Berita  

Malware FinSpy Intai Pengguna WhatsApp Dkk

Malware FinSpy

Para pengguna pesan instan WhatsApp nampaknya harus lebih waspada, mengingat aplikasi ini salah satu yang paling popular di seluruh dunia dan menjadi target penyerangan menggunakan malware atau yang disebut Malicious Software.

Berita terbarunya, para pakar Kaspersky menemukan Malware terbaru bernama FinSpy yang mengintai para pengguna WhatsApp (WA). Bahkah malware berbahaya ini dapat berfungsi pada perangkat iOS dan Android. Bukan hanya di WA, Malicious Software ini dapat memantau aktivitas hampir diseluruh layanan pesan instan populer termasuk yang sudah dienkripsi serta dapat menyembunyikan jejaknya jauh lebih baik dari pada malware lainnya.

Dengan Malicious Software ini sang pencipta dapat memungkinkan penyerang untuk melakukan mata-mata semua aktivitas perangkat dan bahkan melakukan pengidentifikasian data sensitif seperti lokasi GPS, pesan, gambar, panggilan dan lainnya.

FinSpy adalah Malware  yang diciptakan yang efektif untuk sebuah pengawasan yang ditargetkan diiringi rekam jejaknya, yang mampu mencuri data dengan keamanan tingkat tinggi seperti mencuri informasi dari LSM internasional, pemerintah dan organisasi penegak hukum di seluruh dunia.

Berdasarkan data telemetri Kaspersky, beberapa lusin perangkat seluler telah terinfeksi selama setahun terakhir. Para pembuat FinSpy ini terus melakukan pemaindauan pembaharuan keamanan pada platform selular dan mereka bahkan dengan cepat melakukan pembaharuan pada programnya sehingga tidak terdeteksi.

Malware sendiri memang diciptakan untuk melakukan pemantauan yang tak terbatas seperti aktivitas perangkat diantaranya; mengenali geolokasi, pesan masuk dan keluar, kontak bahkan media yang tersimpan pada perangkat.

Bahkan seiring perkembangan teknologi, Malware terbaru sudah mampu memperluas fungsinya dengan mampu melakukan mata-mata ke layanan pengiriman pesan yang terbilang aman seperti Telegram, Signal atau Threema.

Jadi harap berhati-hati, seberapapun tingkat keamanan aplikasi yang digunakan, sebaiknya jika sudah mendapatkan update versi terbaru sebaiknya kita langsung update demi menjaga kemananan data dan perangkat yang kita gunakan.

Selain itu sebaiknya installah aplikasi dari sumber yang terpercaya, jika pengguna Android installah di Google Play Store, jika iOS instal di Appstore, walaupun ini tidak menjamin tapi paling tidak pihak perusahaan sudah memberikan perlindungan tingkat tinggi.

Baca juga:

  • Cara Menghilangkan Iklan Pop-up yang Mengganggu di Android [ANTI GAGAL]
  • 15 Tips aman belanja online di marketplace Bukalapak dan sejenisnya


Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Informasi Lebih cepat!

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks