Cara Menggunakan Aplikasi Reface App

  • Whatsapp
cara menggunakan aplikasi Reface App

Cara Menggunakan Aplikasi Reface App Baru-baru ini viral sebuah aplikasi yang bisa mengubah atau menukar wajah pada foto menjadi sebuah video. Foto tersebut digerakkan oleh gimik wajah orang lain, sehingga terlihat seakan foto tersebutlah yang bergerak.

Viralnya aplikasi ini disebabkan oleh banyaknya orang yang menggunakannya untuk mengubah foto artis-artis ternama, sehingga membuat banyaknya video serupa bertebaran di aplikasi lain seperti Tiktok dan Instagram.

Read More

Bagi kamu yang belum mengetahui, aplikasi yang sedang viral ini bernama Reface App yang bisa digunakan pada Android dan iOS. Berikut cara menggunakan aplikasi Reface App dan pembahasan lain yang berkaitan dengannya.

Mengenal Aplikasi Reface App yang Sedang Booming

cara menggunakan aplikasi Reface App

Reface App merupakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat sebuah video deepfake tanpa melalui proses editing yang rumit. Aplikasi ini menggunakan teknologi Deep Tech AI yang sudah didesain sedemikian rupa, sehingga dapat menganalisa wajah manusia dengan cepat.

Penggunaan AI pada aplikasi Reface App ini memungkinkan untuk memodifikasi, menganalisa, serta mengubah objek pada video atau film pendek. Sehingga, dengan penggunaan aplikasi ini, kamu dapat membuat sebuah foto menjadi bergerak dengan memanfaatkan wajah kamu sendiri.

Download Aplikasi Reface App

Reface App merupakan aplikasi resmi buatan NEOCORTEXT, Inc yang dirilis pertama kali pada 23 Desember 2019 di Play Store. Hingga sekarang, aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 100 juta lebih dengan ukuran aplikasi sebesar 13 MB. Aplikasi ini juga mendapatkan penilaian yang cukup bagus di Play Store dengan 1 juta lebih ulasan dan mendapatkan rating 4,4.

Hingga sekarang aplikasi Reface App masih melakukan update yang terakhir kali dilakukan pada 28 Juli 2021 ini. Bagi kamu yang ingin menggunakan aplikasi ini, berikut tata cara mendownload aplikasinya :

Download Reface App Android

Karena ini merupakan aplikasi resmi, maka kamu dapat melakukan unduhan Reface App ini melalui Play Store. Berikut cara mendownload aplikasi Reface App menggunakan perangkat Android :

  1. Bukalah aplikasi Play Store di hp Android kamu.
  2. Ketiklah pada kolom pencarian “Reface App” dan kamu akan direkomendasikan sebuah aplikasi senama.
  3. Pastikan aplikasi tersebut buatan NEOCORTEXT, Inc dan tab aplikasinya.
  4. Jika sudah silahkan klik “instal” dan tunggu hingga proses download selesai.
  5. Setelah proses download selesai, maka kamu akan menemukan aplikasi Reface App di Android kamu.

Download Reface App iOS

Sama dengan Android, pada perangkat iOS aplikasi Reface App ini juga menjadi aplikasi resmi yang dapat ditemukan pada App Store. Berikut tata cara mendownload Reface App di perangkat iOS :

  1. Bukalah aplikasi App Store pada hp iOS kamu.
  2. Setelah masuk ketiklah pada kolom pencarian “Reface App” dan ambil aplikasi buatan NEOCORTEXT, Inc.
  3. Klik “instal” pada aplikasi untuk melakukan penginstalan.
  4. Tunggu hingga proses selesai, maka aplikasi Reface App ini akan tersedia di hp iOS kamu.

Cara Menggunakan Aplikasi Reface App Untuk Mengubah Wajah

Setelah berhasil melakukan download aplikasi, maka langkah selanjutnya yang perlu kamu ketahui ialah bagaimana cara penggunaan aplikasi Reface App ini. Oleh sebab itu, berikut tata cara penggunaan aplikasinya :

  • Setelah berhasil mendownload aplikasi, maka bukalah aplikasi tersebut di hp kamu.
  • Setelah masuk, silahkan kamu klik “Get Started” untuk memulai aplikasi.
  • Selanjutnya, silahkan kamu pilih foto wajah yang ingin kamu gunakan.
  • Setelah itu, kamu akan diarahkan secara otomatis oleh sistem untuk memilih fitur berbayar. Kamu bisa mengabaikan saran ini dengan menekan silang yang ada di pojok kanan atas.
  • Jika sudah, maka selanjutnya tinggal kamu pilih potongan video yang ingin kamu ubah menjadi wajahmu.
  • Terakhir kamu tinggal menekan “Refacing” dan secara otomatis video akan muncul pada galeri jika sudah selesai.

Selain dapat memasukkan wajah ke dalam video, aplikasi Reface App ini juga bisa melakukan ubah foto. Sehingga, kamu bisa membuat sebuah foto menjadi bentuk lain seperti merubah wajah idola menjadi bentuk kartun. Fitur ini bernama swap face di Reface App dengan cara penggunaan yang sama seperti di atas.

Baca Juga : Rekomendasi 3 Aplikasi Facebook Downloader MP4 Terbaik

Membuat Foto Diam Menjadi Bergerak dengan Reface App

Fitur yang satu ini terbilang masih baru pada aplikasi Reface App. Sehingga, jika ingin menggunakannya kamu harus download update terbaru aplikasi ini. Fitur yang satu ini memiliki fungsi untuk merubah sebuah foto yang awalnya diam menjadi terlihat bergerak. Berikut langkah-langkah membuat foto menjadi bergerak menggunakan Reface App :

  1. Bukalah aplikasi Reface App di hp kamu, sebelum itu pastikan bahwasanya kamu sudah menggunakan aplikasi paling baru.
  2. Jika sudah masuk aplikasi, maka selanjutnya silahkan pilih fitur “Animate All The Face In One Pic” dan “Try Now” untuk mencobanya.
  3. Berikutnya kamu akan diminta untuk memilih sebuah foto yang nantinya akan dibuat menjadi video bergerak.
  4. Ketika selesai memilih foto, maka tunggulah sejenak hingga proses “Analyzing For Face” dari Reface App ini dapat diselesaikan.
  5. Kemudian kamu pilih opsi animation dan pilihlah audio mana yang ingin kamu gunakan pada foto tersebut.
  6. Terakhir kamu hanya perlu menunggu aplikasi Reface App ini bekerja dan menyelesaikan proses editing secara otomatis. Jika sudah selesai, maka akan muncul tombol “Download” untuk menyimpan video ke dalam galeri.

Fakta Tentang Aplikasi Reface App

Seperti yang diketahui bahwasanya tujuan dari pembuatan aplikasi ini ialah untuk menghibur pengguna media sosial. Walaupun demikian, aplikasi Reface app ini tidak akan bisa menghibur pengguna untuk selamanya tanpa terus melakukan pembaharuan.

Penggunaan aplikasi yang berbayar juga bisa menjadi salah satu penyebab hilangnya pengguna aplikasi ini di kemudian hari. Walaupun pada saat awal penggunaan kamu diberikan akses pro selama tiga hari, tapi setelah berakhir, kamu diharuskan untuk membayar setidaknya 16 dolar untuk tetap menikmati versi pro.

Selain itu, penggunaan aplikasi yang tidak memiliki aturan ini ternyata juga dapat menyebabkan permasalahan publik. Contohnya seperti kasus Faraz Arif Ansari, yang menemukan wajahnya di swap oleh pengguna media sosial ke tubuh seseorang wanita berbikini. Tentu hal tersebut terkesan melecehkan orang tersebut, apalagi proses yang dilakukan tanpa melalui persetujuan terlebih dahulu.

Ditambah lagi karena kecanggihan AI yang digunakan pada aplikasi ini, membuat banyak orang tidak bisa membedakan mana video asli dan mana video deepface. Sehingga, aplikasi ini berpotensi menjadi wadah hoax atau penipuan apabila digunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Untungnya, hingga saat ini Reface App masih memberikan batasan pada aplikasinya. Sehingga, kekhawatiran akan terjadinya hal tersebut menjadi berkurang. Bukti Reface App memberikan batasan, salah satunya ialah koleksi template meme dan video yang ada pada aplikasi ini yang masih sebatas hiburan.

Namun terlepas dari aman atau tidaknya penggunaan aplikasi Reface App secara publik, semuanya dikembalikan kepada kamu sebagai pengguna. Disarankan untuk selalu berhati-hati, apalagi menjadi wajah orang lain sebagai meme. Sebab, bisa jadi orang yang bersangkutan merasa dilecehkan dan menuntut kamu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *