Cara Downgrade Aplikasi Instagram

  • Whatsapp
Cara Downgrade Instagram

Cara downgrade Instagram – Media sosial Instagram merupakan salah satu dari sederet media sosial yang cukup trend digunakan oleh berbagai kalangan saat ini.Bukan hal yang mengherankan lagi tentunya, sebab platform satu ini kian memberikan pengalaman-pengalaman digital yang menarik bagi seluruh penggunanya, baik sekedar untuk media hiburan hingga untuk aktivitas berjualan.

Hal lain yang menjadi alasan Instagram kian menjadi favorit beberapa pengguna media sosial, karena aplikasi ini tak pernah berhenti melakukan pembaharuan terhadap fitur-fitur yang ada didalamnya. Bagi sebagian orang, menikmati fitur-fitur terbaru adalah hal yang menyenangkan.Namun, sebagian orang juga ternyata ada yang agak terganggu dengan pembaharuan semacam itu.

Read More

Salah satu alasannya, karena aktivitas pembaharuan terhadap suatu aplikasi dapat menyebabkan beberapa kondisi yang kurang menyenangkan, seperti bug. Oleh karena itu, beberapa dari mereka justru lebih memilih untuk melakukan downgrade atau penurunan versi dari aplikasi tersebut. Jika Anda juga mengalami kasus serupa, ulasan mengenai cara downgrade Instagram berikut akan cocok untuk Anda.

Mengecek Versi Instagram Terbaru

Cara Downgrade Instagram

Beberapa pengguna Instagram maupun aplikasi lainnya mungkin kerap kali mendapat masalah, seperti kesulitan login atau masuk ke akun mereka, tanpa mengetahui penyebabnya apa. Hal ini biasanya adalah efek dari pembaharuan aplikasi yang baru saja terjadi.

Untuk melakukan pembaharuan, pengguna bisa melakukannya melalui Playstore atau Appstore lain yang ada di smartphone-nya masing-masing. Namun aktivitas pembaharuan juga bisa terjadi secara otomatis apabila pengguna telah mengaktifkan fitur pembaruan otomatis di pengaturan defaultnya. Jika Anda ingin mematikan dan memastikan bahwa fitur tersebut tidak aktif, silahkan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Aplikasi Google Playstore yang ada di ponsel.
  2. Setelah itu usap layar ke arah kanan atau bisa juga dengan menekan tombol menu yang ada di sekitar kolom pencarian.
  3. Pilih opsi Setelah atau Settings pada daftar menu yang disediakan.
  4. Setelah itu masuk ke bagian Pengaturan jaringan atau Network preference.
  5. Pada menu tersebut akanterdapat opsi Update Aplikasi atau Auto-update dengan berbagai pilihan seperti Melalui Jaringan Apapun, Wifi Saja, dan Jangan Update Aplikasi Secara Otomatis.
  6. Silahkan memilih opsi Jangan Update Aplikasi Secara Otomatis.

Selanjutnya, jika ingin memastikan bahwa masalah seperti bug ataupun susah login ke akun Instagram adalah akibat dari pembaharuan terbaru, Anda bisa mengecek versi terbarunya terlebih dahulu. Adapun cara pengecekan versi aplikasi dapat dilakukan melalui beberapa cara, yaitu lewat Pengaturan pada ponsel, melalui Playstore, maupun melalui aplikasi Instagram itu sendiri. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Melalui Pengaturan

  • Masuk ke menu Pengaturan pada ponsel, lalu pilih opsi Aplikasi.
  • Setelah itu, masuk ke menu Kelola Aplikasi dan cari aplikasi Instagram.
  • Klik aplikasi bersangkutan untuk mencari detail informasi mengenai versi terbarunya. Misalnya: 100.0.0.17.129(V19).

Melalui Playstore

  • Masuk ke aplikasi Google Playstore, lalu cari aplikasi Instagram di dalamnya.
  • Klik aplikasi tersebut seperti saat ingin melakukan download.
  • Perhatikan tombol yang ada di layanan Playstore tersebut, dimana jika tombol yang tersedia adalah “Buka” bukan “Update”, maka Instagram Anda memang sedang dalam pembaharuan terbaru.
  • Untuk melihat versi aplikasinya, pilih Tentang Aplikasi, dan dapatkan informasi versi terbarunya.

Melalui Aplikasi Instagram

  • Buka aplikasi Instagram
  • Klik dan tahan pada menu Home di bagian bawah halaman aplikasi, lalu tarik ke bawah hingga muncul APK info untuk melihat versi aplikasi.

Meng-uninstall Aplikasi Instagram

Pada dasarnya, layanan serupa Playstore sebagai tempat mengunduh dan mengupgrade aplikasi Instagram kita, tidak dapat melakukan aktivitas downgrade atau menurunkan versi dari aplikasi bersangkutan. Oleh karena itu, jika versi Instagram terbaru pada ponsel benar-benar sangat mengganggu atau membuat ponsel mengalami kendala seperti bug atau kehilangan akun, maka satu-satunya cara downgrade Instagram, yakni dengan menghapus aplikasi resminya terlebih dahulu yang diperoleh melalui Playstore. Cara menghapus atau uninstall aplikasi Instagram bisa dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya yaitu:

Melalui Playstore

  • Buka Playstore, lalu lakukan pencarian untuk aplikasi Instagram.
  • Klik aplikasi tersebut, lalu cari dan klik tombol Uninstall untuk menghapus aplikasi Instagram dari ponsel.

Melalui Pengaturan

  • Buka aplikasi Pengaturan pada ponsel.
  • Masuk ke menu Aplikasi, lalu masuk ke opsi Kelola Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi yang akan dihapus atau di-uninstall.
  • Klik tombol Uninstall yang tersedia dan tunggu hingga proses selesai.

Melalui Beranda Aplikasi

Penghapusan aplikasi Instagram juga bisa dilakukan hanya dengan melalui beranda ponsel Anda. Caranya pun cukup mudah, cukup cari aplikasi Instagram, lalu klik dan tahan dengan cukup lama pada aplikasi tersebut, hingga muncul tombol Hapus ataupun tombol silang. Silahkan menekan tombol Hapus tersebut untuk menghapus sekaligus meng-uninstall aplikasi dari ponsel.

Baca Juga : Cara Download Reels Instagram dengan Mudah

Melakukan Downgrade Instagram

Seluruh langkah-langkah yang ada di atas pada dasarnya adalah langkah-langkah persiapan sebelum memperoleh Instagram dalam versi yang lebih lama atau tua. Namun perlu diketahui juga terlebih dahulu bahwa Instagram tidak mempublikasikan versi aplikasi lamanya di dalam Playstore maupun di Appstore lainnya. Platform ini hanya digunakan untuk melakukan aktivitas download dan upgrade terhadap aplikasi-aplikasi yang ada. Sehingga satu-satunya cara downgrade Instagram, yaitu dengan cara mendownload aplikasi Instagram dari layanan lain, yakni melalui browser pada ponsel.

Tidak adanya cara downgrade Instagrampada layanan serupa Google Playstore dapat terjadi untuk meminimalisir bug pada layanan tersebut, sekaligus untuk menjaga keamanan terhadap semua aplikasi yang ada. Memungkinkan adanya fitur downgrade pada layanan resmi ini, hanya akan membuat aplikasi eksis dalam 2 versi yang berbeda. Sehingga tingkat keamanan bisa saja dapat terganggu.

Berbeda halnya jika aplikasi terkait diperoleh dari layanan seperti browser.Dengan menggunakan metode ini, Anda bisa memperoleh aplikasi dalam versi yang Anda inginkan. Baik itu versi terbaru hingga versi lama dari aplikasi tersebut.Namun sebelum memperoleh aplikasi tersebut melalui layanan browser, pastikan tidak ada aplikasi instagram dalam versi apapun yang sedang terinstall di ponsel Anda. Selain itu, pastikan juga versi Instagram apayang akan Anda unduh. Berikut adalah cara downgrade Instagram melalui browser pada ponsel:

  1. Buka aplikasi browser yang ada di ponsel, seperti Google Chrome atau browser bawaan lainnya.
  2. Masuk ke pencarian Google dan ketik “Instagram Older Version”. Anda juga bisa langsung mengunjungi link berikut Download Instagram Semua Versi melalui Uptodown untuk memperoleh daftar versi Instagram yang lebih lengkap.
  3. Silahkan memilih versi mana yang akan diunduh, lalu klik tombol Download yang tersedia.Pastikan bahwa file yang diunduh adalah file dalam format apk.
  4. Setelah file terunduh ke ponsel, buka file berformat apk. tersebut, lalu lakukan penginstalan.
  5. Secara otomatis, aplikasi Instagram dalam versi yang Anda inginkan telah terunduh dan siap untuk digunakan seperti biasanya.

Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *