Canon iImage Class MF3010 Driver For Windows dan Cara Installnya

  • Whatsapp
canon image class mf3010 driver for window

Canon iImage Class MF3010 Driver For Windows – Semakin tingginya kebutuhan manusia saat ini memang kerap menghasilkan beragam produk dengan berbagai macam inovasi. Misalnya saja kebutuhan manusia akan aktivitas komputasi. Di mana berbagai kalangan saat ini sudah harus akrab dan terbiasa dengan beragam hal yang berkaitan dengan kegiatan tersebut, seperti persuratan, pengarsipan, maupun pengelolaan bentuk dokumen-dokumen lainnya.

Untuk menghasilkan kinerja yang lebih produktif, maka kebutuhan teknologi sangat diperlukan dalam hal ini.Salah satunya teknologi berupa mesin pencetak atau printer. Meskipun kehadiran printer memang sudah cukup lama, namun hingga saat ini ada beragam inovasi printer yang dapat digunakan oleh para penggunanya. Mulai dari jenis printer Dot Matrix hingga jenis Ink Jet.

Read More

Selain kedua inovasi printer yang cukup populer tersebut, ada juga printer dengan jenis Laser Jet yang tentunya hadir dengan inovasi yang lebih oke. Contoh printer yang telah menerapkan inovasi Laser Jet ini yaitu adalah Canon Imageclass MF3010. Untuk lebih jelasnya, silahkan menyimak ulasan mengenai printer ini hingga cara install Canon ImageCLASS MF3010 driver fo Windows dengan mudah.

SpesifikasiPrinter Canon ImageCLAS MF3010

canon image class mf3010 driver for window

Jika berbicara mengenai teknologi mesin pencetak atau printer saat ini, bisa dikatakan bahwa merk Canon termasuk ke dalam salah satu merk printer yang cukup recommended. Selain tersedia dengan berbagai pilihan teknologi, mulai dari jenis Dot Matrix maupun Ink Jet, produk printer dari Canon Inc ini juga telah mengeluarkan produk berbasis teknologi Laser Jet. Melalui produknya yang berspesifikasi Imageclass MF3010 ini, kamu bisa merasakan pengalaman mencetak dokumen dengan sajian teknologi yang lebih canggih.

Printer laser jet menggunakan tinta bubuk atau toner untuk mekanisme cetaknya dengan bantuan perangkat inframerah. Jika dibandingkan dengan printer jenis Dot Matrix maupun Ink Jet, printer jenis Laser Jet ini mampu menghasilkan kecepatan pencetakan yang lebih tinggi. Selain itu, hasil cetakannya termasuk cukup cepat kering dibanding jenis lainnya. Varian teknologi mesin pencetak seperti ini tentunya adalah sebuah kabar baik untuk para penggiat aktivitas yang berkaitan dengan pengarsipan dan dokumen.

Lebih jauh mengenai printer Canon imageCLASS MF3010, printer ini bisa kamu gunakan untuk kebutuhan copy maupun scan. Penggunaan printer laser monokrom ini juga tidak terbatas, di mana kamu bisa menggunakannya dengan tujuan cetak personal maupun home-office. Printer multifungsi ini juga mengadopsi teknologi cetak Ultra Fast Rendering (UFR II) LT. Di mana dengan teknologi tersebut, printer dimungkinkan mampu menghasilkan cetak laser yang tajam dengan cepat dan tanpa berbayang. Adapun memory printer yang disematkan di dalamnya yaitu sebesar 64 MB.

Baca juga:

Canon imageCLASS MF3010 memiliki teknologi  On Demand Fixing yang dibenamkan di dalamnya. Teknologi ini sendiri memungkinkan terjadinya transmisi panas dengan lebih cepat, sehingga energi panasnya dapat langsung menuju ke elemen pemanas printer. Hal ini tentunya mampu mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam proses pemanasan printernya (warm up). Lebih jauh lagi, berikut beberapa spesifikasi kerja dari printer ini:

  • Kecepatan cetak printer Canon imageCLASS MF3010 dapat mencapai 18 ppm dengan waktu keluaran cetakan pertama sekitar 7.8 detik.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk proses pemanasannya bisa mencapai kurang dari 10 detik. Begitu pula waktu recovery yang diperlukan sejak mode sleep,yaitu kurang dari 2 detik.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Canon imageCLASS MF3010 ini dibekali dengan kemampuan scan maupun copy. Adapun fungsi scan-nya dijalankan dengan teknologi scanner Contact Image Sensors (CIS) flatbed dengan resolusi optis 600 x 600 dpi serta kedalaman warna sebesar 24-bit. Bagi pengguna Windows, hasil dari aktivitas scan oleh printer ini dapat pengguna simpan dalam berbagai bentuk, mulai dariPDF, Searchable PDF, Hi-Compression PDF, PDF, JPEG, BMP, hingga TIFF. Sedangkan bagi pengguna Mac, output file yang didukung berupa PDF, JPEG, TIFF, BMP dan PNG.

Sementara itu jika berbicara mengenai fungsi copy-nya, printer Canon ini memiliki kecepatan penyalinan mencapai 19 cpm dengan 256 level grayscale. Bahkan salinan pertamanya dapat keluar dengan lebih cepat, yakni dalam waktu 12 detik.Pada mode speed priority, resolusi copy yang dapat dihasilkan mencapai 600 x 400 dpi. Sedangkan pada mode resolution priority, resolusi copy-nya yaitu 600 x 600 dpi.

Cara Install Canon imageCLASS MF3010 Driver For Windows

Sebelum penggunaan printer ini sendiri, maka untuk menghubungkannya ke komputer kamu dibutuhkan sebuah perangkat lunak atau driver agar fungsi printer dapat terintegrasi dengan komputer. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengistall ImageClass MF3010 driver for Windows tersebut, yaitu:

Penginstalan dengan Bantuan CD/DVD

Untuk menginstal Canon ImageClass MF3010 driver for Windowsdengan metode ini, maka ada beberapa syarat atau persiapan yang harus kamu penuhi terlebih dahulu. Beberapa persyaratan serta hal-hal yang harus disiapkan tersebut, yaitu:

  • Dibutuhkan satu CD/DVD Drive yang terpasang di komputer kamu.
  • Dibutuhkan perangkat lunak atau driver CD Disk untuk Canon imageCLASS MF3010.
  • Dibutuhkan kabel USB yang akan menghubungkan printer ke komputer.

Selanjutnya, untuk penginsatalan ImageClass MF3010 driver for Windows dengan bantuan CD/DVD ini, langkah-langkah yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  1. Sebelum melakukan penginstalan Canon imageCLASS MF3010 driver for Windows di komputer kamu. Pastikan printer dalam keadaan menyala. Namun jangan mencolok kabel USB printer ke komputer sampai instruksi diberikan.
  2. Masukkan CD printer Canon imageCLASS MF3010 ke dalam fitur CD/DVD di komputer kamu, kemudian jalankan Wizard pengaturan CD-nya, lalu ikuti instruksi selanjutnya untuk penginstalan.
  3. Selanjutnya, tunggu instruksi dari Wizard muncul untuk menyambungkan kabel USB printer Canon imageCLASS MF3010 ke komputer kamu. (Catatan: Jangan pasang sebelum bertanya). Wizard kemudian akan menganalisis saat kamu menghubungkannya. Setelah mengenali printer, maka secara otomatis sistem ini akan mengambil langkah selanjutnya. Tunggu hingga pendeteksian printer selesai.
  4. Ikuti petunjuk Wizard untuk langkah penyelesaiannya.
  5. Setelah selesai, kamu akan mendapatkan printer Canon i-sensys MF3010 imageCLASS yang siap digunakan.

Baca Juga : 4 Printer Terbaru dari Canon PIXMA G Series, Spesifikasi, Fitur dan Harga

Penginstalan Secara Manual Menggunakan Fitur Windows Inbuilt

Untuk menginstal Canon ImageClass MF3010 driver for Windowsdengan metode ini, maka ada beberapa syarat atau persiapan yang juga harus kamu penuhi terlebih dahulu. Beberapa persyaratan serta hal-hal yang harus disiapkan tersebut, yaitu:

Selanjutnya, untuk penginstalan Canon ImageClass MF3010 driver for Windowssecara manual ini, langkah-langkah yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  1. Pertama-tama, nyalakan komputer kamu, lalu unduh dan install Canon imageCLASS MF3010 Driver for Windows.
  2. Hidupkan juga printer.
  3. Hubungkan printer dengan komputer menggunakan kabel USB printer.
  4. Ekstrak file Canon MF3010 Setup pada lokasi defaultnya yaitufolder TEMP.
  5. Klik tombol Start, lalu klik Control Panel, kemudian klik “View Devices & Printer” untuk pengguna Windows 7 dan Vista. Sementara untuk pengguna Windows XP, klik “Fax & Printers”.
  6. Klik “Add a Printer”.
  7. Jika sistem meminta lokasi driver, maka arahkan ke lokasi kamu mengekstrak file Setup-nya.
  8. Ikuti petunjuk dari Wizard selanjutnya untuk menyelesaikannya.
  9. Setelah selesai, kamu akan mendapatkan Canon imageCLASS MF3010 driver for Windows yang siap digunakan.

Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *