Cara Membersihkan Layar Laptop yang Benar

  • Whatsapp
cara Membersihkan Layar Laptop

Layar laptop yang kotor tentu akan terasa menganggu saat menggunakannya. Pasalnya, tampilan layar laptop menjadi kurang jelas akibat titik-titik noda yang terdapat di sepanjang layar. Akibatnya, sobat menjadi kurang nyaman saat menggunakannya. Oleh karena itu, layar laptop penting untuk selalu dibersihkan secara rutin.

Cara membersihkan layar laptop tentu tidak sama dengan cara membersihkan permukaan gelas, meja, maupun benda-benda lainnya. Sebab, layar memiliki tingkat sensitivitas tersendiri yang menjadikannya mudah mengalami kerusakan jika dibersihkan secara serampangan.

Read More

Oleh karena itu, sebelum mulai membersihkan layar laptop kesayangan sobat, sangat penting untuk mengetahui tata cara membersihkan layar laptop yang benar. Jangan khawatir, karena pada artikel kali ini saya akan membagikan tata caranya.

Detail Ulasan 4 Tata Cara Membersihkan Layar Laptop yang Benar

Matikan Laptop Terlebih Dahulu

cara membersihkan layar laptop

Sebelum mulai membersihkan layar laptop, pastikan laptop sudah dalam keadaan mati. Jangan pernah membersihkan dalam keadaan laptop masih menyala karena hal tersebut bisa mengakibatkan kerusakan permanen pada layar.

Saat mematikan laptop, jangan lupa untuk mencabut adaptor daya dan baterai laptop. Setelah itu, barulah sobat bisa memulai langkah pembersihan layar laptop.

Gunakan Kain Mikrofiber

cara membersihkan layar laptop

Saat memulai proses pembersihan layar laptop, pastikan hanya menggunakan kain mikrofiber untuk membersihkannya. Ingat, tidak semua jenis kain bisa digunakan untuk membersihkan layar laptop. Sembarangan menggunakan kain justru akan mengakibatkan layar laptop jadi tergores. Beda halnya jika sobat menggunakan kain mikrofiber, sifat kainnya yang lembut menjadikan layar laptop aman dari goresan saat dibersihkan.

Langkah-Langkah Pembersihkan Menggunakan Kain Mikrofiber

Setelah kain microfiber yang akan digunakan untuk membersihkan laptop tersedia dan laptop sudah dimatikan, selanjutnya sobat sudah bisa memulai langkah-langkah pembersihan. Ingat, cara membersihkan layar laptop dengan benar adalah dengan menekan layar secara lembut saat menorehkan kain pembersih di layar laptop.

Lakukan proses pembersihan satu arah, bukan dengan pola melingkar.  Sebab, pola melingkar hanya akan mengakibatkan layar rentan mengalami kerusakan dan memindahan partikel debu ke sisi layar laptop yang lain. Tinggal lakukan berulang-ulang sampai sobat yakin tidak ada lagi debu yang tersisa di layar laptop tersebut.

Untuk kotoran Membandel, Gunakan Spons yang Sedikit Basah

cara membersihkan layar laptop

Untuk noda yang membandel atau sulit dibersihkan, gunakan saja spons cuci piring. Kok bisa, iya tentu saja bisa. Faktanya, spons terbukti sangat efektif untuk membersihkan noda dan kotoran yang membandel alias susah dihilangkan, misalnya percikan saus atau kecap yang dibiarkan lama dan tak dibersihkan.

Tentu saja spons yang akan sobat gunakan hanya yang baru, bukan spons yang sudah dipakai untuk mencuci piring. Sebelum memulai proses pembersihkan, basahi terlebih dahulu bagian kuning spons dengan sedikit air. Tujuannya, agar noda maupun kotoran yang menempel bisa terkelupas dan dibersihkan.

Langkah-langkah Pembersihan Menggunakan Spons

Langkah paling pertama yang perlu dilakukan untuk membersihkan layar laptop dengan menggunakan spons adalah dengan mempersiapkan spons yang baru dan bersih terlebih dahulu. Selanjutnya sobat tinggal memercikkan sedikit cairan pembersih di atasnya. Tapi sebelum itu, tentu sobat sudah harus mematikan laptop dan mencabut kabel adaptor terlebih dahulu untuk mencegah korsleting dan semisalnya.

Selanjutnya sobat tinggal mengusapkan spons tersebut ke noda layar secara perlahan. Ingat, usapkan secara perlahan dan perhatikan agar jangan sampai ada tetesan jatuh dan masuk ke mesin laptop. Setelah noda terangkat, sobat tinggal membersihkan kembali menggunakan tisu lembut untuk mengeringkannya. Tapi jika sobat bisa bersabar menunggu, sebaiknya biarkan laptop mengering dengan sendirinya. Setelah kering, sobat bisa memakai laptop kembali.

Gunakan Cairan Pembersih Khusus untuk Menghilangkan Noda Membandel

cara membersihkan layar laptop

Selain menggunakan spons sebagai alat untuk membersihkan noda membandel, usahakan juga untuk menggunakan cairan khusus yang efektif digunakan untuk menghilangkan noda membandel tersebut. Saat ini sudah banyak sekali jenis-jenis cairan pembersih khusus laptop yang bisa sobat gunakan. Selain membelinya secara offline, sobat juga bisa membelinya secara online.

Jika sobat membeli satu set paket pembersih laptop, biasanya sudah lengkap berisi alat-alat yang dibutuhkan untuk membersihkan laptop dan layarnya. Sebab, dalam satu set pembersih khusus biasanya terdiri dari satu botol cairan pembersih, kuas, dan lap. Dengan begitu, sobat tidak perlu lagi repot menyiapkan semuanya satu per satu.

Langkah-Langkah Pembersihan Menggunakan Cairan Pembersih Khusus

Sama seperti langkah-langkah sebelumnya, laptop sobat harus sudah dimatikan terlebih dahulu dan dicabut baterai maupun kabel adaptornya sebelum memulai langkah pembersihan layar laptop. Setelah itu barulah proses pembersihan dimulai.

Pertama, semprotkan terlebih dahulu cairan pembersih yang sudah tersedia ke kain mikrofiber. Ingat, semprotkan sampai lembab saja, jangan terlalu banyak atau sampai kain mikrofiber basah kuyup.

Selanjutnya sobat tinggal menggosokkan kain secara lembut di bagian yang kotor. Ingat, gosokkan dengan ringan agar layar laptop tidak tertekan atau mengalami goresan. Lakukan langkah ini sampai benar-benar bersih. Pastikan juga cairan tersebut tidak menetes karena dikhawatirkan akan masuk ke dalam mesin laptop dan mengakibatkan kerusakan. Setelah itu tinggal keringkan menggunakan tisu sebelum digunakan.

Baca Juga : Cara Membersihkan RAM Laptop dengan Mudah dan Cepat

Tips-Tips Penting yang Perlu Diperhatikan

cara membersihkan layar laptop

Untuk menyempurnakan pembahasan tentang cara membersihkan layar laptop yang benar, di bawah ini ada beberapa tips-tips tambahan penting yang perlu diperhatikan saat ingin bersihkan layar laptop. Tips-tips tersebut adalah sebagai berikut :

  • Hindari penggunaan tisu, serbet kertas, serta produk kertas lainnya karena akan meninggalkan serpihan kertas pada monitor laptop. Ingat, jangan coba-coba menggunakan benda-benda tersebut karena kertas mengandung serat kayu dan bisa mengakibatkan munculnya goresan pada permukaan yang halus.
  • Jangan gunakan air keran untuk bersihkan layar laptop karena bisa mengakibatkan noda mineral tertinggal pada layar laptop.
  • Sobat bisa menggunakan bola kapas yang dibasahi dengan larutan pembersih untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau.
  • Jika sobat seorang fotografer, jauh lebih baik jika menggunakan lap lensa tanpa serat daripada lap katun yang lembut.
  • Jika sobat memiliki pembersih lensa untuk kacamata, coba periksa terlebih dahulu bagian belakang kemasannya untuk memastikan apakah cairan pembersih tersebut mengandung ”isopropanol” atau tidak. Jika memang mengandung ”isopropanol, maka jangan gunakan untuk membersihkan monitor LCD.
  • Jika larutan yang diaplikasikan pada kain pembersih terlalu banyak sehingga menetes atau terlalu lembap, seka saja menggunakan lap lembut dan aplikasikan sedikit saja.
  • Biasakan untuk bersabar dalam membersihkan laptop dan layar laptop, terutama saat membersihkan bagian-bagian yang sulit dibersihkan.
  • Saat membersihkan pinggiran layar laptop, mulai dari bagian-bagian yang paling mudah dijangkau terlebih dahulu.

Baca juga cara memperbaiki keyboard laptop yang bermasalah untuk dapat dengan mudah mengatasinya.

Demikianlah informasi mengenai tata cara membersihkan layar laptop dengan benar. Sobat tinggal mengikuti tata cara yang disebutkan pada artikel di atas.  Ingat, lakukan secara perlahan berdasarkan instruksi atau tata cara yang disebutkan di atas. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *