Tutorial Cara Login My SAPK BKN dengan Mudah

  • Whatsapp
Cara Login My SAPK BKN

Cara Login My SAPK BKN – Mengingat dalam waktu dekat ini seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) akan diwajibkan untuk melakukan pembaharuan atau pemutakhiran data mandiri ASN yang dilakukan melalui aplikasi My SAPK BKN, maka seluruh ASN perlu untuk mempersiapkan diri dalam melakukan pengeditan dan pemutakhiran data mandiri sesuai keperluan masing-masing.

My SAPK BKN merupakan sebuah aplikasi yang diluncurkan oleh Badan Kepegawaian Negara yang diperuntukkan untuk setiap pegawai aktif yang terdapat beberapa informasi kepegawaian di dalamnya.

Read More

Apa Itu My SAPK BKN

Cara Login My SAPK BKN

My SAPK BKN merupakan sebuah aplikasi berbasis teknologi digital yang diperuntukkan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang terintegrasi dan terhubung secara online kepada database PNS Nasional. Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah seluruh PNS dalam mengakses datanya kepegawaian yang diantaranya data profil, KPE virtual, notifikasi layanan kenaikan pangkat dan pensiun, E-Lapkin, data KTP, BPJS kesehatan, Taspen dan lain sebagainya. Sehingga, dengan keberadaan aplikasi ini diharapkan data kepegawaian lebih akurat secara nasional.

Pemutakhiran data mandiri ASN merupakan proses peremajaan dan pembaruan data yang dilakukan secara mandiri dengan tujuan untuk mewujudkan data yang lebih akurat, terbaru, terpadu, berkualitas baik sehingga dapat menciptakan interoperabilitas data.

Tujuan Pemutakhiran Data Mandiri ASN

Bagaimana pun juga, tujuan dari pembuatan aplikasi ialah untuk mempermudah pekerjaan agar bisa diselesaikan dengan cepat. Sama dengan aplikasi My SAPK BKN ini yang ditujukan untuk mempermudah pemutakhiran data mandiri secara nasional.

Berdasarkan perkataan Wakil Kepala BKN Supranawa Yusuf dalam arahannya mengungkapkan, kondisi data ganda, data tidak lengkap, data tidak akurat, data tidak terkini, dan data hilang merupakan permasalahan yang sering kali ditemukan pada data ASN. Oleh sebab itu diciptakanlah sebuah aplikasi yang dapat diakses secara nasional agar proses pemutakhiran data dapat dilakukan secara mandiri oleh ASN yang ada.

Berikut tujuan pemutakhiran data mandiri secara mandiri oleh ASN sebagai berikut :

  1. Sebagai pemberian pedoman dan acuan penyelenggaran secara virtual dalam rangka pemutakhiran data mandiri ASN dan PPT non ASN.
  2. Memberikan data yang lebih akurat, terkini, terpadu, berkualitas baik untuk menciptakan interoperabilitas data ASN.
  3. Mewujudkan satu data ASN sehingga meningkatkan kualitas dan integritas data yang ada.

Sebenarnya tujuan pembuatan aplikasi ini di latar belakangi oleh tidak dapat ASN untuk melakukan pengecekan data pribadi dan peremajaan data yang mana kegiatan tersebut hanya bisa dilakukan oleh Penjabat Pembina Kepegawaian Instansi masing-masing. Sehingga penumpukan dan data ganda banyak terjadi dan sulit teratasi.

Namun dengan adanya aplikasi My SAPK BKN, program pemutakhiran data mandiri ASN dan PPT non ASN dapat dilakukan secara mandiri oleh setiap ASN yang bersangkutan. Namun bagi ASN yang belum mengerti tata cara melakukan pembaruan melalui aplikasi My SPAK BKN ini, dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Panduan Cara Login My SAPK BKN

Bagi ASN yang ingin melakukan pembaruan data melalui aplikasi My SAPK BKN, dapat melakukanya melalui perangkat mobile yang dimiliki. Namun sebelum melakukan login, kamu harus melakukan download aplikasi terlebih dahulu agar kamu dapat menggunakan aplikasi ini. Berikut tata cara mendownload aplikasi My SAPK BKN :

  1. Buka aplikasi play store yang ada pada hp android kamu.
  2. Cari pada bilah pencarian dengan mengetikkan “My SAPK BKN”.
  3. Lakukan download pada aplikasi dengan nama pengembang yang sama yaitu “SAPK BKN”
  4. Tunggu hingga proses download selesai.

Cara download aplikasi ini sama jika kamu pengguna iOS. Cuma perbedaannya terletak pada app store yang digunakan saja. Jika kamu sudah melakukan download aplikasi, maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah login ke dalam aplikasi tersebut. Berikut tata cara melakukan login ke dalam aplikasi tersebut :

  1. Bukalah aplikasi My SAPK BKN yang sudah di download tadi.
  2. Silahkan klik lupa password pada halaman utama aplikasi, kemudian isikan NIP baru beserta email yang sebelumnya sudah terdaftar pada saat melakukan pendataan oleh Kanreg BKN.
  3. Secara otomatis sistem akan mengirimkan nomor token kepada email yang dimasukkan tadi. Silahkan cek email kamu untuk melihat nomor token yang dikirimkan tersebut.
  4. Masukkan password baru dan nomor token yang dikirim lewat email tadi. Password yang dibuat bebas dengan artian bukan nomor token yang dikirim.
  5. Jika sudah maka kamu sudah dapat login ke dalam aplikasi My SAPK BKN ini dengan memasukkan NIP sebagai username dan password yang dibuat tadi.

Jika sudah dapat melakukan login ke dalam aplikasi, maka kamu sudah dapat melakukan pemutakhiran data melalui aplikasi My SAPK BKN ini. Dalam pemutakhiran data, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini :

Cara Melakukan Pemutakhiran Data Mandiri ASN

Dalam melakukan pemutakhiran data, kamu harus menyediakan dokumen yang dirasa penting dalam pemutakhiran ini. Dokumen tersebut nantinya akan di upload ke dalam aplikasi ini. Berikut tata cara pemutakhiran data menggunakan aplikasi My SAPK BKN :

  1. Silahkan login kembali ke dalam aplikasi My SAPK BKN.
  2. Di dalam aplikasi silahkan kamu pilih pemutakhiran data mandiri
  3. Lakukan pemeriksaan dan verifikasi data pada setiap riwayat.
  4. Lengkapi riwayat pemutakhiran dengan mengupload dokumen pendukung.
  5. Lakukan pengiriman pengajuan dan unduhlah bukti pengajuan tersebut.

Baca Juga : Apa Itu Youtube Biru Apk ? Simak Penjelasannya di Sini!

Fitur-fitur yang Terdapat pada My SAPK BKN

Sebagai aplikasi yang dibuat khusus untuk ASN atau pegawai, maka penting rasanya kamu untuk mengetahui berapa fitur yang ada di aplikasi My SAPK BKN ini. Berikut ini fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi tersebut:

Profil PNS

Pada fitur ini terdapat data utama pegawai yang terdiri dari posisi, jabatan, dan golongan. Pada fitur ini juga terdapat informasi pribadi dari pegawai secara garis besar.

Ubah Data

Fitur ini ditujukan untuk proses perubahan data pegawai yang diantaranya perubahan nomor telpon, alamat email, BPJS, NPWP, alamat rumah, dan lain sebagainya.

My KPE

My KPE atau Kartu Kepegawaian Elektronik merupakan kartu pegawai versi virtual. KPE ini dapat difungsikan untuk keperluan administrasi kepegawaian seperti Bapertarum, BPJS Kesehatan, dan PT.Taspen dengan cara melakukan download pada aplikasi ini untuk diprint.

Otentifikasi SK

Merupakan sebuah fitur yang dapat diakses untuk mengetahui surat keputusan yang dikeluarkan oleh SAPK.

Pelacakan

Fitur yang satu ini sangat penting bagi ASN karena berfungsi untuk mengetahui sejauh mana  proses kepegawaian yang dimiliki.

Personalisai

Fitur ini ditujukan untuk proses penggantian password melalui aplikasi My SAPK BKN ini. Sehingga ketika kamu ingin melakukan perubahan password dapat dilakukan melalui fitur yang satu ini.

Baca juga: VN Mod APK Pro, Aplikasi Editing Video dengan Fitur Pro.

Dengan adanya aplikasi My SAPK BKN ini diharapkan proses administrasi ASN dan BKN dapat mengalami kemudahan. sehingga ASN dapat melakukan pemutakhiran data secara mandiri dan bisa melakukan pengecekkan data mandiri. Pada saat ini, BKN sedang gencar melakukan sosialisasi tentang aplikasi ini agar nantinya dapat diterima dan membantu permasalahan yang ada.

Demikianlah tutorial cara login My SAPK BKN dan hal-hal yang berkaitan dengannya. Semoga kamu tidak kesulitan lagi untuk login setelah membaca ulasan pada postingan kali ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *