Spotify Luncurkan Greenroom, Aplikasi Mirip Clubhouse Yang Baru

  • Whatsapp
Spotify Luncurkan Greenroom

Spotify baru saja meluncurkan aplikasi live audio yang mereka beri nama Greenroom. Ini merupakan jawaban raksasa streaming musik online asal Swedia ini untuk menantang Clubhouse.

Pergerakan Spotify untuk membangun sebuah aplikasi live audio mulai terendus ketika mereka mengakuisisi Betty Labs pada bulan Maret tahun yang diikuti dengan akuisisi Locker Room, platform media sosial bergaya Clubhouse yang memiliki fokus untuk penggemar olahraga.

Read More

Spotify Greenroom merupakan aplikasi mandiri yang terpisah dari aplikasi Spotify. Ini dapat diunduh gratis di Android dan iOS. Kabarnya, pengguna tidak memerlukan akun Spotify untuk menggunakan aplikasi, meskipun dapat menggunakannya untuk log-in.

Pantauan dari XDA-Developers yang telah menjajal serta mengamati aplikasi ini memaparkan bahwa pengaruh Locker Room terlihat dengan banyak rekomendasi terkait olahraga di feed meskipun pengguna tidak menunjukkan minat dalam olahraga.

Spotify Luncurkan Greenroom
Spotify Luncurkan Greenroom

Greenroom sendiri menawarkan fitur interaktif yang memungkinkan para kreator konten terhubung dengan audiensnya secara langsung. Dalam keterangannya Spotify menyebut bahwa mereka akan menyediakan kesempatan seluasnya kepada para atlet profesional, penulis, musisi, penulis lagu, podcaster untuk menjadi tuan rumah dalam sebuah diskusi real-time, debat, banyak hal – hal lain.

Seperti yang telah banyak dibicarakan, Greenroom memungkinkan penggunanya membuat dan atau bergabung dengan ruang diskusi audio langsung. Percakapan yang sedang berlangsung juga dapat direkam dan disimpan untuk didistribusikan sebagai podcast.

Diketahui sebelumnya bahwa Clubhouse memanfaatkan eksklusivitas platformnya bahkan ketika meluncurkan versi beta untuk pengguna Android, beberapa bulan setelah adanya kompetisi menyusul munculnya aplikasi – aplikasi saingan. Spotify meniru model terbuka untuk semua sistem operasi seperti Spaces Twitter, Ruang Audio Langsung Facebook, dan Saluran Panggung Discord di mana siapa pun dapat mendaftar tanpa undangan.

Di satu sisi, popularitas Clubhouse terus menurun karena eksklusivitas yang membuat hype-nya berangsur melemah. Di sisi lain, beberapa perusahaan percaya tidak ada kata terlambat untuk mengikuti tren ini.

Apa saja yang ditawarkan Greenroom?

  • Tampilan dan nuansa baru secara keseluruhan
  • Kemampuan bagi setiap pengguna untuk menjadi tuan rumah atau berpartisipasi dalam Live Room
  • Mendaftar Greenroom menggunakan info masuk Spotify
  • Pengalaman baru yang mengutamakan kepentingan pengguna
  • Kemampuan merekam sehingga Anda dapat melengkapi konten sesuai permintaan dengan percakapan langsung
  • Kontrol obrolan untuk memastikan pengalaman terbaik

Spotify juga dilaporkan telah mengakuisisi Podz, sebuah startup yang dengan teknologinya mampu menghasilkan klip pratinjau podcast. Tidak seperti layanan lain yang dapat digunakan podcaster untuk membuat klip secara manual, Podz memberikan otomatisasi proses untuk menemukan momen penting dari  sebuah episode menggunakan pembelajaran mesin yang dilatih pada lebih dari 100.000 jam.

Baca juga : Cara download lagu dari Spotify Versi Desktop

Akuisisi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas podcast yang memungkinkan pengguna menelusuri klip pendek. Spotify mengatakan bahwa dengan adanya fitur ini nantinya akan memudahkan pendengar untuk menemukan konten yang ingin mereka dengarkan, dan bagi pembuat konten hal ini mampu membangun basis penggemar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *