Xiaomi Jadi Brand Ponsel 5G Terbesar di Dunia, OPPO A53 5G Rajai Pasar Tiongkok

  • Whatsapp
Xiaomi Ponsel 5G

Xiaomi baru saja mengumumkan pencapaian terbaru mereka, perusahaan asal Tiongkok tersebut menyatakan bahwa mereka telah menjadi sebuah brand terkemuka di dunia untuk segmentasi ponsel android 5G. Berita tersebut dibagikan melalui akun Twitter resmi Xiaomi India dengan mengutip Strategy Analytics sebagai sumbernya.

Tweet itu bahkan membagikan gambar yang diposting yang menyatakan bahwa brand tersebut adalah Merek Smartphone Android 5G No. 1 di Dunia sambil dengan meraup pangsa pasar sebesar 25,7 persen pada kuartal kedua tahun ini. Sesuai laporan dari Strategy Analytics, perusahaan mampu menjual 24 juta ponsel dengan kemampuan 5G selama kuartal ini melalui brand Mi dan Redmi.

Read More

Laporan tersebut juga menambahkan bahwa varian ponsel 5G dengan harga yang terjangkau membantu Xiaomi menjadi yang terdepan di pasaran dan memiliki nilai tawar yang lebih baik dengan brand – brand lain. Strategy Analytics menyatakan bahwa kinerja Xiaomi menempatkannya di belakang Samsung, yang telah mengirimkan 77 juta smartphone 5G di seluruh dunia selama 10 kuartal sebelumnya. Samsung menjual ponsel 5G pertama di dunia, dimulai pada Q1 2019.

Dibelakang Xiaomi, ada Vivo yang berada di urutan kedua dengan pangsa pasar 18,5 persen, lalu diikuti oleh Oppo di urutan ketiga dengan 17,9 persen, sementara Samsung dan Realme berada di urutan keempat dan kelima dengan masing-masing 16,7 persen dan 5,9 persen.

Meski merupakan merupakan merek smartphone Android 5G terbesar di dunia pada Q2 2022, namun hanya ada satu ponsel Xiaomi yang berhasil menjadi salah satu dari 3 smartphone Android 5G terlaris di Tiongkok pada periode yang sama. Sedangkan dua sisanya masing-masing dari OPPO dan vivo.

Strategy Analytics mengatakan bahwa OPPO A53 5G yang secara global kurang populer malah menjadi ponsel Android 5G terlaris di Tiongkok pada kuartal kedua tahun 2021. Ponsel 5G murah ini memulai debutnya pada Desember 2020. Selanjutnya, ponsel 5G terlaris kedua adalah Redmi K40, diikuti oleh iQOO 7 di posisi ketiga.

Xiaomi Jadi Brand Ponsel 5G
Oppo A53 5G

Ketiga ponsel kelas menengah ini juga dikenal sebagai flagship killer karena menawarkan lebih banyak untuk harganya jika dibandingkan dengan pesaingnya. Namun jika berbicara tentang ketersediaan secara global, hanya Redmi K40 yang dapat dibeli di luar Tiongkok. Ponsel ini dikenal sebagai Mi 11X di India dan POCO F3 di pasar global lain.

Redmi K40 berjalan pada Android 11 dengan MIUI 12 di atasnya dengan menampilkan layar AMOLED E4 full-HD+ 6,67 inci (1,080×2,400 piksel) dan kecerahan puncak 1.300 nits, kecepatan refresh 120Hz, dan kecepatan pengambilan sampel sentuh 360Hz. Layarnya juga dilengkapi dengan aspek rasio 20:9 dan desain hole-punch 2,76mm yang disebut-sebut sebagai yang terkecil di dunia.

Baca juga : Daftar HP OPPO Terbaru 2020-2021 dengan Kamera Terbaik Harga 2 Jutaan.

Ponsel ini ditenagai oleh octa-core Qualcomm Snapdragon 870 SoC, bersama dengan RAM LPDDR5 hingga 12GB. Dalam hal optik, Redmi K40 memiliki sensor utama Sony IMX582 48 MP, bersama dengan sensor sekunder 8 MP lensa sudut ultra lebar, dan sensor tersier 5 MP lensa makro. Ponsel ini juga membawa sensor kamera 20 MP di bagian depan untuk selfie dan obrolan video. Di sisi lain, baik OPPO A53 5G dan iQOO 7 hanya tersedia untuk wilayah Tiongkok.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *