Cara Download Sertifikat Vaksin dengan Mudah

  • Whatsapp
cara download sertifikat vaksin

Cara Download Sertifikat Vaksin – Semenjak diberlakukannya peraturan pemerintah tentang mewajibkan seluruh masyarakat untuk melakukan vaksinasi sebanyak dua tahap, hal ini tentunya  memicu banyak respon baik maupun buruk dari banyak kalangan. Ada sebagian masyarakat yang menganggapnya remeh, namun tidak sedikit juga yang mematuhi peraturan wajib vaksin ini. Hal ini menjadi upaya konkrit pemerintah untuk melawan segala virus yang dapat menyebabkan kekebalan tubuh menurun.

Peraturan wajib melakukan vaksin ini kemudian dikembangkan dengan adanya kartu sertifikat vaksin sebagai pegangan resmi dan bukti legal dari pemerintah untuk masyarakat yang sudah melakukan vaksin di tempat yang sudah disediakan oleh pihak pemerintahan terkait yaitu dinas kesehatan penanganan covid-19.

Read More

Sertifikat ini menjadi pegangan wajib bagi masyarakat yang mempunyai mobilitas yang tinggi ditempat-tempat umum seperti perkantoran, industrial maupun tempat-tempat pemerintahan yang dijaga ketat sesuai SOP penangan covid-19.

Biasanya sertifikat vaksin sudah bisa kamu peroleh jika sudah melakukan suntik vaksin dengan menerima SMS dari nomor call center pihak penanganan covid-19 yaitu dari nomor 1199, SMS ini berisi tentang tautan sertifikat vaksin covid-19. Namun tidak jarang juga ada masyarakat yang sudah melakukan vaksin namun tidak mendapatkan SMS berisi tautan sertifikat tersebut.

Cara Mudah Mendapatkan & Download Sertifikat Vaksin

Nah untuk itu dalam kesempatan ini kami akan memberikan informasi terkait langkah-langkah atau cara mudah untuk mendapatkan kartu sertifikat vaksin melalui smartphone kamu masing-masing.

Setidaknya ada dua cara yang akan kami berikan untuk kamu bisa mendownload atau mendapatkan sertifikat vaksin yang sudah menjadi hak kamu tersebut, pertama bisa melalui laman resmi dari pihak pemerintah dinas kesehatan yaitu situs dengan alamat https://www.pedulilindungi.id/, dan yang kedua bisa melalui aplikasi PeduliLindungi yang dapat kamu unduh di Play Store, App Store dan Google Play di smartphone kamu. Berikut adalah cara lengkapnya:

Mendapatkan Sertifikat Vaksin Via Situs Resmi Pedulindungi.id

Sertifikat vaksin kini sudah bisa kamu peroleh dengan mengunjungi laman atau situs terkait yaitu di situs www.pedulilindungi.id.

Berikut adalah cara mendapatkan sertifikat vaksin melalui website pedulilindungi.id

  1. Masuk ke website

    Langkah pertama yaitu dengan membuka website resmi pihak terkait di laman https://www.pedulilindungi.id/. Masuk dengan menekan tombol Login/Register yang ada di Pojok Kanan website. Cara Download Sertifikat Vaksin

  2. Buat Akun

    Jika Sobat belum memiliki akun, silahkan buat dengan klik Daftar, selanjutnya silahkan lengkapi data yang diminta website, data wajib siapkan nomor NIK KTP dan nomor tlp aktif yang bisa dihubungi.Cara Download Sertifikat Vaksin

  3. Login

    Jika Sobat sudah memiliki akun silahkan login menggunakan nomor tlp yang sudah didaftarkan sebelumnya.

  4. Download Sertifikat Vaksin

    Selanjutnya Sobat bisa langsung download sertifikat vaksin yang disediakan di layanan pedulilindungi.id caranya bisa langsung saja klik link berikut https://www.pedulilindungi.id/sertifikat-vaksin atau masuk ke menu sertifikat vaksin yang ada di bawah profil pengguna.

    Sobat bisa download sertifikat vaksin yang sudah sobat laksanakan.

    cara download sertifikat vaksin

Itulah beberapa cara mudah dan praktis bagi kamu yang ingin melihat data atau ingin download sertifikat vaksin sebagai bukti bahwa kamu sudah melakukan vaksinasi sesuai anjuran pemerintah Indonesia dengan menggunakan website resmi. Ternyata cara download sertifikat vaksin tersebut sangat mudah bukan?

Baca Juga : Cara Membuat Akun PeduliLindungi Dengan Mudah

Mendapatkan Sertifikat Vaksin Via Aplikasi PeduliLindungi

Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk memperoleh sertifikat vaksin, baik vaksin atau vaksin tahap kedua adalah dengan mengunduh aplikasi PeduliLindungi di Google Play, Play Store dan App Store menggunakan smartphone yang kamu miliki. Berikut ini adalah uraian cara lengkapnya, simak baik-baik:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan ponsel atau smartphone kamu memiliki ruang penyimpanan masih cukup untuk mengunduh aplikasi baru dan kuota yang mencukupi untuk mengunduh aplikasi atau sudah tersambung di jaringan Wifi.
  • Selanjutnya kamu buka Google Play, Play Store atau App Store di smartphone kamu masing-masing.
  • Lalu klik PeduliLindungi pada kolom pencarian.
  • Kemudian unduhlah aplikasi PeduliLindungi dari lembaga kesehatan pemerintah Indonesia.
  • Setelah aplikasi terunduh secara sempurna, maka kamu buka aplikasi tersebut dan berikan izin akses penyimpanan, lokasi dan kamera.
  • Langkah selanjutnya kamu akan diminta untuk membuat akun resmi dengan mengisi beberapa dokumen penting seperti nama lengkap, nomor telepon yang dapat dihubungi dan nomor induk kependudukan KTP (NIK).
  • Jika kamu sudah pernah membuat akun PeduliLindungi maka kamu tinggal login dengan menggunakan nomor telepon yang sudah didaftarkan.
  • Jika kamu belum mempunyai kamu harus mengisi dokumen seperti yang disebutkan di atas.
  • Selanjutnya kamu akan menerima kode OTP yang dikirim melalui nomor telepon yang sudah kamu daftarkan pada tahap sebelumnya.
  • Setelah menerima kode OTP, maka kamu isilah kolom yang sudah disediakan dengan hati-hati agar tidak mengulang  untuk kedua kalinya.
  • Kemudian setelah kamu berhasil masuk ke dalam aplikasi maka kamu akan melihat beberapa tampilan menu utama, kamu pilih menu “Profil” pada bagian kanan atas pojok untuk melihat data yang sudah kamu masukkan.
  • Setelah itu maka akan muncul menu “Sertifikat Vaksin”, lalu tekanlah menu sertifikat vaksin itu.
  • Selanjutnya akan muncul sertifikat vaksin yang kamu miliki baik vaksin tahap pertama maupun vaksin tahap kedua sesuai data yang kamu masukan pada tahap awal masuk aplikasi.
  • Kemudian kamu pilih salah satu sertifikat vaksin yang muncul di dalam akun kamu.
  • Lalu kamu pilih menu “Unduh” untuk mengambil data sertifikat vaksin tersebut.
  • Langkah terakhir adalah menunggu unduhan sertifikat vaksin kamu selesai dan akan tersimpan secara otomatis di bagian penyimpanan pada memori card di smartphone kamu

Itulah beberapa tahapan mudah mendapatkan sertifikat vaksin satu dan dua melalui aplikasi PeduliLindungi di smartphone kamu. Semoga informasi ini bermanfaat, selamat mencoba dan selalu jaga kesehatan.

Sebagai bahan catatan apabila kamu mengalami kesalahan data atau dokumen ketika mengisi kolom laman sertifikasi atau aplikasi sertifikat PeduliLindungi maka kamu bisa langsung saja menghubungi pihak kementerian kesehatan di akun twitter @KemenkesRI agar segera terselesaikan masalah yang kamu alami.

Cara mengadukan kesalahan data tersebut yaitu dengan mengirimkan email ke sertifikat@pedulilindungi.id. Email tersebut harus dengan format isian nama lengkap pengadu, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), TTL, dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Biasanya pihak Kemenkes akan meminta anda untuk melakukan foto selfie dengan memegang KTP pengadu sebagai bukti kepemilikan dan menjelaskan keluhan yang pengadu alami secara singkat dan jelas. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *