Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi CPNS

  • Whatsapp
Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi CPNS

Sobat AndroidPonsel pasti sedang menanti-nanti hasil seleksi dari CPNS ya? Nah jika Sobat salah satu peserta yang ikutan menantikan hasilnya, berikut ini kami akan coba jabarkan cara cek hasil seleksi administrasi CPNS, supaya Sobat gak penasaran nih.

Cara Cek Hasil Administrasi pendaftaran CPNS

Read More
  1. Buka Website SSCASN

    Sobat buka websitenya di alamat https://sscasn.bkn.go.id/ dan login, menunya ada di pojok kanan atas

  2. Siapkan NIK (KTP)

    Untuk login juga diperlukan NIK KTP dan password, jadi jangan sampai lupa ya. Kemudian klik Masuk

  3. Cek Pesan

    Peserta CPNS 2021 yang lulus tahap administrasi akan mendapatkan pesan menyatakan hasil seleksi.

  4. Unduh Kartu Ujian

    Jika seleksi administrasi sudah didapatkan, selanjutnya Sobat unduh kartu ujian untuk melewati seleksi tahap selanjutnya.

Tahapan Seleksi CPNS 2021

Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi CPNS
ilustrasi PNS

Tahap awal untuk mengikuti lowongan CPNS adalah seleksi administrasi, tapi sobat sudah tahu belum ada berapa tahap sampai sobat bisa lulus dan dinyatakan sebagai ASN? Nah beikut ini adalah tahap-tahap seleksi CPNS 2021.

Seleksi Administrasi

Pertama tahap awal adalah mengikuti seleksi administrasi, kelengkapan dokumen yang sobat uploud ke laman website sscn.bkn.go.id. Nah di sini sobat usahakan mengupload semua dokumen yang diminta ya.

Seleksi Kompetensi Dasar

Nah selanjutnya jika Sobat sudah berhasil lulus di seleksi administrasi, Sobat akan langsung masuk ketahap seleksi kompetensi dasar. Jangan lupa untuk cetak kartu ujiannya ya.

Tahap ini Sobat akan melakukan test menggunakan Computer Assisted Test (CAT), dan materi test diantaranya ada tes wawasan kebangsaan, tes intelgensia umum dan tes karakteristik pribadi. Untuk lulus dari tahap ini Sobat harus mendapatkan nilai diatas ambang untuk setiap materinya.

Baca juga: Kegunaan Serdik atau STR Pada Pelamaran CPNS.

Seleksi Kompetensi Bidang

Jika kompetensi dasar sudah berhasil dilewati, selanjutnya Sobat akan masuk ketahap seleksi kompetensi bidang. Di sini ada beberapa tes yang akan dilakukan termasuk psikotes, wawancara dan tes keterampilan untuk beberapa jabatan.

Perlu sobat ketahui integrasi nilai dari kompetensi dasar dan bidang adalah untuk kompetensi dasar sebesar 40%, sedangkan kompetensi bidang 60%.

Jika sudah melewati semua tahap seleksi maka tinggal menunggu pengumuman kelulusan yang akan diumumkan di website masing-masing kementerian atau instansi.

Dan jika sudah dinyatakan lulus, tahap selanjutnya adalah pemberkasan dokumen yang mana Sobat wajib melengkapi dokumen yang diminta seperti:

  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian
  • Surat Pernyataan tidak terikat dengan instansi lain
  • Surat Pernyataan tidak terlibat partai politik
  • Surat Pernyataan bersedia ditempatkan dimana saja
  • Surat Keterangan sehat dari Rumah Sakit Pemerintah
  • Surat pernyataan bebas Narkoba

Akhir Kata

Itulah tadi sekedar informasi cara cek hasil seleksi administrasi CPNS, semoga Sobat yang mengikutinya dimudahkan dalam menjalankan seleksi dan lulus menjadi ASN yang bersih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *