Cara Cek Rekening Penipuan Dengan Mudah

  • Whatsapp

Dari dulu hingga sekarang, nampaknya kasus penipuan online masih saja terus eksis di Indonesia. Berbekal menjanjikan uang dalam jumlah besar ataupun kendaraan mewah seperti motor dan mobil, penipu kerapkali bisa meraup keuntungan dari kelalaian orang. Namun saat ini sudah banyak kesadaran yang timbul dari masyarakat terhadap kasus serupa, ditambah hadirnya tools yang dapat membantu. Nah, jika sobat penasaran bagaimana cara cek rekening penipuan, simak atikel ini hingga tuntas!

Cara Cek Rekening Penipuan Melalui CekRekening.id

cara cek rekening penipuan

Cara cek rekening penipuan yang pertama yang dapat sobat manfaatkan adalah situs cekrekening.id lho! Nah, situs ini merupakan sebuah tool yang dapat membantu orang yang sedang mendapati pesan menjanjikan hadiah yang besar yang terindikasi penipuan, maupun korban penipuan yang sudah mentransferkan sejumlah uang.

Read More

Tools dalam situs ini bekerja dengan mengolah data nomor rekening, apakah nomor rekening ini pernah dilaporkan dalam hal penipuan atau belum. Cara selengkapnya sebagai berikut:

  • Pertama, silahkan sobat buka Browser di HP atau Laptop. dan pastikan sudah terhubung dengan internet
  • Kemudian sobat bisa langsung pergi ke situs https://cekrekening.id/
  • Nah, maka sobat akan masuk ke laman utamanya
  • Lalu sobat bisa perhatikan form di sisi kiri, dan sobat bisa masukkan jenis bank yang diduga penipu tersebut
  • Masukkan juga nomor Rekening Bank-nya
  • Centang I’m Not Robot dan tekan tombol Periksa Rekening
  • Maka akan muncul informasi terkait rekening tersebut. Isi pesannya adalah terkait rekening ini pernah dilaporkan dugaan penipuan atau belum
  • Jika belum ada aduan, dan sobat sudah yakin rekening ini 100% penipu, silahka bantu untuk melaporkan rekening tersebut. Sobat dapat melaporkan langsung melalui tombol Laporkan rekening ini.
  • Dengan begitu, sobat juga bisa membantu agar orang lain tidak tertipu
  • Selesai!

Itulah cara cek rekening penipuan dengan bantuan tools cek rekening. Silahkan sobat ikuti ya langkah demi langkahnya! Cara cara cek rekening penipuan lainnya bisa sobat simak dibawah!

Melalui Situs Kredibel.co.id

cara cek rekening penipuan

Cara cek rekening penipuan selanjutnya hampir serupa dengan situs sebelumnya, tentunya situs ini pun juga dapat diandalkan. Situs kredibel.co.id merupakah sebuah tool yang juga merupakan layanan yang dapat membantu orang maupun korban penipuan untuk mengetahui dan mendeteksi apakah rekening bank yag dilaporkan penipu atau bukan.

Cara kerjanya sama, namun situs ini memiliki fitur lebih dibandingkan sebelumnya. Fitur tersebut meliputi pencarian, cek telepon penipu online, memiliki tampilan UI yang lebih menarik, Review bisnis, dan forum maupun blog dari writer berpengalaman. Sangat dapat diandalkan bukan? Nah, berikut cara cek rekening penipuan melalui kredibel.co.id

  • Langkah awal, silahkan sobat pergi ke Browser
  • Jika sudah, pergi ke situs https://www.kredibel.co.id/search
  • Lalu langsung saja sobat masukkan nomor rekening di form yang disediakan
  • Klik Cari
  • Maka sistem akan memproses pendeteksian terkait rekening tersebut.
  • Nantinya akan masuk ke laman baru berisi informasi rekening ini
  • Jika ada tulisan pernah dilaporkan penipuan, maka dipastikan itu rekening penipu. Jika sobat tidak menemukan informasi apapun terkait rekening ini dan sobat merasa sudah ditipu dengan rekening tersebut, silahkan laporkan
  • Cara melaporkannya sobat bisa pergi ke menu Laporkan penipuan, lalu Login, kemudian Isi form laporan, dan langsung saja kirim laporannya.
  • Selesai!

Sangat mudah bukan cara cek rekening penipuan dengan situs lengkap satu ini? selain itu juga sobat dapat membantu orang lain agar tidak menjadi korban penipuan selanjutnya.

Cara Cek Rekening Penipuan Melalui Akun Instagram @Indonesiablacklist

cek rekening penipuan melalui instagram

Cara cek rekening penipuan satu ini tergolong unik namun sangat informatif. Nah, akun Instagram @Indonesiablacklist ini dapat diandalkan karena admin dari pemilik akun ini mengumpulkan bukti-bukti penipu yang dilaporkan dari korbannya. Informasi di sini tentu bisa sobat lihat untuk mengecek apakah rekening yang ingin sobat adukan ternyata penipu atau bukan.

Bisa dibilang, cara cek rekening penipuan di sini justru lebih lengkap. Selain itu, sobat juga bisa menyimak komentar dari para pengguna Instagram lainnya di tiap postingan, ibaratnya seperti forum diskusi. Namun, sobat harus mengunduh Instagram dan membuat akun Instagram terlebih dahulu agar bisa follow akun satu ini. Silahkan di coba ya!

Laporkan Penipuan Melalui Situs lapor.go.id

cara cek rekening penipuan

Nah, tools dan situs terakhir yang dapat sobat andalkan adalah situs resmi keluaran dari pemerinya bernama Lapor.go.id. Nah, situ ini sendiri adalah singkatan dari Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat yang disediakan oleh Kepolisian Republik Indonesia yang berfungsi untuk membantu melacak rekening penipuan. Bukan hanya mengecek kasus penipuan, di sini sobat tentunya juga dapat melaporkan berbagai kasus kriminal lainnya.

Tips Mengenali Modus Penipuan

Tips Mengenali Penipuan

Selain mengetahui cara cek rekening penipuan, sobat juga perlu memahami kira-kira ciri-ciri penipuan itu seperti apa sih dan bagaimana cara mereka menipu, berikut akan kami rangkum untuk sobat.

  • Penipu Biasanya Menjanjikan Jumlah Hadiah Yang Besar. Memang tidak logis, penipu kerapkali menjanjikan hadiah dalam jumlah besar misalnya memenangkan mobil atau uang ratusan juta rupiah.
  • Menggunakan Nama Perusahaan Yang Besar Dengan Awalan PT dan Ejaan yang Salah. Terkadang ini merupakan hal yang lucu, penipu kerapkali menggunakan nama PT di awalan, seperti PT.Shopee namun dengan isi pesan yang terlihat seperti ketikan orang sedang mengobrol. Tidak mungkin sebuah perusahaan akan menyingkat kata dan ada yang typo.
  • Menghubungi Sobat Menggunakan Nomor Biasa dan Dialihkan Ke Nomor Whatsapp Lainnya. Yang lucu di sini adalah mengapa penipu menggunakan nomor yang berbeda untuk menghubungi dan nomor Whatsappnya. Ketika kita mengirim pesan di Whatsapp, maka mereka akan langsung mengirim sebuah broadcast yang langsung menyuruh kita untuk mengirimkan sejumlah uang dengan alasan administrasi.
  • Tiba-Tiba Kita Memenangkan Hadiah, Padahal Tidak Mengikuti Event Tertentu. Padahal kita sedang sibuk kerja dan kuliah, eh tiada angin tiada hujan, tau-tau mendapat hadiah. Bisa dipastikan, hal ini merupakan sebuah penipuan!
  • Berbicara Melalui Telepon Dengan Suara Yang Tidak Profesional. Biasanya kita kenal betul dengan suara customer services. CS sendiri akan memiliki intonasi dan artikulasi yang bagus dan khas. Nah, penipu biasanya berbicara dengan logat tertentu, dan sama sekali tidak terdengar profesional. Selain itu mereka juga cenderung memaksa kita untuk langsung mengirim sejumlah uang dengan alasan mencairkan hadiah.
  • Akun Instagram Yang Menonaktifkan Komentar atau Membatasi Komentar
  • Sobat Bisa Minta Alamat Resmi Kantor dan Nomor Izin Operasi Serta Nomor Izin Event. Jika mereka menjawab dengan lama dan kelagapan, dipastikan itu adalah penipu!

Nah, begitulah kira-kira ciri-ciri penipu yang bisa sobat kenali. Jangan mudah teriming-iming hadiah dalam jumlah besar ya! Yang akan rugi nantinya sobat sendiri. Jika sobat masih menganggap event yang memberi sobat hadiah bukanlah penipuan, sobat bisa cek event tersebut di situs pemberi hadiah masing-masing, dan hubungi call center resminya dan tanya apakah mereka mengadakan event ini atau tidak.

Simak juga ulasan lainnya tentang cara melaporkan gangguan pada Indihome yang dapat sobat coba ikuti!

Akhir Kata

Itulah cara cek rekening penipuan serta tips mengenali penipu yang dapat kami sampaikan untuk sobat. Sebaiknya sobat perlu waspadai ya apabila tiba-tiba dihubungi oleh pihak tertentu dan dijanjikan mendapat hadiah besar. Abaikan saja pesan tersebut atau kalau bisa block saja demi keamanan dan kenyamanan

Demikian, semoga bermanfaat!

FAQ

Bagaimana Cara Cek Rekening Penipuan?

Sobat bisa gunakan tools yang tersedia di situs cekrekening.id dan kredibel.co.id, lalu masukkan nomor rekening yang terduga penipu, dan baca informasi analisa dari sistem.

Bagaimana Melaporkan Rekening Penipu?

Sobat bisa gunakan layanan yang tersedia di cekrekening.id dan kredibel.co.id maupun di lapor.go.id

Apakah Menggunakan Situs cekrekening.id dan kredibel.co.id Aman?

Sejauh ini aman, sobat bisa manfaatkan situs tersebut untuk mendeteksi rekening penipuan tersebut serta melakukan pelaporan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *