Langkah-Langkah Cara Mengatasi Keyboard Laptop Terkunci

  • Whatsapp
Keyboard laptop terkunci

Keyboard laptop terkuncimerupakan salah satu masalah yang mungkin sering dihadapi oleh pemilik laptop. Seperti yang kita tahu, bahwa papan ketik sangat vital keberadaannya. Jika keyboard mengalami masalah, maka bisa dipastikan kalau laptop tersebut tak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Seiring pemakaian, keyboard laptop akan mengalami penurunan performa, sehingga keyboard laptop tak bisa digunakan untuk mengetik sama sekali.

Tenang, jangan panik. Semua masalah ada penyebabnya dan juga ada solusinya. Nah, agar kamu paham apa saja penyebab dan bagaimana mengatasi keyboard yang terkunci, maka kamu bisa simak ulasan dibawah ini:

Bacaan Lainnya

Penyebab Keyboard Laptop Terkunci

Keyboard laptop terkunci

Penyebab keyboard terkunci bisa disebabkan banyak hal. Meski begitu, ada beberapa hal umum yang bisa menjadi penyebab keyboard tidak bisa berfungsi secara normal. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Terjadi masalah pada driver keyboard atau driver keyboard telah usang
  • Ada salah di pengaturan pada keyboard, baik disengaja maupun tidak
  • Karena update oleh system Windows yang dilakukan
  • Terkunci akibat virus yang menyerang laptop
  • Akibat adanya software pengunci keyboard atau aplikasi pihak ketiga

Biasanya masalah terkuncinya keyboard, bukan disebabkan oleh hardware keyboardnya yang sudah rusak. Akan tetapi bisa disebabkan oleh beberapa hal yang telah disebutkan diatas. Jadi kalau kamu mengalami masalah ini, jangan buru-buru mengganti keyboard laptop kamu ya. Untuk mengatasi hal diatas, maka kamu bisa mencoba beberapa trik dibawah ini.

Cara Membuka Keyboard Laptop Terkunci

Untuk membuka dan mengatasi masalah terkuncinya keyboard laptop kamu. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa coba cara dibawah ini:

Matikan Laptop dan Lepas Baterainya

Cara pertama sebelum kamu melakukan perbaikan dengan cara lain, kamu bisa mencoba cara ini. Ini merupakan cara paling mudah yang mungkin bisa mengatasi masalah kamu. Ya, kamu bisa mulai dengan mematikan laptop dan melepas baterainya lalu biarkan selama 3 menit. Setelah itu, pasang kembali baterainya dan nyalakan laptop kamu. Biasanya cara ini berhasil. Namun kalau tidak berhasil, kamu bisa cara berikutnya.

Instal Ulang / Update Driver Keyboard

Jika dengan cara pertama masalah keyboard laptop terkunci belum berhasil diatasi, maka kamu bisa cara ini. Ya, kamu coba untuk  menginstal ulang driver keyboard laptop kamu. Untuk melakukan reinstal driver keyboard, maka kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama, klik kanan My Computer dan klik Properties
  • Lalu, pilih Device Manager di sebelah kiri
  • Kamu bisa cek bagian keyboard, dan Update Keyboard laptop yang terkunci
  • Selanjutnya, klik kanan HID keyboard Device dan pilih Update Driver Software
  • Kamu bisa reinstal driver keyboard laptop tidak berfungsi
  • Kemudian akan muncul jendela baru lalu kamu bisa pilih Search automatically for update driver software
  • Setelah selesai update, maka kamu bisa restart laptopnya

Selain cara diatas, kamu juga bisa mencari driver keyboard dari situs resmi produsen laptop kamu. Download dan instal driver tersebut sampai selesai, dan restart laptop kamu jika sudah selesai. Biasanya kalau errornya keyboard laptop karena masalah driver, maka dengan cara ini pasti masalah bisa teratasi.

Matikan Aplikasi Pengunci Keyboard

Ada beberapa aplikasi yang memungkinkan kita untuk mengunci keyboard. Mungkin bisa saja kamu lupa kalau pernah menginstalnya, atau mungkin ada orang jail yang iseng mengunci keyboard laptop kamu dengan aplikasi ini. Jika penyebabnya adalah ini, maka kamu bisa coba cara berikut ini:

  • Tekan tombol CTRL dan ALT serta Delete bersamaan
  • Selanjutnya tekan tombol Esc di keyboard beberapa kali
  • Terakhir, itu tutup aplikasi tersebut dengan klik tanda close

Jika benar masalahnya akibat aplikasi pengunci keyboard, maka dengan dimatikannya aplikasi ini seharusnya keyboard akan normal kembali.

Kembalikan Setting Default Bios

Seperti yang kita tahu, bahwa beberapa merek dan tipe laptop menyediakan pengaturan keyboard pada BIOS. Nah, jika kita salah melakukan pengaturan pada BIOS, maka akan  menyebabkan keyboard laptop terkunci dan tidak berfungsi. Untuk mengatasinya, kamu bisa kembalikan settingan BIOS pada settingan default. Ikuti langkahnya berikut ini:

  • Pertama, kamu bisa matikan laptop dan hidupkan kembali
  • Perhatikan layar pertama yang muncul di layar laptop kamu. Disana ada petunjuk untuk masuk BIOS (setiap merek laptop cara masuk BIOS masing-masing)
  • Selanjutnya, tekan tombol sesuai petunjuk misalnya F1 atau Delete
  • Jika sudah masuk, kamu bisa cari pengaturan keyboard laptop kamu.
  • Jika kamu paham pengaturan BIOS, kamu bisa lakukan pengaturan keyboard dengan benar.
  • Namun jika tak paham coba cari petunjuk untuk mengembalikan pengaturan default.
  • Kalau sudah, maka save and restart laptop kamu

Cara ini bisa dilakukan dengan catatan keyboard laptop kamu masih berfungsi saat masuk BIOS. Sebab agar bisa masuk, kamu harus menggunakan tombol sesuai petunjuk yang disediakan. Namun kalau keyboard laptop bermasalah, maka kamu bisa menggunakan keyboard eksternal untuk masuk BIOS dan menerapkan cara diatas.

Nonaktifkan Fitur Ease Of Access

Ease of Access adalah fitur bawaan dari Windows. Gunanya adalah untuk memudahkan serta mengoptimalkan penggunaan beberapa fitur laptop sesuai dengan kebutuhan kamu. Apabila salah dalam menggunakan fitur ini, maka akan mengakibatkan keyboard laptop terkunci. Untuk mengatasinya, kamu bisa nonaktifkan fitur Ease of Access seperti tutorial di bawah ini:

  • Pertama-tama, coba buka Control Panel
  • Nonaktifkan Ease of Access
  • Kemudian pilih Ease of Access
  • Selanjutnya pilih Ease of Access center
  • Matikan fitur Ease of Access, dan hilangkan semua tanda centang yang ada
  • Cek juga menu dibawahnya dan nonaktifkan semua fiturnya
  • Jika sudah dirasa cukup, maka kamu bisa restart laptop kamu.

Jika memang masalahnya ada pada pengaturan fitur Ease of Access, maka dengan cara ini pasti bisa mengembalikan fungsi keyboard seperti sediakala.

Scan Laptop Dengan Antivirus Terupdate

Langkah ini sengaja diletakan pada akhir tulisan sebab masalah keyboard yang tidak berfungsi memang jarang disebabkan oleh serangan virus. Namun jika kamu sudah menerapkan seluruh tutorial diatas dan ternyata berhasil, maka bisa jadi masalah tersebut disebabkan oleh virus.

Jika demikian, maka kamu bisa coba melakukan deep scanning menggunakan antivirus andalan kamu yang sudah di update versi terbaru. Kalau memang karena virus, semoga dengan cara ini bisa mengatasi masalah keyboard laptop terkunci.

Baca Juga : 10 Langkah Mengatasi Keyboard Laptop Rusak

Bawa Ke Tukang Servis Laptop

Kalau kamu merasa tidak sanggup mengatasi masalah ini, tak ada salahnya kalau kamu minta bantuan pada orang lain. Ya, kamu bisa datang ke ahli elektronik, khususnya laptop. Kamu bisa cari salah satu tempat servis terbaik di kota kamu dan mendatanginya. Konsultasikan masalah kamu, dan laptop kamu akan segera diperbaiki. Namun kamu harus menyiapkan budget ya untuk biaya servis nya.

Nah, itulah ulasan tentang cara mengatasi keyboard laptop terkunci. Bisa dipastikan kalau cara diatas berhasil, sebab kalau kamu tidak bisa mengatasinya, ada tukang yang siap membantu. Semoga berhasil.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *