Informasi Seputar Biaya Administrasi BRI Syariah

  • Whatsapp
Biaya Administrasi BRI Syariah

Biaya Administrasi BRI Syariah – Salah satu bank syariah yang sudah mulai dilirik oleh banyak orang saat sekarang ialah Bank BRI Syariah. Sejalan dengan namanya, bank ini menawarkan jasa dengan konsep dan prinsip yang sesuai dengan syariat Islam.

Hingga saat ini, BRI Syariah sudah digunakan oleh masyarakat sebagai pilihan tabungan. Terdapat berbagai jenis tabungan di BRI Syariah yang dapat nasabah pilih sesuai keinginan serta kebutuhan. Proses pembukaan rekening yang mudah juga menjadi salah satu penyebab banyaknya peminat BRI Syariah.

Read More

Dalam melakukan pembukaan rekening baru, kamu hanya perlu mempersiapkan beberapa dokumen saja diikuti dengan sejumlah uang untuk setoran awal. Uang setoran awal ini bukanlah biaya pendaftaran, melainkan hanya biaya aktifitas yang nantinya akan kembali masuk ke dalam tabung yang dibuka tersebut.

Akan tetapi sebelum melakukan pembukaan rekening baru, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan seperti biaya administrasi bulanan. Berikut penjelasan lengkap tentang biaya administrasi rekening tabungan BRI Syariah.

Rincian Biaya Administrasi BRI Syariah

Biaya Administrasi BRI Syariah

Seperti yang sudah dijelaskan bahwasanya terdapat biaya administrasi Bank BRI Syariah pada setiap jenis transaksi yang ada. Sebabnya itu, penting bagi kamu untuk mengetahui rincian biaya administrasi tersebut agar bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih tabungan yang mana akan kamu gunakan. Berikut rincian biaya administrasi BRI Syariah berdasarkan jenis-jenis tabungannya.

Rekening Tabungan Faedah

Ini merupakan tabungan jenis akad Wadiah Yad Dhamanah yang setoran awalnya tergolong ringan. Selain itu, bagi nasabah yang membuat tabungan jenis ini akan mendapatkan fasilitas kartu ATM untuk melakukan berbagai jenis transaksi.

Sedangkan untuk biaya administrasi perbulan, jenis tabungan ini tidak menetapkan hal demikian. Jadi bisa dikatakan biaya administrasi bulanannya gratis baik untuk tabungan maupun untuk ATM.

Saldo minimal yang harus ada pada tabungan ini ialah Rp 50.000, sedangkan untuk bulanan saldo yang harus ada ialah Rp 12.500. untuk biaya admin pengganti buku rekening karena hilang atau rusak Rp 5.000 dan Rp 15.000 untuk pengganti ATM yang rusak dan hilang.

Rekening Tabungan Impian

Ini merupakan tabungan yang dikhususkan untuk produk simpanan nasabah perorangan. Tabungan ini ditujukan untuk membantu nasabah dalam mencapai impiannya, seperti kurban, pendidikan, liburan bahkan belanja yang terencana.

Tabungan impian tidak memberlakukan administrasi perbulan dalam arti gratis. Tabungan ini juga tidak memberlakukan biaya premi asuransi, autodebet setoran rutin dan biaya gagal autodebet. Namun jika kamu ingin melakukan penutupan rekening, kamu akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 50.000.

Rekening Tabungan Haji

Tabungan haji bri syariah  jenis ini menggunakan akad Mudharabah Muthlaqah. Tabungan ini diterbitkan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) para nasabahnya.

Rekening tabungan ini juga membebaskan biaya administrasi bulanan untuk para nasabahnya. Namun untuk biaya penggantian buku karena rusak atau hilang, nasabah akan dikenakan admin sebesar Rp 5.000. sedangkan untuk biaya penutupan rekening, kamu harus membayar sebesar Rp 25.000.

Rekening Tabungan SimPel

Biaya Administrasi BRI Syariah

Berbeda dengan tabungan yang sebelumnya, tabungan jenis SimPel ini ditujukan untuk pelajar atau siswa sekolah. Tabungan ini menggunakan akad wadiah yad dhamanah dengan setoran awal yang cukup ringan. Hal tersebut ditujukan agar pelajar atau siswa sekolah yang menabung tidak merasa keberatan.

Rekening tabungan ini memberlakukan beberapa biaya administrasi, namun untuk biaya administrasi perbulan serta saldo di bawah minimal tabungan ini gratis. Sedangkan untuk biaya rekening dormant bulanannya sebesar Rp 1.000, apabila tidak ada transaksi selama kurun waktu 12 bulan.

Untuk biaya penggantian buku rekening karena habis saldo itu gratis. Namun untuk biaya penggantian buku rekening karena hilang dan rusak, kamu akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 5.000. Sedangkan untuk penggantian kartu ATM yang rusak atau hilang, kamu akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 15.000.

Saat membuka tabungan jenis SimPel ini, kamu akan dikenakan administrasi sebesar Rp 5.000 ketika ingin membuat kartu ATM. Kamu juga akan dikenakan biaya administrasi ketika melakukan penutupan rekening yaitu sebesar Rp 1.000.

Artikel Lain Terkait Perbankan :

Rekening Deposito

Rekening deposito BRI Syariah merupakan produk yang menawarkan pembagian hasil kompetitif. Tabungan ini dapat melakukan pemotongan zakat secara otomatis dari penghasilan yang didapatkan nasabah.

Rekening deposito BRI Syariah tidak dikenakan biaya administrasi perbulannya. Namun untuk biaya minimal penempatan ialah sebesar Rp 2.500 dan biaya break deposito sebesar Rp 100.000.

Giro Faedah Mudharabah

Ini merupakan jenis tabungan yang sangat cocok kamu gunakan untuk melakukan investasi. Rekening tabungan jenis ini memiliki keunggulan yaitu dapat bertransaksi di seluruh jaringan kantor BRI Syariah secara online. Selain itu sebagai nasabah, kamu juga akan mendapatkan layanan channel berupa Cash Management System atau CMS.

Namun untuk biaya administrasi rekening Giro Faedah Mudharabah, terbagi atas dua jenis yaitu nasabah individu dan nasabah non individu. Antara kedua jenis nasabah ini terdapat perbedaan biaya administrasinya.

Untuk biaya administrasi bulanan rekening, baik nasabah individu maupun nasabah non individu akan dikenai biaya sebesar Rp 10.000. Sedangkan untuk jumlah saldo mengendap di bawah minimum yaitu Rp 20.000 untuk nasabah individu dan gratis untuk nasabah non individu.

Biaya penggantian ATM karena hilang atau rusak bagi nasabah individu, akan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000, sedangkan untuk nasabah non individu itu gratis. Biaya penutupan juga sama, bagi nasabah individu dikenakan admin sebesar Rp 25.000 dan gratis untuk nasabah non individu. Namun untuk biaya administrasi saldo minimum bagi nasabah individu hanya Rp 500.000, lebih kecil dibandingkan nasabah non individu yang berjumlah Rp 1.000.000.

Pada jenis rekening tabungan ini, nasabah non individu lebih diuntungkan dari segi biaya administrasi. Namun untuk pengisian saldo minimum yang harus ada, nasabah non individu lebih diberatkan dibandingkan nasabahnya individu.

Baca Juga : Cara Enable Kartu ATM BRI dengan Cepat dan Mudah

Akhir Kata

Dari berbagai jenis rekening tabungan Bank BRI Syariah di atas, terdapat beberapa rekening yang menerapkan biaya administrasi namun juga ada yang gratis. Besar kecil biaya administrasi ini sepertinya diatur berdasarkan tujuan serta target dari rekening tersebut.

Walaupun demikian, untuk semua jenis rekening tabungan Bank BRI Syariah ini, biaya administrasinya bisa dibilang masih terjangkau jika dibandingkan dengan jenis tabungan Bank lain.

Bukan itu saja, keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan Bank BRI Syariah ini ialah kamu tidak akan terkena riba karena segala pelayanannya dilakukan sesuai syariat Islam.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang ingin mencoba menabung di Bank BRI Syariah serta menambah wawasanmu tentang besaran biaya admin dari semua jenis rekening yang ada. Dengan demikian kamu bisa memilih rekening mana yang akan digunakan untuk menabung pada Bank BRI Syariah ini.  Tentunya, dianjurkan untuk memilih jenis tabungan yang benar-benar sesuai dengan kebutuhanmu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *