Sebelum Merilis Android 12, Google Luncurkan 6 Fitur Baru Untuk Android

  • Whatsapp
Google

Android 12 merupakan peningkatan signifikan berikutnya dalam sistem operasi milik Google ini. Namun perusahaan telah mengumumkan enam pembaruan lain yang akan diluncurkan sebelum peralihan ke Android 12. Seperti yang dirinci di Google’s Keyword blog, fitur-fitur ini adalah perpaduan dari peningkatan kualitas hidup skala kecil dan peningkatan pada sisi aksesibilitas.

Yang pertama aplikasi Pesan SMS akan ditingkatkan untuk memungkinkan pengguna menandai teks penting dengan bintang. Ini akan membuat pesan tersebut lebih mudah ditemukan di masa mendatang tanpa harus melakukan pencarian.

Bacaan Lainnya
6 fitur baru android
6 fitur baru Android – image credit Youtube.com/Android

“Cukup ketuk dan tahan pesan Anda, lalu beri bintang,” tulis Google yang juga menambahkan bahwa fitur ini akan diluncurkan dalam beberapa pekan kedepan.

Selanjutnya ada pembaruan dalam Dapur Emoji. Pembaruan ini akan menawarkan saran kontekstual dari emoji sempurna untuk menyertai pesan yang sedang ditulis. Fitur ini sebenarnya sudah muncul pada Gboard versi beta, namun baru akan diluncurkan ke semua pengguna Gboard musim panas ini untuk para pengguna di wilayah Inggris, Spanyol, dan Portugal di perangkat yang menggunakan OS Android 6 atau diatasnya.

Google juga mengatakan akan meluncurkan Sistem Peringatan Gempa lebih lanjut, sistem ini telah berada dalam tahap uji coba awal di California, Selandia Baru, dan Yunani. Sistem ini menggunakan akselerometer di perangkat Android untuk mendeteksi gelombang P awal yang datang sebelum gempa. Ini akan memberi pengguna beberapa detik penting untuk menyelamatkan diri.

Fitur ini akan dikembangkan ke negara-negara dengan risiko gempa bumi yang lebih tinggi – yaitu Turki, Filipina, Kazakhstan, Republik Kirgistan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan dan selanjutnya akan diperluas ke negara lain selama tahun 2021.

Salah satu pembaruan paling menarik adalah bahwa Asisten Google akan diperluas untuk mendukung lebih banyak aplikasi pihak ketiga. Awalnya, fitur ini akan mampu bekerja dengan aplikasi lain seperti Spotify, Snapchat, Twitter, Etsy dan MyFitnessPal, tetapi sekarang mendapatkan tambahan aplikasi lain termasuk Ebay, Strava dan Capital One. Dengan cukup mengucapkan “hey Google, check my miles on Strava”, misalnya  Anda akan melihat progres Anda di lock screen.

Di sisi aksesibilitas, Google memperbarui Akses Suara. Pengguna sekarang dapat membuat perintah vokal yang hanya berfungsi saat Anda melihat layar dengan deteksi tatapan. Fitur ini sekarang berada dalam versi beta.

Akses Suara juga telah ditingkatkan untuk meningkatkan vokalisasi kata sandi, memungkinkan Anda memasukkan huruf, angka, dan simbol. Misalnya, pengguna akan dapat mengatakan “kapital P a s s w o r d” atau nama simbol seperti “tanda dolar” untuk memasukkan $. Google mengklaim ini akan meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam memasukkan kata sandi.

Baca juga : 6 Fitur Baru WhatsApp Yang Diharapkan Hadir di Tahun 2021

Yang terakhir, kini pengguna dapat menyesuaikan lebih banyak pengalaman Android Auto untuk penggunaan yang lebih mudah, seperti mempersonalisasi layar peluncur langsung dari ponsel dan menyetel mode gelap secara manual.

Ini juga akan lebih memudahkan pengguna yang ingin menelusuri konten dengan tab baru di aplikasi media, dengan opsi “kembali ke atas” dan tombol A hingga Z . Ada pula aplikasi baru untuk pengisian daya kendaraan listrik, parkir dan navigasi, dan lebih banyak aplikasi perpesanan sekarang tersedia untuk layar peluncur juga sehingga Anda dapat membaca dan mengirim pesan WhatsApp baru tanpa memegang ponsel Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *