Inilah Cara Menghapus Grup Facebook dengan Mudah

  • Whatsapp
cara Menghapus Group Facebook

Bagi para penikmat duni maya, siapa yang tidak mengenal media sosial Facebook.Platform sosial satu ini termasuk salah satu yang cukup tertua dan masih cukup populer hingga hari ini. Meskipun telah ada beberapa media sosial lain yang terus bermunculan dan kian menggeser kepopulerannya, nama facebook masih tetap eksis digunakan saat ini.

Salah satu fitur yang cukup sering digunakan oleh para pengguna di platform ini, yaitu fitur Grup Facebook. Fitur ini memang sudah ada sejak lama, namun penggunaannya hingga hari ini semakin banyak hingga tak lagi terhitung jumlahnya. Para pengguna grup-grup tersebut biasanya berasal dari kalangan penjual atau pedagang hingga komunitas atau organisasi yang berbau politik.

Read More

Namun meskipun penggunaan fitur Grup ini terus bertambah, ada juga beberapa pengguna yang kian mengaku terganggu dengan keberadaannya.Terutama jika penggunaan grup tersebut sudah melewati batas dan para anggotanya hanya membuat keributan dan spam. Untuk menghentikan hal tersebut, kamu bisa menghapus grup tersebut. Berikut adalah ulasan mengenai cara menghapus Grup Facebook.

Kenapa Harus Menghapus Grup Facebook?

cara Menghapus Group Facebook

Jika dulu platform Facebook populer digunakan untuk curhat dan saling berbagi cerita dan pengalaman antar sesama pengguna, saat ini fungsinya lebih banyak digunakan untuk berjualan atau berdagang, meskipun masih ada juga yang masih menggunakan Facebook sebagai media sosial utamanya. Hal inilah yang kerap menjadi alasan mengapa fitur Grup di Facebook sudah tak terhitung lagi penggunaannya.

Meskipun begitu, beberapa anggota dari grup-grup yang ada di Facebook saat ini tak jarang melakukan hal-hal yang malah membuat suasana grup menjadi kacau, ribut, dan penuh dengan spam.Belum lagi kalau ada konten-konten yang tidak pantas atau terlalu senonoh untuk dibagikan namun terus disebarkan melalui grup-grup tersebut, wajar saja sebagai anggota sekaligus pengguna Facebook merasa tidak nyaman dan terganggu.

Untuk itu, tidak sedikit yang akhirnya memilih keluar dari grup hingga berinisiatif untuk menghapus grup tersebut dari platform ini. Terutama jika posisimu adalah sebagai admin atau yang membuat grup tersebut, maka menghapus grup terkait adalah solusi terbaik ketimbang terus melanggengkan kericuhan dan aksi-aksi tidak senonoh para anggota grup di sana. Cara menghapus Grup Facebook juga cukup mudah dan bisa ditemukan dimana saja di internet saat ini.

Download Aplikasi: Facebook Lite untuk smartphone kentang.

Cara Menghapus Grup Facebook dengan Cepat

Jika kamu adalah admin dalam sebuah grup Facebook yang isinya sudah tidak kondusif lagi, maka kamu bisa menggunakan cara menghapus grup Facebook ini dengan lebih mudah dan cepat. Pasalnya, seorang admin tentu memiliki andil yang lebih besar dalam mengelola grup bersangkutan.

Kamu juga bisa memilih untuk menghapus grup tersebut melalui smartphone ataupun laptop/PC. Namun sebelum ke langkah-langkah penghapusannya, kamu harus menghapus semua anggota grup terlebih dahulu. Selain itu, pastikan pula bahwa tak ada lagi admin lain didalam sana kecuali akunmu sendiri. Sebab bilamana masih ada anggota dan admin lainnya di grup, grup tersebut tidak dapat dihapus sekalipun kamu sendiri yang membuatnya.

Cara Menghapus Grup di Facebook Lewat Ponsel

Jika seluruh anggota di grup telah dihapus, maka langkah selanjutnya adalah menghapus grup secara total agar tidak eksis lagi di platform tersebut. Cara menghapus grup Facebook dengan menggunakan smartphone dapat dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Facebook di smartphone, baik itu Android maupun iPhone yang kamu gunakan.
  2. Login ke akun Facebook yang dimiliki.
  3. Pada saat saat berada dalam aplikasi, masuk ke menu Grup dengan mengklik ikon grup yang tersedia.
  4. Setelah itu, buka grup yang kamu miliki dengan memilih Grup Anda atau langsung mengklik grup kamu yang muncul dibawahnya.
  5. Grup yang dipilih dalam hal ini tentunya Grup yang Anda Kelola.
  6. Setelah masuk ke dalam grup, buka menu fitur admin yang ada dengan cara mengklik icon bintang yang biasanya terdapat pada bagian kanan atas halaman grup.
  7. Pad bagian itu, silahkan memilih opsi Keluar dari Grup untuk keluar dari grup sekaligus  menghapus grup yang kamu pernah buat di fb tersebut.
  8. Sebelum menyelesaikan tahap ini, pastikan bahwa grup tersebut sudah tidak dibutuhkan lagi atau tidak untuk digunakan lagi. Sebab setelah mengakhiri penghapusan, grup akan hilang secara permanen dan tidak dapat dipulihkan lagi.
  9. Jika sudah yakin, silahkan langsung saja menekan tombol Keluar dan Hapus agar grup bisa terhapus secara permanen.

Cara Menghapus Grup di Facebook Lewat PC

Selain menggunakan ponsel, kamu tentunya juga bisa menggunakan laptop/PC. Karena menggunakan mode Dekstop, maka akan ada sedikit perbedaan antara cara menghapus grup Facebook melalui laptop dan melalui ponsel. Untuk langkah-langkahnya, simaklah penjelasannya berikut ini.

  1. Kunjungi laman Facebook melaui browser yang ada di PC atau dengan cara langsung mengklik alamat berikut https://www.facebook.com/.
  2. Login pada akun yang kamu miliki.
  3. Setelah masuk ke dalam halaman utama akun Facebookmu, pada bagian sebelah kiri halaman atau pada bagian atasnya, silahkan menemukan icon untuk menu Grupnya.
  4. Selanjutnya pilih grup yang kamu kelola di bagian sebelah kiri.
  5. Jika sudah masuk ke dalam halaman grup tersebut, langsung saja klik ikon titik tiga di bagian kanan, lalu pilih opsi “Keluar dari grup” untuk langsung keluar sekaligus menghapus grup yang kamu buat sendiri tersebut.

Baca Juga : Waspada ! 9 Aplikasi Ini Bisa Bobol Password Facebook Anda

Cara Menghapus Grup Facebook yang Dibuat oleh Orang Lain

Mengelola grup sebagai admin didalamnya memang adalah hal yang mudah, sebab kita bisa melakukan berbagai aktivitas seperti menghapus atau mengeluarkan anggota-anggota grup yang lain. Dengan begitu akan lebih mudah juga buat kita menghapus grup tersebut secara tuntas dan permanen.

Namun beda halnya lagi jika posisi kita di dalam suatu grup juga hanyalah anggota biasa yang hanya bisa mengeluarkan diri sendiri. Pada dasarnya dalam hal ini, cara menghapus grup Facebook yang dibuat oleh orang lain tidaklah mungkin dilakukan, karena seperti itulah adanya kebijakan dari platform ini. Oleh karenanya, satu-satunya yang bisa dilakukan dalam hal ini, yaitu meminta si admin untuk mengakhiri sendiri grupnya tersebut atau sekedar memintanya untuk mengeluarkan beberapa anggota yang menurutmu sudah harus dikeluarkan.

Ketimbang meminta kepada admin untuk melakukan hal-hal tersebut, ada cara lain yang bisa kamu gunakan agar bisa sedikit terbebas dari hiruk pikuk grup yang sudah sangat mengganggu. Salah satunya, tentu saja dengan cara keluar sendiri dari grup tersebut. Terdengar mudah, bukan. Namun bagi kamu yang pada dasarnya masih membutuhkan grup itu sewaktu-waktu, cara mentaktisinya yakni dengan cara mengarsipkan grup tersebut.

Pengarsipan grup bisa dilakukan agar notifikasi grup tidak akan muncul selama waktu yang dibutuhkan atau dengan kata lain grup sedang dinonaktifkan sementara. Jika tiba saatnya untuk memanfaatkan grup tersebut, cukup aktifkan kembali atau berhenti untuk mengarsipkannya.

Kenapa Harus Menghapus Grup Facebook?

Jika Beberapa anggota dari grup-grup yang ada di Facebook saat ini melakukan hal-hal yang malah membuat suasana grup menjadi kacau, ribut, dan penuh dengan spam, menghapus Group Facebook adalah langkah terbaik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *