Kompas Kiblat Pro Penentu Arah Kiblat Saat Kamu Kebingungan Menentukannya

kompas kiblat pro

Saat ini Sobat tidak perlu bingung dan kerepotan untuk menentukan kiblat shalat lho! Sekarang sudah banyak situs dan aplikasi yang dapat menentukan arah kiblat, dimanapun Sobat berada. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan kompas kiblat pro untuk menentukan arah kiblat menurut kompas HP yang akan kami bagikan di bawah ini.

Cara Menggunakan Kompas Kiblat Di HP Lewat Google Qibla Finder

Kompas Kiblat Pro

Bagi kita yang beragama Islam, tentu saat kita sedang berpergian terlebih ke tempat-tempat tertentu, kita akan mencari naungan untuk melakukan ibadah Shalat baik Shalat Zuhur, Ashar Maghrib, Isya, maupun Subuh.

Read More

Tentu untuk melakukan Solat kita harus mengetahui letak arah kiblat. Tapi tidak jarang juga dalam situasi tertentu seperti pergi ke tempat yang sebelumnya tidak pernah kita jamah, kita akan bingung mencari arah kiblat dimana.

Ingin bertanya, namun tidak ada satupun orang yang lewat. Nah, kami memiliki jawaban untuk masalah ini.

Berhubung teknologi semakin canggih, kini Sobat bisa menentukan arah kiblat dengan aplikasi ataupun situs website dengan menggunakan jaringan internet saja tanpa ribet mengukur letak matahari dan perhitungan lainnya.

Nah, di sini kami akan menjelaskan cara mencari kiblat dengan kompas hp, berikut penjelasannya:

Cara mengetahui arah kiblat dengan kompas hp lewat situs Qibla Finder

  1. Buka Browser

    Langkah pertama, silakan Sobat buka browser di HP Sobat (gunakan browser yang menurut Sobat nyaman).

  2. Pergi Ke Situs Qiblat Finder

    Selanjutnya Sobat bisa langsung masuk ke situs Qibla Finder milik Google di alamat berikut https://qiblafinder.withgoogle.com/ . Setelah masuk, langsung saja Sobat klik Let’s Go, dan pilih bahasa Indonesia agar lebih mudah.Kompas Kiblat Pro

  3. Cek Lokasi

    Kemudian Sobat akan disuruh mencocokkan lokasi. Google akan mengkalkulasikan lokasi dari kediaman Sobat, sampai Mekkah.Kompas Kiblat Pro

  4. Membuka Kamera

    Setelah itu, Sobat akan diarahkan untuk membuka kamera. Silakan izinkan terlebih dahulu (jika diminta). Nah, di sini Sobat bisa ikuti instruksi untuk kalibrasi yang diberikan.Kompas Kiblat Pro

  5. Lakukan Kalibrasi Kembali

    Jika Sobat telah menekan tombol Calibrate Compass, sekarang Sobat bisa ikuti instruksinya kembali dengan menggoyangkan ponsel Sobat membentuk angka 8 sebanyak tiga kali.Kompas Kiblat Pro

  6. Berhasil Menemukan Kiblat

    Terakhir, Sobat tinggal arahkan kamera, dan layar menampilkan arah kiblat secara Augmented Reality. Di sini Sobat bisa menemukan kiblat dengan sesuai (InshaaAllah). Silakan arahkan kamera ke setiap sudut kembali untuk memastikan arah sudah pas atau belum. Kompas Kiblat Pro

Memang cara menggunakan kompas di hp dengan bantuan alat Google sangat mudah. Selain itu alat ini juga bisa dikatakan memiliki tingkat akurasinya sangat tinggi, mengingat Google mempunyai jaringan yang sangat luas, seperti contohnya saja Google Maps yang mampu mengarahkan kita dimanapun berada.

Qiblat finder atau kom[pas kiblat pro ini memiliki keuntungan. Dimana Sobat bisa membagikan hasil titik arah kiblat di Qibla Finder ke jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, bahkan WhatsApp. Ini pas sekali jika Sobat pergi beramai-ramai.

Tinggal share saja hasilnya, dan teman Sobat akan menemukan langsung arah kiblat berada.

Jangan khawatir, karena Qibla Finder bisa diakses secara gratis melalui website dan hanya bermodal jaringan internet, Sobat tidak perlu repot-repot untuk mengunduhnya aplikasinya lewat toko aplikasi seperti Google Play Store ataupun Apple App Store.

Cara Menentukan Arah Kiblat Dengan Kompas Android

Kompas Kiblat Pro Penentu Arah Kiblat Saat Kamu Kebingungan Menentukannya

Selain bisa menentukan arah kiblat untuk Shalat menggunakan layanan Qibla finder milik Google, Sobat juga bisa menggunakan aplikasi bernama Muslim Pro.

Mungkin sebagian besar pengguna sudah mengetahui aplikasi ini dan kegunaannya. Tapi jika Sobat belum mengetahui, aplikasi Muslim Pro bisa diandalkan karena kelengkapannya.

Di aplikasi Muslim Pro, memungkinkan pengguna akan mendapatkan jadwal sholat akurat yang dihitung berdasarkan lokasi Sobat, adanya notifikasi Adzan, kumpulan doa-doa, jadwal waktu puasa (Imsak dan Iftar) selama bulan Ramadan, Al Quran digital dengan terjemahan Bahasa Indonesia dan audio mp3, “Tasbih”, fitur pelacak Masjid terdekat, kalender hijriah, dan yang dapat Sobat andalkan terakhir yaitu kompas Kiblat pro dan peta untuk menunjukkan arah Kiblat/Mekkah.

Aplikasi Muslim Pro Untuk Arah Kiblat

Jangan khawatir, cara menentukan kiblat dengan kompas hp lewat aplikasi Muslim Pro, bisa Sobat coba dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pertama, Sobat bisa download aplikasi Muslim Pro melalui Google Play Store bagi Android atau Apps Store bagi iPhone.
  • Setelah terinstal di HP, langsung saja Sobat buka aplikasinya dan allow perizinan yang diminta.
  • Jika sudah, Sobat bisa pilih Locate Me, dan nantinya aplikasi akan meminta akses lokasi Sobat, silakan nyalakan GPS di HP.
  • Saat sudah masuk ke laman utama, silakan pilih menu  Qibla yang berada di bagian bawah.
  • Nah, di halaman Qibla ini aplikasi akan menunjukkan arah kiblat dengan kompas beserta lokasi di peta.
  • Tunggu hingga kiblat benar-benar akurat.
  • Selesai!

Titik kiblat di aplikasi Muslim Pro ini juga tak kalah akuratnya dengan Qibla Finder. Ada beberapa tampilan arah kiblat yang bisa Sobat pilih.

Sayangnya tidak semua tema terbuka. Jika Sobat menggunakan versi gratis, maka Sobat akan diberikan dua pilihan tampilan kompas kiblat pro.

Aplikasi ini bisa dipercaya, pasalnya aplikasi ini juga sudah ada sejak lama dan memiliki komunitas di dalamnya yang bisa sobat sambangi sambil berdiskusi dan sharingsharing ilmu.

Arah Kiblat Menurut Kompas HP Dengan Aplikasi ‘Kompas Kiblat, Kiblat AR’

Arah Kiblat Menurut Kompas HP Dengan Aplikasi Qibla

Selain ketiga alat penentu arah kiblat, Sobat juga bisa mencoba rekomendasi aplikasi lainnya yaitu Kompas Kiblat, Kiblat AR.

Tentunya aplikasi kompas kiblat pro ini juga memiliki fitur utama yang mirip dengan aplikasi yang telah dijelaskan sebelumnya, yaitu fitur penentu arah kiblat solat secara akurat.

Bagaimana cara menggunakan fitur arah kiblat menurut kompas HP?

Nah, di sini Sobat bisa langsung memukan fiturnya pada tampilan utama aplikasi Qibla. Untuk mulai menentukan arah kiblat Solat, Sobat hanya tinggal mengatur posisi arah (biasanya diminta untuk menyalakan GPS) hingga kompas menunjukkan posisi yang sejajar dengan indikator kiblat dari lokasi Sobat.

Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan fitur gratis lainnya yang bisa diakses oleh pengguna, diantaranya seperti fitur baca Al-Quran, kumpulan doa-doa, jadwal shalat, hingga berbagai narasi khotbah.

Sayangnya, aplikasi Kompas Kiblat, Arah Kiblat AR ini hanya tersedia secara eksklusif di App Store. Bagi Sobat ] yang ingin mengunduh aplikasi ini, pastikan Sobat memiliki sisa ruang penyimpanan sebesar 93,4 MB. Silakan dicoba ya.

Cara Menentukan Kiblat Dengan Kompas HP Dengan ‘Qibla

Arah Kiblat Menurut Kompas HP

Selain ketiga alat penentu arah kiblat, Sobat juga bisa mencoba rekomendasi aplikasi terakhir yaitu Qibla (Qibla direction & prayer times).

Aplikasi yang bisa Sobat gunakan untuk melihat arah kiblat menurut kompas HP adalah aplikasi Qibla (Qibla direction & prayer times).

Aplikasi kompas kiblat pro ini juga bisa diandalkan, pasalnya aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang menyediakan fitur pengukur arah kiblat.

Tampilan UI yang disajikan oleh aplikasi Qibla sederhana dan mudah digunakan. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan berbagai menu yang dikemas dalam ikon khusus.

Lalu, bagaimana cara membaca kompas di hp? tenang, caranya tak kalah mudah dengan aplikasi sebelumnya. Jika Sobat ingin menentukan kompas kiblat, silakan Sobat untuk memilih ikon yang menyerupai bentuk kompas, lalu lanjutkan dengan mengatur arah HP Sobat sampai jarum kompas sejajar dengan ikon bergambar Ka’bah.

Tunggu hingga HP Sobat mengeluarkan notifikasi bergetar. Setelah ponsel Sobat bergetar, maka Sobat telah berada dalam posisi yang menghadap ke arah kiblat.

Untuk fitur, aplikasi ini tidak selengkap lengkap dengan aplikasi Muslim Pro. Kendati begitu, Sobat dapat menggunakan fitur penunjang ibadah seperti jadwal shalat, audio adzan, alarm pengingat Shalat, serta jarak dari lokasi Sobat ke Ka’bah.

SIlakan Sobat download aplikasi Qibla melalui Google Play Store dan Apps Store. Aplikasi ini tidak berat, pasalnya aplikasi ini hanya memiliki ukuran yang tergolong ringan, yakni 12,7 MB.

Baca juga artikel lainnya : 5 Rekomendasi Aplikasi Adzan Otomatis untuk Android!

Akhir Kata

Demikian ulasan beberapa situs website dan aplikasi kompas kiblat pro untuk menentukan arah kiblat menurut kompas hp yang dapat kami sampaikan. Bagaimana? sekarang Sobat tidak perlu kebingungan lagi bukan untuk menentukan arah kiblat ketika di luar ruangan?

Silakan pilih aplikasinya ya! Jangan lupa juga dibagikan agar lebih banyak orang yang tahu dan terbantu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.