Cara Mendapatkan ATM Mandiri Tabunganku

ATM Mandiri Tabunganku

ATM Mandiri Tabunganku – Pada masa sekarang hampir semua orang memiliki buku tabungan di sebuah bank. Alasannya tentu saja agar mereka bisa menyimpan uang dengan aman. Sebab, menyimpan uang dalam jumlah besar di dalam rumah memiliki resiko yang tinggi.

Walaupun memiliki banyak fungsi, ternyata menabung di bank dianggap merepotkan bagi sebagian orang. Belum lagi adanya biaya admin yang harus dibayar setiap bulannya dan itu diambil langsung dari isi saldo tabungan.

Saat ini hampir semua bank yang ada di Indonesia sedang menerapkan program baru, yaitu tabungan bebas biaya administrasi. Program ini berasal dari pemerintah dan diberi nama dengan Tabunganku. Salah satu bank yang ikut menjalankan program tabungan ini adalah Bank Mandiri.

Apa Itu Bank Mandiri Tabunganku?

ATM Mandiri Tabunganku

Tabunganku adalah program pemerintah berupa tabungan yang dikhususkan Bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dengan persyaratan yang mudah serta biaya administrasi yang kecil. Tujuan dari program ini ialah untuk menciptakan tabungan yang bebas biaya admin. Karena bank Mandiri merupakan salah satu produk BUMN, maka bank tersebut juga turut mensukseskan program pemerintah dengan mengenakan rekening Tabunganku.

Tujuan program ini dilakukan pemerintah tidak lain untuk menumbuhkan serta menanamkan kebiasaan menabung di masyarakat Indonesia lewat program Tabunganku ini. Pasalnya,  kekhawatiran masyarakat akan biaya administrasi yang besar serta potongan per bulan ketika menabung di bank sudah bisa diatasi dengan program Tabunganku ini.

Seperti yang diketahui bahwasanya sejumlah bank di Indonesia mengharuskan para nasabah mereka untuk menyetor dana awal yang cukup. Contohnya saja tabungan dengan setoran awal senilai Rp 500.000, yang mana biaya administrasinya bisa mencapai Rp10.000 per bulan. Dengan biaya administrasi sebesar itu, tentu tidak semua orang merasa mampu untuk membuka rekening di bank.

Namun dengan adanya Bank Mandiri Tabunganku, kamu jadi bisa menabung dengan dana terbatas. Kamu bisa membuka tabungan Mandiri baru hanya dengan menyetor uang sejumlah Rp 20.000 dan Rp 10.000 untuk setoran berikutnya. Namun jika kamu ingin mendapatkan ATM Mandiri Tabunganku,  maka kamu diwajibkan untuk melakukan setoran awal sebesar Rp 500.000.

Syarat dan Ketentuan Bank Mandiri Tabunganku

Untuk dapat membuka rekening Tabunganku, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi terlebih dahulu. Berikut beberapa syarat dan ketentuan yang harus kamu penuhi dalam membuka rekening Mandiri Tabunganku :

  1. Mengisi formulir aplikasi serta menunjukkan kartu identitas diri berupa KTP yang masih berlaku.
  2. Sedangkan dalam proses penyetoran uang, kamu bisa melakukannya lewat kantor cabang, Mandiri mobile dan juga ATM cash deposit machine.
  3. Transaksi penarikan juga busa dilakukan pada kantor cabang dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukan. Selain itu nasabah juga diwajibkan memperlihatkan ATM Tabunganku jika ingin melakukan penarikan.
  4. Ketika mencoba membuka  rekening Mandiri Tabunganku, setiap orang hanya diperbolehkan memiliki satu rekening saja. Namun untuk orang tua yang ingin membuat anak mereka rekening Tabunganku ini, bisa memakai data pribadi sebagai hak khusus.
  5. Tabunganku tidak diperkenankan untuk rekening bersama.
  6. Rekening Tabunganku yang tidak melakukan transaksi selama 6 bulan berturut-turut atau pasif, akan dikenakan biaya administrasi Rp 2.000 per bulan.
  7. Rekening Tabunganku pasif yang memiliki saldo kurang dari Rp 20.000, maka akan ditutup secara otomatis oleh system.
  8. Limit tarik tunai harian Tabunganku yang bisa dilakukan sebesar 1 juta dan informasi saldo hanya bisa diakses sebanyak 1 kali sehari.
  9. Rekening Tabunganku yang sudah dibuat akan aktif selama 3 tahun setelah diterbitkan. Apabila masa berlaku sudah habis, maka bisa melakukan penggantian kartu tanpa dikenai biaya di kantor cabang Mandiri terdekat.

Biaya Administrasi Bank Mandiri Tabunganku

Walaupun dikatakan bebas biaya admin, bukan berarti rekening tabunganku tidak mempunyai biaya admin sedikitpun. Dalam beberapa kasus, masih terdapat biaya admin yang harus kamu bayar sesuai dengan ketentuan yang telah dibahas di atas.

Untuk setoran awal kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 20.000. Namun untuk mendapatkan kartu ATM Mandiri tabunganku, kamu harus melakukan setoran awal sebesar Rp 500.000. Sedangkan untuk setoran lanjutannya, kamu hanya perlu membayar Rp 10.000 saja.

Keuntungan menggunakan Bank Mandiri Tabunganku ialah kamu tidak akan dikenakan biaya administrasi bulanan serta biaya penggantian buku karena rusak. Sedangkan untuk biaya penarikan baik tunai maupun non tunai di kantor cabang, kamu akan dikenakan potongan senilai Rp 5.000 untuk penarikan dibawah 5 juta. Biaya penarikan ini juga diterapkan pada penarikan yang dilakukan lebih dari 1 kali per bulan.

Untuk rekening yang tidak aktif dalam jangka waktu lama atau pasif, akan dikenakan potongan sebesar Rp 2.000 per bulannya. Apabila saldo minimal sudah berada dibawah Rp 20.000, maka rekening akan secara otomatis ditutup oleh sistem. Sedangkan untuk melakukan penutupan rekening secara mandiri, kamu akan dikenakan biaya admin sebesar  Rp 20.000.

Semua informasi yang tersaji di atas sudah sesuai dengan yang dijelaskan pada situs resmi Bank Mandiri. Untuk biaya-biaya tersebut sebenarnya masih bisa berubah tergantung kebijakan dari pihak bank. Namun sejak tahun lalu hingga sekarang besar biaya Mandiri Tabunganku masih tetap sama.

Kelebihan dan kekurangan Mandiri Tabunganku

Sebagai sebuah produk yang ditawarkan, pasti memiliki kelebihan serta kekurangan. Ini merupakan pembeda antara bank satu dengan bank kain. Dibandingkan dengan produk serupa dari bank bank lainnya, Mandiri tabunganku memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya lebih diminati oleh para nasabah. Kelebihan tersebut misalnya seperti terdapat logo khusus tabunganku dan mandiri pada buku tabungan.

Selain itu, pada rekening Mandiri tabunganku kamu juga dapat memperoleh layanan ATM Mandiri yang bisa mempermudah transaksi penarikan tunai cek saldo atau transfer sesama pemilik rekening Mandiri maupun yang lainnya. Dengan adanya ATM ini, kamu juga bisa melakukan transaksi lewat Mandiri ATM link dan ATM bersama di seluruh Indonesia.

Sedangkan untuk kekurangannya Mandiri tabunganku memiliki jumlah nominal transaksi yang diperbolehkan. Selain itu tidak adanya fasilitas e-banking juga membuat nasabah harus melakukan transaksi perbankan secara online. Bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu,  mungkin akan kerepotan saat menggunakan produk rekening Mandiri tabunganku ini.

Artikel Lain Terkait Bank Mandiri :

Cara Membuka Rekening Mandiri Tabunganku

ATM Mandiri Tabunganku

Untuk membuka rekening Mandiri Tabunganku, hal pertama yang harus kamu lakukan ialah mengunjungi salah satu kantor cabang Bank Mandiri yang ada di daerahmu. Ketika berkunjung, silahkan bawa berkas yang dibutuhkan seperti kartu identitas diri berupa KTP atau paspor serta NPWP bila dibutuhkan.

Setelah sampai di kantor cabang, silakan kamu ambil nomor antrian dan isilah formulir aplikasi tabunganku secara lengkap. Jika namamu sudah dipanggil, silakan setorkan dana awal untuk mengaktifkan rekening Mandiri Tabunganku.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai Mandiri Tabunganku dan bagaimana cara mendapatkan ATM Mandiri Tabunganku pada artikel kali ini. Semoga kamu tidak kebingungan lagi dengan hal ini setelah membaca ulasan di atas.

Apa itu Bank Mandiri Tabunganku ?

Tabunganku adalah program pemerintah berupa tabungan yang dikhususkan Bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dengan persyaratan yang mudah serta biaya administrasi yang kecil. Tujuan dari program ini ialah untuk menciptakan tabungan yang bebas biaya admin.

Berapa Biaya Administrasi Bank Mandiri Tabunganku ?

Untuk setoran awal kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 20.000. Namun untuk mendapatkan kartu ATM Mandiri tabunganku, kamu harus melakukan setoran awal sebesar Rp 500.000. Sedangkan untuk setoran lanjutannya, kamu hanya perlu membayar Rp 10.000 saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.