Aplikasi Menggambar Terbaik Untuk Android

Aplikasi Menggambar Terbaik Untuk Android
Image/Medibang Paint

Android memiliki segudang aplikasi yang sangat berguna dan bisa diandalkan untuk melakukan banyak pekerjaan, salah satu diantaranya kegiatan adalah menggambar. Tentu untuk menggambar di Android dibutuhkan aplikasi yang mendukung. Tapi jangan khawatir, kami akan menjelaskan apa saja aplikasi menggambar terbaik untuk Android.

Jika dahulu menggambar hanya bisa dilakukan di PC atau komputer, sekarang hampir seluruh ponsel Android juga mendukung pekerjaan ini. Selain dengan dukungan ponsel, dukungan aplikasi juga berpengaruh.

Memang banyak aplikasi menggambar Android gratis yang ada di Play Store. Namun, hanya beberapa aplikasi saja yang memiliki fitur lengkap dan worth it untuk digunakan. Jangan khawatir, agar Sobat dapat dengan mudah menemukan aplikasi menggambar Android gratis dan berbayar, simak rekomendasinya di bawah ini.

Clip Studio Paint Aplikasi Menggambar Terbaik Untuk Android

Aplikasi pertama yang dapat sobat coba yaitu Clip Studio Paint. Aplikasi ini cocok masuk dalam kategori aplikasi menggambar terbaik untuk Android.

Nah, di aplikasi Clip Studio Paint ini menawarkan segudang fitur untuk Sobat yang ingin menuangkan ide gambar kreatif melalui HP. 

Sobat dapat menggambar dengan menggunakan lebih banyak kuas dan model 3D. Selain itu, Sobat juga bisa memanfaatkan perpustakaan materi / elements yang cukup lengkap untuk perangkat versi Android.

Dengan begini, Sobat dapat mempercantik polesan gambar Sobat dan memberikan referensi untuk menghidupkan karya seni. 

Pada aplikasi Clip Studio Paint bukan hanya bisa digunakan pada satu perangkat saja, namun juga bisa sharing untuk berbagai perangkat yang berbeda. Selain itu, di sini juga menawarkan penyimpan cloud agar memori Sobat tidak penuh. 

Bagi yang ingin merekam proses menggambar untuk dibagikan di TikTok atau sosial media lainnya, Sobat bisa melakukannya dengan fitur bawaan aplikasi ini.

Sayangnya, aplikasi ini tidak gratis alias Sobat harus berlangganan terlebih dahulu untuk membuka seluruh fitur andalannya. Meski begitu, Sobat bisa mencoba akun trial Clip Studio Paint yang memberikan uji coba gratis selama tiga bulan atau menikmati versi gratis selama satu jam sehari di HP Sobat. 

Untuk harga berlangganannya cukup murah, yaitu $0,99 atau Rp.14 ribuan per bulan. Bagaimana? tertarik mencobanya? Sobat bisa mengunduhnya secara gratis melalui Google Play Store.

ArtFlow

Aplikasi menggambar terbaik di Android lainnya yaitu ada ArtFlow. Aplikasi menggambar ini sudah terkenal bagi para senimar yang ingin menggambar dengan mudah tanpa harus memiliki alat yang mahal.

Nah, aplikasi ArtFlow merupakan salah satu aplikasi menggambar yang memiliki beberapa fitur unggulan. ArtFlow menginformasikan memiliki jumlah kuas yang begitu banyak dan beragam.

Adapun alat yang disediakannya berjumlah sekitar 70 kuas, smudge, dan tools pendukung lain untuk membuat karya seni gambar Sobat semakin apik. Ini juga menampilkan layer dan juga pencampuran layer. 

Terkait format gambar, aplikasi ArtFlow memungkinkan Sobat dapat mengekspor gambar menjadi file JPEG, PNG, atau bahkan PSD, sehingga Sobat bisa melanjutkannya ke Photoshop nanti. 

Karena aplikasi ini memiliki tampilan yang cukup sederhana sehingga pengoperasian akan mudah, maka aplikasi ini cocok anak-anak dan orang dewasa. Untuk mencobanya, silakan Sobat download ArtFlow secara gratis untuk melalui Google Play Store.

Untuk mendapatkan seluruh fitur lengkapnya, Sobat bisa meng-upgrade ke versi pro dengan biaya yang cukup terjangkau $2.99-$4.99. Tertarik mencobanya?

Dotpict

Aplikasi Menggambar Terbaik Untuk Android

Jika Sobat mencari aplikasi gambar Android terbaik untuk hasil gambar yang unik, maka jawabannya adalah aplikasi dotpict.

Aplikasi dotpict terbilang unik karena memungkinkan Sobat dapat melakukan gambar dengan visual piksel. Bagi Sobat yang senang menggambar tokoh ala-ala games jaman dulu ataupun menggambar ala-ala NFT, maka aplikasi ini bisa digunakan karena mendukung penghadirkan gambar pixel seperti itu.

Dalam pembuatannya, Sobat bisa mengisi kotak piksel dengan berbagai warna, serta dapat memperkecil dan memperbesarnya. Bagi yang belum terbiasa membuat gambar pixel mungkin akan kesulitan. Tapi karena adanya tools yang mudah di sini, pengguna akan sangat terbantu.

Aplikasi ini juga menyertakan penyimpanan otomatis, batalkan, dan ulangi, dan undo. Untuk format gambar, Sobat bisa mengekspor gambar yang setelah selesai dengan format yang beragam. 

Meski menghadirkan fitur yang cukup lengkap, tapi dotpict tergolong dalam aplikasi yang ringan. Karena menggambar gaya piksel, maka tools di dalamnya tidak terlalu berat dan tidak mengganggu kinerja ponsel (ngelag). Silakan Sobat coba bagi yang ingin menggambar seni piksel.

Untuk mendapatkan tools yang lengkap, Sobat bisa meng-upgrade ke akun dengan biaya yang cukup terjangkau yaitu $4.49. Silakan download aplikasinya melalui Google Play Store secara gratis.

Adobe Illustrator Draw

Aplikasi Menggambar Terbaik Untuk Android

Selain ketiga aplikasi di atas, Adobe Illustrator Draw juga tidak mau kalah mengisi jajaran aplikasi menggambar terbaik untuk Android.

Adobe Illustrator Draw adalah aplikasi menggambar dari Adobe. Aplikasi ini menawarkan segudang fitur untuk menunjang pembuatan gambar, termasuk layer, lima pilihan pena yang berbeda dengan berbagai fitur penyesuaian masing-masing, dan dapat memperbesar hingga x64 untuk menerapkan detail yang lebih halus pada gambar yang Sobat buat. 

Jangan khawatir, aplikasi ini bisa mengeksport dengan beberapa format, dan bisa dengan mudah disimpan ke perangkat Sobat.

Sobat juga dapat mengekspornya ke PC /Laptop Sobat untuk digunakan pada produk Adobe lainnya. 

Menariknya, di dalam aplikasi ini terdapat Photoshop Sketch.

Photoshop Sketch sendiri merupakan tools yang memiliki berbagai fiturnya sendiri. Kedua aplikasi ini bisa bekerja sama, sehingga nantinya Sobat bisa impor dan ekspor pekerjaan Sobat bolak-balik di antara keduanya. 

Ingin mencobanya? kebetulan aplikasi ini bisa Sobat nikmarti secara gratis. Namun untuk mendapatkan fiturnya secara utuh dan lengkap, Sobat bisa langganan Creative Cloud yang ada di dalam aplikasi.

Adobe Illustrator Draw dapat Sobat unduh langsung melalui Google Play Store. Silakan di coba! Untuk mendapatkan seluruh fitur andalan di dalamnya, Sobat bisa berlangganan $53.99 per bulan. Memang cukup mahal, tapi menurut kami ini sangat worth it dengan fitur yang ditawarkannya.

Ibis Paint

Selain itu, ada juga aplikasi Android yang bisa diandalkan untuk pembuatan projek gambar

Ibis Paint adalah merupakan salah satu dalam jajaran aplikasi menggambar terbaik untuk Android. Dengan aplikasi ini Sobat dapat melukis dengan banyak fitur yang tersedia. 

Tenang saja, untuk kuasnya sangat beragam sekali. Dalam keterangannya, Aplikasi ini memiliki lebih dari 140 kuas yang berbeda, termasuk dip pens, felt tip pens, actual paintbrushes, lainnya. 

Jika ingin merekam proses Sobat saat menggambar tidak perlu repot menggunakan aplikasi screen recorder, karena Sobat dapat merekam secara langsung melalui fitur yang tersedia di dalam aplikasi.

Ibis Paint memiliki varian genre gambar yang bisa dikerjakan pengguna. Adapun jenis gambar yang bisa dipilih salah satunya yaitu genre manga yang memiliki gaya visualnya tersendiri. 

Apakah aplikasi ini gratis? yup, benar. Sobat bisa mengunduhnya melalui Google Play Store secara free.

Tapi jika Sobat ingin mendapatkan kuas yang lengkap dan dukungan fitur lainnya, Sobat dapat menggunakan versi berbayar seharga $4,99 sebagai pembelian dalam aplikasi. Ini jelas merupakan salah satu aplikasi menggambar yang lebih serius dan mendalam.

Bagaimana? tertarik untuk mencobanya?

LayerPaint HD

Aplikasi Menggambar Terbaik Untuk Android

Bagi Sobat yang ingin menggambar ala anime namun bingung menggunakan aplikasi apa, maka LayerPaint HD adalah jawabannya.

Yup, aplikasi LayerPaint HD adalah salah satu aplikasi menggambar yang lebih komprehensif. Di dalam aplikasi ini tersapat segudang fitur, termasuk dukungan pen pressure support, dukungan format PSD (Photoshop), dan mode lapisan atau layer. Mode lapisan juga memungkinkan Sobat menambahkan berbagai efek ke projek. 

LayerPaint HD mendukung pintasan / shortcut keyboard jika Sobat memiliki salah satu tools yang terpasang ke perangkat. 

Karena aplikasi ini mendukung projek gambar yang detail, maka kami merekomendasikan penggunaan aplikasi ini untuk pengguna yang memiliki perangkat yang lebih besar seperti tab, atau minimal layar smartphone yang luas.

Mengapa? karena beberapa kontrol dan opsi menu mengambil sisi layar yang cukup besar, sehingga untuk HP Android yang memiliki layar lebih kecil akan sangat terganggu. 

Untuk mengunduhnya, Sobat bisa membelinya seharga Rp. 109 ribu melalui Google Play Store. Lumayan mahal memang, tapi sekiranya aplikasi ini bisa dijadikan alternatif bagi Sobat yang senang menggambar dengan visual yang ramai.

Aplikasi Menggambar Android Gratis

Jika di atas adalah aplikasi penunjang proyek menggambar yang diharuskan membayar untuk mendapatkan seluruh fitur andalan, maka ada juga aplikasi menggambar terbaik Android gratis.

Apa saja aplikasinya? berikut dua aplikasi gratis terbaik yang bisa Sobat andalkan.

Sketchbook by Autodesk

Aplikasi Menggambar Terbaik Untuk Android

Jika Sobat mencari aplikasi menggambar dengan penawaran seluruh fitur andalan secara gratis, maka aplikasi Sketchbook by Autodesk adalah jawabannya.

Sketchbook by Autodesk bukan aplikasi baru. Aplikasi ini sudah ada sejak beberapa tahun silam, dan sering diandalkan bagi pengguna smartphone Android yang mencari aplikasi menggambar lengkap namun gratus. 

Kendati bisa diunduh secara cuma-cuma, aplikasi ini malah menawarkan serangkaian fitur yang layak diandalkan. Seperti adanya dukungan 10 kuas yang bisa disesuaikan dengan keinginan. 

Selain itu,m juga ada dukungan tiga layer, enam mode pencampuran, hingga zoom sampai 2500%. Untuk sensitivitas, tidak kaku dan dapat membuat nyaman dalam proses sketsa. 

Pada versi pro sebelumnya, pengguna akan mendapatkan semua fitur bersama dengan lebih dari 100 jenis kuas, lebih banyak layers, lebih banyak opsi pencampuran, dan tools lainnya. Tapi kabar baiknya pada pembaruan terbaru, pihak pengembang benar-benar menghapus label harga sehingga semua orang bisa mendapatkan seluruh fitur dari versi pro secara gratis. 

Sobat memang memerlukan akun Autodesk setelah uji coba 7 hari. Bagaimana? tertarik mencobanya? silakan unduh aplikasi Sketchbook by Autodesk di Google Play Store.

MediBang Paint

Aplikasi menggambar gratis terbaik untuk Android terakhir yaitu Medibang Paint.

Meski nama MediBang Paint masih asing di beberapa kalangan pengguna Android Indonesia, aplikasi ini malah masuk dalam jajaran aplikasi menggambar gratis terbaik yang kami rekomendasikan. 

Menariknya, aplikasi penunjang sketsa gambar, Medibang Paint, dikenal dengan dukungan lintas platformnya. Sobat bisa download aplikasi ini di ponsel, Mac, dan Windows. Ketiganya memiliki fitur penyimpanan berbasis awan / cloud yang memungkinkan Sobat memulai pekerjaan di satu tempat penyimpanan, dan memindahkannya ke platform lain. 

Alih-alih berbayar, justru aplikasi ini gratis untuk di download, dan menawarkan sejumlah kuas, tools untuk menggambar, serta komik gratis.

Banyak tools yang bisa digunakan, serta adanya add-on kecil yang bisa dimanfaatkan. Tertarik mencoba aplikasi ini? silakan download Medibang Paint melalui Google Play Store secara gratis tanpa berlangganan apapun.

Baca Juga : 5 Cara Mudah Kompres Ukuran foto Di HP Tanpa atau Menggunakan Aplikasi!

Akhir Kata

Demikian ulasan beberapa aplikasi menggambar terbaik untuk Android gratis dan berbayar yang bisa menunjang proyek pengerjaan gambar Sobat agar lebih apik dan detail.

Sobat ingin menggunakan yang mana? yuk sharing-sharing lewat kolom komentar di bawah ini! Referensi topik ini didapatkan dari AndroidAuthority.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.