Aplikasi Pengolah Angka di PC

  • Whatsapp
Aplikasi Pengelolah Angka

Angka merupakan suatu hal yang tak dapat lepas dari kehidupan kita sehari-hari dalam semua bidang yang ada. Peran angka yang cukup penting kerap mengharuskan manusia untuk mengolahnya dalam berbagai bentuk, terutama dalam menciptakan suatu sistem atau teknologi. Namun tentu saja harus dibarengi dengan tingkat keakuratan yang tinggi dan proses yang cepat.

Meskipun manusia juga dianugerahi kemampuan untuk berhitung, namun dalam menciptakan sebuah sistem, pengolahan angka umumnya tidak dapat terpisahkan dengan peran komputer yang dapat menjalankan fungsi-fungsi perhitungan dengan lebih cepat dan akurat. Oleh sebab itu, artikel kali ini akan mengulas beberapa aplikasi pengolah angka di PC yang cukup direkomendasikan.

Bacaan Lainnya

Fungsi Aplikasi Pengolah Angka

Dikutip dari laman Brainly, Fungsi aplikasi pengolah angka adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengelolah angka-angka, biasanya muncul dalam bisnis, ilmiah, perencanaan, pembuatan statistik, pembuatan lembar kerja dan pengolahan angka lain yang menghasilkan sebuah data dan grafik.

Dengan mengetahui fungsi dari aplikasi tersebut. Tentu saja hal tersebut membuat kita akan dapat mengetahui aplikasi mana yang masuk dalam kategori pengolahan angka dan mana yang tidak. Berikut adaah fungsi lengkap dari aplikasi pengolah Angka.

  • Membuat tabel data
  • Mengolah data dengan melibatkan penggunaan rumus matematika, grafik, database maupun yang lainnya.
  • Mengolah data menggunakan fungsi statistik
  • Mengolah data menggunakan rumus absolut dan semiabsolut
  • Mengolah data menggunakan fungsi logika
  • Mengolah data menggunakan fungsi lookup
  • Mengolah data menggunakan fungsi finansial
  • Menyajikan data menggunakan grafik
  • Membantu pekerjaan di bidang bisnis, ilmiah, perancangan, pembuatan statistik
  • Membantu pembuatan lembar kerja
  • Mengolah angka untuk perhitungan sebuah data atau basis data dan grafik

Rekomendasi Aplikasi Pengolah Angka di PC

Software pengolah angka memang cukup berperan besar dalam membantu aktivitas manusia yang berhubungan dengan angka.Selain itu, aplikasi-aplikasi yang ada juga cukup mudah ditemukan dan digunakan.Berikut adalah aplikasi-aplikasi yang umumnya digunakan untuk mengolah angka di PC/laptop.

Microsoft Excel

Microsoft Excel

Salah satu jenis software keluaran Microsoft Corporation ini mungkin adalah aplikasi yang cukup umum digunakan oleh sebagian besar orang dalam mengolah angka.Hal tersebut tidak mengherankan, sebab selain dilengkapi dengan fitur yang lengkap untuk kebutuhan penggunanya, aplikasi ini juga menyediakan berbagai fungsi formula yang bisa digunakan untuk melakukan pengolahan atau perhitungan data yang jauh lebih kompleks.

Penggunaan aplikasi inipun termasuk sangat mudah. Adapun pengguna aktif yang kerap mengandalkan aplikasi ini, diantaranya mulai dari pelajar sekolah, mahasiswa, pegawai, maupun beberapa pihak yang membutuhkan proses perhitungan angka yang cepat dan akurat.

KSpread

Selain Microsoft Excel yang merupakan bagian dari Microsoft Office, ada juga aplikasi yang bernama KSpread yang juga termasuk kedalam bagian keluarga KOffice.Software ini berbentuk spreadsheet dan dikembangkan oleh KDE yang masih berhubungan dengan Kword, software yang telah lebih dulu diluncurkan bagi pengguna Windows dan Linux.

Aplikasi ini memanfaatkan beberapa fitur khusus, seperti memiliki lebih dari 100 jenis fungsi, pemformatan, pemeriksa ejaan, template, diagram,  hyperlink serta pengurutan data. Yang lebih menariknya lagi, aplikasi ini memiliki koleksi bahasa lebih dari 99 macam.

Aplikasi Pengolah Angka OpenOffice Calc

Perangkat lunak untuk mengelolah angka di laptop/PC selanjutnya adalah OpenOffice Calcyang dikembangkan oleh perusahaan OpenOffice.Aplikasi ini memiliki sifat open sourceatau memiliki sumber terbuka dan mendukung sistem standar ODF. Hal tersebut memungkinkan Anda untuk bertukar data standar dengan format file.

Selain itu, aplikasi software ini juga dapat mengenali berbagai macam jenis format dari aplikasiatau software pengolah angka lainnya.Sehingga Anda dapat mengerjakan data yang berasal dari perangkat berformat lain.

Xess

xess Aplikasi Pengolah Angka

Software Xess hampir sama dengan KSpread yang juga bersifat spreadsheet atau multiplatform. Software ini merupakan hasil pengembangan Applied Information System(AIS) yang terdiri dari beberapa versi, seperti enterprise dan lite.Versi enterprisedapat dimanfaatkan untuk kebutuhan perusahaan, sedangkan untuk kebutuhan perorangan dapat menggunakan versi lite.

Baca Juga : Rekomendasi 3 Aplikasi Inventory Barang Terbaik Untuk Bisnis Kamu

GNOME –Gnumeric

Gnumeric, yang merupakan keluarga dari GNOME Office, merupakan salah satu aplikasi pengolah angka yang juga bersifat open source. Hal ini membuat aplikasi ini dapat digunakan di Windows maupun di Linux.Tampilan dari aplikasi ini user friendly dan dilengkapi berbagai menu dan tombol toolbar yang mudah digunakan.

Wingz

Aplikasi Pengolah Angka

Aplikasi pengolah angka yang juga memiliki fitur fungsi yang cukup lengkap, yaitu Wingz. Software ini umumnya bisa membantu proses pengolahan data pada bidang statistik, rekayasa, ketersediaan matriks lembaran kerja, serta data keuangan.Wingz termasuk kedalam software yang bersifat multiplatform yang juga dapat digunakan pada kebutuhan non komersial atau free. Salah satu keunggulannya yaitu dapat menganalisis beberapa data tertentu yang bersifat dinamis.

Akhir Kata

Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi pengolah angka yang bisa Anda gunakan, untuk itu kami akan memberikan update secara berkelanjutan supaya aplikasi yang kami jabarkan di sini tidak usang dan selalu upto date.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *