Cara Membayar BPJS Melalui mBanking BCA

  • Whatsapp

Membayar tagihan BPJS kesehatan bisa dilakukan melalui berbagai metode cara lho, salah satunya adalah melalui mBanking BCA. Cara bayar BPJS lewat mBanking BCA sebenarnya sangat mudah sekali. Pada artikel kami akan menjelaskan beberapa langkahnya. Membayar melalui mBanking BCA tentunya memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan pembayaran metode lain.

Oleh sebab itu, maka disini kita akan menjelaskan ulasan tentang metode pembayaran BPJS via mBanking BCA supaya kalian bisa lebih mudah memahaminya. Bagi kalian yang belum mengetahui caranya, maka ada baiknya kalian membaca penjelasan dibawah ini hingga selesai.

Bacaan Lainnya

Syarat Membayar Tagihan BPJS Melalui mBanking BCA

Syarat bayar BPJS

Untuk dapat memakai fitur mBanking BCA ketika ingin membayar tagihan BPJS kesehatan, ada sejumlah ketentuan dan syarat yang wajib kalian perhatikan. Sebab meskipun kalian memakai aplikasi mBanking BCA, hal tersebut belum tentu kalian dapat memakainya untuk membayar ragihan BPJS kesehatan loh. Ada beberapa ketentuan dan syarat yang harus kalian perhatikan secara seksama.

Bila syarat ini bisa kalian penuhi, maka kalian dapat membayar tagihan BPJS secara mudah, di mana saja dan kapan saja tanpa memandang tempat dan waktunya. Kemudian, apa saja syarat tersebut? Berikut adalah beberapa ketentuan dan syarat yang wajib kalian penuhi:

  • Aplikasi mBanking BCA yang bisa dipakai untuk transaksi finansial
  • Mempunyai pulsa yang cukup
  • Mempunyai saldo untuk membayar tagihan BPJS kesehatan
  • Mempunyai jaringan internet dengan baik
  • Jaringan internet normal dan sedang tidak mengalami gangguan
  • Bersedia membayar biaya admin
  • Kartu BPJS tidak dalam keadaan jatuh tempo
  • Mengetahui nominal pembayaran tagihan BPJS berdasarkan kelas

Nah, pastikan juga bahwa kalian sudah sesuai dengan beberapa syarat diatas. Jika kalian memang sesuai dengan ketentuan tersebut, maka saat ini kalian hanya cukup memulai proses pembayaran tagihan BPJS kesehatan melalui fitur mBanking BCA.

Langkah-Langkah Bayar BPJS Kesehatan Melalui mBanking BCA

Langkah Membayar BPJS Melalui mBanking BCA

Membayar tagihan BPJS kesehatan memakai fitur mBanking BCA sangat mudah untuk kamu lakukan. Hal ini dapat menjadi alternatif terbaik bagi kalian yang memang disibukkan dengan kegiatan sehari-hari, tak sempat datang ke kantor BPJS maupun ke bank untuk membayar tagihan BPJS kesehatan.

Bila kalian memakai aplikasi mBanking BCA, kalian dapat Bayar tagihan BPJS ini di manapun dan kapanpun. Tanpa harus repot-repot mengantre, bahkan tanpa keluar dari rumah. Bahkan ketika kalian beristirahat saat kerja ataupun sesaat sebelum tidur kalian dapat melakukannya dengan gampang. Apakah semudah itu? Benar, caranya memang simpel sekali. Kemudian, bagaimana cara membayar tagihan BPJS kesehatan melalui mBanking BCA?

Bila kamu baru pertama kali memakai fitur mBanking BCA untuk bayar tagihan BPJS kesehatan, dibawah ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk membayar iuran setiap bulannya:

  • Silahkan kalian membuka aplikasi mBanking BCA
  • Selanjutnya kalian login dengan menggunakan akun yang sudah kalian miliki
  • Setelahnya, kalian akan dimunculkan dengan beberapa opsi menu transaksi
  • Silahkan kalian pilih m-Payment
  • Kemudian muncul beberapa opsi menu lagi, silahkan kalian pilih menu BPJS
  • Klik BPJS kesehatan
  • Pilih input nomor bayar
  • Berikutnya kalian dimintai untuk memasukkan nomor ID BPJS yang akan kalian bayarkan lalu masukkan nomor ID BPJS tersebut
  • Jika dinilai sudah benar, pilih OK
  • Kemudian pilih Send
  • Muncul mengenai rincian harganya, silahkan kalian cek sendiri
  • Jika dinilai sudah benar maka pilih OK
  • Silahkan kalian masukkan kata sandi mBanking BCA kalian
  • Kemudian pilih OK
  • Selesai. Jika sukses, maka akan muncul informasi pemberitahuan jika pembayaran tagihan BPJS kesehatan kalian sudah berhasil

Nah, selepas proses pembayaran itu selesai, maka kalian akan diberi struk transaksi pembayarannya. Silahkan kalian screenshoot lalu simpan bukti pembayaran itu untuk arsip yang dimana bisa kalian pakai sebagai bukti pembayaran sah melalui bank BCA.

Biaya Administrasi Bayar BPJS Kesehatan Melalui mBanking BCA

Baiaya Admin Membayar BPJS Melalui mBanking BCA

Tiap orang yang bertransaksi lewat fitur mBanking BCA khususnya bertransaksi beda bank seperti halnya membayar tagihan BPJS kesehatan, membayar tagihan listrik, beli pulsa, serta pembayaran lainnya tapi berbeda bank, maka hal tersebut akan dikenakan biaya admin.

Meski demikian, biaya admin yang wajib dibayarkan ini tidak mahal. Kalian hanya bakal dikenakan tarif transaksi senilai Rp 2.500 /transaksi. Jadi, tiap kali kalian melakukan proses transaksi pembayaran tagihan BPJS kesehatan, maka kalian akan dikenakan tarif senilai Rp 2.500.

Namun, biaya admin ini cuma berlaku untuk bank swasta saja. Bila kalian melakukan proses transaksi tagihan BPJS kesehatan lewat bank BUMN seperti BNI, Mandiri, BRI, serta BTN, maka tak akan dikenakan biaya admin samasekali [per bulan Mei 2021].

Walau begitu, para nasabah bank BCA masih mendapatkan keuntungan lantaran kenyamanan transaksi ini sangat baik dan aksesnya lebih mudah. Seluruh nasabah dapat melakukan semua transaksi dari manapun, kapanpun, dan tanpa adanya gangguan serta masalah teknis untuk pembayaran tagihan BPJS. Hanya hitungan menit, pembayaran tagihan BPJS kesehatan akan langsung masuk.

Faktor Gagalnya Pembayaran BPJS Melalui mBanking

Meski proses cara membayar BPJS kesehatan melalui mBanking BCS mudah dilakukan, dalam beberapa kasus ada sejumlah orang yang menemui kegagalan ketika melakukan proses pembayaran tersebut. Bukannya tanpa alasan, ada beberapa penyebab yang membuat proses pembayaran tersebut menemui kegagalan. Boleh jadi pada masalah teknis mBanking BCS atau masalah lainnya.

Mungkin setiap orang bisa menemui kegagalan seperti ini, atau bahkan mungkin bisa terjadi pada kalian. Kemudian, beberapa penyebab yang mengakibatkan proses transaksi tagihan BPJS kesehatan menemui kegagalan lewat fitur mBanking BCA adalah:

Nomor PIN Yang Dimasukkan Salah

Gagalnya pembayaran BPJS di mBanking BCA bisa diakibatkan karena sobat salah ketika memasukkan nomor PIN mBanking atau saldo kurang.

Tidak Bisa Bertransaksi

Gagalnya pembayaran BPJS di mBanking BCA juga bisa diakibatkan karena mBanking BCA Sobat masih belum terdaftar pada layanan finansial. Maka dari itu, segera sobat daftarkan agar bertransaksi menjadi lancar!

Jaringan Internet Yang Buruk

Saat ini muncul, mBanking BCA akan menutup dengan sendirinya meskipun transaksi sedang berlangsung. Pastikan ketika bertransaksi sobat sedang dalam keadaan sinyal yang baik. Sinyal yang baik diidentifikasikan dengan indikator lampu hijau yang menyala pada tampilan mBanking.

Selain 3 diatas, masih terdapat masalah teknis lainnya yang seringkali muncul. Namun mayoritas lantaran human error ketika melakukan pembayaran. Sebagai antisipasi saja, saat melakukan proses pembayaran tagihan BPJS kesehatan, jangan terlalu terburu-buru, pastikan seluruh data pembayaran data dirimu dan pastikan koneksi internet kalian mendukung.

BPJS kesehatan adalah keharusan dari setiap anggota untuk melakukan pembayaran tiap bulan. Tagihan ini harus dibayarkan sebelum jauh tempo, jika terlambat, maka nantinya bakal dikenakan denda yang berupa tagihan lebih besar. Bahkan di tingkat daerah justru lebih parah, peserta BPJS kesehatan atau ID anggota bakal diblokir dan tak bisa dipakai untuk berobat saat masuk kedalam rumah sakit baik swasta ataupun negri.

Oleh sebab itu, bank BCA memberi kemudahan untuk melakukan proses pembayaran BPJS kesehatan. mBanking BCA bakal mempermudah kalian ketika melakukan proses pembayaran iuran BPJS.

Simak juga ulasan tentang Cara Bayar BPJS Melalui ATM BRI Dengan Mudah yang bisa sobat coba jika menjadi nasabah BRI!

Akhir Kata

Itulah cara bayar BPJS melalui mBanking BCA yang bisa sobat ikuti. Dengan dimudahkannya pembayaran, sekarang sobat tidak perlu repot-repot pergi ke bank atau ke kantor BPJS untuk pembayaran dan tidak akan terlambat lagi pembayaran BPJS-nya.

Silahkan diikuti dan Semoga bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *