Sony Luncurkan Xperia 10 III Lite, Lebih Ringkas dan Lebih Murah Dari Xperia 10 III

  • Whatsapp
Sony Xperia 10 III Lite

Sony dilaporkan telah mengumumkan varian baru dari Xperia 10 III yang memiliki harga lebih terjangkau. Ponsel ini diberi nama Xperia 10 III Lite, dan meskipun dijual dengan harga yang lebih murah, namun tampaknya spesifikasi yang dimiliki hanya sedikit lebih rendah dari varian sandard yang lebih mahal.

Sony Xperia 10 III Lite diluncurkan dengan harga JPY 46.800 atau sekitar Rp 6,1 juta. Ponsel ini menawarkan pilihan warna Hitam, Putih, Merah Muda, dan Biru, meskipun dua warna terakhir eksklusif hanya untuk paket bundling dengan Rakuten. Smartphone ini mulai tersedia untuk dibeli  mulai 27 Agustus mendatang di wilayah Jepang.

Read More
Sony Xperia 10 III Lite
Sony Xperia 10 III Lite

Ponsel ini membawa sebagian besar spesifikasi yang dimiliki Xperia 10 III. Yang pertama pada sisi layar, ada panel OLED berukuran 6 inci dengan resolusi FHD+ dengan rasio aspek 21:9 yang mendukung HDR.  Pada bagian belakang, ponsel ini menggunakan sistem tiga kamera dengan lensa utama 12MP, lensa telefoto 8MP, dan lensa sudut ultra lebar 8MP. Untuk selfie, di bagian depan ditanamkan kamera berkekuatan 8MP.

Di ruang pacu, perangkat ini ditenagai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 690. Sedang untuk mendayainya ada baterai 4.500mAh yang disematkan dengan dukungan teknologi pengisian cepat 30W. Perangkat ini memiliki sertidikasi tahan debu dan air IP68 dan memiliki fungsi eSIM. Perbedaan yang kentara antara model Lite dan Xperia 10 III adalah penyimpanannya. Varian Lite terbatas pada penyimpanan internal 64GB dan hanya memiliki RAM 6GB.

Sebelumnya dalam berita tekait, Sony membantah rumor yang mengatakan bahwa Xperia 1 III hanya menerima satu upgrade OS Android dan dua tahun patch keamanan. Mereka menambahkan bahwa ponsel tersebut akan memiliki dukungan selama dua tahun dan akan memperbarui OS lebih dari sekali selama periode tersebut.

Dari pernyataan tersebut dapa disimpulkan bahwa bahwa Xperia 1 III akan menerima Android 12 dan Android 13. Meskipun, potensi untuk mendapatkan Android 14 sangat kecil menginat dukungan perangkat lunak kemungkinan akan berakhir pada saat pembaruan OS tiba.

Pernyataan Sony tersebut sekaligus menegaskan kembali bahwa dukungan perangkat lunak yang mereka berikan belum mengalami peningkatan terutama untuk ponsel kelas flagship, mengingat pesaing – pesaing mereka seperti Samsung dan OnePlus telah menawarkan tiga peningkatan OS untuk ponsel  flagship mereka. Samsung bahkan akan menawarkan pembaruan keamanan selama empat tahun untuk beberapa ponselnya.

Xperia 1 III sendiri memiliki layar OLED HDR 4K 6,5 inci dengan kecepatan refresh 120Hz. Perangkat memiliki prosesor Snapdragon 888 di bawah mesinnya bersama dengan 12GB RAM dan 256GB penyimpanan yang dapat diperluas.

Salah satu unggulan dari ponsel ini adalah kamera belakangnya yang memiliki sensor utama 12MP f / 2.2 yang didukung kamera sudut ultrawide 12MP dan kamera telefoto variabel 12MP. Ada juga kamera iTOF 3D untuk autofokus yang akurat dan cepat. Ada banyak fitur kamera yang terpasang di aplikasi kamera dan bahkan tombol rana khusus yang ada di samping.

Baca juga: Spesifikasi Xperia 1 III dan Xperia 5 III, Dua Produk Baru Sony Dengan Kamera Tercanggih.

Sisi audio merupakan fitur menojol lainnya dari ponsel ini. Dengan adanya jack audio, speaker stereo yang menghadap ke depan dengan 360° Reality Audio, dan Spatial Sound juga paket penjualan dengan sepasang earbud peredam bising nirkabel WF-1000XM3.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *