Cara Menggunakan Telegram Web

  • Whatsapp

Cara Menggunakan Telegram Web – Siapa yang tidak kenal salah satu kanal chatting terbesar di dunia ini? Yup Aplikasi Telegram akhir-akhir ini mendadak begitu populer karena adanya fitur menarik dan unik yang tidak dimiliki aplikasi lain. Pada Telegram sendiri memiliki banyak fitur keren dan menarik yang disediakan Telegram dan tidak terdapat di WhatsApp. Misalnya saja seperti adanya layanan, tema tanpa aplikasi, channel, grup rahasia, grup dengan anggota yang dapat menampung puluhan ribu member / anggota.

Namun memang jika kalian bandingkan Telegram dengan Whatsapp, kedua aplikasi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bagi kalian yang penasaran atau bahkan belum pernah kalian install di perangkat smartphone, tidak ada salahnya untuk mendownload telegram dengan memakai nomor Hp mu.

Cara Menggunakan Telegram Web PC

Cara Menggunakan Telegram Web PC

Sampai di sini masih membahas tentang Telegram dengan Whatsapp, tentunya bagi kalian user Whatsapp tak asing lagi saat mendengar WA Web atau Whatsapp Web, yakni suatu pemakaian aplikasi Whatsapp web lewat web browser di PC atau komputer kalian tanpa perlu mendownload aplikasinya.

Dan yang pasti Telegram juga dapat kalian akses lewat web browser di PC kalian. Sama halnya dengan Whatsapp, Telegramm web bisa juga sync dengan akun Tele di Hp kalian.

Nah, disini kami akan membahas tentang beberapa hal tentang Telegram Web dan Cara Menggunakan Telegram Web, mulai dari login, logout dan beberapa perbedaan Telegram di Hp kalian dengan Telegram web.

Cara Menggunakan Telegram Web Dengan Login ke Telegram Web

Login Telegram
  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan ialah masuk ke tautan dengan memasukkan website resmi telegram.
  • Selanjutnya masukkan nomor Hpmu di kolom yang telah disediakan, dimulai angka 8, sebab sudah ada kode Indonesia +62 sebagai pengganti 0. Kemudian pilih Next pada atas pojok kanan.
  • Selanjutnya akan muncul notifikasi ‘is this phone number correct?’  pilih OK.
  • Telegram akan mengirim SMS ke Nomo Hpmu dengan durasi 2 menit selanjutnya masukkan kode yang dikirim tersebut dengan benar.
  • Bila kode tersebut benar, maka akan muncul beranda pada chat kalian dan kalian dapat mengecek inbox dari pihak Telegram notif di Hpmu bahwa ada beberapa info login menggunakan akunmu.
  • Silahkan kamu nikmati fitur komunikasi dengan lancar memakai Laptop atau PC yang kalian miliki.

Cara Logout dari Telegram Web

Setelah kalian selesai menggunakan Telegram web di Laptop atau PC, kalian dapat logout atau bisa langsung close tab browser saja. Jika kamu menggunakan laptop umum seperti laptop kantor, maka kalian harus logout dari perangkat tersebut.

  • Pertama adalah pilih tool garis 3 di pojok atas kiri
  • Selanjutnya pilih menu setting
  • Setelah itu, gulir ke yang paling bawah, pilih ada tulisan ‘logout’. Muncul notif ‘are you sure want to logout?’, maka kamu pilih ‘logout’.

Telegram di Hp dan Telegram Web

Perbedaan telegram hp dan web

Lantas, persamaan dan perbedaan antara Telegram yang ada di Hp dengan Telegram Web apa? Yang jelas ada, sejumlah perbedaan yang terlihat diantara keduanya serta beberapa fungsi  meski berbeda letak menu serta penampilannya.

Cara Memulai Chat

Telegram Hp saat memulai chat hanya perlu mengetuk saja menu pensil pada bagian beranda chat, serta langsung dimunculkan kontak Hpmu, sementara itu Telegram web di Laptop atau PC ketika ingin memulai percakapan harus pilih tool garis 3 pojok kiri serta memilih kontak.

Filter Chat

Di dalam menut chat Telegram web, terdapat tool titik 3 yang letaknya di pojok atas kanan dan berguna untuk menunjukkan atau memfilter tiap media yang dikirim atau diterima. Ada juga Teleggra Hp, yakni ‘shared content’.

Fitur Chat

Untuk pemakaian chatting hanya tampilannya saja, letak menu serta cara yang berbeda namun fungsinya tetap sama, seperti tetap muncul menu untuk bisa menghapus chat, mengirim, memforward, serta menerima emoji, stiker, serta beberapa media seperti video, foto, voice note pun dapat dikirim lewak Telegram web.

Kemudian, Telegram di smartphone tersedia menu call, mute notifikasi, tapi tidak dengan Telegram web. Tak tersedia chat rahasia di Telegram web. Jadi, bila ada percakapan itu di Telegram Hp tak tersedia di beranda Telegram web.

Kemudian untuk menu delete chat dan clear history di Telegram web atau PC sebetulnya ada, tapi letak menut itu berada dalam kontak info. Berbeda dengan Telegram Hp berada pada menu chat, yakni di tool titik 3 pojok atas kanan. Jika menu pencarian chat di Telegram web ada tapu letaknya saja yang beda. Lalu setting tema di Telegram Hp tak berpengaruh jika dibukan lewat Telegram web yang berarti tema itu tak akan muncuk.

Menu Tool Garis 3 di Bagian Pojok Kiri Atas

  • Tak tersedia menu buat channel baru atau new channel baru di Telegram web, namun akan tetap muncul pada beranda chat yang kalian ikuti.
  • Tidak munculnya menu ‘Saved Message’, Invite Friends’, dan ‘Calls’.
  • Isi kontak dari keduanya tetaplah sama, lewat Telegram web atau di PC juga masih dapat menambahkan kontak.
  • Di menu setting tampilan serta tiap submenu keduanya berbeda namun ada pula yang memiliki fungsi serupa.

Cara Menggunakan Telegram Web Dengan Beberapa Fitur Telegram

fitur-fitur telegram

Seiring berjalannya waktu, fitur dan sistem pada Telegram juga semakin berkembang dan menyematkan beberapa fitur yang sangat berguna. Nah fitur-fitur tersebut bisa sobat dapatkan jika sudah memperbarui Telegram. Berikut fitur-fitur Telegram terbaru :

Penyimpanan Cloud

Dengan adanya penyimpanan ini, seluruh isi pesan dapat disimpian di Telegram. Kalian dapat dengan bebas masuk atau keluar. Tentu saja hal ini berbeda dengan Whatsapp yang tak mempunyai fitur ini.

Bisa Pilih Kirim File ataupun Dikompres

Pastinya kalian pernah merasakan ketika mengirim foto memakai Whatsapp dan mengalami penurunan resolusi foto sehingga kualitasnya menurun. Nah, jika menggunakan Telegram, kalian bisa mengirim file aslinya.

Grup Bisa Menampung Banyak Anggota

Di aplikasi Whatsapp atau WA anggota grup terbatas hingga 256 orang saja. Beda dengan Telegram yang dapat menembus puluhan ribu member. Oleh sebab itu banyak orang yang menggunakannya membuat channel grup Instagram yang dapat diakses oleh siapapun.

Ada Layanan Secret Chat

Membahas soal keamanan, tentu saja Telegram tak diragukan lagi. Pada aplikasi chatting ini tersedia layanan secret chat yang akan membuat percakapan kalian semakin terjaga dan lebih privasi. Layanan ini dibuat antara 2 perangkat sehingga bila kalian mengaksesnya ditempat lain tak akan bisa.

Dapat Memasukkan Beberapa Akun

Di Telegram ada fitur atau layanan yang dapat menambahkan nomor dengan jumlah yang lebih banyak dari satu nomor tanpa perlu takut kehilangan kontak maupun chat kalian.

Edit Foto Profil Saat Hendak Mengedit

Dengan memakai Telegram, kalian tak harus bersusah payah mengedit foto menggunakan aplikasi lain sebab saat akan menggantinya maka kalian dapat langsung mengedit foto dari situ juga.

Fitur Bot Chat

Fitur satu ini dapat membantu kalian untuk menerima banyak informasi. Contohnya kalian ingin menerjemahkan memakai bahasa lainnnya, maka kalian dapat memanfaatkan bot ini untuk menerjemahkannya untuk kalian.

Simak juga ulasan tentang cara nonton film di Telegram Android dengan mudah dan cara membuat grup di Telegram

Apakah Cara Menggunakan Telegram Web Berbeda Di Setiap Browser?

Jangan khawatir, walaupun sobat menggunakan browser seperti Chrome, Mozilla Firefox, UC Browser, Edge, Opera Mini, atau yang lainnya, tampilan Telegram tidak akan berubah. Maka dari itu sobat nantinya tidak akan bingung menggunakan Telegram dan mengoperasikan fiturnya.

Untuk fitur-fitur Telegram di Web sendiri tetap bisa digunakan sesuai dengan fitur Telegram yang ada di aplikasinya. Pastikan sobat maksimalkan fitur-fitur yang tersedia seperti Bot Chat, Join grup kumpulan film, dan fitur lainnya.

Akhir Kata

Demikian artikel yang membahas beberapa informasi tentang Cara Menggunakan Telegram Web, mulai dari cara login atau logout Telegram web dan beberapa fitur menarik yang ada didalamnya. Semoga dapat membantu kalian. Terima kasih!

Berbicara tentang Aplikasi Telegram, sobat bisa join nih di Channel telegram kami di @androidponsel atau klik link di halaman atas. Nantinya sobat akan mendapatkan update-an berita-berita, tips and trik, review dan bahasan seputar teknologi lainnya. Silahkan Bergabung!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *