Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word 2010, Cepat dan Anti Ribet!

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word 2010, Cepat dan Anti Ribet!

Membuat daftar isi menjadi sebuah keharusan jika sedang menggarap sebuah tulisan dalam jumlah banyak, seperti skripsi, buku, atau tulisan ilmiah lainnya. Daftar isi bisa sendiri dapat dibuat secara otomatis tanpa perlu repot-repot menulisnya secara manual. Nah, untuk kalian yang masih bingung cara membuat daftar isi otomatis di Word 2010, yuk simak selengkapnya di artikel ini.

Fungsi Daftar Isi

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word 2010, Cepat dan Anti Ribet!

Daftar isi merupakan salah satu poin penting yang harus kita pahami, sebab daftar isi sendiri biasa disematkan pada penulisan ilmiah, seperti skripsi atau thesis.

Tentu daftar isi sendiri berfungsi untuk memberikan keterangan judul dan sub judul dari tiap paragraf pembahasan. Bukan hanya itu, daftar isi juga untuk memudahkan penulis maupun pembaca ketika ingin mengetahui suatu poin pembahasan serta memudahkan untuk mencari halaman yang dibutuhkan.

Selain itu, penting juga bagi kita untuk membuat daftar isi otomatis alias tanpa perlu repot-repot menulisnya secara manual. Nah, beberapa keuntungan jika membuat daftar isi otomatis, yakni:

  1. Membuat Tulisan Lebih Profesional
    Tulisan yang memuat daftar isi akan terlihat lebih rapih, dan profesional.
  2. Lebih Mudah Untuk Mengedit
    Tentu dengan adanya daftar isi yang dibuat secara otomatis akan lebih memudahkan ketika kita ingin mengedit kembali pada pembahasan tertentu. Tinggal pergi ke daftar isi, lihat halaman atau tinggal klik, maka akan langsung diarahkan ke pembahasan tertentu.
  3. Memberikan Garis Besar Dari Pembahasan
    Karangan ilmiah atau tulisan memang sudah sepatutnya dapat tersampaikan dengan baik kepada para pembaca. Nah, daftar isi ini membantu memberikan garis besar keterangan agar nantinya dapat memahami isi tulisan dengan lebih baik.
  4. Dokumen Dapat Dipresentasikan Dengan Maksimal
    Pada saat mempresentasikan tulisan atau dokumen tersebut akan lebih mudah sebab terdapat daftar isi yang memberikan keterangan halaman, topik, serta garis besar dari pembahasan yang dibuat.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word 2010

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word 2010, Cepat dan Anti Ribet!

Setelah kalian memahami sedikit banyak tentang daftar isi dan keuntungan membuat daftar isi otomatis, maka kalian bisa langsung simak cara membuat daftar isi otomatis di Word 2010 di bawah ini agar memberikan gambaran terkait step-by-step yang bisa diikuti.

Untuk langkah-langkahnya, yakni:

Membuat Heading 1

  • Langkah awal, kalian bisa klik atau blok judul setiap BAB (BAB I hingga BAB Terakhir).
  • Setelah itu, kalian bisa buka menu Home, dan klik opsi change style, lalu pilih opsi Heading 1.
  • Pastikan kalian klik judul BAB, dan pilihlah Heading 1 (supaya nantinya muncul di daftar isi sebagai judul).
  • Pada opsi Heading 1 di pojok kanan atas, kalian bisa klik kanan opsi tersebut dan pilih Modify
  • Nah, Heading 1 ini akan berfungsi untuk menentukan penamaan BAB di bagian daftar isi dengan cara di-modify seperti gambar berikut:
  • Edit jika diperlukan. Jika tidak, langsung klik OK saja.

Nah, proses ini merupakan cara membuat daftar isi otomatis di Word 2010 untuk Heading 1 BAB awal sampai bab terakhir.

Membuat Heading 2

Langkah selanjutnya yang mesti kalian lakukan adalah membuat Heading 2 pada sub judul. Untuk mekanismenya tidak jauh berbeda dengan menentukan Heading 1 seperti di atas. Namun supaya lebih jelas dan menghindari kekeliruan, berikut langkah-langkah yang bisa kalian ikuti:

  • Kalian bisa klik dan blok Sub Heading / Sub Judul. Setelah di pilih sub judul, tinggal klik menu change style, dan dan pilih Heading 2.
  • Kemudian kalian bisa langsung klik kanan pada opsi Heading 2, dan klik Modify. 
  • Maka nantinya kalian akan masuk ke menu modify style. Silakan kalian edit jika dirasa perlu diperbaiki.
  • Jika sudah di edit atau sudah dirasa sesuai, kalian tinggal klik tombol OK saja.

Lakukan pengaktifan Heading 2 ini pada setiap sub judul di setiap BAB.

Membuat Sub Heading 3

Biasanya skripsi atau tulisan ilmiah memuat banyak sub judul atau heading. Nah, sub heading 3 sendiri menjelaskan poin-poin dibawah sub heading 2. Pembuatan Sub Heading 3 sama saja seperti pembuatan Sub Heading sebelumnya.

Namun yang perlu diperhatikan ketika kalian pilih modify, kalian dapat menyimpannya dengan nama subheading 3 agar tidak bingung. Terakhir tinggal klik simpan.

Mulai Buat Daftar Isi Otomatis

Cara membuat daftar isi otomatis di Word 2010 belum selesai. Setelah kalian selesai membuat semua BAB menjadi Subheading 1, 2 dan 3, kalian bisa melanjutkan pembuatan halaman daftar isi.

Untuk caranya, kalian bisa pilih menu Reference di bagian jajaran menu atas, lalu pilih Table of Content. Dengan mengaktifkan fitur ini tentunya akan membuat daftar isi secara otomatis di halaman yang kalian telah tentukan.

Daftar Isi Secara Otomatis Akan Diperbarui

Nah, cara sebelumnya yang kalian lakukan ibaratnya menentukan alurnya dan mengaktifkan sistem otomatisasi.

Selanjutnya kalian hanya perlu melanjutkan tulisan atau meng-update sub judul. Untuk membuat halaman, kalian bisa klik kanan pada daftar isi, lalu pilih Update Field dan pilih OK, seperti gambar dibawah ini

Untuk opsi Update Page Numbers Only bisa dilakukan hanya jika kalian membuat perubahan terkait nomor halaman.

Sementara untuk opsi Update Entire Table bisa dilakukan apabila kalian ingin melakukan perubahan terkait penamaan judul, dan penambahan sub judul.

Silakan kalian sesuaikan format daftar ini sesuai kebutuhan, misalnya seperti mengatur spasi, jenis font, ukuran font, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word 2010 (Cara Alternatif)

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word 2010, Cepat dan Anti Ribet!

Selain cara membuat daftar isi otomatis di Word 2020 di atas, tersapat pula cara alternatif membuat daftar isi yang bisa kalian lakukan dengan mudah.

Dikutip dari buku Komputer dan Internet karya Moh Fauzi (2018) melalui Kumparan.com, adapun langkah-langkah pembuatannya, sebagai berikut:

  • Pertama-tama, buka dokumen yang akan disisipkan daftar isi di Word 2010.
  • Lalu silakan blok seluruh bagian “Bab”, dari bab awal sampai bab terakhir. Contoh: Pada bagian “Bab 1” Pendahuluan, cukup lakukan blok di bagian Bab 1. Pada bagian Bab 2 Landasan Teori, hanya blok bagian “Bab 2”, begitu seterusnya.
  • Setalh itu, klik Tab References, lalu klik Add Text.
  • Kemudian, pilih Level 1.
  • Nantinya warna Bab 1 akan berubah dan letaknya berubah menjadi rata kiri. Segitiga juga muncul di samping tulisan Bab.
  • Silakan edit kata Bab 1 dengan warna hitam dan perataan tengah.
  • Blok kata Pendahuluan (di bawah Bab 1).
  • Lalu pilih Tab References dan klik Add Text.
  • Kemudian pilih Level 2.
  • Agar daftar isi muncul, letakkan kursor pada awal teks Bab 1.
  • Kemudian, pilih Page Layout, klik Breaks, lalu klik Page.
  • Nantinya kalian akan mendapati halaman kosong di awal halaman dokumen.
  • Langkah selanjutnya silakan klik Tab References, dan pilih menu Table of Contents. Silakan kalian sesuaikan desain daftar isi yang diinginkan.
  • Selanjutnya, heading dan nomor halaman akan muncul secara otomatis.
  • Silakan edit Table of Content menjadi Daftar Isi, dan perbaiki warna dan atur letak rata paragrafnya.
  • Bok sub Bab 1, dan pilih Tab References, klik Add Text, dan klik Level 3.
  • Kalian hanya perlu melanjutkan langkah seperti di atas untuk sub bab selanjutnya, termasuk menyesuaikan level-levelnya.
  • Supaya menjadi lebih mudah, kalian dapat menampilkan Navigation Pane (caranya klik View dan pilih Navigation Pane).
  • Setiap Bab dan Sub Bab yang ditandai (Reference-Add Text) akan muncul di Navigation Pane.
  • Apabila kalian telah selesai membuat penandaan Bab dan Sub Bab seluruhnya, kalian dapat kembali pada halaman awal Daftar Isi.
  • Di sini silakan klik Daftar Isi, dan klik Update Table.
  • Lalu, pilih Update Entire dan klik OK.

Baca Juga: Harga Tinta Printer Epson L’Series, Cara Pasang, dan Kelebihannya!

Akhir Kata

Demikian penjelasan tentang cara membuat daftar isi otomatis di Word 2010 dengan mudah yang bisa Sobat ikuti. Sebenarnya langkah-langkah yang dijelaskan di atas juga bisa dilakukan untuk Word 2007, dan Word 2013.

Apabila kalian memiliki cara lainnya yang lebih praktis, yuk mari sharing di kolom komentar agar kita sama-sama jadi lebih tahu. Sekian, semoga bermanfaat! 🙂 .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.