Inilah Tutorial Cara Download Reels Instagram dengan Mudah

  • Whatsapp
Cara Download Reels Instagram

Cara Download Reels Instagram – Baru-baru ini, aplikasi Instagram melakukan update fitur baru yaitu Reels Instagram. Walaupun fitur ini sudah dirilis sejak tahun 2020 di beberapa negara, namun Indonesia baru saja mendapatkan kesempatan dalam menggunakan fitur ini pada tanggal 23 Juni 202.

Fitur baru Instagram yang bernama reeels ini memiliki tampilan yang sama seperti TikTok yang mana sama-sama menampilkan kumpulan video pendek. Dalam fitur Reels ini pengguna Instagram juga diberikan kebebasan untuk meng-upload video mereka agar ditonton dan dinikmati oleh banyak orang.

Read More

Namun untuk dapat menggunakan fitur ini, tentunya pengguna Instagram harus mendownload Instagram versi terbaru atau meng-update Instagram terlebih dahulu. Jika sudah maka pengguna Instagram akan menemukan ikon baru yang menggantikan ikon “+” pada bagian bawah layar home Instagram.

Baca juga: Reels Instagram Tidak Muncul

Mengenal Fitur Baru Instagram “Reels”

Cara Download Reels Instagram

Reels merupakan fitur baru Instagram yang dibuat untuk menampilkan video yang berdurasi pendek di Instagram. Video ini berdurasi mulai dari 15-30 detik saja. Untuk spek lainnya, Instagram Reels memberikan fitur kontrol seperti durasi, audio, kontrol kecepatan, efek, timer, dan rana multiklip.

Kegunaan dari fitur kontrol tersebut ialah untuk menambah kesan bagus pada video yang ingin diupload pada Instagram Reels tersebut. Berikut penjelasan singkat tentang fitur-fitur yang ada pada instgram Reels tersebut :

Durasi

Fitur yang pertama ini berguna untuk mengatur berapa lama video yang akan kamu upload pada Instagram Reels ini. Rentang waktu yang dapat kamu pilih mulai dari 15-30 detik.

Audio

Ini merupakan sebuah fitur yang digunakan untuk menambahkan suara latar belakang pada video yang akan diupload pada Instagram Reels.

Kecepatan

Fitur yang satu ini merupakan tool yang berguna untuk mengatur kecepatan video yang akan ditampilkan dalam Instagram Reels ini. Dengan adanya fitur ini, kamu dapat menampilkan video dengat kecepatan lebih atau juga slow.

Sempurnakan Riasan

Ini merupakan fitur memberikan efek filter pada wajah, fitur ini mirip dengan fitur mempercantik pada bawaan kamera.

Efek

Fitur yang satu ini merupakan fitur yang sama dan sudah ada pada Instagram sebelumnya yaitu fitur untuk menambahkan efek pada wajah atau suasana pada video.

Penunjuk Waktu

Ini seperti fitur yang mengatur seberapa lama akan mulai merekam. Fitur ini berguna ketika kamu ingin membuat video dengan jarak tertentu yang membuat kamu tidak bisa menjangkau layar smartphone kamu.

Tata Letak Video

Ini merupakan fitur yang berfungsi untuk menambahkan dan menggabungkan beberapa cuplikan video ke dalam satu Reels.

Itulah beberapa fitur atau keunggulan yang disediakan dari model baru Instagram yang diberi nama oleh Instagram yaitu Reels. Fitur baru yang diluncurkan ini semata-mata ditujukan agar Instagram nantinya dapat mengelompok seluruh video pendek yang ada pada aplikasi mereka agar para pencinta video Instagram tidak perlu susah dalam menonton video di Instagram.

Bagaimana Cara Mendownload Video di Reels Instagram

Dari beberapa hal yang dijelaskan di atas, tentu kamu sebagai pembaca merasa ada kekurangan yang tersemat dalam Reels Instagram ini. Kekurangan itu sepertinya sebuah kewajiban yang mungkin harus ada dalam Reels Instagram yaitu fitur untuk mendownload video yang ada.

Seperti yang diketahui bahwasanya tidak semua penikmat video baik Instagram maupun TikTok melakukan pengguliran hanya untuk menonton saja. Ada beberapa orang yang terkadang ingin mendownload video yang mereka anggap menarik untuk dijadikan status atau sekedar koleksi saja.

Sebab itu Reels Instagram ini sedikit terasa kurang jika belum disematkan fitur demikian. Namun sebagai pengguna Reels Instagram, kamu tidak perlu merasa khawatir karena kamu dapat menggunakan beberapa alternatif dalam mendownload video pada Reels Instagram ini. Berikut beberapa cara dan aplikasi yang dapat digunakan untuk mendownload video di Reels Instagram :

Aplikasi Download Reels Instagram

Karena Reels Instagram bukanlah fitur baru, hal ini menyebabkan banyak aplikasi yang menyediakan konsep download video pada Reels Instagram ini. Sehingga kalau kamu mencarinya di play store, kamu akan mendapatkan banyak aplikasi serupa.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini ialah kegunaannya yang tak hanya sebatas mendownload video pada Reels Instagram saja. Namun kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk mendownload hal lain yang ada pada Instagram seperti video, story, bahkan status yang ada pada aplikasi Instagram ini.

Untuk menggunakan aplikasi tersebut, kamu dapat mendownload-nya di play store secara gratis. Dalam segi penggunaanya kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Buka aplikasi Download Reels Instagram yang sudah kamu unduh pada play store.
  2. Cari dan pilihlah video yang akan kamu download.
  3. Jika sudah menemukan video yang cocok, maka langkah selanjutnya silahkan klik tiga titik yang ada pada bagian bawah kanan video.
  4. Selanjutnya copy atau salin link dari video yang ingin didownload tersebut.
  5. Masuklah kedalam aplikasi Download Reels Instagram dan tempelkan link yang sudah kamu salin tadi.
  6. Selanjutnya tekan download dan tunggu hingga download selesai.

Instagram Downloader (iGram)

Aplikasi ini bisa dikatakan sama dengan yang di atas, namun aplikasi ini merupakan aplikasi yang terkesan lebih signifikan. iGram sendiri merupakan website yang dibesut dengan tujuan untuk mendownlaod video Reels Instagram.

Instagram Downloader besutan iGram merupakan sebuah website dan bukan aplikasi. Hal inilah yang membedakannya dengan yang pertama. Berikut cara mendownload video Reels Instagram pada Instagram downloader (iGram) :

  1. Buka aplikasi Instagram yang ada pada ponsel kamu.
  2. Carilah video yang ingin kamu download.
  3. Klik ikon titik tiga yang ada pada bagian bawah kanan video Reels Instagram
  4. Copy link video yang ingin didownload tersebut.
  5. Buka aplikasi browser yang ada pada smartphone kamu.
  6. Kunjungi situs Instagram downloader iGram (igram.io)
  7. Pastekan link yang sudah dicopy tadi pada kolom yang sudah disediakan.
  8. Di bagian bawah terdapat ikon download mp4. Tekanlah itu untuk mendownlaod.

Situs dari Instagram Downloader iGram ini selain dapat digunakan untuk mendownload video Reels Instagram, juga dapat digunakan untuk mendownload hal lain yang ada pada Instagram seperti feed, story, bahkan IG Tv.

Baca Juga : Instander Apk, Aplikasi Instagram Versi MOD, Amankah Digunakan?

Savefrom.net

Cara ketiga dalam mendownload video Reels Instagram ialah menggunakan sebuah website lagi yaitu savefrom. Website ini sebenarnya sudah cukup terkenal dalam hal download mendowload dari aplikasi lain, salah satunya mendownload video yang ada pada youtube atau bahkan video yang berasal dari facebook.

Seiring dengan bertambah dan updatenya aplikasi, savefrom sepertinya juga melakukan update websitenya agar para pengguna website tersebut tetap betahan. Salah satunya ialah dengan menyediakan fitur untuk mendowload video Reels Instagram.

Cara penggunaan website ini untuk mendownload video Reels pada Instagram terkesan sama dengan cara yang sudah dijelaskan di atas. Berikut tata cara mendownload video Reels Instagram menggunakan web savefrom :

  1. Buka aplikasi browser dan pergi ke link savefrom.
  2. Ambil situs pengunduh video Instagram yang disediakan oleh savefrom.
  3. Copy link video Reels Instagram yang ingin di download.
  4. Pastekan link tersebut pada kolom yang disediakan savefrom.
  5. Tekan icon download dan tunggu hingga pengunduhan selesai.

Itulah beberapa cara dan media yang dapat digunakan dalam mendownload video yang ada pada Reels Instagram. Jika kamu pengguna Instagram Reels tentu cara tersebut perlu diketahui agar kamu dapat menyimpan video menarik yang tak ingin kamu lewatkan dalam jangka waktu lama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *