Cara Menggunakan Fitur Pesan Sementara Di WhatsApp, Pesan Hilang Setelah 90 Hari

fitur 'pesan sementara' terbaru di whatsApp

Fitur Pesan Sementara Di WhatsApp menjadi salah satu yang diandalkan oleh para penggunanya, pasalnya kita bisa mengirimkan pesan dan meminta agar sistem whatsapp menghapusnya dalam waktu tertentu, dan defaultnya adalah selama 90 hari.

Fitus pesan sementara WA ini pada intinya akan mampu menghapus pesan secara otomatis, Jadi jika obrolan yang dilakukan terasa penting dan tidak ingin ada yang melihatnya, fitur ini akan sangat berguna.

Penjelasan Fitur Pesan Sementara WhatsApp

Fitur Pesan Sementara merupakan fitur opsional yang dapat pengguna aktifkan untuk mendapatkan privasi lebih.

fitur 'pesan sementara' terbaru di whatsApp

Adapun ketika pengguna mengaktifkan Pesan Sementara, maka pengguna bisa mengatur agar pesan menghilang dalam beberapa waktu pilihan, mulai dari 24 jam, 7 hari, bahkan sampai 90 hari setelah pesan dikirim.

Pada ruang chat individual, masing-masing pihak dapat menyalakan atau mematikan fitur pesan sementara, jadi semisal Kamu mengaktifkan pesan menghilang dalam 24 jam, maka pesan dan obrolan pada WhatsApp kamu akan hilang namun tidak pada pesan di WhatsApp lawan bicara-mu. Itu semua tergantung pada setelan yang dia atur, apakah diaktifkan atau tidak.

Fitur baru ini opsional, dan WhatsApp mengungkapkan bahwa fitur pesan sementara ini tidak memengaruhi obrolan Kamu yang sudah ada sebelumnya.

Bagaimana mengaktifkannya? bagi pengguna yang ingin mengaktifkannya di perangkat iPhone atau Android, pengguna bisa navigasikan ke menu Pengaturan > Akun > Privasi > Pengatur waktu pesan default, lalu pilih durasi yang diinginkan.

Atau untuk mudahnya, Kamu bisa aktifkan dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka chat WhatsApp.
  2. Ketuk nama kontak.
  3. Ketuk Pesan sementara atau Disappearing Messages.
  4. Jika diminta, ketuk LANJUT.
  5. Pilih 24 jam, 7 hari, atau 90 hari.

Fitur Pesan Sementara Juga Dapat Diaktifkan Untuk Grup

fitur 'pesan sementara' terbaru di whatsApp

Menariknya, fitur ini dapat diaktifkan juga di chat grup, dimana semua peserta grup dapat menyalakan atau mematikan fitur pesan sementara.

Namun, admin grup juga memiliki kewenangan lebih, dimana admin bisa mengubah setelan grup agar hanya admin yang dapat menyalakan atau mematikan fitur pesan sementara.

Menurut penjelasan WhatsApp dalam laman resminya di sini,

  • Jika pengguna tidak membuka WhatsApp selama periode waktu 24 jam, 7 hari, atau 90 hari, pesan tersebut akan hilang dari chat. Namun, pratinjau pesan mungkin masih akan ditampilkan di notifikasi sampai WhatsApp dibuka.
  • Saat Kamu membalas sebuah pesan, pesan orisinal akan dikutip. Jika pesan yang Kamu balas adalah pesan sementara, pesan yang dikutip mungkin akan tetap ada di chat setelah durasi yang Kamu pilih.
  • Jika pesan sementara diteruskan ke chat yang mematikan fitur pesan sementara, pesan tidak akan hilang di chat yang diteruskan.
  • Jika pengguna membuat cadangan sebelum pesan hilang, pesan sementara akan disertakan dalam cadangan tersebut. Pesan sementara akan dihapus ketika pengguna memulihkan dari cadangan.

Sekedar saran, Kamu bisa gunakan fitur pesan sementara ini hanya dengan orang-orang yang dipercayai.

Misalnya, mungkin seseorang akan melakukan:

  • Meneruskan atau mengambil tangkapan layar pesan sementara dan menyimpannya sebelum pesan tersebut hilang.
  • Menyalin dan menyimpan isi pesan sementara sebelum pesan tersebut hilang.
  • Mengambil foto pesan sementara dengan kamera atau perangkat lain sebelum pesan tersebut hilang.

Baca Juga : Cara Keluar Dari Grup Whatsapp Tanpa Diketahui!

Meski fitur ini pertama kali diluncurkan pada November tahun lalu. Namun, saat itu para pengguna hanya memiliki opsi untuk menghilangkan pesan setelah tujuh hari saja.

Mungkin kedepannya durasi akan ditambahkan, hal ini juga di dilansir The Verge, bahwa fitur baru ini kabarnya masih terus dikembangkan menurut WABetaInfo.

Dengan adanya fitur ‘Pesan Sementara’ di WhatsApp ini, diharapkan pengguna mendapatkan privasi lebih, terlebih jika pesan memuat data-data penting yang tidak boleh diketahui orang lain.

Bagaimana Ingin Mencobanya?

Jadi bagaimana sobat ingin mencoba fitur pesan sementara, atau sobat sudah sering menggunakan fitur tersebut agar chat bisa terhapus dalam waktu tertentu? Semakin keren saja ya fitur – fitur dari Whatsapp ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Youtube Androidponsel