Tata Cara Daftar dan Keuntungan Tabungan BRI Junio

  • Whatsapp
Tabungan BRI Junio

Tabungan BRI Junio – Bank BRI bisa dikatakan sebagai salah satu bank yang namanya sudah dikenal banyak orang saat ini, begitu pula yang memilih untuk menjadi nasabahnya.Pasalnya, bank yang telah berdiri sejak 1895 ini telah memiliki banyak cabang yang tersebar ke hampir semua wilayah yang ada di Indonesia. Tidak heran jika jumlah nasabahnya sudah sangat banyak dengan puluhan ribu mesin ATM yang tersebar.

Di bank ini sendiri pun ada berbagai macam jenis tabungan yang dapat Anda pilih sebagai media menyimpan uang secara lebih aman dan efisien, bahkan menguntungkan. Tidak heran jika nasabahnya sudah berasal dari berbagai kalangan, mulai dari pebisnis, pelajar, masyarakat umur, hingga anak-anak. Sebab, jenis rekening yang akan digunakan bisa dipilih berdasarkan arah kebutuhan menabung kamu.

Read More

Terutama bagi anak-anak yang notabenenya masih kurang familiar dengan berbagai macam istilah-istilah yang ditawarkan dalam layanan perbankan.Untuk mentaktisinya, bank BRI juga menyediakan jenis tabungan yang unik dan menarik serta cocok bagi anak, yaitu Tabungan BRI Junio. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tata cara daftar hingga keuntungan BRI Junio.

Sekilas Tentang Tabungan BRI Junio

Tabungan BRI Junio

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tabungan BRI Junio ini adalah salah satu produk tabungan BRI yang lebih dikhususkan untuk segmen anak-anak dengan memanfaatkan fitur dan fasilitas yang menarik sebagai daya tariknya. Selain digunakan untuk media penyimpanan uang bekal masa depan anak-anak, keuntungan BRI Junio lainnya yaitu bisa dimanfaatkan untuk menumbuhkan kebiasaan menabung bagi mereka.

Dengan bermodalkan uang sebesar Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu, kamu sudah bisa membuatkan rekening tabungan tersendiri untuk anak kamu. Keuntungan BRI Junio lainnya, yaitu suku bunga tabungan yang diperoleh termasuk cukup kompetitif dan gratis layanan asuransi kecelakaan diri yang nilai setiap tanggungannya bisa mencapai 250 persen atau maksimal Rp.150 juta. Selain itu, sebagai daya tarik agar anak-anak bisa lebih semangat dan termotivasi untuk menabung, disediakan kartu ATM berkarakter khusus yang menarik bagi mereka.

Tata Cara Daftar BRI Junio

Untuk mendaftarkan anak dalam tabungan BRI satu ini, ada beberapa hal yang juga perlu diperhatikan sebelumnya, salah satunya yang menyangkut usia anak. Dalam pembukaan rekening bagi mereka, ada beberapa pengategorian berdasarkan rentang usia anak, diantaranya kelompok usia 12 tahun ke bawah dan kelompok usia 12 hingga 17 tahun. Namun semua prosedur tersebut tentunya juga tidak boleh lepas dari pengawasan dan perizinan orangtua. Hal ini bisa termasuk sebagai salah satu keuntungan BRI Junio, karena dengan adanya pengategorian umur untuk segmen anak-anak, pengelolaan rekening juga akan lebih tepat sasaran tanpa mengabaikan pengawasan orang tua.

Untuk melakukan pembukaan rekening, kamu bisa langsung mengunjungi cabang BRI terdekat di sekitar Anda. Adapun sejumlah persyaratan yang bisa dibawa saat melakukan pendaftaran dan pembuatan rekening BRI Junio, di antaranya yaitu:

1.Nasabah berusia <12 Tahun

Anak yang masuk dalam kategori usia ini pada dasarnya belum bisa memiliki kartu atau dokumen identitas diri pribadi, seperti KTP, Paspor, SIM, dan sebagainya. Oleh karena itu, pembukaan rekening harus melalui sistem Bundling, yaitu melibatkan orangtua/wali dalam pembuatan rekeningnya. Namun perlu dipastikan bahwa pihak orangtua/wali juga telah menjadi nasabah pada bank bersangkutan. Untuk lebih detailnya adalah sebagai berikut:

  1. Orang tua telah terdaftar sebagai nasabah dan memiliki rekening Tabungan BRI BritAma/Simpedes. Jika belum memilikinya, orang tua bisa melakukan pembukaan rekening pribadi terlebih dahulu dengan menggunakan jenis Tabungan BRI BritAma/Simpedes.
  2. Dokumen Pembukaan Identitas orang tua atau wali anak bersangkutan, di antaranya berupa:
  3. KTP dan NPWP (jika ada) bagi Warga Negara Indonesia.
  4. Paspor dan KIMS/KITAS/KITAP bagi Warga Negara Asing.
  5. Fotocopy Kartu Keluarga atau akta kelahiran anak.
  6. Mengisi form aplikasi pembukaan rekening di bagian customer service bank.
  7. Menyiapkan setoran awal pembukaan rekening, yaitu untuk Rekening Induk sebesar Rp. 250.000,- dan untuk Tabungan BRI Junio sebesar Rp. 100.000,-.

2.Nasabah berusia 12-17 Tahun

Jika usia anak telah lebih dari 12 tahun hingga terhitung 17 tahun, maka umumnya mereka sudah bisa mendapatkan berbagai jenis identitas untuk keperluan dokumen, berupa Kartu Pelajar. Oleh karena itu, pembuatan rekening tidak perlu lagi melibatkan orang tua/wali secara langsung, melainkan hanya sebagai pihak yang dimintai persetujuannya. Agar lebih detailnya, berikut adalah persyaratannya:

  1. Merupakan siswa setingkat SMP dan SMA (sederajat) dan telah memiliki kartu pelajar.
  2. Pengisian form aplikasi pembukaan rekening dilakukan secara mandiri oleh siswa bersangkutan.
  3. Adapun dokumen persyaratan yang wajib disiapkan, yaitu:
  4. Fotocopy dan asli Kartu Pelajar yang resmi dan telah disahkan pihak sekolah.
  5. Menyertakan KTP Orang Tua / Wali
  6. Surat Pernyataan yang telah ditandatangani oleh Orang Tua / Wali yang menyatakan bahwa mereka mengetahui dan menyetujui permohonan pembukaan rekening dan bertransaksi di BRI
  7. Menyiapkan setoran awal Tabungan BRI Junio sebesar Rp 150.000,-

Baca Juga : Call Center BRI Bebas Pulsa

Keuntungan Tabungan BRI Junio

Selain prosedur pembukaan rekeningnya termasuk cukup mudah meskipun agak berbeda dari prosedur pembukaan rekening BRI pada umumnya, ada berbagai keuntungan BRI Juniolain yang juga dapat diperoleh selain yang juga telah disinggung pada pembahasan-pembahasan sebelumnya. Keuntungan-keuntungan tersebut bisa dijadikan acuan dan pertimbangan dalam menilai dan membuka produk rekening ini untuk Anak Anda. Adapun keuntungan lain yang bisa diperoleh, yaitu:

  1. Karena cabang bank BRI ini sendiri sudah mencapai hampir puluhan ribu Unit Kerja hingga puluhan ribu unit ATM yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia, kemudahan bertransaksi dengan produk-produk tabungannya tentu akan lebih mudah.
  2. Memiliki tingkat aksesibilitas yang baik, di mana kartu Debitnya sendiri bisa dipakai pada jaringan BRI, ATM Bersama, Link, dan Prima.
  3. Tersedia fasilitas E-Banking BRI, yang bisa meliputi Internet Banking, Mobile Banking, SMS Banking, SMS Notifikasi, dan lain sebagainya.
  4. Tersedia layanan asuransi kecelakaan diri secara gratis, bagi setiap nasabah yang memiliki minimal saldo di rekening sebesar Rp 500.000,-. Asuransi ini memberikan hak atas jaminan asuransi kecelakaan diri (personal accident) dengan biaya setiap tanggungan sebesar 250 % dari saldo terakhir atau maksimum sebesar Rp.150.000.000,-.
  5. Tersedia fasilitas tabungan perencana khusus BRI Junio ini, berupa Installment Saving Junio.
  6. Buku tabungan serta Kartu ATM berkarakter khusus yang menarik bagi anak-anak.
  7. Transaksi realtime online.
  8. Suku bunga kompetitif, yaitu:
  9. Rp.0 s.d. < Rp.1.000.000: 0,0%
  10. ≥ Rp.1.000.000 s.d. < Rp.50.000.000: 0,50%
  11. ≥ Rp.50.000.000 s.d. < Rp.500.000.000: 0,50%
  12. ≥ Rp.500.000.000 s.d. < Rp.1.000.000.000: 1,00%
  13. ≥ Rp.1.000.000.000: 1,50%
  14. Keuntungan BRI Junio lainnya, yaitu memiliki biaya administrasi bulanan yang cukup rendah, cocok untuk anak-anak. Adapun biaya administrasi bulanan untuk rekening yang masuk kategori <12 tahun adalah gratis atau tanpa biaya administrasi. Sedangkan untuk yang masuk kategori 12-17 tahun, biaya administrasi bulannya adalah sebesar Rp 5.000 saja.

Baca juga: Cara Mudah Daftar BRI Mobile dan Aktivasinya.

Bank BRI Agroniaga

Sebagai informasi tambahan, selain BRI Junio yang memang dikhususkan untuk Anak, BRI melalui anak usahanya menghadirkan Bank BRI Agroniaga ang juga hadir dengan beragam layanan seperti tabungan Agrotama, Tabungan Infiniti, Tabungan Multima, Simpanan pelajar dan masih banyak lagi layanan yang disediakan, kendati demikian BRI dan BRI Agroniaga tentu punya fokus bisnis yang masing-masing berbeda.

Bank BRI Agroniaga biasa disebut BRI Agro adalah perusahaan yang bergerak dibidang perbankan yang sudah didirikan sejak 1989 yang mempunya kantor pusat di Jakarta, BRI Agro ini adalah anak perusahaan dari Bank BRI.

Pertanyaan & Jawaban

Apakah Tabungan BRI Junio Itu?

Tabungan BRI Junio merupakan jenis tabungan untuk segmen anak-anak dengan beragam fitur dan fasilitas yang menarik.

Mengapa Anak Harus Membuka Tabungan BRI Junio?

Disarankan bagi setiap anak untuk  membuka tabungan BRI Junio karena bukan saja sebagai penyimpanan  bekal bagi anak-anak untuk masa depan mereka, tetapi juga secara tidak langsung melatih kebiasaan menabung bagi mereka.

Berapakah Setoran Awal Tabungan BRI Junio?

Untuk anak di bawah 12 tahun, setoran awal untuk Tabungan BRI Junio sebesar Rp. 100.000. Sedangkan untuk anak berusia 12-17 tahun, setoran awal untuk Tabungan BRI Junio sebesar Rp. 150.000.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *