Ukuran Kartu Nama Lengkap

Ukuran Kartu Nama Lengkap

Hal yang harus diperhatikan ketika ingin membuat sebuah kartu nama adalah bahan dari kartu nama tersebut, ukuran kartu nama, serta desain kartu nama dan dibuat semenarik mungkin. Membahas tentang kartu nama, ada banyak hal yang perlu Sobat perhatikan.

Sebab setiap negara mempunyai ukuran standar kartu nama yang beda. Baik di Indonesia sendiri maupun ada di kawasan Asia dan di beberapa negara Eropa lainnya pun mempunyai standar ukuran kartu nama masing-masing.

Ukuran Kartu Nama Standar

ukuran kartu nama

Akan tetapi banyak juga di Indonesia yang beropini jika standar skala kartu nama yang pas adalah berukuran A8. Untuk sekarang ini, kebanyakan orang yang membuka jasa membuat kartu nama disini memakai ukuran kartu cm, inci, mm, dan pixel.

Lantas, berapa ukuran kartu nama standar?

Nah, standar barometer kartu nama yang berada di Indonesia umumnya dengan Skala kartu nama yang memakai ukuran cm yakni 90 mm x 55 mm atau 5,5 cm x 9 cm.

Sementara itu yang menggunakan ukuran pixel adalah 207 pixel x 340 pixel selanjutnya untuk skala yang memakai inci adalah 2,165 inci x 3,54 inci. Sedangkan jika kamu mencetak kartu nama di sebuah toko percetakan, maka bakal dibuat sesuai dengan standar percetakan yang ada di Indonesia, yakni 8 mm x 53 mm atau 5,3 cm x 8,8 cm.

Biasanya, orang yang sering membuat sebuah kartu nama di aplikasi Photoshop akan memakai ukuran pixel, sementara yang membuat di aplikasi Corel Draw akan memakai ukuran inci. Maka dari itu, cocokkan ukuran kartu nama pada Photoshop kamu dan sesuaikan juga ukuran kartu nama saat membuatnya memakai aplikasi Corel Draw.

Bila kamu ingin membuat ukuran sendiri bisa langsung bilang kepada orang yang mencetaknya, sebab jika tidak demikian atau tak meminta ukuran yang pas buat kamu nantinya akan dibuatkan ukuran kartu nama yang memiliki ukuran sesuai standar percetakan.

Jadi, tergantung kamu ingin memakai ukuran kartu nama standar di Indinesia, memakai skala percetakan, ataupun memakai ukuran yang pas dengan keinginan kamu sendiri.

Standar Ukuran Kartu Nama Di Beberapa Negara

Nah ukuran kartu nama sebenarnya berbeda-beda disetiap negara, walaupun memang pada umumnya sama saja, berikut adalah standar ukuran kartu nama di beberapa negara.

Kartu Nama di Indonesia

Indonesia punya standar sendiri yaitu SNI atau Standar Nasional Indonesia, dan ukuran kartu nama sesuai SNI adalah 9×5,5 cm atau 90×55 mm. Ukuran ini sama seperti di beberapa negara seperti Denmark, New Zealand, Australia dan lainnya.

Ukuran standar Indonesia ini digunakan pula untuk ukuran standar kartu nama di negara lain seperti Australia, Denmark, New Zealand, Taiwan, dan lainnya.

Standar Ukuran Kartu Nama Jepang

Sedangkan negara Jepang punya standar ukuran kartunama 91 x 55 mm, ini artinya punya perbedaan hanya 1mm pada lebarnya dengan Indonesia. Dengan perbedaan yang sangat tipis tersebut tentu hasilnya tidak akan terlihat perbedaannya.

Standar di Beberapa Negara Asia

Sedangkan ukuran standar di beberapa negara Asia lainnya adalah 90 x 54 mm, yang artinya lebih kecil 1mm yang artinya lebih pendek dari Indonesia.

Standar Eropa

Sedangkan di Negara Eropa, ukuran kartu nama sama seperti ukuran kartu kredit yaitu 85 x 55 mm. Standar ini digunakan di negara Swiss, Belgia, Portugal, turki dan Belanda. Dengan ukuran ini akan lebih mudah disimpan di dalam dompet.

Standar Ukuran Amerika

Sedangkan di negara Amerika punya ukuran 51×89 mm yang juga digunakan di beberapa negara lainnya termasuk Sri Langka dan Korea Selatan.

Bahan Untuk Membuat Kartu Nama

bahan kertas kartu nama

Ketika kamu ingin membuat sebuah kartu nama, selain memperhatikan ukuran kartu nama itu juga perlu menimbang bahan yang akan dipakai, sebab bahan dalam pembuatan kartu nama tersebut akan memiliki pengaruh dalam hal biaya pembuatannya. Berikut adalah ulasan lengkap tentang berbagai bahan yang dapat kamu pilih untuk membuat kartu namamu sendiri.

Mohawk Option

Kertas yang berukuran 250 gsm dan memiliki tekstur halus serta daya serap terhadap tinta yang bisa dibilang cukup bagus. Sehingga nanti hasil dari cetakan kartu nama tersebut dapat terlihat semakin berwarna dan yang jelas bisa memikat mata orang yang melihatnya. Untuk kamu yang sedang design, gunakan kertas ini sebab kertas ini memang bisa dipakai didepan atau dibelakang kartu namamu. Jadi kamu dapat lebih bebas untuk mengeluarkan imajinasi saat ingin membuat design kartu namamu sendiri.

Art Carton atau Art Paper

Kertas ini mempunyai ketebalan 260 gsm, tentu saja ini sudah lumayan tebal untuk dipakai untuk pembuatan kartu nama. Permukaan dari Art Carton ini tak terlalu kasar dan sedikit licin sehingga akan sulit dicoret menggunakan bolpoin. Jadi, bila kamu sering mencatat di kartu nama, maka lebih baik jangan pakai bahan yang satu ini sebab nantinya akan sulit ditulis diatas kartu nama karena tak semua kartu nama itu berisi lengkap. Pastikan jika ada yang bertanya bisa saja jawaban itu tak berada didalam kartu namamu.

Oleh sebab itu, selain memperhatikan aspek ukuran kartu nama, sobat juga sangat penting membuat kartu nama dengan lengkap, jelas, dan padat. Kertas yang satu ini juga dipakai menjadi finishing akhir selepas terlihat lebih mengkilap sehingga bahan satu ini lebih pas bagi design kartu namamu yang tak memakai blok warna.

Linen Jepang

Kertas berukuran 250 gsm ini mempunyai tekstur bergaris vertikal dan horizontal. Bahan kertas ini biasanya lebih kerap dipakai di kartu nama sebuah perusahaan sebab terlihat profesional dan tak terlalu berlebihan.

Linen Hollad

Kertas berukuran 250 gsm ini menjadi kertas impor seperti Linen Jepang. Kertas yang satu ini mempunyai tekstur lebih halus ketimbang Linen Jepang serta warna putihnya lebih terlihat, dan tak terlalu tampak memiliki garis vertikal atau horizontalnya.

Format Penulisan Kartu Nama

format oenulisan dan ukuran kartu nama

Bagi kamu yang belum tahu tentang format penulisan untuk membuat kartu nama, dan ukuran kartu nama, dibawah ini kami akan menjelaskan langkah-langkah membuat kartu nama. Silahkan disimak baik-baik:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan ialah membuat logo pada kartu namamu, jika kamu mengatasnamakan perusahaan harus ada logo dari perusahaan tersebut seperti kebanyakan kartu nama dari sebuah perusahaan yang dimana ada logo perusahaan pada bagian atas kartu nama tersebut. Kemudian ukuran logo yang tersedia pada kartu nama itu wajib lebih besar dari keterangan lengkap tentang perusahaan atau dirimu sendiri.
  • Berikan nama lengkap, jangan lupa memakai gelar yang kamu miliki sebab itu adalah daya jual tambahan dari namamu. Seperti kebanyakan kartu nama lainnya, kamu dapat membesarkan ukuran nama pada kartu nama tersebut. Lalu dibawahnya bisa kamu beri gelar maupun profesi yang saat ini sedang kamu kerjakan.
  • Pakai alamat lengkap rumah kamu atau perusahaan tempat kamu bekerja. Bila memakai atas nama perusahaan, maka kamu dapat memberi alamat kantor perusahaan tersebut sehingga orang yang melihat kartu namamu bisa menemukan lokasi perusahaan tempat kamu bekerja dengan mudah.
  • Tulis nomor Hp kamu yang masih aktif, kalau bisa kamu bisa memisah antara nomor untuk keperluan bisnis dengan nomor untuk kegiatan sehari-hari. Sebab hal ini akan sangat krusial, maka dari itu wajib diperhatikan secara benar-benar jika untuk telepon biasa atau telepon kantor biasanya berbeda. Terlebih lagi bila sewaktu-waktu ada yang meneleponmu secara bersamaan, tentunya salah satu dari orang tersebut tak akan dapat menelepon kamu.
  • Tambahkan sosial media yang kamu miliki pada kartu namamu, entah itu Facebook, Twitter, Instagram, atau Penterest.
  • Pakai skala kartu nama yang telah dijelaskan di atas sehingga gampang mencari file aslinya di tempat percetakan atau fotokopian. Jika kamu memakai kartu namamu sendiri, maka harus membuat tempat untuk kartu nama tersebut.
  • Gunakan design yang keren, tapi jangan terlalu lebay.
  • Beri warna yang ringan, dan gradasi yang sesuai (tidak bertabrakan warnanya) sehingga ktulisan-tulisan dapat membuat orang lain nyaman membaca secara rinci kartu namamu.

Ukuran Kartu Nama di Photoshop

Ukuran Kartu Nama Lengkap

Saat ini mudah sekali untuk membuat desain grafis seperti salah satunya kartu nama ini, sebab ada banyak sekali aplikasi yang bisa dimanfaatkan.

Selain aplikasi-aplikasi yang ada di Android untuk membuat desain seperti Canva, Sobat juga bisa menggunakan Photoshop untuk mendesain dan menentukan ukuran kartu nama.

Nah, untuk opsi ukuran kartu nama di Photoshop sendiri Sobat bisa menggunakan ukuran 9.5 cm x 6 cm.

Cara Membuat Kartu Nama Dengan Logo di Photoshop

Bagi Sobat yang ingin membuat ukuran kartu nama di Photoshop dengan mudah, Sobat bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini!

  1. Pertama, silakan Sobat buka aplikasi Adobe Photoshop di PC atau laptop Sobat.
  2. Setelah itu, langsung open new atau Ctrl + N untuk membuat lembar desain baru.
  3. Langkah selanjutnya Sobat bisa pilih opsi Rectangular Marquee Tool, lalu silakan buat seleksi kotak dengan ukuran kartu nama adalah 9.5 cm x 6 cm.
  4. Lanjutkan dengan mengatur resolusinya menjadi 200 piksel atau lebih. Semakin besar resolusinya, semakin bagus pula kualitas gambarnya, namun ukuran file akan ikut besar.
  5. Di sini, Sobat bisa beri warna kotak kartu nama yang sudah dibuat dengan warna polos. Kalian juga dapat memberikan warna menggunakan Gradient Tool.
  6. Tentunkan ingin diletakkan di mana teks dan logo (Pastikan Sobat sudah membuat logo siap ditempelkan). Tambahkan area untuk menaruh slogan perusahaan, bila diperlukan.
  7. Nah, untuk ukuran teks nama perusahaan Sobat bisa buat 18-20 poin atau lebih besar. Sedangkan untuk teks yang lain gunakan ukuran teks lebih kecil, bisa 10-12 poin atau terserah saja.
  8. Selanjutnya Sobat bisa sesuaikan dengan kebutuhan, dan pastikan ukuran semua teks seimbang dan presisi supaya enak saat dilihat.
  9. Untuk menambahkan logo perusahaan, Sobat bisa klik Quick Selection Tool. Fitur ini untuk memberi garis seleksi di sekeliling logo.
  10. Lalu bisa Inversi area yang diseleksi dengan Ctrl+Shift+I, serta pakai Eraser Tool untuk menghapus latar belakang di sekeliling logo.
  11. Langkah selanjutnya Sobat bisa pakai tools Bevel & Emboss dengan set ukuran ke 2-3 untuk memberikan efek kedalaman dan tajam. Tambahkan juga kesan teks yang lebih profesional dengan tools ini.
  12. Sobat juga bisa menambahkan gambar pada latar belakang yang masih polos. Pakai tools Gradient Overlay dengan Opacity rendah, hal ini untuk mengatur transparansi gambar agar tidak terlalu tampak di latar belakang.
  13. Jika sekiranya desain sudah pas, langsung saja simpan berkas dalam bentuk PSD untuk mengedit ulang. Jika ingin langsung print, gunakan format PDF.

Dengan begitu pembuatan kartu nama di Photoshop dengan logo berhasil Sobat buat. Sangat mudah bukan? silakan Sobat kreasikan sendiri ya desainnya agar lebih menarik dan eye-catching.

Tips Membuat Kartu Nama Dengan Photoshop

Ukuran Kartu Nama Lengkap

Perlu diperhatikan juga, terkadang kartu nama yang dibuat ketika disimpan malah tidak terasa bagus ketika dipandang, misalnya seperti pecah, atau teks sangat timpang.

Nah, permasalahan ini mungkin bisa saja disebabkan oleh beberapa hal. Dengan begitu, Sobat bisa lihat dulu tips untuk membuat kartu nama dengan Photoshop berikut ini:

  • Ketika kalian menambahkan gambar ke dalam desain utama kartu nama, pastikan gambar yang ditambahkan memiliki beresolusi tinggi. Karena kartu nama kecil, maka akan sangat mempengaruhi gambar yang dimasukkan.
  • Kalian bisa membuat layer baru untuk setiap objek yang ingin ditambahkan ke dalam desain, termasuk diantaranya teks, logo, dan gambar latar belakang. Tentu hal ini bertujuan agar mempermudah proses desain, jadi ketika ingin menghapusnya tidak menganggu layer yang lain.
  • Ketika meletakkan element, sebisa mungkin Sobat untuk selalu mengerjakan desain pada perbesaran 100 persen. Hal ini bertujuan supaya meminimalisir kesalahan kecil, serta membuat gambar yang resolusinya rendah bisa segera diketahui/diganti.
  • Karena umumnya kartu nama dipakai untuk hal-hal formal, maka pastikan kalian untuk selalu menggunakan gambar atau foto milik sendiri atau yang bebas copyright. Jika kesulitan menemukan foto atau elements, Sobat bisa cari di situs yang berbayar atau tidak berbayar tetapi aman seperti < Freepik, Free Vector, Pixabay, Canva, dan lain sebagainya.

Simak juga ulasan tentang Ubah Ukuran Foto 3×4 Online Tanpa Ribet? Begini Caranya! agar sobat tidak bingung menentukannya lagi!

Akhir Kata

Demikian ulasan singkat mengenai ukuran kartu nama, cara membuatnya di PhotoShop, dan juga beberapa detail yang harus Sobat perhatikan ketika membuatnya.

Sobat bisa juga memilih beberapa bahan kertas buat kartu nama yang dapat Sobat pakai, baik di-print di rumah memakai printer sendiri atau di jasa percetakan.

Satu hal yang perlu Sobat ketahui bahwa semakin baik bahan kartu nama yang digunakan, maka tentunya biasa kertas yang dipakai juga akan semakin mahal. Sekian, Semoga bermanfaat!.



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Informasi Lebih cepat!

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks