Cara Mematikan Talkback Di HP Vivo dan HP Lainnya

Cara Mematikan Talkback Di HP Vivo dan HP Lainnya

Terkadang pengguna Android tidak sengaja menyalakan fitur talkback, sehingga bagi beberapa pengguna cukup terganggu dengan aktifnya suara maupun pengaturan navigasi dari fitur talkback. Lalu, apakah ada cara mematikan talkback di HP Vivo atau tipe HP lainnya? simak jawaban lengkapnya di sini.

Fitur Talkback

Cara Mematikan Talkback Di HP Vivo dan HP Lainnya

Pada beberapa smartphone terlebih yang keluaran terbaru, perusahaan menyematkan fitur Talkback pada perangkat ponsel. Fitur talkback ini memang sengaja di keluarkan di Android untuk membantu pengguna yang memiliki masalah pada penglihatan.

Fitur talkback ini bekerja sebagai Pembaca layar yang memberi pengguna notifikasi dan masukan lisan. Dengan kata lain, fitur ini memungkinkan pengguna dapat mendengarkan keterangan dari apa yang disentuh di layar sehingga tetap bisa mengoperasikan handphone meskipun mempunyai penglihatan terbatas.

Mungkin fitur ini akan sangat membantu bagi yang membutuhkan. Namun bagi pengguna biasa yang tidak memiliki masalah pada penglihatan, akan terganggu karena fitur ini akan memberikan beberapa tahap kepada pengguna yang ingin klik menu, juga adanya suara yang bising.

Nah, talkback akan menyulitkan pengguna biasa karena setiap sentuhan untuk masuk ke ke menu atau aplikasi, layar akan menyorotinya dengan bingkai berwarna hijau terlebih dahulu bersama keterangan berupa suara, baru pengguna setelah itu akan bisa memilihnya dengan ketukan ganda.

Alih-alih bisa scroll cepat dengan satu jari, pengguna pun tidak dapat menggulirkan / scroll layar ke atas atau bawah dengan cara biasanya. Untuk melakukan scroll, pengguna harus menggunakan dua jari supaya bisa melakukannya.

Cara Mematikan Talkback Di HP Android

Cara Mematikan Talkback Di HP Vivo dan HP Lainnya

Fitur talkback memang menjadi fitur yang dapat membantu bagi beberapa pengguna. Tentu saja fitur talkback yang disematkan pada beberapa versi Android ini bisa diakses dan dimatikan (dikontrol penuh) oleh setiap penggunanya di setiap perangkat yang mendukung.

Biasanya untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur talkback, pengguna bisa menggunakan beberapa pintasan, seperti melalui pintasan tombol volume, maupun melalui fitur Google Assistant. Nah, kedua cara menghilangkan talkback di hp vivo dan hp Android lainnya bisa Sobat ikuti di sini:

Melalui Pintasan Volume

Nah, cara mematikan talkback Vivo atau HP lainnya bisa sobat gunakan pintasan tersebut saat pertama kali Sobat mengaktifkan dan menyiapkan perangkat atau setelah perangkat disiapkan.

Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama, silakan Sobat lihat pada bagian samping perangkat, dan cari kedua tombol volume.
  • Setelah itu Sobat bisa menekan dan tahan kedua tombol volume atas bawah selama 3 detik.
  • Nantinya akan muncul notifikasi untuk mengonfirmasi penonaktifan fitur Talkback.
  • Nah, untuk mengonfirmasi bahwa Sobat ingin menonaktifkan TalkBack, silakan tekan lagi kedua tombol volume selama 3 detik.

Itulah cara menonaktikan talkback vivo atau hp lainnya dengan pintasan tombol volume. Namun jika Sobat telah mencoba pintasan tombol volume tersebut tapi talkback tidak ternonaktifkan, berarti Sobat belum menyetelnya karena talkback tidak bisa dinonaktifkan lewat volume jika Sobat belum mengaktifkan pintasannya.

Melalui Google Assitant

Nah, jika menonaktifkan talkback tidak dapat melalui volume, Sobat bisa coba gunakan bantuan asisten Google. Menonaktifkan talkback bisa sangat simpel lho dengan Google Assistant ini.

Untuk cara menonaktifkan talback HP vivo dan tipe hp Android lainnya, berikut langkahnya:

  • Pertama, Sobat bisa bicara “Halo Google”.
  • Jika tidak bisa muncul, Sobat bisa tekan dan tahan tombol home beberapa detik.
  • Maka Google Assitant akan muncul.
  • Terakhir, tinggal ucapkan “Nonaktifkan TalkBack” atau “Turn off talkback”.
  • Tunggu hingga Google Assitant mengonfirmasi bahwa fitur talkback di HP telah dimatikan.

Sangat mudah bukan? silakan Sobat ikuti ya.

Cara Menonaktifkan Talkback HP Vivo

Cara Mematikan Talkback Di HP Vivo dan HP Lainnya

Jika Sobat pengguna Vivo, namun cara menonaktifkan talkback vivo y12 atau tipe lainnya yang telah dijelaskan diatas tidak berhasil, Sobat bisa gunakan metode lainnya.

Cara menonaktifkan talkback HP Vivo lainnya yaitu melalui menu aksesibilitas. Menu ini pasti ada di setiap perangkat Android termasuk vivo. Perlu diingat, untuk melakukan navigasi pada layar, Sobat harus gunakan dua jari.

Berikut langkah-langkah cara mematikan talkback yang bisa Sobat ikuti:

Cara menonaktifkan talkback hp vivo

  1. Masuk Ke Menu Settings

    Langkah pertama, silakan Sobat pergi ke Settings sampai tersorot bingkai berwarna hijau. Jika sudah ketemu, ketuk dua kali untuk membukanya. Jangan lupa gunakan dua jari untuk melakukan navigasi mencari Settings.

  2. Pilih More Settings

    Jika telah berada di settings, Sobat bisa pilih opsi More Settings (gunakan metode yang sama untuk mencari dan memilih opsi More settings).

  3. Pilih Accessibility 

    Selanjutnya Sobat bisa scroll ke bawah dengan dua jari dan pilih opsi Accessibility dengan ketukan tunggal dilanjutkan dengan ketukan ganda.

  4. Masuk Ke Opsi Talkback

    Selanjutnya silakan cari opsi TalkBack dengan navigasi dua jari, dan masuk ke opsi tersebut dengan melakukan ketuk sekali lalu ketuk dua kali.

  5. Swipe Toggle Button

    Jika sudah masuk, terakhir tinggal Sobat ketuk toggle button atau tombol geser di sebelah kanan TalkBack. Silakan ketuk dua kali untuk menonaktifkannya hingga tombol menjadi tidak berwarna.

Itulah cara mematikan aksesibilitas vivo agar talkback mati. Sangat mudah bukan?

Dengan Sobat menonaktifkan talkback di HP vivo, maka handphone vivo akan kembali seperti semula dan Sobat tidak perlu lagi menggunakan navigasi dua jari atau memilih menu dengan sentuhan ganda.

Cara Menyalakan Fitur Talkback Kembali

Cara Mematikan Talkback Di HP Vivo dan HP Lainnya

Jika sudah mengerti cara menonaktifkan talkback vivo y20 atau tipe vivo lainnya, bagi Sobat yang ingin mengaktifkan fitur talkback kembali tentu sangat mudah.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pergi ke Settings di HP.
  2. Lalu scroll ke bawah dan pilih bagian More settings.
  3. Setelah itu, cari dan pilih menu Accessibility.
  4. kemudian cari opsi TalkBack yang ada di menu Accessibility ini.
  5. Terakhir, tinggal Sobat aktifkan toggle button yang terdapat di dalamnya hingga menjadi berwarna.

Apabila fitur telah aktif, Sobat bisa mengoperasikan HP Sobat sama seperti cara yang telah dijelaskan sebelumnya. Ketuk sekali untuk mendapatkan informasi mengenai apa yang disentuh, dan ketuk dua kali untuk memilihnya. Serta gunakan dua jari untuk melakukan navigasi.

Mengaktifkan ataupun menonaktifkan fitur talkback tentu dapat menjadi preferensi masing-masing pengguna. 

Namun perlu diingat, selama talkback masih menyala, Sobat terus gunakan 2 jari agar layar bisa dinavigasikan.

Baca juga artikel terkait : Cara Cek Tipe HP Vivo dengan mudah!

Akhir Kata

Demikian ulasan tentang beberapa cara mematikan talkback dan menghidupkannya kembali yang dapat kami sampaikan. Apabila Sobat memiliki cara lainnya, boleh dong share ke kita semua melalui kolom komentar di bawah! Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Youtube Androidponsel