Cara Beli Token Listrik Internet Banking Mandiri dengan Mudah

  • Whatsapp
Beli Token Listrik Internet Banking Mandiri

Cara beli token listrik Internet Banking Mandiri merupakan salah satu solusi terbaik bagi kamu yang tiba-tiba kehabisan pulsa listrik dan tidak ingin repot ke luar rumah mendatangi konter-konter tempat penjualan token listrik.

Sebagaimana yang perlu diketahui bahwa listrik yang ada saat ini terdiri dari dua jenis, yaitu pra bayar dan pasca bayar. Untuk jenis pasca bayar, pelanggan menggunakan listrik terlebih dahulu selama sebulan. Setelah itu, barulah melakukan pembayaran pada setiap awal bulan.

Read More

Sedangkan jenis kedua yaitu pra bayar atau yang diistilahkan dengan token listrik, pengguna harus membeli token atau pulsa listrik terlebih dahulu, yang nantinya akan dimasukkan ke dalam meteran menggunakan kode angka tertentu. Besarnya listrik yang masuk sesuai dengan besarnya token atau pulsa listrik yang dibeli.  Jadi, pelanggan tinggal membeli sesuai dengan besarnya kebutuhan.

Mudahnya Penggunaan Listrik Pra Bayar

Beli Token Listrik Internet Banking Mandiri

Saat ini jenis listrik yang paling banyak digunakan khususnya untuk pemasangan rekening listrik yang baru adalah listrik pra bayar yang menggunakan token listrik. Kehadiran penggunaan token listrik ini tentu memberikan kemudahan yang besar bagi kamu selaku pengguna.

Dengan menggunakan token listrik, kamu jadi lebih bisa mengatur jumlah listrik yang digunakan dalam setiap bulan. Sebab, kamu tinggal membeli token listrik sesuai kebutuhan. Berbeda jika menggunakan listrik pascar bayar, yang mana penggunaan listrik setiap bulan lebih sulit untuk dikontrol. Tidak heran jika sering terjadi kasus di mana pengguna rekening listrik pasca bayar kaget ketika membayar tagihan listrik bulanan yang melonjak dua kali lipat bahkan tiga kali lipat dari bulan sebelumnya.

Selain itu, pembelian token listrik juga sangat mudah, karena kamu bisa membelinya secara online. Kenyataannya, mengetahui cara melakukan pembelian token listrik secara online sangat penting karena jauh lebih mudah melakukannya dibandingkan membelinya langsung dari konter-konter listrik yang mengharuskan kamu keluar dari rumah.

Bayangkan saja jika listrik di rumah kamu tiba-tiba mati karena kehabisan token listrik di tengah malam dalam keadaan hujan lebat. Tentu kamu akan kesulitan ke luar rumah untuk membeli token listrik langsung dari konter-konter bukan? Nah, dengan membelinya secara online melalui Internet Banking Mandiri misalnya, kendala seperti ini tidak akan terjadi pada kamu. Sebab, kamu tinggal membuka perangkat yang digunakan untuk mengakses internet, dan pembelian token listrik bisa langsung dilakukan.

Baca juga: Lupa PIN SMS Banking Mandiri ? Ini yang Harus Dilakukan.

Detail Cara Beli Token Listrik Internet Banking Mandiri

Beli Token Listrik Internet Banking Mandiri

Untuk melakukan pembelian token listrik melalui Internet Banking Mandiri bisa dilakukan dengan cara mengunjungi websitenya langsung atau menggunakan aplikasi. Kedua cara tersebut mudah dilakukan. Hanya saja untuk pengguna smartphone yang berbasis Android dan iOS, penggunaan aplikasi jauh lebih mudah.

Tapi sebelum bisa melakukannya, tentu kamu sudah harus melakukan aktivasi sebelumnya. Langsung saja kunjungi kantor cabang Mandiri terdekat dari lokasi Anda untuk aktivasi. Setelah proses aktivasi selesai, barulah kamu bisa melakukan pengisian token listrik menggunakan Internet Banking Mandiri.

Jika kamu belum pernah melakukan pengisian token listrik secara online sebelumnya, tidak perlu khawatir. Sebab, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah cara mengisi token listrik Internet Banking Mandiri yang akan saya sebutkan di bawah ini. Adapun detail langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Kunjungi Situs Internet Banking Mandiri

Untuk bisa melakukan pembelian token listrik, tentu kamu harus mengunjungi website internet banking tersebut terlebih dahulu. Caranya, silahkan kunjungi url berikut terlebih dahulu ibank.bankmandiri.co.id menggunakan browser jika kamu mengaksesnya menggunakan laptop/PC. Sedangkan jika kamu mengaksesnya menggunakan smartphone, maka gunakan saja aplikasi khusus untuk itu.

Login Terlebih Dahulu

Setelah kamu sukses mengakses website Internet Banking Mandiri, silahkan login terlebih dahulu. Loginlah menggunakan data-data yang diberikan pihak bank tempat kamu melakukan aktivasi internet banking sebelumnya.

Oh ya, agar proses akses website dan login berlangsung sukses tanpa kendala, pastikan koneksi internet yang kamu gunakan dalam keadaan stabil. Jika koneksi yang kamu gunakan tidak stabil, biasanya website Internet Banking Mandiri tidak bisa terbuka dengan sempurna. Otomatis, langkah-langkah pembelian token listrik tidak bisa dilanjutkan.

Masuk Ke Menu Utama

Setelah login ke Internet Banking Mandiri, otomatis kamu akan masuk ke halaman utama atau menu utama layanan ini. Di menu utama, akan banyak pilihan yang tersedia. Tidak usah bingung, ikuti saja langkah-langkah yang disampaikan di di bawah ini.

Langkah-Langkah Pembelian Setelah Login

Sebagaimana yang disebutkan di atas, terdapat banyak pilihan di halaman utama layanan Internet Banking Mandiri. Untuk melanjutkan progress pembelian token listrik, silahkan pilih menu ‘Beli’. Setelah itu, lakukan langkah-langkah berikut ini :

  • Setelah kamu berada di menu ‘Beli’, akan tampil beberapa menu lainnya. Nah, pilih saja menu ‘Buat Pembelian Baru’.
  • Selanjutnya, silahkan pilih menu ‘PLN Prabayar’ untuk melanjutkan proses pembelian token listrik.
  • Setelah itu, lanjutkan progressnya dengan memasukkan ‘Sumber Rekening’ yang akan kamu gunakan. Setelah itu silahkan tap ‘Penyedia Jasa’
  • Lanjutkan dengan memilih ‘PLN Prabayar’.
  • Setelah melakukan tahap ini, kamu akan diminta untuk memasukkan ID pelanggan kamu. ID pelanggan tersebut terdiri dari 12 digit angka. Karenanya, pastikan kamu masukkan nomor meteran dengan benar.
  • Selanjutnya, kamu perlu memilih nominal pengisian atau token listrik sesuai kebutuhan. Setelah itu, lanjutkan dengan memilih menu ‘Lanjut’.
  • Lanjutkan progressnya dengan memilih menu ‘Konfrimasi’ . Tapi sebelum melakukannya, pastikan kamu mengecek dengan seksama semua data-data pembelian yang kamu masukkan. Jangan sampai salah, karena kamu sendiri yang akan dirugikan.
  • Selanjutnya masukkan PIN kamu.
  • Setelah itu kamu hanya perlu menunggu beberapa saat sampai muncul resi yang menandakan pembelian token listrik berhasil kamu lakukan.  Ingat, segera kamu simpan resi tersebut untuk mencegah jangan sampai hilang. Kamu bisa menulisnya langsung, melakukan screen shoot, atau mendownloadnya.

Setelah semua langkah-langkah di atas selesai dilakukan, berarti cara beli token listrik Internet Banking Mandiri sukses kamu lakukan. Setelah itu, kamu tinggal mengisi rekening listrik pra bayar kamu dengan memasukkan kode angka yang tertera pada resi pembelian token tersebut. Pastikan angka-angka yang tertera pada kode pengisian sudah dimasukkan dengan benar. Salah satu angka saja, proses pengisian token listrik tidak akan berjalan.

Bagaimana? Caranya sangat mudah bukan? Meskipun baru pertama kali melakukannya, dijamin kamu tidak akan kebingungan selama mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan di atas.

Baca Juga : 5 Cara Cek Tagihan Listrik Melalui HP Dengan Mudah

Pertanyaan dan Jawaban

Mengapa Harus Membeli Token Listrik Menggunakan Internet Banking Mandiri?

Salah satu alasan utamanya adalah kemudahan yang dirasakan. Sebab, dengan membeli secara online menggunakan Internet Banking Mandiri, kamu bisa melakukan pengisian kapan saja tanpa harus keluar dari rumah.

Bagaimana Cara Mengisi Token Listrik Internet Banking Mandiri?

Cara mengisinya sangat mudah. Cukup dengan mengunjungi website Internet Banking Mandiri yang beralamat di ibank.bankmandiri.co.id, lalu ikuti langkah-langkah yang telah disebutkan pada pembahasan di atas.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *