Cara Membuka File APK

cara membuka file apk

Cara membuka File APK memang tidak sulit, tapi kebanyakan pengguna belum tentu mengetahuinya, nah untuk itu kami akan memberikan penjelasan singkat dan juga tutorial agar Sobat bisa mengetahui cara untuk membuka ekstensi yang bernama APK.

Perlu sobat garis bawahi terlebih dahulu APK singkatan dari Android Package Kit yang mana ekstensi ini adalah format untuk berkas yang digunakan untuk memasang aplikasi Android. Kalau dimirip-miripkan, APK ini mirip dengan ekstensi format .EXE yang menjadi file installasi aplikasi di Windows.

Read More

Pemahaman dasar ini sudah perlu dan wajib sobat ketahui, karena Sobat pasti akan menemukan aplikasi atau yang ingin di unduh diluar dari Google Play Store, karena jika Sobat melakukan installasi aplikasi diluar Play Store atau disebut Sideloading sobat harus menjalankan APK secara manual.

Cara Membuka File APK di HP Android

cara membuka file apk (1)

Jika Sobat sudah mengenal file APK, kini sobat bisa mempelajari cara untuk membuka File APK. Pengertian dari membuka sendiri adalah melakukan installasi atau memasangkan aplikasi Android menggunakan APK. Caranya cukup mudah, Sobat bisa lihat di bawah ini.

Cara Membuka atau install file apk Android

  1. Aktifkan Unkown Source

    Menginstall Apk secara langsung membutuhkan hak akses, nah di handphone yang Sobat gunakan harus sudah mengaktifkan fitur tersebut, namanya adalah Unknown Source atau “Sumber Tidak Dikenal”.

    Pada dasarnya fitur ini dinonaktifkan karena tujuannya adalah untuk keamanan agar tidak dapat dengan mudah melakukan installasi aplikasi diluar dari Google Play, kendati demikian Sobat bisa mengaktifkannya agar bisa install file apk dengan mudah.

    Caranya : Masuk ke pengaturan (setting) >> Privasi dan Keamanan >> centang Unkown Source atau Sumber Tidak Dikenal.

    Jika Sudah Sobat sudah dapat menginstall file apk yang sudah di unduh.

  2. Cari File APK yang di unduh

    Setelah langkah pertama sudah sobat lakukan, sekarang sobat bisa mencari file apk yang sudah di download. Sobat bisa membuka tempat penyimpanan dan Folder Download di HP, dan pilih apk yang sudah di unduh kemudian buka dan ikuti prosesnya sampai dengan selesai.

Cara membuka file apk yang tidak bisa dibuka

Jika Sobat mengalami kendala membuka file apk yang tidak bisa dibuka, jangan putus asa terlebih dahulu. Karena ada banyak cara untuk membuka file apk yang tidak bisa dibuka dengan mudah.

Tidak bisa buka file apk artinya sobat tidak bisa menginstal aplikasi tersebut di hp ataupun PC. Nah biasanya ada banyak penyebab dari kegagalan tersebut, termasuk tidak kompetibel dengan versi yang ingin di instal.

Kalau sobat bermasalah karena tidak kompetibel, sobat bisa mencoba mengcari versi paling baru atau lama untuk di coba kembali di instal. Masalah ini sudah banyak ditemui jika aplikasi tersebut bukan didapatkan dari Play Store, jadi sobat memang harus mencoba satu persatu dari setiap versi apk tersebut.

File Apk yang tidak bisa dibuka biasanya memberikan pesan notifikasi yang berbeda-benda, contoh pesan notifikasi installer Packege Error 919, Sory, Package installer has stopped unexpectedly, parse error atau pesan Unable to open file.

Dari kedua pesan tersebut tentu punya cara mengatasi yang juga berbeda, sobat harus mencari tahu terlebih dahulu apakah aplikasi sudah kompetibel dengan spesifikasi hp yang sobat gunakan, karena ini sangat penting untuk mengetahui permasalahan.

Bagaimana Cara membuka file apk di pc tanpa emulator ?

Seperti yang kita ketahui, untuk menjalanakan aplikasi atau game Android di PC kita membutuhkan software tambahan bernama Emulator Android yang populer digunakan adalah Bluestack. Lantas bisa gak sih membuka file apk di pc tanpa emulator?

Jawabnya bisa, Sobat bisa menggunakan layanan pengembangan dari Chrome bernama ARChon Runtime for Chrome Sobat bisa melihat laman website pengembangnya di sini > https://archon-runtime.github.io/.

Tapi, untuk menggunakan ARChon Runtime Chrome ini sobat wajib mengetahui cara pemasangannya, kalau sobat baru mendengar sebaiknya cari tahu dulu apa itu ARChon tersebut ya, karena memang pemasangannya agak sedikit ribet.

Tapi di bawah ini kami mencoba merangkumnya untuk memberikan sedikit informasi agar sobat bisa membuka file apk di PC tanpa Emulator Android.

  1. Sobat bisa download file ArChone Runtime di websitenya yang sudah kami sebutkan di atas.
  2. Download ARChon 2.1.0 Beta (ARC 41.4410.238.0) atau lebih baru.
  3. Pilihlah sesuai dengan Bit browser chrome dan Tekan Download yang ada di samping kanan, file berukuran kurang lebih 116MB, jadi pastikan kuota internet mencukupi ya.
  4. Setelah download, silahkan sobat ekstrak file di laptop/ PC
  5. Masuk ke folder hasil ekstrakan tadi bernama vladikoff-archon-e3c9b322402a.
  6. Selain download di situs resmi, Sobat bisa unduh juga aplikasi ini di situs ApkPure di link berikut karena lebih mudah tanpa melakukan settingan apkpure.com/id/archon-packager/me.bpear.archonpackager
  7. Buka Chrome -> Arahkah kursor ke titik tiga pojok kanan atas -> More Tools -> Extension.
  8. membuka fitur extension di chrome
  9. Cari mode developer disebelah pojok kanan atas kemudian aktifkan tombol tersebut hingga bergeser ke kanan.
  10. Selanjutnya arahkan kursor menuju ke kiri dengan menekan tombol Muat yang belum dibuka lalu pilih folder dimana kamu menyimpan hasil ekstarakan tadi. Lalu klik Select Folder nanti akan muncul sendiri ekstensinya.
  11. Setelah itu ada peringatan bahwa terjadi kesalahan saat menginstal ARChon Runtime. Itu abaikan saja karena tidak akan menggangu proses menjalankan aplikasi Android di PC tanpa emulator.

Nah itulah cara membuka file apk di PC tanpa menggunakan emulator, jadi Sobat bisa menjalankan aplikasi Android tanpa menggunakan emulator ya.

Bagaimana Cara Membuka File Apk di iPhone ?

Nah untuk pengguna iPhone, pasti pernah bertanya-tanya bagaimana sih cara membuka file apk di iPhone? Tentu saja ini adalah pertanyaan yang cukup mudah.

File Apk adalah kepanjangan dari Application Package File yang merupakan berkas paket aplikasi untuk sistem operasi Android. Sedangkan iPhone adalah HP dengan sistem oprasi iOS yang tentunya sangat berbeda dengan Android.

File Apk ditunjukan untuk pengguna perangkat berbasis OS Android, selain Android tidak akan memungkinkan untuk menginstal aplikasi apk termasuk iPhone yang menjalankan OS iOS.

Tapi jika di iPhone bisa menggunakan emulator Android, tentu saja iPhone bisa untuk menjalankan apk, dengan konsekuensi, perangkat iPhone harus bisa menjalankan aplikasi emulator Android sebagai tempat virtual menjalankan aplikasi Apk.

Tips Mendapatkan Apk yang Aman

Seperti Sobat ketahui, pengguna HP Android sangat disarankan untuk menginstall aplikasi hanya di Google Play Store, karena dari tempat resmilah Sobat akan mendpatkan aplikasi yang lebih aman, walaupun memang beberapa kali Google kecolongan dengan adanya beberapa aplikasi yang terindikasi sebagai malware berbahaya.

Walaupun demikian, kami yakin Google akan terus memperkuat keamanannya sehingga pengguna Android akan semakin nyaman dan tenang menggunakan aplikasi di dalamnya.

Walaupun ada banyak aplikasi yang ada di Google Play, tapi ada saja aplikasi yang punya fitur sangat bermafaat tidak bisa atau tidak ada di Google Play sehingga banyak yang mencari aplikasi apk untuk menginstallnya, tapi perlu diperhatikan Sobat juga jangan asal untuk download APK dari internet ya karena bisa saja isinya itu adalah virus.

Berikut adalah tips dari kami untuk Sobat download file apk lebih aman:

Pilihlah Situs Terpercaya

Ada cukup banyak situs terpercaya untuk mendapatkan file ApK atau Xapk, salah satunya androidponsel.com yang juga menyediakan berbagai file apk dari game hingga apliakasi yang kami dapatkan juga secara aman dan proses validasi keamanan, tapi kendati demikian kami juga tidak menjamin keamanan mencapai 100% ya.

Ada juga beberapa situs yang cukup lengkap seperti apkpure, aptoide, dan apkcombo. Sobat juga bisa menambahkan situs favorit download apk lainnya yang siapa tahu bisa bermanfaat untuk para pembaca lainnya.

Install Antivirus

Handphone Android terbaru saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai aplikasi keamanan termasuk antivirus, jadi pastikan aplikasi bawaaan tersebut sudah sobat aktifkan dan rajin-rajin untuk melakukan scan.

Tapi jika Hp sobat tidak memiliki antivirus, sebaiknya install antivirus di Google Play untuk kemanan hp yang sobat gunakan.

Pastikan Izin Aplikasi Tidak Mencurigakan

Nah ini agak sedikir advance karena memang membutuhkan ketelitian, Sobat bisa cek permintaan izin aplikasi yang ada di pengaturan >> apps, periksalah satu-satu aplikasi yang diinstall dari apk apakah aplikasi tersebut meminta izin yang mencurigakan seperti akses foto, lokasi dan juga data-data pribadi, jika iya segera hapus aplikasi tersebut ya.

Jika Sobat punya kendala pola hp Android, kami sudah membahas cara membuka pola HP yang terlupa, Semoga artikel ini bisa menjadi referensi Sobat ya!

Akhir Kata

Bagaimana Sobat sudah mengetahui cara membuka file apk bukan? Tentu saja caranya sangat mudah ya! Dengan langkah-langkah yang sudah kami berikan ini menandakan Sobat sudah bisa melakukan installasi aplikasi menggunakan file APK. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini ya!

FAQ

Bagaimana cara buka File Apk di PC Tanpa Emulator ?

Sobat bisa menggunakan ARChon Runtime for Chrome untuk menjalankan aplikasi Android melalui Chrome, silahkan lihat di website pengembangnya di https://archon-runtime.github.io/.

Apakah iPhone bisa menjalankan Apk ?

APK hanya dapat digunakan di OS Android, sedangkan iPhone menggunakan OS iOS. Tentu saja iPhone tidak bisa menjalankan aplikasi Apk Android.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.