Tutorial Cara Transfer Uang Lewat Indomaret dan Alfamart

  • Whatsapp
Cara Transfer Uang Lewat Indomaret dan Alfamart

Cara Transfer Uang Lewat Indomaret dan Alfamart – Transfer uang merupakan aktivitas yang sudah biasa dilakukan oleh masyarakat untuk berbagai tujuan. Umumnya transfer tersebut dilakukan melalui rekening bank. Proses transfer juga berlangsung cepat dan si penerima transferan bisa langsung menerimanya tanpa harus menunggu lama.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki rekening bank. Terkadang orang-orang yang tinggal di daerah pelosok tidak memiliki rekening bank. Sehingga, transfer melalui rekening tidak bisa dilakukan. Oleh karena itu, masyarakat membutuhkan alternatif untuk kebutuhan transfer yang tidak membutuhkan rekening bank.

Read More

Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah transfer uang lewat Indomaret dan Alfamart. Terlebih lagi kedua minimarket tersebut sudah merambah ke daerah-daerah pelosok di tanah air. Dengan begitu, aktivitas transfer uang jadi lebih mudah.

Ketentuan Transfer Uang di Kedua Minimarket Tersebut

Cara Transfer Uang Lewat Indomaret dan Alfamart

Sebelum kamu memutuskan untuk transfer uang lewat Indomaret atau Alfamart, sebaiknya kamu mengetahui ketentuan yang harus dipenuhi untuk melakukan transfer di kedua minimarket tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan

Agar kamu bisa melakukan mentransfer uang lewat salah satu dari kedua minimarket di atas, kamu harus mempersiapkan hal-hal berikut ini.

Kartu Identitas

Saat ingin melakukan transfer uang melalui Indomaret atau Alfamart, kamu harus menyerahkan kartu identitas. Dalam hal ini kartu identitas yang bisa digunakan adalah KTP, SIM, maupun paspor.

Nomor HP Pengirim

Selain menyerahkan kartu identitas untuk validasi data pengirim, kamu juga mesti memberikan nomor HP yang digunakan. Ingat, nomor tersebut haruslah nomor yang aktif karena sewaktu-waktu pihak Indomaret atau Alfamart akan menghubungimu terkait pengiriman yang dilakukan jika diperlukan.

Nomor HP Penerima

Kamu juga akan dimintai nomor HP penerima transferan tersebut. Ingat, nomor HP yang diberikan haruslah nomor yang masih aktif. Oleh karena itu, pastikan kamu tidak keliru ketika memberikan nomor ponsel penerima.

4.Uang Tunai yang Akan Ditransfer

Karena tujuan kamu mendatangi kedua minimarket di atas adalah untuk melakukan transfer uang, tentu saja kamu harus mempersiapkan uang tunai untuk itu. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah mempersiapkan sejumlah uang tunai yang akan ditransfer.

Setelah menyerahkan uang tunai kepada teller Indomaret atau Alfamart, pihak teller akan menghitung kembali uang tersebut. Perhatikan dengan seksama proses perhitungan kembali uang tunai tersebut oleh pihak teller untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Biaya Admin

Selain mempersiapkan uang tunai yang akan ditransfer, kamu juga harus mempersiapkan uang lebih untuk membayar biaya admin yang akan dibebankan ketika kamu mentrasnfer uang. Besarnya biaya admin ditentukan berdasarkan jumlah yang yang ditransfer.

Perlu diketahui bahwa jumlah minimal untuk transfer uang lewat Indomaret atau Alfamart adalah Rp.10.000 dan maksimal Rp.5.000.000 per transaksi/transfer. Sedangkan biaya admin yang akan dibebankan adalah Rp.15.000 per transfer uang di bawah 1 juta rupiah dan Rp.25.000 per transfer yang di atas 1 juta rupiah.

Bagaimanakah Detail Cara Mentransfer Uang?

Setelah kamu mempersiapkan semua yang diperlukan untuk kebutuhan transfer uang, selanjutnya kamu tinggal mengikuti langkah-langkah cara transfer uang lewat Indomaret dan Alfamart di bawah ini :

Datang ke Gerai Alfamart / Indomaret

Karena kamu ingin transfer uang melalui Indomaret atau Alfamart, tentu saja kamu harus mendatangi gerai minimarket tersebut terlebih dahulu. Datangi saja gerai yang terdekat dari tempat tinggal kamu. Sesampainya di sana, hampiri kasir dan beritahukan kalau kamu ingin mentransfer uang.

Berikan Berkas yang Diperlukan ke Kasir

Setelah kamu menyampaikan ke kasir, nantinya kamu akan ditanya berapa jumlah uang yang akan ditransfer. Selain itu, kasir akan menyiapkan formulir untuk pendataan. Nantinya kasir akan meminta kepadamu untuk menyerahkan data-data berikut :

  1. Kartu identitas berupa KTP, SIM, Paspor.
  2. Nomor HP kamu selaku pengirim dan nomor HP penerima.

Serahkan Uang Tunai Sejumlah yang Akan Ditransfer

Setelah semua data-data yang diperlukan untuk kebutuhan transfer selesai dimasukkan, kamu harus menyerahkan uang tunai sejumlah yang akan ditransfer. Nantinya kasir akan melakukan penghitungan ulang jumlah uang yang kamu serahkan.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya kamu memperhatikan dengan seksama saat kasir menghitung ulang uang yang kamu serahkan untuk ditransfer.

Bayar Biaya Administrasi

Selain menyerahkan sejumlah uang yang akan ditransfer, kamu juga harus membayar biaya admin. Jumlahnya telah disinggung pada pembahasan sebelumnya di atas.

Dapatkan Kode MTCN

Setelah menyerahkan uang yang akan ditransfer dan biaya admin, kamu tinggal menunggu sampai mendapatkan notifikasi melalui SMS. Isi pesan yang masuk melalui SMS tersebut berupa kode MTCN sebanyak 10 digit nomor. Selain itu, kasir juga akan memberikan struk berisi kode MTCN.

Jaga baik-baik kode tersebut, jangan sampai hilang. Sebab, kode tersebut nantinya harus kamu kirimkan kepada penerima transferan, karena kode tersebut akan digunakannya untuk menerima transferan tersebut dari Indomaret atau Alfamart.

Setelah kamu mengikuti langkah-langkah di atas, berarti kamu sudah melakukan semua cara transfer uang lewat Indomaret dan Alfamart.

Kelebihan dan Kekurangan Transfer Uang Lewat Indomaret dan Alfamart

Sebelum memutuskan untuk mentransfer uang lewat Indomaret dan Alfamart, sebaiknya kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan yang akan didapatkan. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan detail di bawah ini.

Kelebihan

Tanpa Rekening

Mentransfer uang lewat Indomaret dan Alfamart jauh lebih mudah dan praktis, karena kamu dan penerima transfer tidak membutuhkan rekening bank. Jika kamu atau penerima transfer tinggal di daerah pelosok yang umumnya belum tersentuh oleh bank, tentu hal ini sangat memudahkan.

Tidak Perlu Antri

Mentransfer uang melalui Indomaret dan Alfamart jauh lebih mudah dibandingkan mentransfer uang lewat teller bank. Sebab, antrian di minimarket tersebut umumnya jauh lebih sedikit dibandingkan antrian di bank. Dengan begitu, kamu tidak perlu menunggu lama ketika ingin mentransfer uang.

Jam Buka Lebih Lama

Sebagian orang terkendala waktu saat ingin mentransfer uang melalui teller bank. Pasalnya, waktu kerja bank hanya sampai sore saja. Bagi kamu yang memiliki rutinitas harian yang padat, terkadang tidak memiliki kesempatan untuk ke bank di waktu-waktu tersebut.

Berbeda halnya jika kamu mentransfer uang lewat Indomaret dan Alfamart, yang mana waktu buka minimarket tersebut sampai jam 10 malam. Tentu kamu memiliki waktu yang lebih lowong untuk mentransfer uang.

Tidak Ribet

Seringkali seseorang malas untuk melakukan transfer uang di bank karena prosesnya yang lama dan berbelit-belit. Hal ini jauh berbeda jika kamu mentransfer uang lewat Indomaret dan Alfamart, karena prosesnya lebih praktis sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya di atas.

Dijamin kamu tidak akan merasakan ribetnya administrasi, jenuh karena lama menunggu, dan hal-hal membosankan lainnya.

Jangkauan yang Luas

Setelah mengetahui cara transfer uang lewat Indomaret dan Alfamart, kamu akan lebih mudah dalam mentransfer uang. Terlebih lagi jangkauan Indomaret dan Alfamart sangat luas karena tersebar di berbagai daerah di Indonesia, bahkan hingga daerah-daerah pelosok.

Baca Juga : Cara Mencairkan Saldo Dana dan Transfer Ke Rekening

Kekurangan

Selain memiliki kelebihan, tentu saja transfer uang lewat kedua minimarket di atas memiliki kekurangan. Sangat penting bagi kamu untuk mengetahui kekurangan tersebut, sehingga bisa menjadikannya bahan pertimbangan sebelum memutuskan apakah akan menggunakan layanan transfer yang tersedia di Indomaret dan Alfamart atau tidak. Adapun kekurangan-kekurangan tersebut adalah sebagai berikut :

Biaya Transfer Lebih Mahal

Biaya admin/biaya transfer lebih mahal dibandingkan biaya transfer bank. Sebab, transfer kepada bank yang sama tidak dibebankan biaya admin sedikitpun alias gratis. Sedangkan biaya transfer antar bank yang berbeda hanya Rp.6.500 saja.

Simpanan Kas Berbeda-Beda

Simpanan kas di setiap gerai berbeda-beda. Jadi belum tentu kamu bisa langsung menarik sejumlah transferan jika persediaan kas mereka tidak mencukupi. Imbasnya, kamu mesti menunggu 2-3 baru bisa mengambil semuanya.

Demikianlah informasi mengenai tata cara transfer uang lewat Indomaret dan Alfamart yang bisa saya bagikan kali ini. Jika kamu membutuhkan solusi transfer tanpa bank, maka mentransfer uang melalui Indomaret dan Alfamart merupakan pilihan yang paling tepat.

FAQ

Apakah di Alfamart bisa transfer uang ke rekening bank?

Lewat Alfamart, kamu juga bisa transfer ke Bank Mandiri, bank BCA, bank BNI, CIMB NIAGA, , Bank Permata, Bank BTN, tanpa harus punya rekening sendiri. Selain itu, Alfamart juga melayani tarik tunai, top up ovo, gopay, dana, dompetku, dengan cara bayar langsung secara cash atau tunai ke kasirnya saja.

Apakah di indomaret bisa transfer uang ke rekening?

Sobat bisa melakukannya di Indomaret, lebih detailnya silahkan langsung datang ke gerai dan tanyakan langsung kepada kasir ya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *