Call Center KAI 24 Jam

  • Whatsapp

Siapa yang tidak suka berpergian dengan moda transportasi darat satu ini? pastinya kita sering memiliki kesan tersendiri saat menikmat perjalanan sewaktu menaiki transaportasi kereta. Seiring dengan perkembangan pelayanan KAI, banyak orang mungkin termasuk sobat yang selalu ingin mengunakan transportasi kereta untuk melakukan perjalanan baik untuk bisnis maupun pulang ke kampong halaman. Salah satunya layanan Call center KAI. Layanan ini bisa sobat manfaatkan untuk komplain, reservasi tiket, menanyakan info promo, kritik, serta saran. Nah, berapa nomor call center KAI? Simak ulasannya di sini!

Menghubungi Call Center KAI 24 Jam Lewat Telepon

Menghubungi Call Center KAI 24 Jam Lewat Telepon

Layanan Call Center KAI pertama yang dapat sobat/pengguna hubungi adalah call center KAI via telepon di nomor pusat 121 atau 021-121. Cukup singkat dan mudah diingat bukan nomornya? Memang begitulah call center KAI resminya.

Read More

Memang jika mendatangi langsung stasiun KAI seperti di Stasiun Pasar Senen, Gambir atau Gubeng, atau Lempuyangan akan sedikit repot. Nah daripada begitu, sobat bisa hubungi nomor call center KAI tersebut untuk melakukan pengaduan, pembatalan tiket, komplain, dan lain sebagainya. Silahkan sobat hubungi. Nomor ini berlaku untuk semua wilayah di Indonesia baik di Jakarta, Bandung, Semarang, Bekasi, Surabaya, Karawang, Yogyakarta/Jogja, Malang, Solo, dan kota-kota lainnya.

Apakah telepon call center KAI 121 / 021-121 bebas pulsa? Pada laman resmi KAI tidak melampirkan keterangan bebas pulsa/gratis. Maka kami pastikan setiap kali sobat terhubung ke call center KAI tersebut, sobat akan dikenakan Tarik yang telah disesuaikan dengan kebijakan yang berlaku entah itu menggunakan provider XL, Tri, Telkomsel atau yang lainnya. Tarif biasanya berlaku sesuai pada umunya, namun bisa berubah-ubah juga tergantung atau mengikuti kebijakan yang ada.

Maka dari itu, pastikan sobat memiliki saldo pulsa yang cukup sebelum menelepon, agar nantinya tidak terputus ditengah pembicaraan penting.

Call Center KAI via Whatsapp

Call Center KAI 24 Jam

Selain call center KAI via telepon, sobat juga bisa menggunakan layanan WhatsApp ini, Baru-baru ini KAI meluncurkan fitur layanan terbaru yaitu hadirnya Whatsapp Call Center KAI, hal ini dibuktkan dengan adanya kutipan dari laman Twitter resmi KAI (@KAI121).

Nah, Layanan WhatsApp Contact Center dengan no (08111-2111-121) sudah bisa sobat hubungi bukan hanya di jam kerja, namun juga selama 24 jam, lho! Sobat bisa mendapatkan informasi terkait layanan pelanggan, info promo, reservasi tiket dll. WhatsApp Contact Center hadir melengkapi layanan lainnya: Call Center 121, media sosial (IG, Twitter, FB) & email: cs@kai.id

Layanan WhatsApp ini diperuntukan bukan hanya untuk pengguna Android, namun juga pengguna iOS bisa mengaksesnya. Layanan ini kami rekomendasikan karena sobat tidak memerlukan pulsa, alias bebas pulsa. Yang dibutuhkan hanyalah koneksi internet saja. Silahkan dicoba ya!

Menghubungi Call Center KAI via Email

Call Center KAI 24 Jam

Selain call center KAI via Telepon 121 dan layanan whatsapp Call Center KAI, sobat juga bisa menghubungi customer service KAI melalui surel. Call center KAI via email cukup efektif, namun tidak direkomendasikan untuk sobat yang sedang terburu-buru atau dalam keadaan darat, karena biasanya tanggapan dari CS akan memakan waktu.

Nah berikut cara menghubungi Call Center KAI Emai:

  • Langkah awal, silahkan sobat buka email di HP / PC
  • Jika sudah, silahkan masukkan tujuan alamat Email KAI cs@kai.id
  • Setelah itu sobat bisa tulis subjek terkait alasan menghubungi, misal komplain, bertanya, memberikan saran, dan sebagainya.
  • Kemudian di isi pesan, sobat silahkan tulis nama lengkap, nomor HP yang aktif, serta masalah yang terjadi. Tulis selengkap-lengkapnya agar masalah dapat dideteksi dengan cepat dan tepat oleh pihak CS KAI
  • Terakhir tinggal Kirim, dan tunggu tanggapan dari CS KAI
  • Selesai!

Itulah email call center KAI serta cara menghubunginya, silahkan sobat manfaatkan layanan satu ini ya!

Menghubungi Call Center KAI via Sosial Media

Call Center KAI 24 Jam

Selain call centre ketiga di atas via telp atau email, sobat juga bisa menghubungi call center KAI sekaligus mengikuti akun sosial media KAI. Adanya akun sosial media KAI cukup membantu lho, pasalnya akun-akun sosial media KAI tersebut cukup informatif, dan juga sering memberikan tanggapan kepada customer baik melalui kolom komentar maupun via DM (direct message).

Hal inilah yang bisa sobat manfaatkan. Sebelum itu, sobat follow terlebih dahulu akun sosial meda KAI di

Sosial Media

  • Twitter: @KAI121
  • Facebook Fanpage : KAI 121
  • Google Plus : KAI 121
  • Instagram : @KAI121_

Itulah akun-akun sosial media KAI. Bagi sobat yang senang berselancar di sosmed, mungkin call center KAI via sosmed menjadi lebih mudah dihubungi. Silahkan hubungi mereka melalui DM (direct message). Saat menghubungi atau meng-DM mereka, pastikan sobat tuliskan nama legkap, nomor HP yang aktif, nomor tiker (jika ingin mengadukan masalah pada tiket kereta), dan jelaskan masalah yang sobat dapati pada pelayanan KAI. Tuliskan dengan selengkap-lengkapnya agar sobat cepat mendapat tanggapan dari admin CS KAI.

Segera Melapor Jika Terjadi Hal Yang Tidak Diinginkan

Segera Melaporkan Jika Terjadi Hal Yang Tidak Diinginkan

Jika sudah mengetahui call center KAI, alangkah lebih baik juga jika sobat mengetahui call center pengaduan. Nah, Kabar baik bagi sobat pengguna KAI yang suatu waktu menemukan adanya tindakan mencurigakan seperti penipuan, scamming, web phising dan lainnya atas nama KAI.

Demi kebaikan sobat dan lainnya, sobat bisa membantu melaporkan oknum tersebut ke platform yang disediakan. Jangan khawatir, jika sobat kebingungan, berikut platform serta nomor call center pengaduan:

LAPOR!

  • Situs web untuk melaporkan : www.lapor.go.id
  • Contact Untuk Melaporkan via SMS di nomor: 1708
  • Aplikasi/Mobile Apps untuk melaporkan: SP4N-LAPOR!
  • Sosial media untuk melaporkan (Twitter, Youtube, Instagram) : Lapor1708
  • Sosial media Facebook untuk melaporkan: Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat

Itulah call center KAI dan Laporan yang sobat menemukan kegiatan atau aktivitas yang membahayakan baik seputar layanan KAI maupun yang lainnya.

Aplikasi KAI Access

Aplikasi KAI Access

Selain pembahasan call center KAI, layanan KAI sendiri juga memiliki aplikasi bernama KAI Access lho! Aplikasi kami katakana sangat membantu bagi pengguna kereta/KAI, pasalnya fitur yang ditawarkan cukup beragam dan bisa diandalkan.

Sobat sebagai pengguna KAI bisa mengunduhnya melalui Google Play Store bagi pengguna Android, atau Apps Store bagi pengguna iOS. Ukuran aplikasi hanya sekitar 15mb saja.

Nah, sobat bisa temukan kemudahan yang hanya tersedia pada aplikasi ini. KAI ACCESS adalah satu-satunya aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). Aplikasi ini tidak hanya untuk penjualan tiket tetapi beberapa fitur telah ditambahkan untuk kemudahan dan pelayanan kepada customer PT Kereta Api Indonesia (Persero) KAI ACCESS menyediakan fitur baru sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh customer, sebagai berikut

FITUR CANCEL TICKET (PEMBATALAN TIKET)

Customer tidak perlu mengantri dan datang ke loket hanya untuk melakukan cancel tiket. Waktu tidak akan terbuang percuma. Semua bisa dilakukan dimanapun dan kapan pun. Refund langsung ditransfer ke rekening customer yang terdaftar 30 hari setelah proses cancel dilakukan. Fitur ini bisa digunakan oleh customer meskipun pembelian dilakukan di agent resmi PT KAI / channel eksternal, dengan catatan customer harus memiliki akun KAI ACCESS yang sudah teregistrasi.

FITUR RESCHEDULE TICKET (UBAH JADWAL TIKET)

Customer tidak perlu bingung lagi dengan perencanaan perjalanan yang mendadak sehingga harus mengubah jadwal perjalanan. Cukup dengan aplikasi ini, semua bisa dilakukan. Tidak perlu bingung untuk mencari waktu ke loket; mencari jadwal tiket pengganti; dll. Cukup dengan “klik” e-ticket pada menu “my trip” kemudian pilih menu reschedule dan ikuti langkah selanjutnya. Fitur ini bisa digunakan oleh customer meskipun pembelian dilakukan di agent resmi PT KAI / channel eksternal, dengan catatan customer harus memiliki akun KAI ACCESS yang sudah teregistrasi.

FITUR PEMBELIAN KERETA API LOKAL

Customer tidak perlu lagi untuk mengantri di loket, pembelian Kereta Api Lokal bisa dilakukan 3 jam sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api. Pembelian dapat dilakukan kapan pun dan dimanapun tanpa harus terburu-buru / berdesakan di loket. Fitur ini hanya dapat digunakan bagi pengguna aplikasi KAI ACCESS.

FITUR PEMBELIAN TIKET KERETA API 1 JAM SEBELUM KEBERANGATAN

Fitur ini disediakan untuk menjawab kebutuhan customer, dimana perjalanan terkadang dilakukan mendadak. Customer tidak perlu lagi panik untuk mengantri di loket hanya untuk membeli tiket go-show. Pembelian dapat dilakukan pada saat perjalanan menuju stasiun. Fitur ini hanya dapat digunakan bagi pengguna aplikasi KAI ACCESS.

FITUR E-BOARDING PASS

Fitur ini dapat digunakan / akan tampil 2 jam sebelum keberangkatan Kereta Api. Pengguna tidak perlu lagi mengantri hanya untuk mencetak boarding pass pada mesin CIC (check in counter). Cukup menunjukkan e-boarding pass pada handphone anda kepada petugas boarding. Fitur ini hanya dapat digunakan bagi pengguna aplikasi KAI ACCESS.

Informasi Tambahan Seputar KAI

call center KAI

Selain informasi call center KAI, call center pengaduan/lapor, dan aplikasi KAI Access. Di sini kami akan menginformasikan sobat terkait informasi tambahan seputar KAI yang kami rangkum langsung melalui laman resmi KAI di (https://www.kai.id/corporate/passenger_services/0). Berikut ulasannya!

Baca informasi Transfortasi Lainnya :

KERETA

Sebagai perusahaan yang mengelola perkeretaapian di Indonesia, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) telah banyak mengoperasikan KA penumpangnya, baik KA Utama (Komersil dan Non Komersil), maupun KA Lokal di Jawa dan Sumatera, yang terdiri dari :

  • KA Eksekutif
  • KA Bisnis
  • KA Campuran (Eksekutif, Bisnis dan Ekonomi)
  • KA Ekonomi
  • KA Lokal
  • KRL

RESTORASI

Setiap Rangkaian Kereta Api KAI lengkapi dengan Kereta Makan yang berguna sebagai Restorasi. Restorasi melayani makan dan minum selama perjalanan anda. Terdapat menu-menu khas Kereta Api yang dapat dinikmati pelanggan. Kru Restorasi terdiri dari : Koki, Prama dan Prami yang siap melayani pelanggan kai di dalam perjalanan.

KRU KA

Kru KA adalah petugas Kereta Api yang bertanggung jawab selama dalam perjalanan. Kru KA terdiri dari: Masinis, Assisten Masinis, Kondektur, Teknisi KA dan Runner AC. Mereka secara profesional terlatih untuk melayani pelanggan Kereta Api.

CUSTOMER SERVICE ON TRAIN

Seorang Customer Service On Train sebagai Customer Service kai yang menemani perjalanan penumpang Kereta Api. Siap menerima kritik, saran, komplain guna memenuhi kebutuhan pelanggan akan pelayanan yang prima.

ON TRAIN CLEANING

Petugas On Train Cleaning (OTC) bertugas menjaga kebersihan Kereta Api selama dalam perjalanan. Terdapat dua petugas OTC di setiap Kerata yang siap melayani pelanggan kai.

Reservasi

1.Reservasi dapat dilakukan mulai H-90 di loket stasiun, vending machine, minimarket, Contact Center 121 atau secara online melalui website dan mobile application. Reservasi selain di loket stasiun dapat dilihat pada Daftar Tempat Reservasi Tiket.
2.Reservasi selain di loket stasiun akan mendapatkan bukti transaksi berupa struk, email notifikasi, sms notifikasi atau bentuk lainnya. Berisi kode booking, data diri dan data perjalanan penumpang. Bukti transaksi tersebut, selanjutnya ditukarkan menjadi Boarding Pass melalui proses Check In yang dapat dilakukan mulai 7 x 24 jam sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api di stasiun keberangkatan penumpang.
3.Penulisan nama dan nomor identitas harus sesuai dengan yang tertera pada bukti identitas yang dimiliki (KTP, SIM, Passport, Kartu Tanda Prajurit TNI, Kartu Tanda Anggota POLRI, Kartu Siswa TNI/POLRI, Kartu Pelajar dan bukti identitas lainnya yang dilengkapi dengan foto).
4.Khusus penumpang berusia di bawah 17 tahun, jika belum memiliki bukti identitas. Maka identitas yang dicantumkan menggunakan tanggal lahir dengan format ddmmyyyy.
5.Pada Kereta Api Non Komersial (PSO), satu orang penumpang hanya diperbolehkan membeli satu tiket atas nama dirinya.
6.Pada Kereta Api Komersial, 1 (satu) orang penumpang diperbolehkan membeli lebih dari satu tiket atas nama dirinya. Dalam hal penumpang memiliki hak atas tarif reduksi, maka tiket kedua dan seterusnya dikenakan tarif non reduksi (tarif umum).

Informasi Tarif

1.Tarif adalah tarif per orang sekali jalan, sudah termasuk asuransi
2.Tarif yang berlaku, berada pada rentang tarif batas atas (TBA) dan tarif batas bawah (TBB) yang ditetapkan oleh Direksi berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia dan dapat berubah sewaktu – waktu dalam rentang TBB-TBA dimaksud.
3.Khusus Kereta Api jarak jauh dan menengah yang merupakan penugasan pemerintah (Kereta Api Non Komersial/PSO), tarif ditetapkan Menteri Perhubungan Republik Indonesia.
4.Pada Kereta Api jarak jauh dan menengah setiap penumpang berhak atas nomor tempat duduk kecuali pada Kereta Api jarak dekat (komuter) dapat diberlakukan bebas tempat duduk.
5.Semua penumpang dikenakan tarif dewasa kecuali satu penumpang berusia dibawah 3 tahun yang bepergian bersama satu penumpang dengan tarif dewasa tidak dikenakan biaya jika tidak mengambil tempat duduk.
6.KAI memberikan tarif reduksi kepada Lansia, Veteran, TNI/POLRI dan pihak lainnya yang ditetapkan oleh KAI.
7.Pembelian tiket dengan tarif reduksi hanya dapat dilakukan di loket stasiun.

Pembatalan Jadwal

1.Pembatalan perjalanan atas permintaan penumpang, dilayani di loket stasiun yang ditunjuk selambat – lambatnya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api sebagaimana tercantum dalam Boarding Pass. Daftar stasiun yang melayani pembatalan dapat dilihat pada Daftar Stasiun Pembatalan.
2.Pemohon pembatalan adalah penumpang yang bersangkutan dengan menunjukkan bukti identitas asli sesuai data yang tercantum pada Boarding Pass serta menyerahkan salinannya (fotocopy).
3.Dalam hal pemohon pembatalan bukan pemilik Boarding Pass, maka wajib melampirkan surat kuasa bermaterai dari pemilik Boarding Pass kepada yang dikuasakan untuk melakukan pembatalan. Penerima kuasa tetap menunjukkan bukti identitas asli penerima kuasa, bukti identitas asli pemilik Boarding Pass serta menyerahkan salinan (fotocopy) bukti identitas pemilik Boarding Pass dan penerima kuasa.
4.Dikenakan biaya pembatalan sebesar 25% dari tarif Kereta Api diluar biaya pemesanan.
5.Jika Boarding Pass yang dibatalkan lebih dari satu penumpang namun dengan kode booking yang sama, maka salinan (fotocopy) bukti identitas dan/atau surat kuasa pembatalan yang dilampirkan cukup salah satu dari penumpang dimaksud.
6.Pemohon mengisi formulir pembatalan terdiri dari rangkap 2 berupa data Boarding Pass dan data penumpang serta keterangan pengambilan biaya pembatalan.
7.Formulir pembatalan tembusan yang telah divalidasi oleh petugas, diberikan kepada pemohon sebagai bukti yang dipergunakan pada saat pengambilan biaya pembatalan jika pilihan pengembalian biaya dilakukan secara tunai.
8.Pengembalian biaya dilakukan setelah hari ke-30 melalui transfer atau diambil tunai di stasiun yang ditunjuk. Daftar Stasiun yang melayani pengambilan biaya dapat dilihat Daftar Stasiun Pembatalan.
9.Penumpang yang melakukan pengambilan biaya secara tunai setelah hari ke-30, menyerahkan tembusan formulir pembatalan yang telah divalidasi dan menunjukkan bukti identitas asli yang sesuai. Jika dalam satu formulir pembatalan terdapat lebih dari satu nama penumpang, maka pengambilan biaya dapat diwakilkan pada salah satu penumpang yang tertera pada formulir tersebut.
10.Jika formulir pembatalan hilang, maka wajib melampirkan surat keterangan kehilangan dari Kepolisian pada saat pengambilan biaya secara tunai di loket.

Itulah rangkuman informasi tambahan KAI yang kami rangkum melalui laman resmi KAI.Simak juga ulasan ulasannya mengenai Call Center Gojek 24 Jam yang bisa sobat coba hubungi!

Akhir Kata

Demikian pembahasan tentang Call Center KAI via Telepon 24 Jam, Layanan Whatsapp Call Center KAI, Call Center KAI Lewat Surel/Email, Call Center KAI via Sosmed, dan pembahasan lainnya yang dapat kami sampaikan. Bagaimana? Dengan begitu sobat tidak perlu bingung jika ingin menghubungi pihak Customer Service KAI bukan?

Semoga bermanfaat!

Berapa Nomor Call Center KAI?

Layanan Call Center KAI yang dapat sobat/pengguna hubungi adalah call center KAI via telepon di nomor pusat 121 atau 021-121. Cukup singkat dan mudah diingat bukan nomornya? Memang begitulah call center KAI resminya.

Apakah Call Center KAI Bebas Pulsa?

Pada laman resmi KAI tidak melampirkan keterangan bebas pulsa/gratis. Maka kami pastikan setiap kali sobat terhubung ke call center KAI tersebut, sobat akan dikenakan Tarik yang telah disesuaikan dengan kebijakan yang berlaku entah itu menggunakan provider

Berapa Nomor Layanan WhatsApp KAI?

Layanan WhatsApp Contact Center dengan no (08111-2111-121) sudah bisa sobat hubungi bukan hanya di jam kerja, namun juga selama 24 jam, lho!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *