Call Center PLN 24 Jam

  • Whatsapp

Listrik tidak terlepas dari kebutuhan kita sehari-hari, entah itu untuk bekerja, bersekolah, bahkan menonton Netfli* pun membutuhkan listrik. Sebagai pengguna Listrik dari PLN, tentu kita harus mengetahui kemana kita akan melakukan pengaduan atau komplain jika sewaktu-waktu terjadi masalah. Nah, di artikel ini kami akan mengulas call center PLN 24 jam serta cara-cara lainnya yang bisa sobat simak. Penasaran apa saja? berikut ulasannya!

Call Center PLN 24 Jam

Call Center PLN 24 Jam

Layaknya perusahaan lainnya, PLN juga memiliki layanan pengaduan lho yang bisa kita hubungi dengan mudah. Bukan hanya Call center PLN 24 jam via Telepon, sobat juga bisa menghubungi mereka melalui platform lainnya. Nah, di sini kami akan menjelaskannya!

Read More

Call Center PLN 24 jam Via Telepon

Bagi sobat yang ingin cepat ditanggapi ketika terjadi sebuah masalah pada listrik yang harus segera di atasi, sobat bisa menghubungi Call center PLN 24 jam melalui Telepon. Silahkan hubungi Call Center PLN 24 jam Telepon di nomor 123.

Apakah bebas pulsa? Sebelum menelpon, pastikan sobat memiliki saldo pulsa yang cukup ya. Biarpun tarifnya murah, namun jika pulsa sobat benar-benar kosong tidak akan dapat menghubungi.

Call Center PLN 24 Jam telepon lainnya yaitu sobat bisa tambahkan kode area di depan 123.

Selain itu, sobat juga bisa langsung mendatangi kantornya dan meminta bantuan pelayanan terkait masalah yang sobat alami pada listrik di rumah. Baik sobat yang berada di Palembang, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Tangerang, Lampung, Medan, Surabaya, Bogor,Bekasi, Karawang dan lainnya memiliki kantor terseniri.

Call Center PLN 24 jam Via Sosial Media

Bagi sobat yang sering berselancar di social media tepatnya Twitter, kebetuan PLN sendiri memiliki akun resmi Twitter yang bisa sobat ikuti agar mendapat informasi terbaru. Tentunya sobat juga bisa menghubungi mereka melalui DM (direct message). Untuk Twitter resmi PLN sendiri mempunyai nama akun @pln_123.

Untuk sobat yang sering berselancar di social media Facebook, PLN juga memiliki akun Facebok yang selalu update informasi seputar PLN. Selain itu PLN juga melayani komplain atau aduan lho. Nah, sobat bisa mengikuti akun Facebook PLN 123.

Tentunya sebagian besar dari kita menggunakan Instagram untuk melihat aktivitas orang lain. PLN sendiri memiliki call center akun Instagram yang bisa sobat hubungi melalui DM. Akun Instagram PLN sendiri ada 2, nah khusus untuk call center PLN 24 jam, sobat bisa follow akun Instagram: pln123_official.

Call Center PLN 24 jam Via Email

Untuk Call Center PLN via email sendiri, PLN memiliki alamat email https://web.pln.co.id/statics/img/footer-image-10.pngEmail : pln123@pln.co.id , yang bisa sobat hubungi. Namun untuk via Email sendiri nampaknya agak lama respon atau tanggapan baliknya. Jika sobat dalam keadaan darurat, cara ini bukanlah jawabannya.

Itulah beberapa call center PLN 24 jam yang dapat sobat hubungi jika mengalami kendala. Tentunya jika ingin diberi tanggapan atau respon cepat, sobat bisa langsung menghubunginya lewat call center PLN Telepon 123. Untuk WhatsApp sendiri, nampaknya tidak tertera di website resmi PLN, jadi kami tidak rekomendasikan.

Cara Menghubungi Call Center PLN Untuk Atasi Masalah Listrik

Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah listrik di rumah, salah satunya menghubungi call center PLN. Berikut beberapa cara untuk menghubungi call center PLN:

1. Hubungi Call Center Pusat

Bila ada masalah listrik di rumah, anda bisa mengadukan keluhan kepada call center pin pusat di nomor 123 sebelum menghubungi tukang listrik. Anda hanya perlu menghubungi nomor tersebut menggunakan telepon rumah atau handphone anda, kemudian sampaikan keluhan anda.

Pihak PLN pusat akan segera menerjunkan petugas PLN daerah setempat untuk mengatasi masalah listrik rumah anda. Baiknya gunakan nomor pusat dalam keadaan darurat, dan jangan melakukan telepon iseng atau nomor anda akan di block. Layanan ini beroperasi 24 jam dan call center pln bebas pulsa, sehingga tak perlu khawatir biaya pulsa.

2. Hubungi Dengan Kode Area Call Center PLN

Jika nomor layanan call center PLN pusat sibuk, anda bisa mencoba menghubungi nomor call center area tempat tinggal anda. Caranya dengan menambahkan kode area wilayah diikuti nomor 123. Daftar kode area wilayah dapat dilihat di kantor PLN terdekat. Ini juga yang menyebabkan kurang cepat dalam menangani masalah karena anda harus mengingat kode area wilayah.

Jika sudah mendapatkan kode area wilayah baiknya di catat dan simpan agar sewaktu anda mengeluhkan layanan listik bisa langsung diatasi. Apabila pergi ke kantor PLN dirasa terlalu sulit, anda bisa mengakses kode area wilayah melalui website resmi PLN.

3. Mengirim Keluhan Melalui Email

Cara selanjutnya yang bisa anda gunakan adalah mengirimkan keluhan melalui email dan website PLN. Alamat website resmi PLN yaitu www.pln.co.id sedangkan emailnya adalah pln123@pln.co.id . Sama seperti call center lainnya, keluhan yang anda kirimkan akan di tanggapi pihak PLN pusat kemudian mengirimkan petugas PLN setempat mengatasi masalah listrik anda.

4. Melalui Sosial Media PLN

Perkembangan teknologi dan informasi mempermudah setiap orang berkomunikasi salah satunya dengan adanya sosial media. Anda bisa mengkritik dan memberikan saran kepada PLN melalui sosial medianya. PLN memiliki sosial media twitter dengan nama @pln_123 dan facebook PLN 123.

Kritik dan saran yang anda kirimkan dapat menjadi bahan perbaikan PLN dalam memberikan layanan terbaiknya. Melalui sosial media PLN anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai kinerja PLN serta berbagai fitur layanan yang diberikan PLN.

Riwayat Singkat Tentang PLN

Call Center PLN 24 Jam

Selain mengetahu Call Center PLN 24 jam, sobat juga bisa ketahui riwayat atau sejarah dari PLN, berikut ulasan yang kami kutip langsung dari laman resmi PLN.

Berawal di akhir abad 19, bidang pabrik gula dan pabrik ketenagalistrikan di Indonesia mulai ditingkatkan saat beberapa perusahaan asal Belanda yang bergerak di bidang pabrik gula dan pebrik teh mendirikan pembangkit tenaga lisrik untuk keperluan sendiri

Antara tahun 1942-1945 terjadi peralihan pengelolaan perusahaan-perusahaan Belanda tersebut oleh Jepang, setelah Belanda menyerah kepada pasukan tentara Jepang di awal Perang Dunia II

Proses peralihan kekuasaan kembali terjadi di akhir Perang Dunia II pada Agustus 1945, saat Jepang menyerah kepada Sekutu. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh para pemuda dan buruh listrik melalui delagasi Buruh/Pegawai Listrik dan Gas yang bersama-sama dengan Pemimpin KNI Pusat berinisiatif menghadap Presiden Soekarno untuk menyerahkan perusahaan-perusahaan tersebut kepada Pemerintah Republik Indonesia. Pada 27 Oktober 1945, Presiden Soekarno membentuk Jawatan Listrik dan Gas di bawah Departemen Pekerjaan Umum dan Tenaga dengan kapasitas pembangkit tenaga listrik sebesar 157,5 MW.

Pada tanggal 1 januari 1961, Jawatan Listrik dan Gas diubah menjadi BPU-PLN (Bada Pemimpin Umum Perusahaan Listrik Negara) yang bergerak di bidang listrik, gas dan kokas yang dibubarkan pada tanggal 1 Januari 1965. Pada saat yang sama, 2 (dua) perusahaan negara yaitu Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai pengelola tenaga listrik milik negara dan Perusahaan Gas Negara (PGN) sebagai pengelola gas diresmikan.

Pada tahun 1972, sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 17, status Perusahaan Listrik Negara (PLN) ditetapkan sebagai Perusahaan Umum Listrik Negara dan sebagai Pemegang Kuasa Usaha Ketenagalistrikan (PKUK) dengan tugas menyediakan tenaga listrik bagi kepentingan umum.

Seiring dengan kebijakan Pemerintah yang memberikan kesempatan kepada sektor swasta untuk bergerak dalam bisnis penyediaan listrik, maka sejak tahun 1994 status PLN beralih dari Perusahaan Umum menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) dan juga sebagai PKUK dalam menyediakan listrik bagi kepentingan umum hingga sekarang

Cara Mengajukan Permohonan Pemasangan Baru

Call Center PLN 24 Jam

Jika sudah mengetahui call center PLN 24 jam, dan riwayat atau sejarah PLN, sobat bisa ketahui arti, pernyataan/istilah tertentu yang memiliki makna agar sobat tidak keliru. Berikut ulasannya:

Listrik Prabayar (LPB) adalah Produk layanan pemakaian tenaga listrik yang menggunakan meter elektronik prabayar dengan cara pembayaran dimuka;
Meter Prabayar (MPB) adalah meter energi listrik yang dipergunakan untuk mengukur energi listrik  (kWh) yang dikonsumsi oleh Pelanggan yang berfungsi setelah Pelanggan memasukkan sejumlah stroom tertentu ke dalamnya;
Nomor Meter adalah Nomor yang tertera dalam MPB sebagai nomor identitas pada saat transaksi pembelian isi ulang dan pengaduan, yang terdiri dari 11 (sebelas) digit yang bersifat unique dan tidak sama antara meter yang satu dengan meter lainnya.
Stroom adalah kode angka yang setara dengan energi listrik tertentu yang dituangkan dalam 20 (duapuluh) angka yang bersifat unique (hanya cocok untuk nomor serial meter prabayar 11 (sebelas) angka tertentu); 
Stroom Perdana adalah kode angka yang mewakili sejumlah tertentu energi listrik yang harus dibeli oleh Pelanggan pada saat penyambungan baru/perubahan daya dan migrasi ke prabayar;
Pembelian Isi Ulang Stroom adalah pembelian kembali Stroom oleh Pelanggan yang dilakukan di tempat-tempat penerimaan pembayaran tagihan listrik;
Stroom Darurat adalah Stroom penggantian yang dibeli secara langsung oleh Pelanggan di kantor PLN yang disebabkan seluruh loket penjualan Stroom setempat tidak dapat melayani transaksi pembelian Stroom;
Peringatan Awal adalah sinyal yang dipancarkan oleh MPB sebagai pemberitahuan bahwa Stroom tinggal tersisa sejumlah kWh tertentu;
Tenaga Listrik adalah satu bentuk energi sekunder yang dibangkitkan, ditransmisikan dan didistribusikan untuk semua keperluan oleh PLN kepada Pelanggan;
Alat Pembatas dan Pengukur (APP) adalah alat milik PLN yang dipakai untuk membatasi daya lisrik dan mengukur energi listrik yang dipakai oleh Pelanggan;
Instalasi PLN adalah instalasi ketenagalistrikan milik PLN sampai dengan APP;
Instalasi Pelanggan adalah instalasi ketenagalistrikan milik Pelanggan sesudah APP milik PLN;
Tingkat Mutu Pelayanan (TMP) adalahdeskripsi kwantitatifbeberapa indikator mutu pelayanan yang dinyatakan oleh PLN  secara berkala;
Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL) adalah pemeriksaan yang dilakukan oleh PLN terhadap Instalasi PLN dan/atau Instalasi Pelanggan; 
Segel adalah suatu alat yang dipasang oleh PLN pada APP dan perlengkapan APP sebagai pengamanan APP;
Biaya Keterlambatan adalah biaya yang dibebankan kepada Pelanggan reguler/pasca bayar karena tidak memenuhi kewajiban membayar tagihan PLN tepat pada waktunya;
Tagihan Susulan (TS) adalah tagihan yang dikenakan kepada Pelanggan sebagai akibat adanya pelanggaran atau kelainan pemakai Tenaga Listrik yang dipasok dari PLN;
Surat Pengakuan Hutang (SPH) adalah surat pernyataan kesanggupan Pelanggan untuk mengakui dan melunasi kewajiban pembayaran atas Tagihan Susulan kepada PLN;
Pemutusan Sementara adalah penghentian untuk sementara penyaluran Tenaga Listrik ke instalasi Pelanggan;
Pembongkaran Rampung adalah penghentian untuk seterusnya penyaluran tenaga listrik ke Instalasi Pelanggan dengan mengambil seluruh instalasi PLN yang dipergunakan untuk penyaluran tenaga listrik ke Instalasi Pelanggan;
Daya Tersambung adalah daya yang disepakati Para Pihak yang dituangkan dalam Syarat dan Ketentuan  Jual Beli Tenaga Listrik;
Uang Jaminan Langganan (UJL) adalah uang yang merupakan jaminan atas pemakaian daya dan tenaga listrik selama menjadi Pelanggan reguler;
Sertifikasi Laik Operasi (SLO) adalah sertifikat yang diterbitkan oleh lembaga inspeksi teknik tegangan rendah yang menyatakan suatu instalasi listrik laik;
Lembaga Inspeksi Teknik Tegangan Rendah (LIT/TR) adalah lembaga yang bergerak dalam bidang sertifikasi dan pengujian instalasi tenaga listrik serta memiliki kewenangan dalam menerbitkan sertifikasi laik operasi;
Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan adalah direktorat yang melaksanakan tugas atas perumusan dan pelaksanaan kebijakan serta standarisasi teknis di bidang ketenagalistrikan;
Layanan Satu Pintu adalah layanan penyambungan baru atau tambah daya yang dipaketkan dengan jasa Sertifikasi Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik atas bangunan milik Pelanggan/Calon Pelanggan melalui fasilitas layanan terintegrasi antara PLN, LIT/TR, dan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan;
Layanan Paket SLO adalah layanan satu pintu penyambungan baru atau tambah daya yang terdiri dari paket penyambungan/tambah daya dan pengurusan Sertifikasi Laik Operasi (SLO);
Layanan Non Paket SLO adalah layanan PLN yang hanya meliputi penyambungan atau perubahan daya sedangkan pengurusan Sertifikasi Laik Operasi (SLO) dilakukan secara mandiri oleh Konsumen ke LIT/TR;
Biaya SLO adalah Biaya Pemeriksaan dan Sertifikasi Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik yang dibayarkan oleh Calon Pelanggan/Pelanggan tegangan rendah atas pasang baru atau perubahan daya (termasuk Pajak Pertambahan Nilai) dalam rangka mendapatkan layanan sertifikasi instalasi pemanfaat tenaga listrik dari LIT/TR terhadap instalasi bangunan milik Calon Pelanggan/Pelanggan .
Nomor Perjanjian adalah Nomor yang dipergunakan dalam perjanjian jual beli tenaga listrik antara pelanggan dengan PLN .
Nomor Agenda adalah Nomor yang identitas unik untuk setiap permohonan .

Jika sudah mengetahui istilah-istilah yang ada untuk permohonan pasang baru, sobat bisa isi form yang dibutuhkan. Berikut langkah-langkahnya!

  • Pertama, silahkan sobat buka browser di Laptop/HP (kami merekomendasikan laptop)
  • Kemudian silahkan kunjungi laman resmi PLN permohonan pasang baru di https://layanan.pln.co.id/permohonan-pasang-baru-pln
  • Setelah itu, sobat bisa baca syarat dan ketentuan yang berlaku, dan klik SETUJU
  • Kemudian isi form yang dibutuhkan dengan sesuai dan lengkap.
  • Selanjutnya sobat bisa mengecek kembali data apakah sudah benar. Pastikan nomor HP yang dimasukkan tersebut nomor yang aktif, dan alamat rumah/office yang sobat ingin pasang baru
  • Setelah itu silahkan centang pada checkbox “Dengan ini saya menyatakan data yang saya isi adalah benar dan saya bersedia mengikuti ketentuan yang berlaku di PT PLN(Persero)”
  • Selanjutnya silahkan masukkan kode Captcha
  • Maka permohonan sobat berhasil di ajukan!

Jika ada kendala, sobat bisa hubungi Call Center PLN 24 jam untuk dibantu melakukan pengajuan.

Cara Mengajukan Permohonan Ubah Daya

Call Center PLN 24 Jam

Sama halnya dengan pemasangan baru, sobat juga bisa mengajukan ubah daya melalui Online lho. Berikut langkah-langkahnya!

  • Pertama, silahkan sobat buka browser di Laptop/HP (kami merekomendasikan laptop)
  • Kemudian silahkan kunjungi laman resmi PLN permohonan pasang baru di https://layanan.pln.co.id/permohonan-ubah-daya-pln
  • Setelah itu, sobat bisa baca syarat dan ketentuan yang berlaku, dan klik SETUJU
  • Kemudian isi form yang dibutuhkan dengan sesuai dan lengkap.
  • Selanjutnya sobat bisa mengecek kembali data apakah sudah benar. Pastikan nomor HP yang dimasukkan tersebut nomor yang aktif, dan alamat rumah/office yang sobat ingin pasang baru
  • Setelah itu silahkan centang pada checkbox “Dengan ini saya menyatakan data yang saya isi adalah benar dan saya bersedia mengikuti ketentuan yang berlaku di PT PLN(Persero)”
  • Selanjutnya silahkan masukkan kode Captcha
  • Ubah daya sobat berhasil di ajukan.

Jika ada kendala, sobat bisa hubungi Call Center PLN 24 jam untuk dibantu melakukan pengajuan.

Cara Mengajukan Permohonan Sambung Sementara

Call Center PLN 24 Jam

Tidak jauh berbeda dengan cara pemasangan baru, dan cara ubah daya. Di sini sobat juga dapat mengajukan permohonan sambung sementara melalui Online lho. Berikut langkah-langkahnya!

  • Pertama, silahkan sobat buka browser di Laptop/HP (kami merekomendasikan laptop)
  • Kemudian silahkan kunjungi laman resmi PLN permohonan pasang baru di https://layanan.pln.co.id/permohonan-sambung-sementara-pln
  • Setelah itu, sobat bisa baca syarat dan ketentuan yang berlaku, dan klik SETUJU
  • Kemudian isi form yang dibutuhkan dengan sesuai dan lengkap.
  • Selanjutnya sobat bisa mengecek kembali data apakah sudah benar. Pastikan nomor HP yang dimasukkan tersebut nomor yang aktif, dan alamat rumah/office yang sobat ingin pasang baru
  • Setelah itu silahkan centang pada checkbox “Dengan ini saya menyatakan data yang saya isi adalah benar dan saya bersedia mengikuti ketentuan yang berlaku di PT PLN(Persero)”
  • Selanjutnya silahkan masukkan kode Captcha
  • Permohonan sambung sementara berhasil di ajukan.

Note : Jika ada kendala, sobat bisa hubungi Call Center PLN 24 jam untuk dibantu melakukan pengajuan.

Simulasi Pasang Baru & Estimasi Harga

Call Center PLN 24 Jam

Jika sobat sudah mengetahui tentang Call Center PLN 24 jam, sobat juga bisa lho mencoba mengetahui estimasi harga pasang baru. Hal ini bisa sobat manfaatkan jika ingin membuka usaha, atau rumah baru sehingga dapat memanajemen finansial dengan baik. Lalu Bagaimana langkah-langkahnya?

  • Pertama, sobat bisa buka browser
  • Setelah itu kunjungi laman berikut https://layanan.pln.co.id/simulasi-pasang-baru-pln
  • Maka sobat akan masuk ke laman simulasi pasang baru
  • Selanjutnya sobat bisa lihat terdapat form, silahkan isi produk layanan (Prabayar atau Pascabayar)
  • Kemudian isi form peruntukan (Bisnis, industri, publik, rumah tangga, dan social)
  • Jika sudah, silahkan pilih daya yang ingin di estimasikan
  • Kemudian klik tombol Hitung Biaya
  • Maka rincian biaya akan muncul sesuai dengan berbagai opsi yang sobat pilih sebelumnya.

Fitur ini sangat diandalkan untuk dapat mengatur keuangan nantinya dan tidak perlu bertaya-tanya kembali dengan CS (customer service) PLN. Tinggal buka saja simulasinya, dan harga atau biaya pemasangan dapat diketahui!

Simulasi Ubah Daya & Estimasi Harga

Simulasi Ubah Daya & Estimasi Harga

Simulasi lainnya yaitu ada ubah daya. Bagi sobat yang saat ini berencana mengubah daya karena dirasa daya saat ini kurang kuat, sobat bisa lho menghitung harga sebelum mengajukannya. Penasaran? Berikut langkah-langkahnya?

  • Pertama, sobat bisa buka browser
  • Setelah itu kunjungi laman berikut https://layanan.pln.co.id/simulasi-ubah-daya-pln
  • Maka sobat akan masuk ke laman simulasi ubah daya
  • Di sini kamu dapat melihat form simulasi ubah daya
  • silahkan isi form daya awal
  • Kemudian isi form Produk layanan (prabayar atau pascabayar)
  • Setelah itu silahkan pilih peruntukan (bisnis, rumah tangga, dll)
  • Setelah itu pilih besaran daya yang ingin di pasang
  • Kemudian klik tombol Hitung Biaya
  • Dengan begitu maka rincian biaya akan muncul sesuai dengan pilihan yang tentukan sebelumnya.

Sama halnya dengan sebelumnya, Fitur ini pun bisa dimanfaatkan sobat untuk dapat memudahkan nantinya dan tidak perlu bertaya-tanya kembali dengan CS (customer service) / Call Center PLN 24 jam. Tinggal buka saja simulasinya, dan harga atau biaya ubah daya bisa sobat ketahui.

Simulasi Sambung Sementara & Estimasi Harga

Simulasi Sambung Sementara & Estimasi Harga

Simulasi terakhir yang bisa sobat coba adalah simulasi sambung sementara. Bagi sobat yang ingin melakukan sambung sementara namun khawatir karena belum tahu besaran biaya yang dikenakan, sobat bisa lho menghitung harga sebelum mengajukannya. Ini dia langkah-langkahnya

  • Pertama, sobat bisa buka browser
  • Setelah itu kunjungi laman berikut https://layanan.pln.co.id/simulasi-sambung-sementara-pln
  • Maka sobat akan masuk ke laman simulasi sambung sementara
  • Lalu form simulasi sambung sementara akan muncuk
  • silahkan isi form yang ada
  • Jika semua sudah, langsung saja klik tombol Hitung Biaya
  • Setelah itu makan besaran biaya akan muncul sesuai dengan pilihan yang sobat tentukan sebelumnya.

Baca juga ulasan lainnya mengenai 5 cara cek tagihan listrik melalui HP dengan mudah yang bisa sobat coba!

Akhir Kata

Demikian penjelasan tentang call center PLN 24 jam 123, dan informasi lainnya yang dapat kami sampaikan. Bagaimana? Sekarang sobat tidak perlu risau lagi bukan jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada listrik sobat? Semoga bermanfaat!

FAQ

Apa Call Center PLN 24 Jam?

Sebagai pengguna listrik PLN, sobat bisa menghubungi Call Center PLN melalui Telepon di nomor 123.

Apakah Call Center PLN 24 Jam?

Tentu, sobat bisa menghubungi Call Center PLN kapanpun dan dimanapun.

Berapa Biaya Ubah Daya Listrik PLN?

jika berbicara besaran biaya yang dikenakan jika sobat melakukan pengubahan daya, biaya sendiri disesuaikan dengan besaran daya yang sobat ingin ubah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *