Membandingkan Galaxy S Pen vs S Pen Pro Yang Bakal Dirilis Bersama Galaxy Z Fold 3

Galaxy S Pen vs S Pen Pro

Galaxy S Pen vs S Pen Pro – Samsung Galaxy Z Fold 3 yang akan segera dirilis kemungkinan bakal ditemani dengan kedatangan perangkat lain. Menurut beberapa bocoran yang muncul sebelum peluncuran ponsel lipat tersebut, Galaxy S Pen Pro akan datang berbarengan dengan peluncuran Z Fold 3 dan bisa dimasukan dalam sebuah paket penjualan.

S Pen Pro pertama kali muncul ketika Samsung mengumumkan stylus baru pada awal tahun ini, pada acara peluncuran Galaxy Unpacked Januari untuk ponsel Galaxy S21, di mana Samsung mengumumkan bahwa Galaxy S21 Ultra akan menjadi ponsel pertama di luar jajaran Galaxy Note yang mendukung stylus.

Dalam acara itu, Samsung mengumumkan dua aksesori baru yang akan dijual terpisah dari ponsel yakni S Pen standar dan S Pen Pro yang lebih mumpuni. S Pen standar telah dirilis sejak debut Galaxy S21 Ultra, namun S Pen Pro hingga kini belum muncul ke pasaran.

Namun berdasarkan sertifikasi FCC yang  muncul baru-baru ini,  tampaknya perangkat ini bakal debut di waktu yang sama dengan Galaxy Z Fold 3. Jadi mungki inilah saatnya untuk membandingkan stylus baru ini dengan S Pen yang sudah ada dipasaran.

Galaxy S Pen vs S Pen Pro

Galaxy S Pen vs S Pen Pro

Galaxy S Pen yang datang bersama jajaran Galaxy S21 dijual sebagai aksesori terpisah yang dapat dibeli seharga $40. Ini tentu berbeda ketika Samsung memasukan stylus dalam paket penjualan pada seri Galaxy Note. Samsung sendiri belum mengumumkan harga untuk S Pen Pro, namun dengan asumsi itu juga merupakan aksesoris tambahan yang dijual terpisah, kemungkinan stylus ini bakal dibanderol lebih mahal mengingat fitur tambahan yang dibawa. Ada pula kemungkinan dimana Samsung menyertakan stylus dengan Galaxy Z Fold 3, karena ponsel itu diperkirakan bakal memiliki harga sekitar $1.599.

Kompatibilitas

Pada bulan Januari, Samsung mengatakan stylus khusus ini akan bekerja dengan semua perangkat yang didukung S Pen. Samsung tak menyertakan slot untuk S Pen pada S21 Ultra, jadi pengguna harus membeli casing terpisah jika menginginkan tempat untuk menyimpan stylus. Tidak jelas apakah Samsung telah menemukan solusi penyimpanan untuk S Pen Pro di Galaxy Z Fold 3.

Fitur Galaxy S Pen vs S Pen Pro

Di sinilah letak perbedaan  mencolok antara Galaxy S Pen dan  S Pen Pro. S Pen Pro memiliki fitur konektivitas Bluetooth, sesuatu yang tak dimiliki S Pen. Dan itu membuat perbedaan yang sangat besar dalam hal apa yang dapat Anda lakukan dengan S Pen. S Pen sejatinya merupakan perangkat yang bagus dimana Anda dapat menggunakannya untuk mencatat dan membuat beberapa sketsa secara detail pada layar 6,8 inci S21 Ultra.

Namun Anda tidak akan menemukan dukungan untuk Air Actions, fitur-fitur yang dinikmati pengguna Galaxy Note di mana S Pen pada dasarnya mampu bertindak sebagai remote control. Fitur ini yang nantinya akan dibawa S Pen Pro dengan koneksi Bluetooth yang dimiliki. Nantinya, pengguna dapat menggunakan S Pen Pro untuk mengontrol pemutaran media di ponsel atau mengambil foto menggunakan S Pen Pro sebagai tombol rana.

Baca juga: Samsung Galaxy Tab S6 Lite dengan S Pen Resmi Hadir di Indonesia, Segini Harganya.

Dari kesemuanya itu sayangnya belum ada detail tentang ukuran  dan berat S Pen Pro. Berdasarkan gambar berdampingan yang dibagikan Samsung pada bulan Januari, jelas bahwa versi Pro lebih panjang dari versi standar. (via)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.