Spesifikasi dan Fitur Asus Vivobook A412FA

  • Whatsapp
Asus Vivobook A412FA

Asus Vivobook A412FA ini merupakan salah satu jenis laptop murah tapi bukan berarti murahan. Kualitas dari laptop Asus ini cukup bagus bila dibandingkan dengan berbagai jenis laptop kategori murah lainnya. Mulai dari segi desain, dimensi hingga audio, laptop Asus yang satu ini sangat bisa diandalkan.

Para mahasiswa sampai pekerja kantoran yang masih sibuk WFH juga cocok menggunakan Asus Vivobook A412FA ini. Nah, untuk lebih detailnya lagi soal laptop murah dengan kualitas yang bukan murahan ini, yuk simak ulasannya berikut ini.

Bacaan Lainnya

Detail Ulasan Spesifikasi dan Fitur Asus Vivobook A412FA

Asus Vivobook A412FA

Desain

Dari segi desainnya, laptop keluaran Asus ini memang memiliki penampilan yang sangat minimalis. Warna yang diusung Asus cukup kekinian karena menggunakan warna khas anak muda saat ini. Di pasaran, kamu akan menemukan warna silver, slate gray, peacock blue dan juga coral rush. Bodi dari Asus Vivobook A412FA ini juga menggunakan bahan polycarbonate yang sudah sering dipakai pada jenis laptop entry level. Lubang airhole pada laptop ini terletak di bagian belakang sedang untuk lubang intakenya berada di sisi kanan.

Sama seperti tipe laptop Asus lainnya, Vivobook ini juga menggunakan desain ergolift yang mana bagian keyboard pada laptop akan sedikit terangkat ketika layarnya dibuka. Kelebihan ini tentu akan membuat kamu lebih nyaman saat mengetik. Posisi ini juga memudahkan airflow yang efektif sehingga memperlancar sirkulasi udara. Layar dari Vivobook ini juga bisa ditekuk hingga kemiringan 130 derajat.

Dimensi

Di antara jenis laptop Asus lainnya, Asus Vivobook A412FA ini dapat dikatakan sebagai laptop yang paling ringan. Beratnya yang sekitar 1,5 kg ini sangat memudahkan para penggunanya untuk membawa laptop ini kemana saja.Vivobook ini juga memiliki panjang 32, 2 cm dan lebar 21, 2 cm. Adapun ketebalan dari laptop ini ialah sekitar 1, 99 cm.

Layar

Layar yang digunakan dari laptop Asus yang satu ini ialah menggunakan panel TN. Meskipun hanya menggunakan panel TN, resolusi dari laptop ini mencapai 1920 x 1280 atau kualitas full HD. Jenis laptop murah seperti ini sangat jarang yang menggunakan kualitas full HD, kebanyakan hanya menggunakan resolusi HD di 1366 x 768.

Adapun spesifikasi lainnya ialah layar laptop ini memiliki sRGB 59 persen, NTSC 42 persen, AdobeRGB 44 persen serta P3 43 persen setelah dilakukan kalibrasi. Kemudian, layar panelnya menggunakan BOE dengan seri NT140FHM-N44. Spesifikasi ini sangat menunjang untuk browsing dan kegiatan mengetik lainnya. Kemudian lanjut ke dimensi layarnya yang memiliki ukuran 14 inci. Bagian bezel kiri dan kanannya didesain dengan sangat tipis sehingga akan terlihat elegant. Desain tipis seperti ini tentu akan semakin menonjolkan sisi mewah dan mahal dari laptop Asus ini.

Keyboard

Kesan simple tapi tetap elegant dapat kamu lihat di keyboard Asus Vivobook A412FA ini. Keyboardnya juga tidak mempunyai numpad dan tombol shortcut tambahan. Adapun di bagian satu baris dari laptop ini hanya terdapat tombol Function saja. Tombol powernya masih menyatu dengan tombol keyboard lainnya yang berada di bagian paling kanan.

Hal yang menarik dari keyboard seri Vivobook ini terletak pada backlit warna putihnya. Sangat jarang laptop dengan harga murah memiliki fitur seperti ini, sehingga saat kamu mengetik di tempat gelap pun tidak akan terganggu sama sekali. Di bagian tombol capslock laptop ini juga memiliki penanda led kecil ketika diaktifkan. Kehadiran tombol fn+Esc juga membantu kamu untuk mengunci dan mengaktifkan tombol Function. Karena memiliki travel key 1, 3 mm, tombol dari laptop ini sangat nyaman saat digunakan.

Touchpad

Di seri Asus Vivobook A412FA ini, Asus juga telah menambahkan fitur sensor fingerprint yang berada di bagian area touchpad yang terletak di pojok kanan atas. Desain touchpad ini cukup polos dan tidak menggunakan dedicated button sama sekali. Warna kuning di sepanjang pinggiran touchpad juga memberikan kesan unik saat dilihat. Touchpad dari seri Asus ini juga telah menggunakan Windows Precision Driver dengan dukungan hingga menggunakan empat jari.

Webcam

Kualitas dari webcam seri Vivobook yang satu ini memang belum terlalu unggul tapi tetap bisa kamu andalkan untuk keperluan meeting zoom. Beberapa kekurangan dari webcam ini seperti terdapatnya noise dan masih kurang tajam. Jadi, untuk penggunaan meeting online, mungkin akan lebih baik kamu lakukan di ruang dengan cahaya yang lebih terang.

I/O Port

Konektifitas I/O port dari laptop ini juga masih standar sama dengan jenis laptop murah lainnya. Di bagian sisi kirinya terdapat DC-in, HDMI, USB 3.1 type-A, USB 3.1 type C serta audio jack. Kemudian di sisi kanannya terdapat Keningston Lock, USB 2.0 type A serta terdapat pula dua indicator led untuk power dan juga baterai. Tak ketinggalan, laptop ini juga mempunyai card reader untuk micro SD.

Baterai

Kapasitas baterai yang digunakan oleh seri Asus Vivobook A412FA ini cukup kecil yaitu hanya 37 Whr saja. Sesuai dengan kapasistas prosesor yang cukup rendah maka kapasitas baterai yang kecil ini pun sudah cocok dengan aktifitas yang dilakukan pengguna laptop ini. Beberapa reviewer juga telah menguji coba ketahanan baterai laptop ini dan hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan PCMark 10 Modern office akan membuat baterainya bertahan hingga 7 jam. Pokoknya jenis laptop dari Asus ini cukup aman dan nyamanlah digunakan untuk keperluan kantoran dan kampus.

Storage

Kekurangan pada laptop ini juga terdapat pada spesifikasi storagenya yang mana laptop keluaran baru ini masih menggunakan HDD. Untuk kapasitasnya sendiri cukup besar yaitu sekitar 1 TB 5400 RPM. Untuk urusan penyimpanan data dan file memang cukup aman akan tetapi untuk urusan bootingnya sendiri memerlukan waktu yang cukup lama. Para pengguna yang terbiasa dengan SSD tentu akan merasa lama saat menunggu proses bootingnya. Adapun benchmark kecepatan baca tulisnya dari CrystalDiskMark tercatat sekitar 117, 4 MB/s serta 110 MB/s. Adapun untuk AS SSD memiliki kecepatan baca dan tulisnya hingga 93, 37 MB/s dan 85, 92 MB/s. Secara keseluruhan, spesifikasi yang digunakan laptop ini memang jauh dari SSD akan tetapi kamu masih bisa melakukan upgrade untuk sisi storagenya.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga ASUS A516JA

Audio

Laptop Asus Vivobook A412FA ini memiliki kualitas audio yang sangat bagus. Suaranya nyaman dan tidak menimbulkan rasa sakit di telinga saat volumenya ditambah. Pada volume paling kerasnya pun, laptop ini tidak menimbulkan audio yang pecah. Kombinasi treble dan bass pada audionya memang cukup baik. Adapun fitur software yang tersedia pada audio laptop yang satu ini ialah software realtek audio console. Sayangnya, realtek audio console ini tidak memiliki pengaturan seperti equalizer dan juga preset. Keberadaan speaker dari laptop ini berada di bagian sisi kiri dan juga kanan bawahnya.

Demikianlah informasi mengenai spesifikasi dan fitur Asus Vivobook A412FA. Kamu bisa menjadikan informasi dalam artikel ini sebagai pertimbangan untuk memutuskan apakah laptop ini sesuai dengan kebutuhan kamu atau tidak.

Beli Asus Vivobook A412FA diShopeeLazadaBlibliTokopedia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *