Syarat dan Biaya Ganti Kartu BNI

Biaya Ganti Kartu BNI

Jika sobat adalah nasabah dari Bank BNI dan kepikiran untuk mengganti kartu ATM karena rusak ataupun hilang, sobat wajib mengetahui biaya ganti kartu BNI tersebut, karena untuk penggantian kartu biasanya setiap Bank memiliki syarat dan biaya berbeda masing-masingnya.

Bagi nasabah yang membuka rekening tabungan di Bank BNI, pasti mendapatkan fasilitas berupa ATM. Fasilitas ini bermanfaat bagi nasabah untuk melakukan berbagai macam transaksi perbankan di ATM seperti tarik tunai, setor tunai, transfer antar bank, pembayaran tagihan dan lain sebagainya.

Keuntungan dari menggunakan layanan bank BNI ini ialah pengadaan kartu ATM bagi nasabah sangatlah mudah. Selain itu dengan adanya ATM, nasabah jadi sangat mudah melakukan transaksi dimanapun melalui mesin ATM BNI.

Namun terkadang nasabah juga mengalami permasalahan mengenai ATM BRI ini. Permasalahan itu bisa berupa karu ATM hilang, tertelan mesin atau terblokir karena salah memasukkan PIN. Sebab itu pastilah nasabah bertanya bagaimana prosedur yang ditetapkan BNI, serta biaya ganti kartu ATM ketika mengalami permasalahan.

Syarat Mengganti Kartu ATM BNI

Biaya Ganti Kartu BNI

Sebelum membahas tentang bagaimana cara mengganti kartu ATM BNI, alangkah baiknya sebagai nasabah kamu mengetahui terlebih dahulu syarat yang harus dipenuhi untuk melakukan penggantian tersebut. Hal ini bertujuan agar nantinya ketika melakukan penggantian, nasabah tidak mengalami kesulitan saat menjalankan proses penggantian kartu ATM.

Berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi nasabah ketika ingin melakukan penggantian ATM BNI :

  1. Membawa kartu identitas diri berupa KTP SIM atau paspor
  2. Membawa buku rekening tabungan dari ATM yang ingin diganti.
  3. Membawa kartu ATM atau kartu debit
  4. Membawa surat keterangan hilang dari kepolisian khusus
  5. untuk ATM yang hilang.

Semua berkas di atas harus dipersiapkan oleh nasabah sebelum mendatangi kantor cabang BNI untuk mengajukan penggantian kartu. Nantinya setelah sampai ke kantor cabang, nasabah tinggal mengikuti prosedur yang ditetapkan dalam proses penggantian kartu ATM.

Biasanya proses penggantian kartu ATM tersebut tidak berlangsung lama. Jika tidak ada gangguan, kartu ATM baru biasanya akan langsung diganti dan diberikan pada hari itu juga.

Sedangkan untuk biaya administrasi penggantian kartu ATM baru, itu dibebankan ke nasabah yang bersangkutan. Biaya dari penggantian kartu ATM sedikit berbeda-beda, tergantung permasalahan apa yang membuat nasabah mengganti kartu ATM-nya.

Cara Melakukan Penggantian Kartu ATM BNI

Biaya Ganti Kartu BNI

Setelah mengetahui syarat yang harus dilengkapi, maka langkah selanjutnya yang perlu nasabah ketahui ialah cara mengganti kartu ATM BNI tersebut. Untuk melakukan penggantian kartu, nasabah hanya bisa melakukannya melalui pelayanan kantor. Berikut tata cara pengurusan penggantian kartu ATM BNI :

Kunjungi Kantor BNI Terdekat

Pertama-tama nasabah harus pergi mengunjungi kantor BNI terdekat dari daerah tempat tinggal. Nasabah tidak mesti mengunjungi kantor pusat, karena dalam proses penggantian kartu ATM BNI bisa dilakukan di kantor cabang maupun kantor pusat.

Ketika berkunjung ke kantor BNI, diharapkan nasabah untuk membawa semua dokumen persyaratan penggantian kartu. Semua berkas tersebut sangat diperlukan dalam mengajukan penggantian kartu ATM BNI.

Mengambil Nomor Antrian

Setelah sampai di kantor cabang BNI, silakan nasabah ambil nomor antrian pada bagian customer service. Sekedar saran untuk mempermudah pengurusan penggantian kartu AT, nasabah diharapkan datang pagi-pagi sebelum kantor dikunjungi oleh banyak nasabah yang lainnya.

Menyerahkan Dokumen Persyaratan

Setelah nomor antrian nasabah dipanggil, silahkan datangi petugas customer service untuk mengutarakan tujuan penggantian kartu ATM BNI. Pada tahap ini serahkan juga semua berkas persyaratan yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Membayar Biaya Penggantian Kartu ATM

Karena proses penggantian kartu ATM tidak gratis, maka ada sejumlah uang yang harus dibayar nasabah untuk menyelesaikan penggantian tersebut. Setelah alasan nasabah diterima, maka petugas nantinya akan memproses permohonan penggantian ATM tersebut.

Pada proses ini, nantinya nasabah akan diminta membayar biaya ganti ATM sesuai jenis permasalahannya. Setelah itu nasabah diminta untuk menunggu kurang lebih sekitar 15 menit sampai 20 menit sebelum proses diselesaikan.

Baca Juga : Call Center BNI 24 Jam

Biaya Ganti Kartu ATM BNI Sesuai Permasalahan

Setelah mengetahui syarat dan cara penggantian kartu ATM, langkah selanjutnya yang perlu nasabah ketahui ialah biaya penggantian kartu ini. Seperti yang sudah di singgung diatas, bahwasanya besaran biaya penggantian kartu ATM BNI sudah diatur dalam ketentuan mengenai biaya admin BNI.

Besarnya biaya admin penggantian kartu ATM ini, tergantung pada tipe kartu ATM serta jenis permasalahannya. Berikut penjelasan serta rincian biaya ganti kartu ATM BNI untuk semua model permasalahan :

Kartu ATM Rusak/Hilang

Ketika mengalami kartu ATM BNI rusak atau hilang, maka biaya administrasi penggantian yang harus ditanggung nasabah ialah sebesar Rp 15.000. Selain itu nasabah juga harus membayar biaya penggantian materai sesuai dengan ketentuan bea materai sebesar Rp 6.000.

Ketika melakukan penggantian ATM BNI dengan permasalahan ini, nasabah harus melampirkan surat keterangan hilang dari kepolisian. Jika surat ini tidak dilampirkan, maka proses penggantian kartu ATM BNI yang hilang tidak bisa dilakukan.

Kartu ATM Terblokir

Penyebab terblokirnya kartu ATM BNI biasanya dikarenakan kesalahan dalam memasukkan PIN. Ketika hal ini terjadi maka ada dua cara yang bisa dilakukan nasabah untuk mengatasinya.

Cara pertama ialah dengan melakukan penggantian kartu ATM yang terblokir tersebut. Untuk melakukan penggantian kartu ATM, asabah akan dibebankan biaya sebesar Rp15.000 serta penggantian matrai Rp 5.000. Biaya penggantian ini juga berlaku untuk perubahan kartu ATM lama menjadi kartu ATM baru.

Sedangkan cara kedua yang bisa dilakukan ialah melakukan riset atau unblock tanpa penggantian kartu. Proses ini tidak serumit yang pertama, serta biaya administrasinya juga tidak besar. Untuk proses riset atau unlock kartu ATM BNI, nasabah hanya perlu membayar sebesar Rp 5.000 saja.

Artikel Terkait Bank BNI Lainnya :

Kartu ATM Tertelan

Permasalahan ini terjadi biasanya karena kesalahan mesin ATM. Sebab itu proses pengembalian kartu ATM karena permasalahan ini biasanya tidak dikenai biaya atau gratis. Namun itu hanya berlaku untuk mesin ATM yang lokasinya dekat dengan kantor cabang BNI saja.

Sedangkan untuk mesin ATM yang letaknya jauh dari kantor cabang BNI, maka nasabah tetap harus mengikuti prosedur penggantian kartu. Nasabah harus mengunjungi kantor cabang serta melakukan prosedur biasa dengan membayar administrasi sebesar Rp 15.000.

Itulah penjelasan tentang syarat prosedur serta biaya penggantian ATM BNI sesuai dengan permasalahan yang ada. Apabila nasabah masih mengalami kebingungan maka nasabah dapat menanyakannya secara langsung dengan menghubungi costumer service bank BNI.

Customer service ini akan melayani nasabah 1×24 jam dengan menghubungi call center Bank BNI yang ada. Berikut beberapa kontak center yang dimiliki oleh bank BNI :

  • BNI Call : 1500046
  • Telpon : +62-21-25111946
  • Email : bnicall@bni.co.id
  • Facebook : @BNI
  • Twitter : @BNI
  • Website : https://wwww.bni.co.id

Akhir Kata

Semoga pembahasan ini dapat mempermudah nasabah BNI dalam melakukan penggantian kartu ATM sesuai dengan permasalahan yang ada. Dengan adanya pembahasan ini, diharapkan semua nasabah BNI tidak lagi merasa khawatir ketika mengalami permasalahan mengenai kartu ATM-nya. Selain itu, diharapkan juga artikel ini bisa menghindari para nasabah BNI agar terhindar dari penipuan mengenai permasalahan penggantian ATM.


Feedback: Jika ada informasi dari artikel/berita yang keliru/salah tolong bantu kami untuk merevisinya dengan cara menyampaikannya di kotak komentar di bawah ini atau melalui email di info(at)androidponsel.com. Kami sangat berterima kasih jika sobat bisa membantu kami memperbaikinya. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *