Contoh Surat Pernyataan Tidak Melakukan Kesalahan Kembali

  • Whatsapp
Contoh Surat Pernyataan (1)

Seperti peribahasa lama pernah menjelaskan “di mana kaki berpijak di sana langit dijunjung”. Peribahasa ini memiliki arti di mana kita berada pasti ada aturan dan etika-etika yang perlu dipatuhi di tempat tersebut. Baik lingkungan kerja, lingkungan sekolah bahkan lingkungan masyarakat, tentu memiliki aturan dan etika tersendiri. Jika menyalahi dan melanggar ketentuan tersebut, tentu orang yang melanggar tersebut akan menerima resiko atas kesalahan yang telah diperbuatnya.

Tujuan dari adanya ketentuan dan etika-etika ini adalah untuk menjaga ketertiban lingkungan tersebut agar kondisi lingkungan yang harmonis dan kondusif bisa terwujud. Hal ini bersinggungan dengan bagaimana keadaan warga sekitar dalam menjalankan hidupnya. Sebab itu,  dibutuhkan sebuah aturan dan konsekuensi apabila ada yang melanggarnya.

Read More

Bagaimanapun juga dari banyaknya jumlah warga, pasti ada saja dari mereka yang berperilaku menyimpang. Orang semacam ini biasanya melakukan sebuah tindakan semaunya, sehingga membuat warga di lingkungan tersebut merasa marah dan geram. Untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkanlah tindak lanjut yaitu dengan membuat surat pernyataan tidak melakukan kesalahan kembali beserta konsekuensi yang akan diterima jika melanggar.

Apakah Itu Surat Pernyataan Tidak Melakukan Kesalahan Kembali?

Contoh Surat Pernyataan (1)

Surat pernyataan merupakan sebuah surat yang tujuan perbuatannya untuk mengatakan diri atau seseorang yang bersangkutan atas kepentingan tertentu. Surat ini pada dasarnya dibuat oleh yang bersangkutan secara sadar untuk mengatakan suatu hal yang diperlukan.

Tujuan dari pembuatan surat pernyataan tertulis adalah supaya pernyataan tersebut memiliki kekuatan di mata hukum. Dibanding dengan pernyataan yang dikatakan secara lisan, pernyataan tertulis lebih memiliki kekuatan. Umumnya surat pernyataan ini akan ditambah sebuah materai untuk memperkuat isinya saat dilakukan proses lanjut ke bidang hukum.

Sedangkan surat pernyataan tidak melakukan kesalahan kembali umumnya dibuat khusus untuk mereka yang telah lakukan kesalahan berkali-kali. Akibat dari kesalahan yang berulang tersebut membuatnya tidak dapat ditolerir lagi, sehingga dibuatlah surat pernyataan tertulis atas nama yang berkaitan supaya tidak mengulang kesalahan itu kembali. Bila yang berkaitan melanggar kesepakatan tersebut, maka konsekuensi yang tercantum dalam surat pernyataan tersebut akan diberlakukan kepadanya.

Baca Juga : Pengertian Wawancara

Contoh Surat Pernyataan Tidak Melakukan Kesalahan Kembali

Pada intinya ada beberapa model surat pernyataan tidak melakukan kesalahan kembali yang bisa dipakai dengan ketentuan-ketentuan khusus. Surat pernyataan ini biasanya memiliki isi yang berbeda-beda tergantung tempat dan kesalahan yang diperbuat. Berikut contoh dan cara membuat surat pernyataan tidak melakukan kesalahan kembali :

Surat Pernyataan Tidak Melakukan Kesalahan Kembali untuk Pelajar

Ini merupakan sebuah surat pernyataan yang perbuatannya diperuntukkan kepada siswa pada suatu sekolah. Pembuatan surat pernyataan ini diberlakukan saat pelajar yang bersangkutan telah melakukan kesalahan yang sama berulang kali.

Karena itu pembuatan surat pernyataan ini dijadikan sebagai janji tercatat pelajar supaya tidak mengulangi kesalahan tersebut kembali. Umumnya pembuatan surat ini dibarengi dengan konsekuensi yang akan diterima ketika melanggarnya.

Berikut contoh surat pernyataan tidak melakukan kesalahan kembali bagi pela

SURAT PERJANJIAN

TIDAK MELAKUKAN KESALAHAN KEMBALI

Saya yang bertanda tangan dibawah ini memberikan pernyataan :

Nama               : Rudy Maryudi

NISN              : 88765463544578

Kelas               : XI IPS – 3

Sekolah           : SMA Negeri yang ada di Indonesia

Alamat                        : Jl. Indonesia Raya No 45 Merdeka

Dengan surat ini pernyataan ini, saya mengakui kesalahan yang sudah saya perbuat berupa menjahili teman dengan memukul hingga menangis pada tanggal 15 Februari 2020.

Melalui surat ini, saya menyatakan dan berjanji tidak akan mengulangi kesalahan tersebut di kemudian hari. Jika saya melanggar, saya bersedia menerima sanksi atau pun dikeluarkan dari sekolah jika memang di kemudian hari saya masih mengulangi kesalahan tersebut di lingkungan sekolah.

Demikian surat pernyataan ini dibuat jujur, saya berharap surat ini bisa dijadikan pedoman sebagaimana mestinya.

Indonesia, 16 Februari 2020

Siswa Yang Menyatakan,

Rudy Maryudi

>> Download Surat Perjanjian.Docx (Untuk Pelajar) <<

2. Surat Pernyataan Tidak Mengulangi Kesalahan Kembali untuk Karyawan

Seorang pegawai atau karyawan sama dengan manusia yang lain, yakni bisa melakukan sebuah kesalahan. Kesalahan yang terjadi di lingkungan kerja merupakan suatu hal yang umum terjadi, asal tidak menyebabkan kerugian pada perusahaan maka itu masih dianggap biasa.

Walaupun begitu tetap ada sebuah ada sebuah kesalahan yang proses menanganinya dengan cara pembuatan surat pernyataan. Hal seperti ini biasanya diberlakukan kepada kesalahan kecil yang berulang kali terjadi, sehingga butuh tindakan tegas agar tidak terulang lagi.

Umumnya karyawan yang sudah lakukan kesalahan berkali-kali akan diminta untuk membuat surat pengakuan sebagai wujud loyalitasnya. Surat ini biasanya diikuti dengan konsekuensi yang akan diterima jika karyawan tersebut melanggar atau melakukan kesalahan yang sama kembali.

Berikut salah satunya contoh surat pernyataan tidak mengulangi kesalahan kembali untuk karyawan atau pegawai :

SURAT PERNYATAAN

TIDAK MENGULANGI KESALAHAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama               : Heriady

No. Karyawan : Z12345

Jabatan                        : Kasir Minimarket

Alamat                        : Jl. Pelita Raya No 45 Merdeka

Dengan surat ini saya yang bertanda tangan menyatakan dan mengakui telah melakukan kesalahan kerja :

Meninggalkan ruangan saat jam kerja.

Dengan sadar, saya berjanji tidak akan mengulangi lagi kesalahan tersebut di kemudian hari. Jika saya mengulanginya lagi saya bersedia menerima sanksi yang berlaku di Mini Market Indonesia Maju. Saya juga berharap agar Bapak Pimpinan Minimarket Indonesia Maju bersedia memaafkan kesalahan saya dan memberikan saya kesempatan untuk bisa bekerja lebih baik lagi.

Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan penuh kejujuran serta kesadaran tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Semoga surat pernyataan ini bisa dijadikan pedoman sebagaimana mestinya di kemudian hari.

Indonesia, 20 Februari 2020

Yang Menyatakan,

Heriady

>> Download Surat Pernyataan.Docx (Untuk Pekerja) <<

3. Surat Pernyataan Tidak Melakukan Kesalahan Kembali Dalam Bekerja

Melakukan kesalahan dalam bekerja merupakan satu hal yang lumrah terjadi. Namun tetap ada batasan kesalahan yang dapat ditoleransi, apabila kesalahan tersebut memang terjadi secara terus-terusan maka tentu ada tindak lanjutnya.

Seperti yang diketahui bahwa pembuatan surat pernyataan dilakukan untuk menegur pembuat masalah agar tidak mengulang kesalahan tersebut kembali. Dengan tujuan seperti itu, tentu isi surat pernyataan harus ada memberi efek jera berupa hukuman atau tindak lanjut.

Berikut contoh surat pernyataan tidak melakukan kesalahan kembali dalam bekerja :

SURAT PERNYATAAN

KESALAHAN KERJA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama               : Rudy Maryudi

Jabatan                        : Sekretaris

Alamat                        : Jl. Indonesia Raya No. 45 Merdeka

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa pada hari ini, Kamis, 24 Februari 2020, saya melakukan kesalahan kerja berupa absen kerja selama 4 hari berturut – turut dan tidak meminta izin kepada pihak perusahaan.

Demikian surat pernyataan ini saya dengan jujur dan sadar tanpa ada paksaan dari pihak mana pun.

Indonesia, 28 Februari 2020

Yang Menyatakan,

Rudy Maryudi

Penutupan

Kesalahan yang terjadi merupakan suatu hal yang lumrah dilakukan manusia. Namun bagaimanapun juga, yang namanya kesalahan tentu harus ditindaklanjuti agar pembuat masalah menjadi jera. Tujuan pemberian tindakan tersebut juga berlaku sebagai surat peringatan sebelum dijatuhkan hukuman yang mungkin akan memberatkan pihak yang bersangkutan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *