Cara Mengecilkan Ukuran Video Dengan Mudah

Cara Mengecilkan Ukuran Video

Halo Sobat AirMod! Sobat ingin mengecilkan atau meng-kompres ukuran video yang terlalu besar? Namun tidak paham caranya? Tenang, kami akan memberikan cara mengecilkan ukuran video paling mudah! Jadi pastikan Sobat untuk mengikutinya ya.

Seperti yang sobat AirMod ketahui, saat ini kita hidup di era perkembangan teknologi yyang maju. Semua aktivitas entah itu pekerjaan , pendidikan, ataupun kehidupan sehari-hari, tidak pernah terlepas dari peranan teknologi. Saat ini kita selalu ditemani perangkat elektronik canggih yang membantu kita melakukan pekerjaan, misalnya Smartphone, Laptop, bahkan Kamera.

Smartphone dan Kamera berlomba-lomba berinovasi mengembangkan teknologinya, seperti kamera di smartphone ang terus berkembang layaknya kamera profesional yang memiliki resolusi besar, dan pla kamera profesional yang gila-gilaan pula mengembangkan teknologi lensanya.

Nah pada Smartphone maupun kamera sendiri, Semakin canggih dan majunya teknologi kamera di Smartphone atau Kamera profesional, maka semakin baik juga kualitas gambar yang diambil atau direkam oleh kamera tersebut yang membuat gambar atau rekaman menjadi sangat jernih. Namun disatu sisi, semakin baik dan tajam suatu gambar, di sisi lain semakin besar juga size atau ukuran memori dari sebuah file tersebut karena kerapatan Fpsnya (frame per second).

Hal ini juga menjadi salah satu kendala banyak pengguna. Karena beberapa aplikasi atau platform komunikasi tidak mendukung pengiriman foto atau video yang ukuran atau sizenya besar, misal Whatsapp atau Gmail. Kedua platform komunikasi ini memungkinkan mengirim banyak file-file namun tidak mendukung pengiriman file yang begitu besar seperti video yang berukuran 30mb keatas. Dan juga menyimpan file-file video berukuran besar bisa memakan space memori di HP kita sehingga dapat memperlambat kinerja dari handphone.

Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Aplikasi

Lalu bagaimana cara mengkompres ukuran videonya? Tenang, sobat bisa mengikuti cara mengecilkan ukuran video tanpa aplikasi yang kami jabarkan di bawah ini.

Cara Mengecilkan Ukuran Video Menggunakan Layanan di Situs Aconvert

Cara Mengecilkan Ukuran  Video

Aconvert merupakan situs atau web yang memungkinkan untk membantu sobat dalam mengkompres atau mengecilkan ukuran video. Aconvert sendiri sangat populer dan sering digunakan orang jika ingin mengecilkan ukuran video dengan cepat dan mudah. Lalu bagaimana caranya?

  • Pertama, sobat AirMod bisa buka browser sobat, terserah sobat bisa buka melalui smartphone atau Laptop sobat.Pastikan sobat terkoneksi internet terleih dahulu.
  • Selanjutnya pada tab url, silahkan sobat masukkan alamt situs Aconvert > https://www.aconvert.com/
  • Jika sudah, klik tombol “Choose File” untuk memilih video sobat yang mana yang ingin dikompres atau dikecilkan ukurannya.
  • Kemudian sobat AirMod bisa klik “Options” lalu silakan pilih “Change Size, Birate or Frame Rate” nantinya sobat bisa menentukan sesuai yang diinginkan seperti : Video Size, Video Bitrate, Frame rate, dan Video aspect.
Cara Mengecilkan Ukuran  Video

Disini sobat bisa sobat tentukan sendiri ya!

  • Jika sekiranya sudah pas dan cocok, sobat AirMod bisa klik tombol “Convert Now” untuk memperkecil video. Tunggu hingga selesai dan download video sobat yang sudah terkompres ukurannya!

Dengan layanan website tersebut, Sobat dapat sudah mengetahui cara mengecilkan ukuran video tanpa aplikasi.

Baca juga: Cara Mengecilkan Ukuran Foto Dengan Mudah!

Cara Mengecilkan Ukuran Video dengan Mengunakan Aplikasi

Selain mengecilkan ukuran video menggunakan layanan web atau tanpa aplikasi, cara lainnya adalah dengan mengecilkan ukuran video menggunakan aplikasi, untuk pengguna Android sendiri aplikasi untuk kompres ukuran video sangat banyak dan beragam, tipsnya pastikan sebelum menginstal aplikasi tersebut, lihat reting dan komentar pengguna sebelum Anda benar-benar menggunakannya. Berikut salah satu aplikasi untuk kompres video.

Mengecilkan Ukuran Video dengan Apikasi Timbre

Cara Mengecilkan Ukuran  Video

Dengan menggunakan aplikasi, sobat tetap bisa mengecilkan ukuran walaupun tanpa koneksi internet sekalipun. Aplikasi Timbre sendiri merupakan aplikasi yang dikhususkan untuk mengkompres video dan juga untuk editing video. Aplikasi ini cukup populer, karena cukup Worth it dan juga aplikasinya ringan. Lalu, bagaimana caranya?

  • Pertama, pastikan sobat AirMod sudah mengunduh dan menginstall aplikasi bernama “Timbre”. Sobat bisa mengunduhnya secara gratis melalui Google Play Store atau lebih mudahnya sobat bisa klik disini!
  • Jika sudah menginstallnya, sobat AirMod siahkan buka aplikasi Timbre lalu nanti akan muncul “Izinkan akses” atau “Allow”, sobat bisa klik Izinkan agar dapat melanjutkan.
Cara Mengecilkan Ukuran  Video
  • Selanjutnya, sobat AirMod akan masuk ke menu seperti di bawah ini, gulir ke bawah lalu pilih menu “Resize”
Cara Mengecilkan Ukuran  Video
  • Lalu pilih video sobat yang mana yang ingin di kompres atau kecilkan ukurannya.
  • Jika sudah, sobat bisa atur resolusinya di dua bar merah seperti gambar dibawah ini. Semakin kecil resolusi yang sobat pilih, maka semakin kecil juga ukuran video nantinya. Namun semakin tidak jernih juga gambar atau frame yang dihasilkan nantinya.
Cara Mengecilkan Ukuran  Video

jika bar merah di geser ke kiri, maka resolusi juga menurun. Lihat di bawah ini

Cara Mengecilkan video
  • Jika sekiranya sobat sudah mengaturnya dengan pas, sobat bisa klik kompres atau kecilkan di ikon Kamera didalam bulat merah. Nantinya akan muncul pop up untuk memastikan sobat ingin mengeksekusinya atau tidak.
Cara Mengecilkan Ukuran  Video
  • Jika sobat AirMod sudah yakin, sobat bisa klik opsi Save dan nantinya akan muncul notifikasi downloadnya seperti gambar ini.
Cara Mengecilkan Ukuran  Video
  • Selesai! Video sudah tersimpan secara otomatis di galeri atau penyimpanan sobat. Gambar di bawah Ini adalah contoh bagaimana perbandingan ukuran video yang sudah dikecilkan
Cara Mengecilkan Ukuran  Video

Akhir Kata

Bagaimana? Sangat mudah bukan? cara mengecilkan ukuran video tanpa atau menggunakan aplikasi, Kami juga sudah membuat langkah mudah untuk mengecilkan ukuran foto yang bisa sobat baca.

Nah cara di atas.masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, tinggal sobat sesuaikan saja senyamannya.

Namun disini kami sarankan sih sobat gunakan aplikasi saja, karena sobat tetap bisa gunakan tanpa terkoneksi jaringan internet. Dan juga mengunakan aplikasi lebih mudah, karena caranya mudah dan hasilnya juga lebih maksimal. Okedeh selamat mencoba^^



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Informasi Lebih cepat!

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks