Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP Xiaomi

Komponen Audio Headset dan HP Yang Rusak

Permasalahan aktifnya mode headset memang kerap dialami oleh beberapa pengguna Xiaomi. Tentu adanya masalah ini pengguna akan terganggu, dan kinjera ponsel menjadi tidak optimal. Lalu, bagaimana cara menghilangkan tanda headset di HP Xiaomi? simak jawabannya di artikel ini.

Bug Mode Headset di HP Xiaomi

Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP Xiaomi

Dengan adanya ikon headset Xiaomi pada sisi atas layar, maka secara otomatis mode headset pun akan aktif. Dengan aktifnya mode tersebut, maka speaker dan mikrofon dari perangkat akan dimatikan. Dengan adanya masalah atau bug ini, tentu Sobat akan merasa kesal karena audio atau suara tidak bekerja sebagaimana harusnya, terlebih jika Sobat ada panggilan telepon.

Selain itu, HP juga tidak akan mengeluarkan suara ketika Sobat sedang memainkan sebuah lagu atau memutar video, bahkan ketika merekam suara.

Adanya bug ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, dan Sobat bisa mengatasi masalah HP Xiaomi mode headset dengan mudah.

Untuk mengatasi masalah ini, tentu kita juga harus tahu penyebabnya. Tentu saja cara mengatasinya harus disesuaikan dengan penyebab mengapa headset selalu aktif.

Di sini kami akan menjelaskan beberapa penyebab sera cara menghilangkan gambar headset di hp xiaomi, kira-kira sebagai berikut :

Adanya Kesalahan Sistem

Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP Xiaomi

Salah satu penyebab mengapa mode headset tetap aktif meski headset tidak tersambung di HP Xiaomi yaitu kemungkinan dapat terjadi karena adanya kesalahan sistem pada peningkatan audio yang digunakan Xiaomi.

Bug ini bisa terjadi karena adanya kesalahan sistem dalam mengindentifikasi perangkat yang terhubung sebelumnya. Jangan khawatir, cara menghilangkan tanda headset di hp Xiaomi yang menganggu kinerja ponsel dapat Sobat atasi dengan mudah melalui beberapa langkah berikut:

Cara menghilangkan gambar headset di hp xiaomi

  1. Buka Settings di HP

    Pertama, silakan Sobat pergi ke menu setelan atau settings di perangkat Xiaomi Redmi Sobat.

  2. Pilih Sound and Vibration

    Setelah itu, gulir ke bawah dan masuk ke menu Sound and Vibrations.

  3. Masuk Ke Audio Settings

    Jika sudah masuk, di halaman ini Sobat bisa pilih opsi Audio Settings.

  4. Pilih Headset

    Kemudian Sobat bisa pilih salah satu tipe headset dari daftar yang ditampilkan, kemudian hubungkan headset yang Sobat miliki ke HP Xiaomi ini.

  5. Lepas Headset

    Terakhir, Sobat bisa lepaskan Headset yang tersambung tersebut.

Nah, untuk perangkat sistem baru, Sobat dapat menjumpai opsi di bagian Settings –> Additional –> Settings –> Headphones & audio effects. Kemudian Sobat bisa ikuti langkah-langkah seperti penjelasan di atas.

Sekedar informasi, beberapa penyebab mengapa mode headset terus menyala selain dari kesalahan sistem peningkatan audio, permasalahan ini juga bisa diakibatkan karena kesalahan sistem secara umum. Dengan begitu, Sobat dapat bisa mencoba memperbarui sistem operasi, atau flash ulang jika sobat menginginkannya (meski sangat beresiko).

Bersihkan Port Jack HP Xiaomi

Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP Xiaomi

Penyebab lainnya mengapa gambar headset tetap menyala meski headset tidak terhubung yaitu bisa disebabkan oleh menumpuknya kotoran pada lubang audio jack. Jangan salah, meski terdengar sepele, namun penyebab ini memang kerap menganggu kinerja ponsel.

Nah, port audio jack HP Xiaomi bisa kotor karena adanya debu yang menumpuk, serpihan masakanan, bahkan air yang masuk ke dalam sana tanpa Sobat sadari. Silakan Sobat cek terlebih dahulu port Jack Sobat.

Jika kebetulan port jack memang kotor, lalu bagaimana cara menghilangkan logo headset di hp xiaomi yang penyebabnya port jack kotor?

Tentu cara mengatasinya bisa dilakukan dengan membersihkannya menggunakan bahan yang halus, seperti cotton bud untuk membersihkan sisi port jack. Jika terdapat debu atau serpihan makanan yang harus dicungkil, Sobat bisa gunakan patahan lidi.

Jika terlihat basah atau ada air yang membasahi, silakan keringkan dengan metode ini

  • Siapkan beras di wadah yang sedang seperti baskom.
  • Lalu isi wadah dengan beras secukupnya.
  • Kemudian taruh HP Xiaomi yang kemasukkan air ke dalam beras.
  • Pastikan beras menutupi wilayah HP.
  • Diamkan selama 15-25 menit.

Mengapa harus menggunakan beras? karena beras sendiri memiliki sifat untuk menguapkan air. Cara ini sudah kami coba sendiri jika ponsel kemasukan percikan air, dan terbukti ampuh.

Silakan Sobat coba cara menghilangkan tanda Headset di HP Xiaomi ini.

Cara Menghilangkan Lambang Headset di HP Xiaomi Dengan Restart HP Xiaomi

Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP Xiaomi

Selain metode-metode yang telah dijelaskan di atas, untuk cara menghilangkan icon headset pada xiaomi, Sobat bisa lakukan dengan cara simpel yaitu me-restrat HP Xiaomi.

Memang beberapa masalah pada sistem HP bisa diatasi dengan restart atau mulai ulang ponsel. Dengan mulai ulang ponsel, maka perangkat akan tersegarkan atau refresh.

Termasuk adanya bug headset ini, silakan Sobat atasi dengan restart HP Xiaomi.

Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP Xiaomi Dengan Menonaktifkan Bluetooth

Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP Xiaomi

Penyebab lainnya mengapa mode headset terus aktif bisa disebabkan karena bluetooth di HP Xiaomi Sobat terus menyala.

Mengapa bisa begitu? nah, hal ini terjadi pada pengguna Wireless Headset atau headset bluetooth. Biasanya pengguna lupa akan menonaktifkan bluetooth, padahal pada beberapa headset bluetooth perangkat bisa tetap tersambung beberapa menit meski headset telah dimasukkan ke dalam tempatnya.

Untuk mengatasinya, Sobta bisa menonaktifkan bluetooth dan memastikan kembali headset sudah mode off atau belum. Jika masih aktif, jangan lupa juga untuk restart HP.

Komponen Audio Headset dan HP Yang Rusak

Komponen Audio Headset dan HP Yang Rusak

Kemungkinan penyebab terakhir yang menyebabkan ikon headset terus muncul yaitu bisa disebabkan oleh kerusakan komponen pada audio headset ataupun pada port jack HP Xiaomi.

Tentu masalah ini cukup fatal. Kerusakan ini sering terjadi pada komponen seperti IC khusus audionya. Lalu bagaimana cara menghilangkan headset di hp xiaomi jika penyebabnya karena kerusakan komponen? nah, untuk mengatasinya, Sobat bisa membawa HP Xiaomi Sobat ke service center atau pusat layanan Xiaomi resmi atau juga tempat service yang Sobat percayai.

Jika terjadi pada headset, Sobat bisa beli lagi headset yang baru.

Baca juga artikel terkait : 13+ Headset Bluetooth Murah Terbaik Cocok untuk Penikmat Musik (Update 2021)!

Akhir Kata

Demikian ulasan tentang penyebab dan cara menghilangkan tanda Headset di HP Xiaomi dengan beberapa metode yang dapat kami jelaskan.

Bagaimana? sangat mudah bukan? Intinya, mode headset yang terus muncul di layar dan menganggu kinerja HP disebabkan oleh beberapa hal, dan cara mengatasinya juga harus disesuaikan.

Jika ada cara lainnya untuk mengatasi masalah ini, Sobat boleh banget share ke kita semua melalui kolom komentar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Youtube Androidponsel