Kamera Mirrorless Sony A7R Mark IV dengan Sensor Full Frame 61 MP

| |

Sony baru-baru ini menambahkan jajaran kamera mirrorless full frame terbarunya bernama Alpha A7R Mark IV. Tak tanggung-tanggung kamera ini mendapatkan sensor full frame sebesar 61 Megapiksel. Di tahun 2017 Sony meluncurkan pendahulunya A7R Mark III, jika dibandingkan dengan pendahulunya versi terbaru ini hadir dengan dengan peningkatan yang cukup signifikan, karena A7R Mark III mendapatkan sensor sebesar 48MP.

Kamera Mirrorless Sony A7R Mark IV dengan Sensor Full Frame 61 MP
Image ©Sony

Jika dibandingkan dengan kamera mirrorless lain dikelas yang sama, A7R Mark IV tentu berada dipuncak teratas dengan sensor terbesar. Pesaing kamera Mark IV ini diantaranya; Panasonic S1R dengan sensor 47.3MP, Nikon Z7 bersensor 45.7MP dan Canon EOS R mendapatkan sensor 30.3MP (namun EOS R tidak memiliki target pasar yang sama)

Fitur dan Spesifikasi Sony A7R Mark IV

Sensor 61 MP berjenis BSI-CMOS ini diklaim memiliki rentan dynamic range sebesar 15 stop, yang menghasilkan kualitas gambar setara dengan kamera medium-format dengan sensor dengan ukuran fisik lebih besar. Selain itu Kamera ini memiliki stabilisasi gambar lima sumbu, dan pemotretan burst pada 10 fps (dengan AF / AE kontinu untuk setiap pemotretan)

Bahkan diklaim oleh pihak Sony, ketika pengguna memasukkannya ke mode pemotongan APS-C, ia akan menangkap 26 megapiksel, setara dengan kerapatan piksel seperti Fujifilm X-T3. Pada kamera ini memiliki sistem AF dengan kemampuan ‘Real-Time Eye AF’ yang dapat bekerja pada manusia dan hewan dan menggunakan algoritma pengenalan subjek berbasis AI untuk pelacakan subjek yang lebih handal.

Kamera Mirrorless Sony A7R Mark IV dengan Sensor Full Frame 61 MP
Image ©Sony

Kamera A7R Mark IV hadir dengan Sistem AF yang menggunakan 567 titik AF phase detect yang mencakup 74 persen area frame, berikut titik contrast detect sebanyak 425 buah. Selain itu kamera mirrorless ini juga dibekali dengan peredam goyangan yang disebut in-body image stabilizer (IBIS) 5-axis  dengan konpensasi mencapai 5.5 stop. Untuk pengolahan gambarnya perangkat pengambilan gambar ini dibekali dengan chip Bionz X.

Untuk kemampuan menangkap gambar bergerak (video), kamera A7R Mark IV memiliki kemampuan merekam sampai dengan resolusi 4K/ 30p dengan touch-tracking dan real-time Eye AF.

Kamera Mirrorless ini hadir dengan dukungan Layar monitor panel LCD 7,62 cm dengan resolusi 1,44 megadot, dengan kontrol sentuh yang merespons lebih cepat dan dapat disesuaikan untuk kemiringan naik / turun. Selain itu kamera ini hadir dengan peningkatan keamanan dari debu dan kelembapan pada bagian body perangkat, termasuk penyegelan tambahan pada semua lapisan tubuh, penutup baterai dan slot media.

Dudukan lensa stainless steel juga telah ditingkatkan dengan membekalinya enam sekrup pengencang, mungkin untuk mengatasi meningkatnya jumlah lensa supertelephoto besar dalam sistem pemasangan Sony FE. Terdapat hotshoe Multi Interface yang disempurnakan dan opsi konektivitas nirkabel yang sudah diperbarui.

Kamera Mirrorless 61 MP ini dibekali dengan dua slot penyimpanan eksternal microSD dan juga mendukung UHS-III.

Kamera Mirrorless Sony A7R Mark IV dengan Sensor Full Frame 61 MP
Image ©Sony

Kapasitas Baterai

Sony mengklaim peningkatan masa pakai baterai dengan lithium-ion NP-FZ100, hingga 530 gambar saat menggunakan EVF atau 670 gambar saat menggunakan layar monitor pada kamera.  Untuk pemotretan yang lebih lama, kamera ini sudah kompetibel dengan pegangan baterai vertikal terbaru VG-C4EM, yang dapat menerima dua paket baterai – atau NPA-MQZ1K Multi Baterai Adaptor opsional yang mengakomodasi empat baterai. Untuk pengisian baterai di kamera dapat menggunakan port USB-C.

Harga Kamera Mirrorless A7R Mark IV

Untuk dapat memiliki kamera terbaru Sony A7R Mark IV ini Sobat harus menyiapkan dana sekitar USD 3.500 atau dalam Rupiah berkisar di Rp 48,9 jutaan. Tentu harganya cukup mahal bukan? Tapi jika dibandingkan dengan spesifikasi tentu harga tersebut terbilang wajar. (Roy)

 

Baca juga:

Previous

Perbandingan Samsung Galaxy A80 dan Galaxy S10e, Hanya Beda Harga Satujutaan

Keren Nih! Oppo Reno 10X Zoom Edisi FC Barcelona

Next

Tinggalkan komentar di sini