Kode Rahasia Samsung

kode rahasia samsung

Tentu saja tiap-tiap tipe atau merk ponsel memiliki komponen sistemnya sendiri, begitu juga dengan fungsinya. Seperti HP pada umumnya, smartphone Samsung tentu memiliki kode rahasia Samsung yang menjadi jalan pintas untuk menjalankan perintah. Kira-kira, apa saja sih kode tersebut? simak terus ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Kode Rahasia HP Samsung?

Kode Rahasia Samsung

Sejak awal kemunculan Android, semua jenis smartphone telah menyematkan kode-kode tertentu yang bisa difungsikan untuk menjalankan perintah. Dengan kata lain, kode rahasia Samsung dapat digunakan untuk mengecek beberapa kondisi komponen HP Samsung, mengakses fitur, menjalankan fitur tersembunyi, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, ini sama seperti saat kita mengisi kuota melalui Kode USSD misalnya memasukkan *123#, maka nantinya akan masuk ke menu tertentu. Nah, dalam hal ini sistem Samsung juga menerapkan jalan pintas berupa kode yang bisa diakses oleh pengguna.

Kira-kira sudah paham bukan? nah, di bawah ini akan kami ulas beberapa kode rahasia Samsung yang mungkin sebagian besar masih berfungsi. Yuk, langsung simak.

Kode Rahasia Samsung A20 dan Tipe Lainnya

Kode Rahasia Samsung A20 dan Tipe Lainnya

Jika ingin mengakses perintah cepat melalui kode-kode Samsung, Sobat bisa simak daftar kode rahasia Samsung yang akan kami bagikan di bawah ini.

Kode *#06#

Kode ini berfungsi untuk melihat nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity) Samsung. Nantinya Sobat akan melihat 15 digit angka di layar ponsel. IMEI tersebut berisikan Type Allocation Code, Serial Number dan Check Digit.

Kode *#111#

Kode ini berfungsi untuk Informasi Wifi. Setiap router dan provider tentunya memiliki kualitas kecepatan internet yang berbeda-beda. Kode ini bisa Sobat andalkan apabila ingin tahu kecepatan cari wifi yang Sobat gunakan.

Kode *#0#

Kode ini berfungsi untuk mengecek sensor yang digunakan di HP Samsung, sekaligus juga mengetahui kondisi HP secara umum. Contohnya seperti test kerusakan pada touchscreen, juga cek sensor, kamera depan, dan lain sebagainya.

Kode *#1234#

Kode rahasia ini berfungsi untuk mengecek tipe HP Samsung dan versi firmware yang digunakan.

Kode *#0228#

Kode rahasia ini memiliki fungsi untuk cek status baterai yang digunakan pada ponsel. Denngan kata lain bisa untuk mengetahui kondisi kesehatan dari baterai di HP Samsung, dan memberikan informasi perubahan voltase pada baterai ketika melakukan pengisian daya.

Kode *2767*3855#

Kode rahasia satu ini berfungsi untuk reset pabrik / Factory reset. Tapi perlu dicatat, kode ini jangan sembarang ditekan. Hanya jika Sobat hendak ingin menjual HP ini, atau memang karena kondisi darurat. Pastikan untuk backup seluruh data karena data di HP akan hilang semua.

Kode #273283255663282##

Kode ini berfungsi sebagai perintah untuk backup data atau mencadangkan seluruh data Sobat yang di ponsel. Untuk Sobat yang ingin cadangkan data dokumen, foto video dan lain sebagainya karena ingin reset pabrik, maka Sobat bisa gunakan kode ini.

Kode #*2474#

Kode ini memiliki fungsi untuk mengetahui durasi pengisi baterai. Apabila Sobat ingin kalian melakukan isi ulang baterai dengan durasi yang tepat, maka Sobat bisa manfaatkan kode rahasia ponsel asal Korea Selatan satu ini.

Kode *#0808#

Kode ini memiliki fungsi sebagai informasi yang menampilkan setting-an service USB. Silakan Sobat gunakan bagi yang ingin mengetahui USB yang digunakan.

Kode *#2663#

Kode rahasia Samsung satu ini memiliki fungsi untuk melihat TSP version, Wifi version dan versi Bluetooth yang disematkan pada HP asal Korea Selatan ini.

Itulah beberapa kode yang bisa Sobat gunakan di HP Samsung manapun. Kode rahasia ini bisa diakses di Samsung manapun, termasuk seri terbaru Galaxy, bahkan untuk yang jadul sekalipun seperti J2 Prime, dan Galaxy V. Tentunya kode-kode rahasia ini masih banyak lho, simak terus di bawah ini.

Kode Rahasia Samsung A10S dan Tipe Lainnya

Kode Rahasia Samsung A10S dan Tipe Lainnya

Kode *#2562#

Mungkin sebagian pengguna Samsung sudah tahu kode rahasia Samsung satu ini. Nah, kode ini digunakan untuk me-restart atau mulai ulang perangkat Samsung kalian. Silakan di coba kode ini, jika tombol power Samsung kalian bermasalah.

Kode *#1111#

Kode rahasia Samsung ini berfungsi untuk mengecek informasi seputar SW version perangkat Samsung kalian.

Kode *#12580*369#

Kode ini bisa kalian gunakan untuk melihat informasi detail terkait info SW & HW perangkat Samsung kalian.

Kode *#7353#

Mungkin sudah banyak yang tahu kode rahasia ponsel asal Korea Selatan satu ini. Tapi bagi yang belum tahu, kode ini memiliki fungsi untuk masuk ke akses quick menu test.

Kode *#0589#

Bagi yang ingin mengakses sensor cahaya atau light sensor pada perangkat Samsung kalian, maka kode *#0589# adalah jawabannya.

Kode  *#0588#

Selanjutnya ada kode rahasia Samsung yang berfungsi untuk masuk ke akses sensor proximity.

Kode  *#*#232338#*#*

Untuk Sobat yang ingin mengecek Wifi MAC Address Android di perangkat Samsung kalian, silakan masukkan kode rahasia Samsung satu ini.

Kode *#9090#

Kode unik ini memiliki fungsi untuk akses diagnostic configuration. Nah, untuk Sobat yang ingin mengecek konfigurasi, langsung saja masukkan kode rahasia satu ini.

Kode *#*#1472365#*#*

Kode rahasia selanjutnya ini memang agak cukup panjang ya Sobat. Bagi yang belum tahu, kode ini memiliki fungsi untuk testing GPS (Global Positioning System) apakah bekerja dengan baik di perangkat Samsung kalian atau tidak.

Kode *#*#526#*#*

Untuk pengguna yang ingin mengakses jaringan WLAN untuk smartphone Samsung Sobat, Sobat bisa masukkan kode rahasia Samsung ini. Memang agak cukup panjang, dan jangan sampai tidak teliti ya.

Sebagai informasi, kode-kode rahasia di HP Samsung ini bisa diakses oleh tipe Samsung apapun, termasuk seri terbaru Galaxy, bahkan untuk yang jadul sekalipun seperti J2 Prime, dan Galaxy V. Silakan kalian coba memasukkan kode ini untuk menjalankan perintah secara cepat.

Kode Rahasia Samsung A50 dan Tipe Lainnya

Kode Rahasia Samsung A50 dan Tipe Lainnya

Kode *#0001#

Untuk yang belum tahu, Sobat sebagai pengguna Samsung bisa memeriksa serial number dari smartphone Samsung melalui kode rahasia satu ini.

Kode *#0228# atau #8999*228#

Kode satu ini memiliki fungsi untuk menampilkan informasi terkait baterai HP Samsung Sobat yang digunakan. Walau sebelumnya sudah dijelaskan di atas, kode ini kami tambahkan kembali karena memiliki dua versi. Sobat bisa coba kode yang satunya apabila *#0228# tidak berfungsi.

Kode *#232337# 

Kali ini berhubungan dengan Bluetooth, yup kode ini berfungsi untuk mengecek alamat Bluetooth.

Kode *#232331# 

Hanya berbeda satu digit di angka paling akhir, kode ini memungkinkan Sobat dapat mengakses mode test Bluetooth. Silakan digunakan jika ingin mengetahui bluetooth di HP Samsung kalian masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Kode #*#4636#*#*

Kode rahasia Samsung ini berfungsi untuk masuk ke mode diagnostic dan general setting. Memang agak terlihat sedikit rumit, tapi bisa di coba untuk jalan pintas masuk ke mode diagnostic.

Kode *#*#7780#*#*

Kode ini berfungsi untuk masuk ke akses mode factory soft reset.

Dikutip dari laman forums.androidcentral.com, soft reset adalah proses yang dilakukan dengan cara mematikan dan menghidupkan kembali perangkat. Cara ini biasa dilakukan saat perangkat dalam kondisi bootloop atau nge-hang. Dengan cara soft reset maka tidak semua file atau data akan terhapus, tergantung yang kita pilih saja.

Kode *2767*3855# 

Untuk Sobat yang ingin masuk ke mode factory hard reset. Jadi kode ini bukan serta merta langsung menghapus, namun akan membawa sistem ke mode penghapusan data / reset pabrik. Sebaiknya jangan digunakan jika data kalian tidak ingin hilang.

Bedanya dengan soft reset, hard reset sendiri akan menghapus seluruh data termasuk virus dan malware yang beranak di HP kalian.

Kode *2767*4387264636#

Adapun kode rahasia Samsung ini berfungsi untuk melihat kode product smartphone Samsung Sobat.

Kode *#*#197328640#*#*

Untuk kode rahasia Samsung yang lumayan panjang ini, memiliki fungsi untuk membawa pengguna masuk ke main menu service mode.

Kode *#8999*778#

Kode yang mudah dihapali ini memang sengaja diberikan Samsung, dimana kode ini akan berfungsi untuk memeriksa simcard yang terpasang di HP Samsung Android Sobat.

Kode Rahasia Samsung A51 dan Tipe Lainnya

Kode Rahasia Samsung A50 dan Tipe Lainnya

Kode *#0000#

Untuk kode yang cukup mudah diingat ini memiliki fungsi untuk me-reset bahasa secara default. Dengan kata lain, jika Sobat membeli perangkat Samsung pabrikan luar negeri, maka penamaan menu dan akan menggunakan bahasa Inggris.

Fitur pergantian bahasa sendiri sebenarnya bisa dilakukan langsung melalui menu pengaturan / settings.

Kode *#2255#

Untuk kode rahasia Samsung yang mudah diingat ini, memiliki fungsi untuk melihat daftar nomor kontak yang tersimpan di HP Samsung Sobat. Silakan gunakan ini untuk mengakses kontak secara cepat.

Kode *2767*226372#

Selanjutnya ada kode rahasia Samsung yang cukup panjang ini, kode ini berfungsi untuk reset setelan kamera secara default. Jadi untuk Sobat yang merasa setelan kameranya ngaco karena udah keseringan diutak-atik, langsung saja masukkan kode ini.

Kode *#8999*837#

Bagi Sobat yang ingin melihat informasi versi hardware dari smartphone Samsung, Sobat bisa langsung masukkan kode satu ini di menu DIAL.

Kode *#5376#

Untuk Sobat yang merasa pesan atau SMS-nya sudah penuh banget tapi males banget untuk menghapusnya satu-satu secara manual, langsung saja gunakan kode rahasia Samsung ini.

Pasalnya kode ini berfungsi untuk hapus semua pesan / SMS di memori Samsung kalian.

Kode *#*#3264#*#*

Bagi Sobat yang ingin melihat versi RAM yang disematkan pada HP Samsung yang kalian gunakan, langsung saja input kode rahasia yang cukup singkat ini.

Kode *#8999*782#

Bagi Sobat yang ingin melihat pukul berapa sih saat ini, Sobat bisa langsung menggunakan kode rahasia Samsung ini untuk menampilkan jam dan tanggal secara real-time.

Kode *#9998*523#

Jika terjadi error pada pengaturan kontras layar HP Samsung Sobat, langsung saja gunakan kode ini untuk mengatur kecerahan layar smartphone Samsung kalian.

Kode *#8999*636#

Untuk yang ingin mengetahui jumlah atau besarnya kapasistas penyimpanan (memori internal) smartphone Samsung Sobat, bisa gunain kode rahasia satu ini.

Sebenarnya untuk melihat kapasitas memori sih bisa melalui menu Settings atau Setelan.

Kode *#8999*289#

Untuk yang ingin mengecek nada dering HP Samsung Sobat, bisa langsung menggunakan kode rahasia Samsung yang cukup panjang ini.

Kode *#*#8351#*#*

Untuk mengaktifkan mode voice dialing logging, Sobat bisa masukkan kode ini.

Kode *#*#2222#*#*

Fungsi kode rahasia Samsung yang mudah dihapal ini yaitu untuk melihat versi FTA Hardware.

Kode *#2886#

Untuk Sobat yang ingin mengakses fitur auto answer, langsung saja gunakan kode satu ini

Kode *#5282837#

Bagi kalian yang penasara versi Java apa sih yang digunakan, kalian bisa gunakan kode satu ini

Kode *123*817#

Terakhir, ada kode untuk cek apakah kartu XL yang Sobat gunakan sudah mendukung konektivitas 4G atau belum.

Kode rahasia Samsung ini bisa diakses di tipe Samsung manapun, termasuk seri terbaru Galaxy, bahkan untuk yang jadul sekalipun seperti J2 Prime, dan Galaxy V.

Catatan: Di sini kami tidak dapat memastikan kode-kode tersebut akan berhasil 100% atau tidak untuk diterapkan di semua ponsel Samsung. Pasalnya beberapa tipe HP Samsung memiliki perbedaan pada program sistemnya. Dengan begitu, kode-kode perintahpun juga akan menyesuaikan dengan sistem yang digunakan.

Cara Memasukkan Kode Rahasia Di HP Samsung

Cara Memasukkan Kode Rahasia Di HP Samsung

Tentunya kode ini bisa kita manfaatkan untuk menjalankan perintah cepat untuk fungsi tertentu yang sesuai dengan kode yang dimasukkan. Bagi Sobat yang belum tahu bagaimana cara memasukkan kode rahasia di HP Samsung, Sobat bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Pertama, Sobat bisa buka HP Samsung yang digunakan.
  • Kemudian pergi ke menu Dial atau dalam bahasa Indonesia yaitu Panggilan.
  • Di sini, Sobat bisa masukkan kode rahasia Samsung yang diinginkan.
  • Misalnya ketik kode *#06# untuk untuk melihat nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity) Samsung.
  • Maka akan keluar informasi nomor IMEI secara lengkap.
  • Selesai.

Baca Juga : Daftar Aplikasi Edit Video Terbaik di PC / Laptop!

Akhir Kata

Demikian pembahasan tentang kode rahasia Samsung dan cara menggunakan kode rahasia Samsung yang bisa kami sampaikan.

Bagaimana? sangat simpel bukan? silakan Sobat gunakan kode-kode tersebut sesuai yang dibutuhkan ya, karena kode tersebut merupakan cara cepat atau jalan pintas untuk menjalankan fungsi tertentu. Silakan bagikan artikel ini agar lebih banyak yang tahu! šŸ™‚ .

FAQ

Apakah Kode Rahasia Samsung Bisa Diakses Di Tipe Manapun?

Beberapa kode-kode ini dapat diakses di versi Samsung manapun, untuk memastikannya, silakan kalian coba terlebih dahulu.

Apa Kode Rahasia Samsung Yang Sering Digunakan?

Biasanya pengguna ingin mengecek IMEI dengan mudah melalui kode *#06#.

Kode Rahasia Samsung Untuk Reset Pabrik?

Untuk jalan pintas hard reset Samsung, gunakan kode *2767*3855#. Namun perlu dicatat, sebaiknya kalian cadangkan data-data terlebih dahulu karena proses hard reset akan menghapus seluruh data.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Youtube Androidponsel