Cara Mengaktifkan Shopee Paylater

  • Whatsapp
Shopee PayLater

Shopee Paylater atau dikenal dengan singkatan SPayLater adalah salah satu fitur pinjaman uang yang dapat kalian nikmati oleh seluruh seller Marketplace Shopee dengan syarat khusus. Tiap penjual barang bisa memakai fitur Shopee Paylater untuk keperluan bisnis sebagai tambahan modal. Tapi untuk dapat menikmati fitur tersebut, Sobat harus mengaktifkan SPayLater lebih dulu. Lantas, bagaimana caranya?.

Mengaktifkan fitur SpayLater mudah sekali sebenarnya. Kalian hanya tinggal menjalankan beberapa prosedur yang akan dijelaskan dibawah ini. Namun pastikan kalian telah memenuhi syarat serta ketentuan yang diberikan pihak Shopee sebelum mengikuti langkah untuk mengaktifkannya ya.

Bacaan Lainnya

Sebagai informasi tambahan, fitur ini tidak hanya didapaktan oleh penjual (Seller) saja, bahkan semua pembeli bisa mendapatkannya tentu saja dengan cara mengaktifkan Shopee Paylater.

Apa itu Shopee Paylater atau SPayLater?

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa SpayLater adalah suatu layanan atau fitur pinjaman yang diberikan pihak Shopee untuk seluruh user Shopee supaya dapat melakukan pembelian atau pembayaran barang dengan memakai sistem cicilan.

Dengan begitu Sobat bisa mendapatkan atau membeli barang yang diinginkan dengan sangat mudah, dengan Shopee Paylater Sobat bisa mencicil barang tersebut dengan bunga yang rendah. Kalau Sobat tidak ingin menjadikannya cicilan, Sobat bisa juga memanfaatkan fitur Shopee PayLater penundaan pembayaran, dengan sistem Sobat membeli produk bulan ini, dan baru akan di bayar di bulan depan.

Karena ini sistemnya mirip dengan kartu kredit, jadi Sobat akan mendapatkan limit penggunaan Shopee Paylater, tapi setiap orang mendapatkan limit yang berbeda tergantung berapa banyak transaksi yang sudah sobat lakukan di Shopee sebelumnya.

Sebagai informasi penting, Shopee Paylater diluncurkan oleh PT. Lentera Dana Nusantara dan PT. Commerce Finance yang status legalitasnya dijamin oleh Otoritas Jasa Keuangan [OJK] secara langsung, sehingga juga bakal dijamin aman untuk dipakai transaksi.

Keungungan Menggunakan SPayLater

Tentu saja fitur Shopee Paylater punya banyak kelebihan yang disodorkan oleh perusahaan, berikut adalah keuntungan yang bisa Sobat dapatkan ketika menggunakannya.

  • Bisa membayar produk yang dibeli sampai tanggal 5 pada bulan selanjutnya
  • Tersedia opsi menggunakan sistem cicilan serta bunga yang rendah
  • Kalian dapat memperoleh limit sampai Rp 1,8 juta

Dengan keuntungan tersebut, Sobat menjadi lebih mudah mendaptkan barang walaupun uang kas yang sobat miliki terbatas, tapi ingat harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan ya.

Syarat Mengaktifkan Shopee Paylater

Nah sebelum sobat menggunakan Shopee Paylater, tentu saja Sobat harus mengerti dulu apa saja syarat dan ketentuan yang diberikan pihak Shopee. Nah coba cek dulu apakah Sobat sudah memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia dan mempunyai kartu identitas diri
  • Berumur minimal 17 tahun
  • Mempunyai akun Shopee [aktif]
  • Minimal umur akun Shopee yang dimiliki adalah 3 bulan
  • Sudah pernah atau sering bertransaksi di Shopee
  • Memakai aplikasi Shopee terbaru
  • Sudah mengaktivasi pendaftaran Shopee Pay

Jika Sobat tak bisa memenuhi syarat yang diberikan itu, maka kalian tak akan pernah lolos uji verivikasi serta tak akan bisa memakai fitur Shopee Paylater. Sementara itu, syarat untuk menghidupkan Shopee Paylater adalah:

Cara Mengaktifkan Fitur SpayLater

Jika Sobat sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku yang diberikan Shopee, sekarang Sobat bisa mengaktifkan Shopee Paylater dengan mudah. Kalau kesulitan bisa melihat cara mudahnya di bawah ini:

  1. Pertama Sobat harus sudah instal aplikasi Shopee dan sudah mempunyai akun
  2. Kemudian login melalui aplikasi ataupun website
  3. Masuk ke menu Akun “saya” yang ada di pojok kanan bawah
  4. Kemudian cari menu dan klik “Shopee Paylater” gulir saja ke bagian bawah
  5. Sobat akan diarahkan kehalaman Shopee Paylater
  6. Nah sekarang klik Aktifkan Sekarang Shopee Paylater
  7. Nantinya pihak Shopee akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor ponsel yang terdaftar di Shopee
  8. Pengiriman kode juga bisa melalui WhatsApp, jadi cek juga WA kalian ya
  9. Setelah mendapatkan kode verifikasi, silahkan masukan kode tersebut dan klik “Lanjut”
  10. Selanjutnya adalah proses verifikasi yang memerlukan foto KTP dan juga Foto Selfie Sambil memegang KTP, jadi ikuti saja instruksi yang ada
  11. Setelah semua lengkap klik “kirim”
  12. Dan Shopee bakal melakukan verifikasi sampai Shopee Paylater Sobat diterima dan bisa digunakan untuk berbelanja.

Kalau belum diverifikasi harap bersabar ya, karena Shopee biasanya akan meninjau pengajuan aktivasi Paylater paling lambat sampai 1×24 jam waktu kerja. Tunggu saja notifikasinya akan dikirimkan melalui email dengan tanda bahwa akun Sobat sudah berhasil mengaktifkan fitur Shopee Paylater.

Berapa Limit Shopee Paylater ?

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, masing-masing pengguna akan mendapatkan limit Shopee Paylater untuk berbalanja dengan nominal yang berbeda. Tapi untuk limit awal pendaftaran Sobat akan mendapatkan sebesar Rp. 750.000.

Kemudian kenaikan limit akan otomatis diberikan oleh Shopee, dilihat dari aktivitas transaksi yang dilakukan di marketplace tersebut. Jadi jika Sobat semakin sering berbelanja seharusnya pihak Shopee akan menaikan limit dari Paylater yang dimiliki.

Selain itu bayarlah tagihan dari Shopee Paylater kamu tepat waktu, biasanya sih tagihan Paylater akan muncul setiap tanggal 25 dengan maksimal pembayaran dan tanggal jatuh tempo setiap tanggal 5 setiap bulannya. Untuk mendapatkan peningkatan limit Shopee Paylater usahakan membayar tagihan sebelum jatuh tempo.

Bunga Shopee Paylater

Salah satu yang paling penting sebelum menggunakan layanan Shopee PayLater adalah mengetahui berapa bunga yang digunakan untuk layanan tersebut. Bunga Shopee PayLater tercatat sebesar 2,95% untuk di sistem bayar “Beli Sekarang, Bayar Nanti” dan cicilan selama 2 hingga 3 bulan. Tidak hanya itu, pengguna juga bakal diberikan biaya tambahan sebesar 1% yang berupa dana penanganan lewat produk yang kalian beli memakai fitur Shopee Paylater.

Nah tapi, kalau sampai telat melakukan pembayaran sampai melewati tanggal jatuh tempo, maka akan mendapatkan denda sampai dengan 5% dari jumlah tagihannya. Cukup besar ya? Jangan sampai telat bayar ya.

Syarat Menggunakan Shopee PayLater untuk Membeli Produk

Sebelum menggunakan Paylater untuk berbelanja, Sebaiknya Sobat ketahui dulu syarat transaksi menggunakan Shopee Paylater supaya pembayaran berhasil.

  1. Barang apapun di Shopee bisa dibeli menggunakan Shopee Paylater kecuali token listrik, pulsa, tiket pesawat, tiket kereta, tagihan telpon, tagihan listrik dan beberapa tagihan lainnya yang pembayarannya melalui voucher. Selain itu sebaiknya cek dulu limit transaksi Paylater sebelum berbelanja
  2. Pengguna tidak bisa membatalkan pesanan maupun merubah sistem pembayaran ketika proses penambahan limit tersebut
  3. Shopee PayLater tidak dapat digunakan untuk membeli produk digital

Cara Melihat Tagihan Shopee PayLater atau SPayLater

Nah jika Sobat sudah menggunakan SPayLater dan ingin melihat tagihan yang harus dibayarkan, Sobat bisa melihat caranya sebagai berikut:

  1. Buka Aplikasi Shopee dan Masuk ke Menu Saya 
  2. Klik SPayLater.
  3. Klik Tagihan Saya. Daftar tagihan yang Belum dibayar dan Telah dibayar untuk setiap bulan akan ditampilkan.
Cara aktifkan SPayLater
Cara melihat tagihan yang belum di bayar (image Shopee)

Cara Menonaktifkan Shopee Paylater atau SPayLater

Selanjutnya, Jika ternyata Sobat ingin menonaktifkan fitur Shopee Paylater caranya juga mudah lho, Sobat bisa ikuti langkah berikut ini untuk mempermudah proses mematikan layanan Paylater tersebut.

  1. Buka Aplikasi Shopee
  2. Login menggunakan akun yang ingin di nonaktifkan Shopee Paylater nya
  3. Masuk ke menu pengaturan selanjutnya cari menu “Ajukan Hapus Akun”
  4. Masukan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor HP
  5. Kemudian tuliskan alasan kamu menghapus akun Shopee
  6. Masukan alamat Email
  7. Dan selesai.

Cara Melihat Riwayat Transaksi Shopee PayLater

Nah bedalagi jika Sobat adalah orang yang sudah lama menggunakan Shopee Paylater dan sudah sering bertransaksi menggunakan penbayaran tersebut. Jika Sobat ingin melihat riwayat transaksinya Sobat bisa mengikuti langkah berikut ini.

  1. Masuk ke halaman Saya di aplikasi Shopee.
  2. Klik Shopee PayLater.
  3. Klik Transaksi Terakhir untuk melihat seluruh riwayat transaksi dengan Shopee PayLater.
  4. Pada halaman ini, Anda bisa melihat jenis pembayaran Anda untuk masing-masing transaksi.
  5. Tag Cicilan: Pembayaran dengan cicilan.
  6. Tag PayLater: Pembayaran dalam 1 bulan tanpa bunga.
  7. Tanpa Tag: Pengembalian Dana dan Pembayaran Tagihan.

Cara Bayar Tagihan Sebelum Periode Tagihan

image : Shopee

Ada juga pertanyaan, bisa gak ya jika ingin membayar tagihan SPayLater ternyata belum masuk pada periode penagihan. Berdasarkan sumber dari laman official Shopee, pengguna bisa loh bayar SPayLater sebelum periode penagihan, caranya bisa dilihat di bawah ini.

  1. Klik Tab Saya, lalu pilih SPayLater.
  2. Klik Tagihan Saya.
  3. Pilih tagihan yang akan dibayarkan.
  4. Klik Lunasi Cicilan Sekarang.
    Catatan : Sobat hanya dapat melunasi tagihan yang jatuh tempo bulan depan. Anda tidak dapat langsung melunasi semuanya.
  5. Pilih metode pembayaran melalui ShopeePayVirtual Account, atau Indomaret.
  6. Apabila pembayaran berhasil terverifikasi, Anda akan mendapatkan notifikasi di bagian Keuangan bahwa pembayaran telah diterima dan limit SPayLater akan segera dikembalikan.

Untuk pengguna Paypal, kami sudah membahas cara meminta pembayaran melalui Paypal, ini sangat mempermudah transaksi dari berbagai negara.

Akhir Kata

Nah, demikianlah beberapa hal yang bisa disampaikan mengenai tutorial menghidupkan fitur Shopee Paylater secara mudah. Semoga dengan ulasan diatas bisa bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *