OPPO Patenkan Desain Pengisian Daya Magnetic Nirkabel

  • Whatsapp
OPPO Magnetic Nirkabel Charger
image credit oyprice.com

OPPO merupakan salah satu produsen ponsel yang selalu berusaha menjadi yang pertama dalam hal solusi pengisian daya. Perusahaan asal Tiongkok ini telah menghadirkan kemampuan pengisi daya dengan teknologi fast charging dan selalu meningkatkannya dari waaktu ke waktu.

Tahun lalu mereka merilis sebuah solusi pengisian daya nirkabel cepat dan sekarang mereka dikabarkan bakal segera memperbaruinya setelah mematenkan desain untuk pengisi daya nirkabel yang lebih canggih.

Read More

Beberapa hari yang lalu muncul desain dari dua pengisi daya nirkabel OPPO yang telah dipatenkan. Berbeda dengan pengisi daya AirVOOC yang sudah tersedia, pengisi daya ini bersifat magnetis. Sama seperti paten desain tersebut, paten yang baru ditemukan oleh OyPirce juga menampilkan pengisi daya nirkabel magnetik.

Namun, desain ini relatif lebih ramping dan bahkan terlihat lebih baik. Pelat pengisi daya berbentuk lingkaran tetapi produk secara keseluruhan berbentuk tetesan air mata dengan port USB Type-C dan indikator LED.

Sayangnya, dari desain paten tersebut belum terungkap mengenai spesifikasi yang lebih detail yang menjadikan kemampuan  output daya pengisi daya ini sebuah misteri.

Sebelumnya kompatriot mereka Realme telah menjadwalkan sebuah acara yang disebut Acara Inovasi Magnetik Realme pada 3 Agustus mendatang.

Realme diyaknini akan menggunakan kesempaan tersebut untuk mengumumkan MagDart, solusi pengisian nirkabel magnetik seperti Apple MagSafe untuk beberapa kategori produk.

OPPO Magnetic Nirkabel Charger
OPPO Magnetic Nirkabel Charger – image credit oyprice.com

Seperti diketahui bahwa solusi pengisian daya Dart dan SuperDart dari Realme tidak lain merupakan rebranding OPPO VOOC dan SuperVOOC, MagDart yang akan segera datang kemungkinan juga meupakan salah satu teknologi Oppo yang di rebrand atau kemungkinan pengisi daya nirkabel magnetik OPPO yang baru-baru ini dipatenkan kemungkinan didasarkan pada pondasi yang sama.

Sebelumnya  OPPO memaparkan perkembangan dalam teknologi pengisian daya Flash di OPPO Flash Charge Open Day. Pada acara tersebut, perusahaan mengungkapkan kemajuannya dalam mengembangkan solusi pengisian daya untuk smartphone serta produk lainnya.

OPPO menjelaskan bagaimana ia menggunakan sistem perlindungan lima kali lipat untuk memastikan teknologi pengisian dayanya tetap aman bahkan pada tingkat output pengisian daya yang tinggi.

Teknologi Flash Charging Oppo dikatakan menggunakan lima langkah keamanan yang berbeda, yang meliputi sekering baru dengan Impedansi lebih rendah dimana OPPO telah memasukkan sekering baru dalam sistem Flash Charging-nya yang memiliki impedansi lebih rendah.

Sekring ini akan putus jika terjadi suplai listrik yang tidak normal ke baterai sambil membawa peningkatan signifikan dalam efisiensi dan keamanan sistem pengisian daya dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Juga ada sakelar Gallium Nitrida (GaN) yang Efisien yang menggantikan sakelar MOSFET biasa.

Desain bi-sel seri internal Teknologi Flash Charging terbaru OPPO mengandalkan desain bi-cell seri internal baru. Pada dasarnya, dua sel baterai ditempatkan di dalam satu casing baterai, dipisahkan oleh bahan molekul khusus.

Sel-sel baterai ini beroperasi secara independen sambil membiarkan tegangan digandakan dalam ruang yang lebih kecil daripada desain baterai bi-sel seri sebelumnya.

Baca juga: Fenomena Bug Codashop 2021, Top Up Jadi Lebih Murah. Amankah?.

Teknologi Flash Charging OPPO Magnetic Nirkabel Charger juga menggunakan baterai baru yang menggantikan anoda aluminium tradisional dengan kolektor arus komposit khusus. Kolektor komposit ini sangat mudah dibentuk dan secara signifikan mengurangi kemungkinan korsleting jika terjadi kerusakan eksternal.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *