Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

  • Whatsapp
cara mengosongkan ruang penyimpanan

Ponsel pintar terutama yang bersistem operasi android saat ini hampir menjadi kebutuhan setiap orang. Pasalnya, jenis ponsel ini dapat digunakan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan manusia dengan fitur dan layanan aplikasi yang disediakannya. Selain itu, setiap pengguna tentunya dapat memilih sendiri jenis aplikasi apa yang akan digunakan dengan cara mengunduhnya lewat Play Store.

Namun, ada beberapa kendala yang kerap dialami oleh hampir semua pengguna android, yakni keterbatasan ruang penyimpanan. Menggunakan banyak aplikasi dalam satu ponsel memang dapat berakibat pada penuhnya ruang penyimpanan pada ponsel tersebut. Alhasil, alternatif yang umumnya dilakukan untuk mendapatkan ruang lebih, yakni dengan menghapus aplikasi-aplikasi lainnya.

Bacaan Lainnya

Namun, solusi tersebut tidak selalu efektif, terutama bagi yang masih sering menggunakan seluruh layanan aplikasi yang ada di ponselnya. Oleh karena itu, artikel kali ini akan mengulas beberapa cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi disemua hp android termasuk Samsung, Xiaomi, Vivo, Realme, Xiaomi, Huawei, Redmi dan banyak merk lainnya yang dapat Anda coba.

Tips Mengosongkan Ruang Penyimpanan di HP Android

Mengosongkan Ruang Penyimpanan

Ruang penyimpanan yang penuh merupakan hal yang cukup menyebalkan, sebab dapat menghambat aktivitas pengguna dalam menggunakan ponselnya. Namun, menghapus aplikasi lain yang mungkin masih cukup sering digunakan juga termasuk solusi yang cukup disayangkan. Untuk itu, berikut adalah beberapa cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi, cara ini bisa dilakukan diberbagai merk hp termasuk Samsung, Xiaomi, Vivo, Realme, Xiaomi, Huawei, Redmi dan banyak merk lainnya, selamat mencobal.

Menghapus Cache Aplikasi

Dibanding menghapus secara keseluruhan aplikasinya, Anda sebaiknya cukup meghapus cache yang telah dihasilkan oleh penggunaan aplikasi tersebut. Cache sendiri merupakan istilah untuk penyimpanan data sementara pada sistem memori internal android. Meskipun berfungsi sebagai tempat penyimpanan, namun data yang ada didalamnya bersifat sementara dan memiliki batas kadaluarsa, sehingga bisa dengan aman dihapus atau dihilangkan. Adapun langkah-langkahnya, yaitu:

  • Buka pengaturan pada android
  • Pilih menu Pengelola Aplikasi
  • Silahkan pilih aplikasi yang diinginkan pada daftar yang ada, setelah itu bersihkan cache.

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan dengan Memindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal

Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi selanjutnya, yaitu dengan memindahkan aplikasi ke memori eksternal atau SD card. Umumnya, setiap aplikasi yang diunduh melalui Play Store akan tersimpan secara otomatis dalam penyimpanan internal Anda, sehingga lambat laun penyimpanan akan semakin terbatas. Oleh karena itu, menggunakan SD card adalah salah satu solusinya dengan mengikuti cara berikut:

  • Membuka pengaturan pada android
  • Pilih menu Apps atau Pengelolaan Aplikasi
  • Setelah itu tap aplikasi yang dipilih untuk masuk ke halaman infonya.
  • Klik tombol Move to SD Card untuk memulai proses pemindahan.

Menghapus Pesan atau Chat yang Sudah Lama

Pesan atau chat yang telah tertumpuk lama pada beberapa aplikasi chatting, seperti SMS dan Whatsapp, juga dapat menyumbang semakin kecilnya space pada ruang penyimpanan. Meskipun pengaruhnya tidak begitu signifikan, namun menghapus pesan-pesan lama tersebut bisa sedikit menolong mengurangi beban ruang memori internal yang ada pada ponsel. 

Baca Juga : Download Slidor for Android, Edit Gambar 3D Lebih Bagus

Mengatur Ulang Lokasi Penyimpanan Hasil Foto Kamera HP

Sering memotret menggunakan kamera HP android pada dasarnya bisa menjadi salah satu faktor utama memori internal cepat penuh. Pasalnya, sekali jepret, hasil foto yang diperoleh bisa mencapai ukuran hingga 5 MB. Untuk mencegahnya, Anda dapat mengalihkan lokasi penyimpanan jepretan Anda ke memori eksternal dengan mengatur ulang pengaturan pada settingan kamera ponsel Anda. Hal ini cukup efektif sebagai cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi yang ada.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *