Cara Menggunakan iLovePDF untuk Edit File PDF

  • Whatsapp
Cara Menggunakan iLovePDF (1)

Pada saat sekarang, penggunaan file PDF sudah sering dimanfaatkan untuk mengkompres file dokumen agar tidak mengalami perubahan jika dipindahkan ke perangkat lain. File PDF sering dimanfaatkan oleh orang yang sering melakukan pembagian dokumen atau sering melakukan pengeditan dokumen di perangkat yang berbeda-beda. Sehingga, mereka menyiasati penggunaan PDF agar ketika dokumen tersebut dibuka pada perangkat lain, struktur penyusun dokumen dan format yang digunakan tidak berubah sama sekali.

Namun sayangnya, penggunaan file PDF cenderung terjadi satu arah. Di mana file dokumen yang sudah dijadikan PDF, tidak bisa diedit atau dirubah lagi. Hal inilah yang terkadang membuat pengguna PDF menjadi kesulitan. Sebab, file yang sebelumnya sudah dikompres jika mengalami kesalahan tidak bisa atau susah dilakukan pengeditan.

Sebab itu, hadirlah beberapa pihak yang membuat perangkat lunak untuk mengatasi permasalahan tersebut. Perangkat lunak tersebut dibuat dengan tujuan agar kembali bisa merubah struktur file PDF, sehingga file tersebut bisa diedit atau di convert. Salah satu perangkat lunak pengeditan PDF yang cukup terkenal ialah iLovePDF.

Mengenal Apa Itu PDF

Cara Menggunakan iLovePDF

Bagi mereka yang sudah sering melakukan download dokumen, pasti sudah tidak asing lagi dengan file berjenis PDF. Namun walaupun demikian apakah kamu sudah mengetahui apa itu PDF?

Secara bahasa PDF merupakan singkatan dari portable document format. PDF merupakan sebuah perangkat lunak yang diciptakan oleh Adobe pada tahun 1993.

Adobe menyediakan spesifikasi PDF ini secara gratis sejak awal perilisannya. Pada perkembangan berikutnya Internasional Organization for Standardization mengeluarkan open standard mengenai spesifikasi PDF dalam iso. Dengan adanya spesifikasi PDF dalam isoini, membuatnya menjadi dapat digunakan secara bebas oleh siapa saja.

Seiring dengan perkembangan zaman, penggunaan PDF pun juga semakin beragam dan banyak dipakai. Hingga pada saat sekarang ini, kamu bisa melihat bahwa PDF sudah banyak dijadikan sebagai standar dalam mengirim dan menerima dokumen.

Mengenal Apa Itu iLovePDF

File PDF yang beredar pada umumnya tidak bisa dilakukan pengeditan ulang. Sebab itu muncullah beberapa solusi untuk mengatasi hal tersebut salah satunya ialah iLovePDF.

Bagi kamu yang belum mengetahui, iLovePDF merupakan sebuah situs berbasis aplikasi yang digunakan untuk pengolahan file PDF. Aplikasi ini menjadi sangat populer baru-baru ini akibat fitur yang ditawarkannya kepada pengguna. Hal ini sontak membuatnya dibanjiri banyak pengguna karena menawarkan solusi dari permasalahan yang ada pada file PDF.

iLovePDF memiliki beberapa fitur yang bisa kamu manfaatkan secara gratis di antaranya, mengkonversikan file PDF ke Word, menggabungkan beberapa file PDF yang berbeda menjadi satu, hingga mengkompres ukuran PDF yang besar menjadi relatif kecil. Dengan demikian kamu tidak perlu lagi kebingungan jika melakukan pengiriman file PDF dengan batas ukuran tertentu.

Selain itu iLovePDF juga menawarkan fitur untuk menambah teks atau mengubah ukurannya. Kamu juga dapat mengubah gaya teks atau warna pada dokumen yang sudah dijadikan PDF menggunakan iLovePDF. Hal inilah yang membuat iLovePDF menjadi populer digunakan, karena bisa merevisi PDF pada detik-detik terakhir.

Cara Download iLovePDF Terbaru 2001

Pada dasarnya untuk melakukan akses iLovePDF, tidak perlu melakukan proses download karena aplikasi ini berbasis website. Namun jika kamu tidak ingin ribet dalam penggunaannya, maka kamu dapat melakukan download aplikasi pada playstore karena website ini sudah di convert dalam bentuk aplikasi.

Untuk standar penggunaannya sendiri, iLovePDF berbasis website dapat digunakan oleh semua perangkat yang bisa melakukan akses internet. Kamu hanya perlu mengunjungi website iLovePDF saja untuk dapat menggunakannya.

Namun jika kamu melakukan pendownloadan aplikasi pada play store, maka OS minimal yang dibutuhkan ialah Android 4.1 atau KitKat ke atas. Untuk ukurannya sendiri, iLovePDF pada saat sekarang ini berukuran sekitar 50 MB dengan jumlah download lebih dari 1 juta dan rating 4.4/5.0.

Detail Cara Menggunakan iLovePDF untuk Edit File PDF

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, iLovePDF menyediakan beberapa fitur yang bisa digunakan untuk mengelola file PDF mu. Berikut beberapa cara penggunaan iLovePDF dalam mengedit file PDF :

Mengkonversikan File PDF ke Word

Hal pertama yang bisa kamu lakukan ialah melakukan convert file dari PDF ke Word. Berikut tata cara melakukan convert file PDF ke Word tersebut :

  1. Silahkan buka aplikasi atau kunjungi situs iLovePDF di smartphone kamu.
  2. Selanjutnya silakan pilih PDF to Word dan klik select PDF file, kemudian upload file PDF yang hendak kamu ubah ke Word.
  3. Jika sudah terupload, langkah selanjutnya silakan klik convert PDF.
  4. Secara otomatis file tersebut akan diproses dan tunggulah hingga proses selesai.
  5. Jika sudah maka lakukanlah pen-download-an agar file tersebut bisa kamu lihat.

Cara Menggunakan iLovePDF untuk Mengkonversi file Word ke PDF

Selain dapat merubah file PDF ke Word, iLovePDF juga dapat melakukan hal sebaliknya yaitu merubah Word ke PDF. Berikut tata cara penggunaan iLovePDF untuk merubah file Word ke PDF :

  1. Silakan buka aplikasi atau kunjungi situs iLovePDF di smartphone kamu.
  2. Selanjutnya pilihan Word to PDaf dan klik select Word file untuk mengupload file word yang ingin kamu ubah ke PDF.
  3. Jika sudah terupload, langkah selanjutnya silakan kamu klik convert Word.
  4. Tunggulah hingga proses selesai, lalu download-lah file yang sudah di convert tersebut.
  5. Dengan demikian kamu sudah mendapatkan file word tadi berubah menjadi file PDF.

Mengkonversikan file JPG ke PDF

Selain dapat merubah file Word ke PDF, iLovePDF juga dapat melakukan perubahan file foto menjadi PDF. Berikut tata cara melakukan convert foto ke PDF :

  1. Silahkan buka aplikasi atau kunjungi website iLovePDF di smartphone kamu.
  2. Jika sudah silakan pilih JPG to PDF kemudian klik select JPG file dan pilihlah foto yang ingin kamu pakai PDF.
  3. Sesudah itu silahkan klik Convert JPG.
  4. Tunggulah hingga proses selesai.
  5. Setelah proses selesai maka lakukanlah download file untuk mendapatkan file yang kamu convert tadi.

Melakukan Kompres File PDF di iLovePDF

Hal lain yang bisa kamu lakukan saat menggunakan iLovePDF iyalah mengkompres file PDF. Proses kompresi ini dilakukan untuk menekan ukuran file PDF yang semulanya besar menjadi relatif kecil.

Tujuan dari pengompresan ini ialah untuk memenuhi syarat pengiriman file dari situs tertentu. Salah satu contohnya ialah ketika kamu ingin melakukan pengiriman file via email.

Berikut tata cara mengkompres file PDF di iLovePDF :

  1. Silahkan buka aplikasi atau kunjungi situs iLovePDF di smartphone kamu.
  2. Pilihlah kompres PDF, setelah itu kliklah select PDF file untuk melakukan upload file PDF yang hendak di kompres.
  3. Setelah filter upload langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah mengklik compress PDF.
  4. Silakan tunggu hingga proses kompresi selesai.
  5. Jika sudah maka lakukanlah download file agar kamu mendapatkan hasil kompres tersebut.

Untuk yang sedang membuat lamaran pekerjaan, kami sudah membahas cara membuat Curriculum Vitae dalam format PDF. Silahkan Sobat bisa pelajari caranya.

Melakukan Merge File PDF pada iLovePDF

Merge file berfungsi untuk menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu. Kamu dapat melakukan proses ini hanya menggunakan smartphone dengan memanfaatkan iLovePDF. Berikut tata cara melakukan merge file PDF menggunakan iLovePDF :

  1. Silahkan buka aplikasi atau kunjungi website ilovepdf di smartphone kamu.
  2. Selanjutnya silakan pilih Marge Fole dan klik select PDF file.
  3. Setelah itu upload file PDF yang hendak kamu gabungkan.
  4. Jika sudah maka langkah selanjutnya silakan klik merge PDF untuk melakukan proses.
  5. Setelah proses marga selesai, maka kamu sudah dapat mendownload file yang sudah di marge tersebut.

Penutup

Itulah beberapa cara menggunakan iLovePDF untuk edit file PDF yang bisa saya bagikan pada tutorial kali ini. Sebenarnya masih banyak hal yang bisa kamu lakukan menggunakan iLovePDF. Untuk itu, silahkan lakukan eksplorasi dalam penggunaan iLovePDF untuk semua fitur yang disediakan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *