Rilis Ponsel Sendiri, Qualcomm Maksimalkan Fitur Snapdragon 888

  • Whatsapp
Ponsel Qualcomm
Image credit : Qualcomm

Nama Qualcomm bagi sebagian besar ponsel unggulan merupakan sebuah hal wajib dimana Snapdragon 888 sebagai chipset atas untuk ponsel unggulan Android. Namun tentu Qualcomm hanya sebagai faktor pendukung dari sebuah ponsel. Lalu bagaimana jadinya bila perusahaan asal Amerika ini memproduksi sebuah ponsel dengan nama dan merek perusahaannya sendiri ?

Adalah “Smartphone for Snapdragon Insiders” yang baru – baru ini diumumkan, ini merupakan sebuah kerjasama yang dibangun Asus dan Qualcomm. Ponsel ini dirancang untuk memaksimalkan semua yang ditawarkan platform Qualcomm Snapdragon dengan harga kurang lebih $1.500.

Bacaan Lainnya

Ponsel ini menawarkan spesifikasi terbaik untuk mendukung semua fitur prosesor Snapdragon 888, RAM 16GB, penyimpanan 512GB, dan layar FHD+ Samsung AMOLED 6,8 inci dengan kecepatan refresh 144Hz. Kurang lebih itu merupakan spesifikasi yang dimiliki Asus ROG Phone 5 Pro. Melalui spesifikasi yang sebelumnya dibawa Asus ROG, Qualcomm ingin memperjelas bahwa ia tidak memiliki keinginan untuk bersaing dengan pabrikan – pabrikan ponsel lain, dan ponsel ini hanyalah sebuah karya untuk Snapdragon.

Sebelumnya pabrikan tentu sering kali tak memaksimalkan beberapa fitur khusus yang dimiliki Snapdragon. Ini termasuk pengisian kabel QuickCharge 5 65W, mirip dengan apa yang kita lihat di OnePlus 9 dan OnePlus 9 Pro dengan WarpCharge 65. Snapdragon Sound juga terpasang dengan sepasang earbud nirkabel Master & Dynamic MW08 bermerek Snapdragon untuk membantu memamerkan 24 -bit, audio 96kHz.

Di bagian belakang ponsel ada sensor sidik jari ultrasonik Qualcomm, yang semakin langka karena sebagian besar ponsel beralih ke pembaca sidik jari dalam layar atau pengenalan wajah. Terakhir, layar 144Hz itu juga mendapat manfaat dari respons sentuh 20% lebih cepat dari Qualcomm Game Quick Touch.

Dalam hal konektivitas perangkat mendukung koneksi 5G, Wi-Fi 6E, dan slot SIM 5G ganda. Namun ponsel ini memiliki sesuatu yang agak kurang, yang pertama adalah baterai yang hanya berkapasitas 4.000 mAh. Jika dilihat dari ukuran layar, refresh rate, dan performa ponsel ini tentu kapasitas baterai yang dibawa bisa dibilang kecil. Perbandinganya adalah ROG Phone 5 yang mengusung baterai 6.000 mAh.

Ponsel Qualcomm
Image credit : Qualcomm

Sensor utama kamera Smartphone for Snapdragon Insiders merupakan sudut lebar Sony IMX 686 64MP, yang juga sensor utama yang bisa ditemukan di ROG Phone 5. Sedang lensa kedua dan ketiga adalah Sony IMX363 12MP ultra-lebar dan telefoto 8MP.

Kekurangan lain adalah tidak adanya pembaruan OS utama yang dijanjikan. Perangkat akan diluncurkan dengan Android 11 dan Qualcomm mengindikasikan akan menerima pembaruan keamanan empat tahun. Android 12 kemungkinan akan beberapa minggu lagi dari rilis dan apakah ponsel ini akan mendapatkan pembaruan atau tidak hingga kini belum ada kejelasan.

Baca juga: Qualcomm Luncurkan Snapdragon 870 5G, Inilah Perbedaannya dengan Snapdragon 888 5G.

Pada akhirnya dengan harga yang tinggi, kemungkinan Qualcomm tak ingin muluk – muluk dalam hal penjualan ponsel ini. Ada opsi yang lebih baik dengan harga yang lebih murah seperti Galaxy S21 Ultra. Atau jika Anda menyukai spesifikasi ponsel ini dan tidak terlalu peduli dengan pengalaman kamera Anda, ROG Phone 5 adalah ponsel yang bagus untuk kebutuhan bermain game.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *