Bisnis  

Propellerads Alternatif Google Adsense ?

Propellerads

Propellerads adalah salah satu publisher yang bisa dibilang punya nilai iklan cukup tinggi dan setara dengan Google Adsense. Lantas apa saja perbedaannya? Kami akan mengulasnya secara lengkap.

Banyak blogger yang merasa kesulitan untuk dapat disetujui program monetize blog yang dimiliki oleh Google, yaitu Adsense. Tak heran memang, Google punya persyaratan yang bisa dibilang gampang-gampang susah, jadi jangan heran kalau blog Sobat sudah bagus tapi masih gagal untuk daftar di Google Adsense.

Tapi jika Sobat sudah sering banget gagal daftar Adsense, sebaiknya coba melirik publisher iklan yang lain, salah satunya adalah Propellerads yang juga sudah kami pakai disalah satu blog dan memang terbukti menghasilkan dollar cukup baik.

Apa itu Propellerads ?

Propellerads Adalah salah Satu jaringan iklan online yang mencakup Advertiser (Pengiklan) dan Publisher (yang memiliki tempat untuk ditayangkan iklannya dalam hal ini blog) dan di sini kita akan membahas bagian publishernya untuk para blogger di Indonesia.

Propellerads punya jaringan iklan yang cukup kuat, dan memberikan pendapatan CPM kepada publishernya, berbeda dengan adsense yang memberikan pendapatan CPC, justru propellerads punya harga CPM iklan yang cukup tinggi.

Perbedaan CPC vs CPM

Untuk informasi dasar bagi para pemula yang baru ingin memulai menguangkan blognya, CPC dan CPM itu adalah metode pembayaran dari iklan online yang berbeda. Berikut adalah perbedaan lengkapnya:

Pertama CPC atau disebut dengan Cost Per Click, dengan metode ini Sobat akan dibayar ketika oleh ada yang mengklik iklan yang ada.

Sedangkan CPM atau disebut Cost Per Million adalah menggunakan metode per 1000 impression iklan tayang. jadi setiap 1000 kali iklan tayang Sobat akan mendapatkan bayaran. Biasanya metode ini digunakan untuk memperkuat brand awareness brand, dan ini digunakan oleh Propellerads.

Berapa Nilai CPM yang ada di Propellerads ?

Dari pengalaman yang sudah kami coba, Propellerads menawarkan harga CPM dengan harga yang cukup tinggi.

Sobat bisa melihat hasil CPM yang sudah kami coba, dan range cpm yang kami dapatkan diantaran $0.62 – $2.39 per seribu impression dan ini cukup besar ya sob. Gambar terlampir di bawah ini.

Propellerads

Selain itu Propellerads juga punya metode CPS atau disebut cost per sale. Jadi metode ini sobat akan mendapatkan uang dari apa yang dilakukan oleh visitor. Untuk melihat harganya CPS dari masing-masing negara, Sobat bisa masuk ke Analytic Propellerads dan klik Menu CPS (Seperti yang ada di gambar).

Propellerads
Setelah itu Sobat akan ditampilkan harga CPS tertinggi dari negara mana saja, untuk melihat negara Indonesia silahkan lakukan pencarian dengan mengetikan “Indonesia”.
Propellerads
Harga CPS Propellerads di Indonesia.

Bagaimana Cara Monetize Blog dengan Propellerads?

Jika Sobat sudah mengetahui metode jaringan iklan dari Propellerads. Sobat bisa langsung melakukan pendaftaran menjadi mitra publisher di Propellerads. Caranya bisa lihat di langkah-langkah mudahnya di bawah ini.

Cara Daftar Menjadi Publisher Propellerads dan mulai moniteze blo

  1. Daftar PropellerAds

    Untuk mempermudah pendaftaran sobat wajib banget untuk daftar melalui link berikut ini. Nantinya Sobat akan diarahkan ke halaman publisher Propellerads dan klik tombol “Monetize”. (Seperti pada gambar)Propellerads

  2. Lanjutkan Registrasi

    Setelah itu lanjutkan mengisi form registrasi seperti gambar di bawah ini.
    Sobat bisa pilih akun tipe individual saja untuk perorangan ya. Silahkan isi form yang sesuai dan tidak menggunakan nama samaran, karena ada kemungkinan pihak propellerads akan meminta scan id seperti KTP walaupun tidak semuanya diminta.

    Selanjutnya klik next dan verifikasi email yang sudah didaftarkan, Sobat sudah menjadi publisher Propellerads.
    Propellerads

Sangat mudah bukan melakukan pendaftaran di Propellerads ? Tentu saja sobat bisa dengan mudah memoniteze blog yang sobat miliki dengan jaringan iklan ini.

Nah Sobat sekarang sudah bisa login ke akun Propellerads dan bersiap untuk mendapatkan uang dari blog yang sobat miliki.

Untuk itu kami akan memberikan penjelasan lengkap cara mendapatkan kode iklan dan melakukan penempatan iklan dari jaringan iklan satu ini.

Tipe Iklan Propellerads

Sebelum Sobat melakukan pemasangan kode iklan, Sobat harus tahu dulu apa saja sih tipe iklan yang ada di Propellerads, dan tentu saja ini akan sangat berpengaruh dengan strategi sobat untuk mendapatkan pendapatan yang banyak.

Untuk itu kami rincikan beberapa tipe iklan dan seberapa kuat harga yang ditawarkan dimasing-masing tipe iklan tersebut.

Oneclick Popunder

Yang pertama dengan harga CPM yang tinggi sobat bisa menggunakan iklan popunder, nah di sini iklan akan muncul secara tiba tiba ketika visitor melakukan klik dimana saja. Iklan ini tergolong punya cpm dengan harga tinggi.

Tapi iklan jenis ini ada kekurangannya, visitor menjadi merasa terganggu ketika ingin klik malah di suguhkan dengan iklan. Tapi tenang saja karena Propellerads akan membatasi jumlah iklan yang muncul jadi terlihat tidak akan terlalu menganggu.

Biasanya iklan ini digunakan di situs download dan memang terbukti punya harga CPM yang tinggi.

Push Notifications

Tipe iklan yang satu ini condong tidak terlihat seperti iklan, karena akan muncul seperti notifikasi berlangganan dari blog tersebut. Tipe iklan ini juga menggunakan CPM atau CPS jadi sobat bisa memilih diantara keduanya.

Kalau blognya terlihat seperti tidak ada iklan, push notification ini bisa menjadi pilihan, dan iklan ini bisa digabungkan dengan google adsense karena tidak akan mengganggu naviasi dari situs blog yang sobat miliki.

Kekurangannya harga CPM dari tipe iklan ini akan sedikit lebih rendah dibandingkan popunder.

In-Page Push (Banner)

Selanjutnya sobat bisa memasang iklan banner, tapi iklan bannernya berbeda seperti kebanyakan jaringan iklan lain. Karena banner propellerads akan muncul dibagian atas dan akan mengikuti scroll dengan tombol close agar visitor bisa menghilangkan iklannya.

Interstitial

Selanjutnya ada tipe iklan bernama Interstitial yang berbentuk fullpage, iklan ini akan menuntupi semua halaman blog sehingga iklan akan sangat terlihat user. Kekurangannya iklan jenis ini akan sangat menggangu visitor.

Jika sobat mengenal jaringan iklan linkads, tentu tidak akan asing dengan jenis iklan link tersebut ya, di Propellerads, sobat bisa menggunakan tipe iklan yang sama bernama Direct Link yang akan otomatis membuat link dari kata-kata yang ada di artikel sehingga tidak terlihat seperti iklan.

Multi Tag All in One

Dan yang terahir jika Sobat bingung memilih tipe iklan mana yang ingin digunakan untuk mendapatkan pendapatan dollar dari blog, sobat bisa menggunakan tipe iklan Multi Tag All in One yang disediakan oleh Propellerads.

Dengan menggunakan tag All in One ini, sobat akan ditampilkan beragam jenis tipe iklan yang ada di Propellerads tanpa harus memasang script tipe iklan satu persatu, dan jenis ini juga akan memaksimalkan pendapatan blog yang sobat miliki.

Bagaimana Sobat sudah mengenal tipe iklan dari Propellerads bukan?

Cara Pasang Script iklan Propellerads

Jika sobat sudah mengerti dan memahami jaringan iklan dari Propellerads, Sobat bisa langsung memasangkan script iklan yang sudah sobat pilih. Berikut langkah melakukan pemasangan iklan Propellerads baik di WordPress ataupun di Blogspot.

Sebelum itu Sobat wajib banget mendaftarkan blog yang sobat miliki caranya klik menu add site. Jika Sobat menggunakan Blogger sobat bisa menyisipkan kode script yang diberikan tepat di bagian <head> yang ada di edit html template blogger.

Jika Sobat menggunakan wordpress sobat bisa upload file yang diberikan, dan uploud ke hosting yang sobat gunakan. Caranya sudah banyak dijelaskan jadi Sobat bisa googling saja atau bisa bertanya di kolom komentar di bawah ini.

Kemudian sobat bisa verifikasi blog tersebut dan mendapatkan status verify dan blog siap untuk di pasangkan script iklan.

Selanjutnya adalah cara mendapatkan kode iklan Propellerads dan memasangnya di blog. Cara paling mudah memang dengan menggunakan wordpress karena jaringan iklan ini sudah mempunyai plugin yang mempermudah pengguna wordpress menampilkan iklan Propellerads.

Pluginnya bisa di download di sini. Setelah menginstall, Sobat bisa langsung buat zona iklan yang nantinya akan muncul di dalam plugin.

Cara Membuat Zona Iklan

  • Pertama masuk ke dashboard propellerads, kalau belum daftar bisa langsung daftar di link yang sudah kami sediakan di atas.
  • Selanjutnya Sobat bisa masuk ke menu sites dan klik ADD ZONE Seperti gambar di bawah ini.
Propellerads

Selanjutnya pilih tipe iklan yang ingin digunakan, Pilih select integration mode, silahkan pilih manual atau menggunakan plugin wordpress. Jika sobat menggunakan plugin wordpress silahkan pilih karena ini akan mempermudah sobat untuk memasang script iklan.

Jika Sobat pengguna blogger blogspot, silahkan pilih manual dan copy script iklan dan pastekan di antara <body> </body> atau Sobat bisa googling cara pasang iklan di blogger blogspot untuk lebih detailnya.

Metode Pembayaran Propellerads

Selanjutnya bagaimana propellerads akan membayar kita? Tentu saja Propellerads ini punya beberapa metode pembayaran, dan yang saya gunakan adalah menggunakan alat pembayaran payoneer, silahkan jika sobat ingin menggunakan Payoneer daftar di link berikut ini.

Berikut adalah alat pembayaran yang bisa sobat gunakan di Propellerads:

  1. Paypal Minimal Payout sebesar $5
  2. Payoneer Minimal $20 (Rekomendasi karena pembuatan akun dan payout ke rekening lebih mudah)
  3. Webmoney
  4. Skrill EUR

Kalau kami menggunakan Payoneer karena pembuatan dan verifikasi akunnya lebih mudah, jadi silahkan sobat membuat payoneer dilink yang kami sediakan diatas.

Cara Mentapkan alat pembayaran

Sekarang Sobat bisa memilih alat pembayaran yang dilakukan dengan mudah. Silahkan sobat masuk ke menu yang ada di pojok kanan atas yang bergambar icon orang, klik dan pilih menu dan pilih payment methods.

Selanjutnya Sobat bisa klik tombol add payment methode dan pilih metode pembayaran sesuai keinginan, jika menggunakan Payoneer silahkan pilih Payoneer, jika sudah klik link yang disediakan untuk mengkoneksikan Propellerads dengan akun payoneer yang sobat miliki.

Cara Mendapatkan Uang di Propellerads Tanpa Menggunakan Blog

Nah menariknya nih, Sobat bisa mendapatkan uang di internet dengan propellerads tanpa harus menggunakan blog alias tanpa website.

Nah bingung kan pasti? Tenang aja gak usah bingung, karena sekarang ini banyak banget platform sosial media, jadi sobat bisa memanfaatkan sosial media sobat untuk mendapatkan uang dari propellerads dengan menggunakan fitur iklan bernama Direct Link.

Direct Link ini sobat bisa buat dengan sangat mudah, sobat bisa masuk ke Direct Link dan klik Add Direct Link kemudian sobat bisa berikan nama dari direct link tersebut, Sobat bisa lihat gambar di bawah ini.

Direct Link Ads
Direct Link Ads

Nah nantinya sobat akan di sajikan dengan link yang tersedia sebagai contoh seperti di bawah ini.

//grunoaph.net/4/5368096

Link ini bisa sobat sebarkan agar orang lain dapat mengkliknya dan mereka akan disajikan oleh iklan. jangan lupa untuk menambahkan https: di bagian depan link sehingga menjadi https://grunoaph.net/4/5368096.

Untuk lebih baik lagi dalam menyebarkannya dan agar tidak terlihat link aslinya, sobat bisa menggunakan layanan short url seperti bitly untuk dapat mengemas link menjadi tidak terlihat seperti direct link.

Nah setelah itu sobat bisa menggunakan sosial media seperti facebook, twitter dan lainnya untuk menyebarkan link tersebut, tapi sebaiknya jangan melakukan spam ya.

FAQ

Apa Syarat Blog untuk Mendaftar Propellerads ?

Blog harus punya visitor dan bukan blog yang melanggar undang-undang yang berlaku.

Apakah Propellerads punya peraturan seperti adsense?

Peraturan jaringan iklan sebenarnya semua hampir sama, yaitu tidak boleh ada invalid klik jadi Sobat harus memastikan visitor yang didapatkan mayoritas berasal dari search engging agar terhindar dari invalid klik.

Akhir Kata

Jika ada pertanyaan terkait cara daftar dan optimalkan pendapatan di Propellerads, kami sangat terbuka untuk berdiskusi di laman komentar di bawah ini. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *