Cara Cek Kebocoran Data dengan Cepat dan Mudah

  • Whatsapp
Cara Cek Kebocoran Data

Cara Cek Kebocoran Data Pribadi – Kejahatan terjadi apabila ada kesempatan. Mungkin ungkapan ini cocok disematkan dengan maraknya kejahatan di dunia maya, salah satunya adalah membobol data komputer. Hal ini menjelaskan bahwa di era modern saat ini kita harus lebih waspada,  karena kejahatan di zaman sekarang ini semakin canggih dan meningkat.

Salah satu contoh kejahatan tersebut adalah data-data privasi masyarakat di komputer yang dibobol dan bukan tidak mungkin akan dipergunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk kepentingan kriminalitas dan lain sebagainya.

Nah untuk menjawab permasalahan di atas maka pada kesempatan kali ini kita akan memberikan ulasan tentang cara mengecek data pribadi melalui beberapa situs terpercaya yang dapat membantu kamu. Simak baik-baik.

Cara Mengetahui Kebocoran Data dengan Mudah

Cara Cek Kebocoran Data

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek kebocoran data pribadi kamu :

Memeriksa Data Kependudukan di Aplikasi Periksa Data

Cara cek kebocoran data pribadi di komputer yang pertama kita akan ulas adalah dengan menggunakan aplikasi terpercaya buatan anak muda Indonesia yang tergabung dalam komunitas Ethical Hacker Indonesia. 

Tujuan utama hadirnya aplikasi Periksa Data adalah untuk melacak kebocoran data pada semua jenis perangkat yang ada pada akun maupun pada komputer yang pernah kamu gunakan pada saat mengisi identitas pribadi.

Kelebihan lain yang tersedia di situs pengecek kebocoran data yang satu ini adalah setiap pengguna dapat mengecek data yang diinginkan. Bahkan, meskipun pembobol data atau istilah kerennya hacker meretas data sebanyak 1 juta data tetap akan ditemukan.

Berikut ini adalah cara mengecek data pribadi di komputer menggunakan aplikasi Periksa Data. Simak baik-baik:

  • Pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi Periksa Data di App Store, Google Play atau Play Store menggunakan smartphone yang kamu miliki.
  • Kemudian masukkan kata kunci Periksa Data.
  • Setelah muncul aplikasi tersebut maka unduhlah.
  • Kemudian setelah selesai mengunduh kamu buka aplikasi tersebut.
  • Nantinya kamu akan diminta untuk memasukkan alamat email,
  • Setelah kamu mengisi kolom email, maka tekan tampilan “Periksa Sekarang”.
  • Kemudian tunggulah beberapa saat hingga aplikasi Periksa Data selesai mendeteksi akun email kamu yang diduga mengalami kebocoran data.
  • Lalu setelah semua selesai dideteksi maka akan menampilkan secara detail mengenai data apa saja yang sudah bocor.
  • Langkah terakhir aplikasi ini akan menghimbau penggunanya untuk mengganti kata sandi akun email untuk pemulihan kembali.

Itulah cara cepat dan cerdas mengecek kebocoran data yang kamu miliki dengan  menggunakan aplikasi Periksa Data.

Memeriksa Kebocoran Data di Situs DeHased.com

Selanjutnya tindakan yang bisa dilakukan untuk mengecek kebocoran data pribadi di komputer kamu adalah dengan segera memeriksa data akun email yang sering kamu gunakan untuk berselancar di dunia maya.

Ada beberapa situs yang bisa membantu kamu mengecek dan memastikan apakah data komputer kamu bocor atau tidak, salah satunya adalah dengan menggunakan layanan situs DeHased.com. Situs pemeriksa kebocoran data ciamik satu ini memiliki kelebihan yang cukup fantastis, yaitu dapat mendeteksi secara cepat email seseorang bocor atau tidak dan menemukan siapa pelaku peretas data pribadi di akun email yang sering kamu gunakan pada situs-situs tertentu.

Cara menggunakan situs ini sangat mudah, cukup dengan memasukan alamat email kamu pada kolom yang telah disediakan di layar utama. Kemudian tunggu beberapa saat hingga situs DeHased.com selesai mendeteksi secara sempurna. Situs ciamik ini akan memberikan informasi lengkap mengenai detail data yang bocor seperti akun email, jenis kelamin, nama lengkap, tanggal lahir hingga kata sandi email.

Kelebihan laim menggunakan situs DeHased.com untuk mengecek kebocoran data adalah dapat menampilkan identitas daftar akun yang diretas dan pengguna dapat melihat rincian kata sandi apa saja yang diretas di segala akun yang digunakan hacker.

Berikut adalah cara kebocoran data menggunakan layanan situs DeHased.com. simak baik-baik:

  • Pertama, pastikan data internet kamu mencukupi untuk berselancar di dunia maya.
  • Kemudian masuklah ke dalam layanan Google Chrome atau layanan pencarian lain yang serupa.
  • Kemudian pada kolom pencarian masukkan alamat DeHased.com.
  • Selanjutnya kamu akan diminta untuk mendaftarkan diri menggunakan alamat email yang kamu miliki.
  • Setelah memiliki akun, maka kamu bisa mengecek kebocoran data menggunakan akun email yang kamu duga mengalami kebocoran data.
  • Langkah terakhir kamu tungggu hingga situs DeHased.com selesai mendeteksi kebocoran.

Memeriksa di Situs Have I Been Pwned

Selanjutnya tindakan yang bisa kamu lakukan untuk mengecek kebocoran data di komputer kamu adalah dengan  menggunakan situs Have I Been Pwned yang beralamat di https://haveibeenpwned.com. Situs pengecek data pribadi ini dapat membantu kamu untuk mengecek data yang sudah bocor dengan hanya memasukkan alamat akun email yang kamu miliki atau nomor telepon dengan format internasional, misal untuk negara Indonesia menggunakan format +628.

Setelah memasukkan alamat akun email atau nomor telepon dengan format internasional yang kamu miliki kemudian situs ini akan segera mengecek data email kamu apakah bocor atau tidak dan untuk pelanggaran yang lebih besar situs ini lebih efektif karena berapa banyak data yang teretas situs ini mampu mengeceknya secara cepat dan efisien. 

Memeriksa Data di Situs Avast

Cara cek kebocoran data pribadi di komputer selanjutnya yang akan kita ulas adalah dengan menggunakan situs terpercaya yaitu Avast.com. Situs pengecek satu ini bertaraf internasional karena merupakan situs keamanan yang menaungi beberapa platform global ternama seperti Microsoft Windows, Android, iOs, dan macOS.

Kelebihan menggunakan situs Avast.com adalah kemudahan mengecek kebocoran data seseorang dengan hanya menggunakan alamat akun email yang sering kamu gunakan untuk berselancar di dunia maya. Kemudian secara otomatis situs Avast.com akan menampilkan hasil pengecekan mengenai akun apa saja yang diretas dan cara mengatasinya.

Memeriksa Data di Firefox Monitor

Selanjutnya tindakan yang bisa kamu lakukan untuk mengecek kebocoran data di komputer kamu adalah dengan  menggunakan situs Firefox Monitor. Situs pengecek kebocoran data satu ini dapat kamu gunakan untuk mengetahui data kamu diretas atau tidak dengan hanya memasukkan alamat email yang kamu duga mengalami kebocoran data.

Setelah memasukkan email dengan benar, kamu akan melihat tampilan di layar utama yaitu “Periksa Pelanggaran Data”. Kemudian tekan tampilan tersebut dan tunggulah beberapa saat hingga situs ini selesai mendeteksi kebocoran data pada email yang kamu duga mengalami kebocoran data. Setelah selesai mengecek situs Firefox Monitor akan menampilkan detail kebocoran seperti akun email dan kata sandi.

Cek Kebocoran Data Email di Periksadata.com

Salah satu website untuk cek kebocoran data email, Sobat juga bisa menggunakan situs beralamat di periksadata.com, caranya cukup mudah hanya perlu memasukan alamat email ke form yang tersedia, nantinya email tersebut akan di periksa apakah pernah ditautkan ke situs yang mengalami kebocoran data atau tidak.

Kami mencoba menggunakan alamat email pribadi, dan ternyata email tersebut terdaftar di 9 situs yang pernah mengalami kebocoran data, cukup mengerikan ya! Tapi situs ini juga memberikan solusi jika email telah digunakan di situs yang mengalami kebocoran.

cek kebocoran data
Tangkap layar hasil cek kebocoran data email yang ternyata terdaftar di website yang pernah mengalami kebocoran data.

Artinya email tersebut telah mengalami kebocoran data di situs terdaftar diantaranya canva, Appen, DailyMotion, dan ecommercs besar seperti Bukalapak pernah mengalami kebocoran data pada tahun 2017 dan Tokopedia pernah mengalaminya juga di tahun 2020.

Jika Data Bocor Apa Yang Harus Dilakukan ?

Jika Sobat sudah mengetahui ternyata mengalami kebocoran data Sebaiknya Sobat harus segera melakukan tindakan di bawah ini:

  1. Ganti Password
    Sobat sesegera mungkin harus mengganti semua password yang menggunakan email yang mengalami kebocoran data, gunakan password yang berbeda dengan kombinasi angka, huruf kapital dan simbol dan setiap akun punya password yang berbeda. Jika Sobat takut untuk lupa dengan password yang berbeda, kami menyarankan Sobat menggunakan layanan aplikasi penyimpan password seperti dashlane yang menjamin keamanan tingkat tinggi.
  2. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah
    Sekarang ini verifikasi dua langkah sangatlah penting, jadi sebaiknya Sobat gunakan verifikasi tersebut untuk mengamankan akun email yang Sobat miliki, selain email gunakan verifikasi dua langkah di layanan website yang Sobat registrasikan.
  3. Pastikan Kembali Semua Sudah Aman
    Setelah itu pastikan semua akun yang berkaitan dengan email yang mengalami kebocoran data sudah diamankan dengan mengganti password dan juga mengaktifkan veirifikasi dua langkah.

Tips Amankan Data Pribadi

Tipa Amankan data Pribadi

Walaupun Sobat tidak mengalami kebocoran data, bukan berarti kalian sudah aman, di dunia maya apapun bisa saja terjadi, jadi kami menyarankan Sobat untuk tetap waspada untuk mengamankan data pribadi dari kebocoran data dan serangkan hacker khususnya.

Untuk itu Sobat bisa mengikuti tips mengangankan data pribadi yang akan kami jabarkan di bawah ini:

Ganti Password Secara Berkala

Sobat wajib melakukan pergantian password secara berkala, durasi paling lambat itu bisa tiga bulan sekali, lebih cepat lebih baik, dan pastikan juga menggunakan kombinasi password huruf kapital, angka dan juga symbol.

Gunakan Dompet Digital

Dari pada Sobat menggunakan kredit card atau debit card, kami lebih menyarankan Sobat menggunakan dompet digital, karena penggunaan layanan ini jauh lebih aman dari pada menautkan kredit card.

Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, Verifikasi dua langkah menjadi wajib untuk mengamankan akun dan data pribadi di layanan apapun, jadi jika layanan tersebut memiliin fitur verifikasi dua langkah sebaiknya manfaatkan fitur tersebut.

Jangan Gunakan WiFi Publik

WiFi publik atau gratisan memang sangat mengasikan, tapi menggunakan jaringan publik sangat rawan dengan peretasan, jadi sebaiknya gunakan jaringan pribadi ketika mengakses data-data penting yang Sobat miliki.

Hindari Mengakses Link Yang Mencurigakan

Ada banyak kasus pencurian data dari link yang diberikan ke email, teknik ini disebut phisinguntuk mengelabui target dan mencuri akun dari terget tersebut. Jadi sebaiknya apapun link yang ada di email pastikan lagi link tersebut mencurigakan atau tidak.

Pastikan OTP AMAN

OTP atau one-time password adalah salah satu cara untuk mengamankan data pribadi, biasanya OTP adalah kumpulan angka unik yang dikirimkan untuk masuk ke dalam sistem, dan untuk itu Sobat dilarang keras memberikan informasi OTP ke siapapun termasuk ke karyawan dari platform yang sobat gunakan.

Sebelumnya kami telah membahas bahaya Bluetooth untuk keamanan, siapa tahu sobat tertarik untuk membacanya. Selain itu beberapa waktu lalu kami juga sudah membahas cara untuk cek ktp online untuk mempermudah melakukan proses administrasi.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara cek kebocoran data pribadi di komputer menggunakan aplikasi dan situs terpercaya secara online. Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya segera memastikan keamanan data pribadimu dengan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

Selain itu jika ternyata Sobat mendapati email atau data pribadi Sobat bocor, sebaiknya segera lakukan tips mengamankan data pribadi yang juga sudah kami jabarkan di artikel ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *