauh lebih rumit.

Jika kamu ingin belajar menggunakan software ini secara otodidak, maka hal itu bukanlah sesuatu yang mustahil. Terlebih lagi saat ini sudah banyak tutorial di internet yang mengajarkan cara penggunaan software ini secara mendetail.

Bukan hanya di internet, kamu juga bisa menemukan di situs resmi Game Maker Studio petunjuk-petunjuk dan tutorial untuk menggunakan software tersebut.  Bahkan, di dalam komunitas pengguna software tersebut, kamu juga bisa mendapati banyak tutorial dalam bentuk video di YouTube. Kamu hanya perlu bergabung ke dalam komunitas tersebut.

Jika kamu seorang pemula, kamu bisa memanfaatkan kesempatan untuk mempelajari dan menghafalkan kode-kode yang terdapat di balik objek yang kamu buat dengan cara drag and drop selama menggunakan Game Maker Studio. Dengan begitu, kamu secara tidak langsung mendapatkan pembelajaran dari game yang sedang kamu kembangkan.

Baca Juga : Software Desain Rumah Terbaik Untuk Pro Dan Pemula

Download Software Game Maker Studio

Pada awal perilisannya, software Game Maker Studio hanya diperuntukkan bagi pengembangan game di platform Windows dan Mac OS X. Namun setelah perjalanan yang panjang, akhirnya software tersebut sudah mendukung platform lainnya, semisal Android, iOS, Ubuntu, Playstation, Xbox One, dan lain-lain.

Oh ya, jika kamu ingin mendownload software di atas, silahkan klik link berikut ini. Pastikan koneksi internet kamu stabil sebelum mendownloadnya untuk mencegah gagal download di pertengahan jalan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *