1 Giga Berapa MB Sih? Ketahui Penjelasan MB, GB, Hingga TB Biar Nggak Bingung!

kalung anti radiasi 5G ditemukan radioaktif

Pasti sering bukan Sobat mendengar istilah tentang MegaByte (MB) dan GigaByte (GB)? Memang istilah ini banyak digunakan oleh provider yang menawarkan paket kuota internet dalam jumlah Giga. Lalu, 1 Giga berapa MB, sih? nah cari simak penjelasan detailnya di artikel kali ini!

Istilah MB, GB, bahkan TB memang sering disematkan pada produk-produk internet, misalnya saja provider A yang menawarkan paket 5 GB dengan bonus tambahan kuota 1000 MB untuk Netflix.

Atau istilah GB dan TB juga digunakan pada komputer untuk ruang penyimpanan, download aplikasi, pembaruan sistem, dan lain sebagainya.

Tentunya istilah 1 Gb, Mb dan TB harus kita pahami, minimal mengetahui perhitungan konversinya. Salah satunya supaya kita dapat memanajemen kuota internet biar nggak boros-boro banget saat digunakan untuk download film, streaming Youtube, mabar Mobile Legend, bahkan download pembaruan sistem.

1 Gb Sama Dengan Berapa MB?

1 Giga Berapa MB Sih? Ketahui Penjelasan Mb, Gb, Hingga Tb Biar Nggak Bingung!

Nah, karena istilah GB dan MB banyak disematkan pada kuota internet, pastinya Sobat harus memahami perhitungannya.

Tidak sedikit orang mungkin termasuk Sobat yang menganggap bahwa satu GB sama dengan 1000 MB. Nyatanya, dalam perhitungan biner aslinya adalah 1024 MB.

Lalu, sebenarnya 1 gigabyte sama dengan berapa megabyte? Karena untuk mempermudah pehitungan dan agar dimengerti, maka hitungan dibuat secara desimal. Maka jawaban untuk 1 Giga berapa Mega secara umum adalah 1000 Mb.

Nah, kami buat konversi sederhananya di sini :

SatuanVersi BinerVersi Desimal (Umum)
1 KiloByte (KB)1024 Byte1000 Byte
1 MegaByte (MB)1024KB1000KB
1 GigaByte (GB)1024MB1000MB
1 TeraByte (TB)1024GB1000GB
1 PetaByte (PB)1024 TB1000 TB

Maka jika ditanya 2000 Mb berapa Gb, maka jawabannya adalah 2 Gb. Sebaliknya, jika ditanya 2 GB berapa MB, maka jawabannya 2000 Mb walau dalam bilangan biner 2048MB karena 2 x 1024.

Dan jika Sobat membeli kuota 32 Gb dan mendapat bonus 1000 Mb, lalu bertanya 32 berapa Mb, maka total kuota yang Sobat miliki adalah 32000 + 1000 = 33000 Mb.

Memang istilah MB sudah jarang dipakai dalam promosi paket kuota internet.

Jadi pastikan Sobat sering mengecek kuota internet yang tersisa dengan kuota penggunaan, agar kuota dapat diatur dengan baik.

Kegunaan Mengetahui Konversi MB ke GB

1 Giga Berapa MB Sih? Ketahui Penjelasan Mb, Gb, Hingga Tb Biar Nggak Bingung!

Jika dibilang mengetahui konversi atau perhitungan MB ke GB tidak penting, itu salah besar. Pasalnya perhitungan ini bisa Sobat jadikan acuan untuk memanajemen kuoa internet, terlebih bagi yang senang menonton Youtube dan Netflix hingga lupa waktu.

Tidak sedikit juga yang bertanya-tanya, jika memiliki sisa kuota 2 Gb, berapa kali kemungkinan nonton video Youtube dalam kuota segitu?

Mengenai jawabannya, maka untuk menjawab berapa kali video Youtube yang dapat diputar dengan kuota 2 Gb adalah tergantung pada resolusi video yang dipilih.

Dengan kata lain, semakin tinggi kualitas video misal 1080p, maka semakin banyak juga konsumsi kuota yang terpakai.

Perhitungan Konsumsi Data di Youtube

1 Giga Berapa MB Sih? Ketahui Penjelasan Mb, Gb, Hingga Tb Biar Nggak Bingung!

Seperti yang kita tahu, Youtube sendiri menawarkan fitur pemilihan kualitas video untuk para penggunanya. Semakin tinggi kualitas, maka semakin jernih juga gambarnya.

Saat ini kualitas video di Youtube ada beragam, mulai dari 144p, lalu 240p360p480p, 720p, 1080p, bahkan menyentuh dan melebihi angka 2 ribu p untuk perangkat tertentu.

Lalu, berapa konsumsi data MB atau GB yang berkurang tiap menonton video Youtube? agar jelasnya, Sobat bisa simak tabel perhitungan di bawah ini agar Sobat dapat memanajemen pengeluaran sisa kuota internet.

Kualitas VideoKonsumsi Data /Menit Konsumsi Data /Jam
144p1.3MB80MB
240p1.6MB100MB
360p2.66MB160MB
480p4MB240MB
720p7.4MB450MB
108012.4MB750MB

Nah, semisal Sobat hanya memiliki kuota sisa hanya tinggal 1 GB, berapa lama menonton Youtube dengan kualitas 480p? Mengacu pada perhitungan di tabel, maka durasi yang akan Sobat dapatkan untuk menonton Youtube adalah sekitar 4 jam.

Tapi perhitungan tersebut adalah hitungan kasar, dan tidak pasti 4 jam. Pasalnya dalam sistem HP juga mengambil konsumsi data lainnya, seperti untuk GPS (jika dihidupkan), sinkronisasi data, atau mengetahui kondisi cuaca.

Jika Sobat ingin bisa berlama-lama menonton Youtube dengan sisa kuota sedikit, mau tidak mau Sobat bisa menonton Youtube dengan kualitas paling rendah, dalam hal ini kualitas 144p. Siap-siap aja mengeluh, karena video yang ditampilkan akan ngeblur.

Perhitungan Gigabyte Hingga Pentabyte

Perhitungan Gigabyte Hingga Pentabyte

Jika sudah paham perhitungan konversi 1 Giga berapa MB, maka Sobat juga harus memahami perhitungan diatasnya, dalam hal ini diatas GigaBytes.

Singkat saja, Byte dan Bit merupakan dua istilah yang berbeda. Dimana Bit yaitu kependekan dari Binary Digit yang merupakan satuan terkecil dari sistem angka binary dalam penyimpanan data dan komunikasi gosip di dalam teori komputasi dan gosip digital.

Sedangkan Byte adalah kumpulan bit. Disaat pertama kali digunakan, byte mempunyai panjang yang tidak tetap, namun untuk dikala ini, byte umumnya mempunyai panjang sebesar delapan bit (1 byte = 8 bit).

Jika berbicara perhitungan yang digunakan untuk menggambarkan dan kecepatan internet dan kecepatan processor, maka perhitungannya sebagai berikut:

  • 1 Bit = Binary Digit.
  • 8 Bits = 1 Byte.
  • 1024 Bytes = 1 Kilobyte.
  • 1024 Kilobytes = 1 Megabyte.
  • 1024 Megabytes = 1 Gigabyte.
  • 1024 Gigabytes = 1 Terabyte.
  • 1024 Terabytes = 1 Petabyte.
  • 1024 Petabytes = 1 Exabyte.
  • 1024 Exabytes = 1 Zettabyte.
  • 1024 Zettabytes = 1 Yottabyte.
  • 1024 Yottabytes = 1 Brontobyte.
  • 1024 Brontobytes = 1 Geopbyte.

Jadi, jika Sobat memiliki Laptop yang sisa penyimpanan SSD-nya tinggal 200 Gb, maka jika mencari jawaban 200 GB berapa MB, jawabannya adalah 200000 Mb.

Baca Juga : Cara Penggunaan Kuota Streaming 3 Dengan Mudah!

1 RAM Berapa MB

1 RAM Berapa MB

Seringkali bagi pengguna awam komputer, kebingungan dengan hitungan RAM. Tidak sedikit juga yang bertanya perhitungan 1 RAM berapa MB.

Perlu diketahui, istilah 1 RAM bukan merupakan hitungan kapasitas. Karena RAM merupakan sebuah perangkat keras yang berfungsi sebagai memori sementara. RAM di laptop, komputer, atau HP memiliki kapasitas, misalnya 4 GB, 8 GB, dan 16 GB.

Jadi untuk menjawab itu, kita lihat dulu, 1 RAM di laptop Sobat memiliki berapa GB? jika diketahui RAM memiliki kapasitas 4GB, maka jawaban dalam hitungan MB adalah 4000 MB.

Akhir Kata

Demikian penjelasan yang dapat kami bagikan tentang perhitungan 1 Giga berapa Mb, dan konsumsi data saat menonton Youtube dalam hitungan kualitas video. Bagaimana? sekarang Sobat tidak bingung lagi bukan? dan sekarang bisa mengatur Kuota agar tidak boros lagi. Semoga bermanfaat! .




Dapatkan berita teknologi terkini dari AndroidPonsel.com, pusat info tech paling update! Ikuti kami di Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks